1. Kelas 7 IPA
  2. Kelas 8 IPA
  3. Kelas 9 IPA
  4. SD IPA

10 Akibat Revolusi Bumi & Penjelasannya

ilustrasi bumi
ilustrasi bumi. sumber: unsplash.com

Revolusi bumi adalah suatu peristiwa alam yang terjadi ketika bumi mengelilingi matahari dalam orbitnya. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 365,25 hari, yang merupakan dasar bagi sistem penanggalan kita. Namun, selain menjadi dasar penanggalan, revolusi bumi juga memiliki dampak yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan di planet kita. 

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan 10 akibat revolusi bumi yang mempengaruhi cuaca, iklim, musim, dan kehidupan secara keseluruhan dan semua makhluk hidup. Simak informasi selengkapnya di bawah ini. 

1. Perubahan Musim

Salah satu akibat paling signifikan dari revolusi bumi adalah perubahan musim. Ketika bumi bergerak dalam orbitnya, sumbu rotasinya cenderung condong terhadap bidang orbitnya. Hal ini menyebabkan perubahan dalam intensitas sinar matahari yang diterima oleh berbagai belahan bumi. Ketika salah satu belahan bumi condong ke arah matahari, musim panas terjadi, sementara ketika belahan bumi yang lain condong menjauh dari Matahari, musim dingin terjadi. Maka ada di beberapa negara terdapat berbagai macam musim seperti musim semi dan gugur. 

2. Perubahan Durasi Hari

Selama revolusi bumi, durasi hari juga mengalami perubahan. Ketika salah satu belahan bumi condong ke arah Matahari, durasi siang hari menjadi lebih panjang, sementara durasi malam hari menjadi lebih pendek. Hal ini terjadi selama musim panas. Di sisi lain, ketika belahan bumi yang lain condong menjauh dari matahari, durasi siang hari menjadi lebih pendek, sementara durasi malam hari menjadi lebih panjang. Ini terjadi selama musim dingin. 

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Adanya perubahan durasi hari ini juga bisa mempengaruhi beberapa hal. Contohnya durasi puasa Ramadan di setiap negara kerap berbeda dan tergantung dari musim yang sedang terjadi.  Kalau bulan Ramadan terjadi saat musim panas, durasi puasa di Indonesia mencapai 12,5 jam. Sedangkan di Eropa bisa mencapai mulai dari 17 hingga 22 jam.

3. Perubahan Suhu

Revolusi bumi juga berdampak pada perubahan suhu di berbagai belahan Bumi. Ketika salah satu belahan bumi condong ke arah Matahari, sinar matahari yang lebih intens menyebabkan peningkatan suhu udara. Ini menyebabkan musim panas. Di sisi lain, ketika belahan bumi yang lain condong menjauh dari Matahari, sinar matahari yang kurang intens menyebabkan penurunan suhu udara. Ini menyebabkan musim dingin.

4. Perubahan Pola Cuaca

Perubahan cuaca bisa terjadi karena pengaruh revolusi bumi juga mempengaruhi pola cuaca di berbagai belahan bumi. Ketika bumi bergerak dalam orbitnya, perubahan posisi relatif terhadap Matahari menyebabkan perubahan dalam pola angin, tekanan atmosfer, dan distribusi curah hujan. Ini menghasilkan perubahan cuaca yang kita alami sehari-hari, seperti hujan, salju, angin, dan badai.

5. Perubahan Siklus Hidup

Revolusi bumi juga mempengaruhi siklus hidup berbagai organisme di Bumi. Misalnya, banyak tumbuhan dan hewan mengatur siklus reproduksi mereka berdasarkan perubahan musim yang disebabkan oleh revolusi bumi. Mereka mungkin mekar, berkembang biak, atau bermigrasi pada waktu tertentu dalam setahun yang berkaitan dengan perubahan musim.

Baca Juga: Lapisan Bumi

6. Perubahan Ekosistem

Revolusi bumi juga berdampak pada perubahan ekosistem di berbagai belahan Bumi. Perubahan musim dan suhu mempengaruhi pertumbuhan tanaman, migrasi hewan, dan interaksi antara organisme dalam suatu ekosistem. Ini dapat mengubah komposisi dan keanekaragaman spesies dalam suatu wilayah.

7. Perubahan Pertanian

Revolusi bumi juga mempengaruhi praktik pertanian di berbagai belahan bumi. Petani harus mengatur waktu penanaman, panen, dan perawatan tanaman berdasarkan perubahan musim yang disebabkan oleh revolusi bumi. Mereka juga harus mempertimbangkan perubahan suhu dan curah hujan yang dapat mempengaruhi hasil panen.

8. Perubahan Aktivitas Manusia

Revolusi bumi juga mempengaruhi aktivitas manusia. Misalnya, perubahan musim dan suhu dapat mempengaruhi kegiatan rekreasi, seperti berlibur di pantai atau bermain ski di pegunungan. Selain itu, perubahan musim juga mempengaruhi kegiatan ekonomi, seperti pariwisata, pertanian, dan industri musiman.

Baca Juga: Sistem Tata Surya

9. Perubahan Penyakit

Revolusi bumi juga berdampak pada penyebaran penyakit. Perubahan musim dan suhu dapat mempengaruhi penyebaran penyakit menular, seperti flu musiman. Selain itu, perubahan ekosistem juga dapat mempengaruhi penyakit, seperti nyamuk yang membawa malaria atau nyamuk Aedes aegypti yang membawa demam berdarah.

10. Perubahan Penelitian dan Pendidikan

Revolusi bumi juga mempengaruhi penelitian dan pendidikan di bidang ilmu Bumi dan astronomi. Ilmuwan dan astronom menggunakan pergerakan bumi dalam orbitnya untuk mempelajari fenomena alam, seperti perubahan iklim, gerhana matahari, dan perubahan musim. Selain itu, revolusi bumi juga menjadi dasar bagi sistem penanggalan yang digunakan dalam penelitian dan pendidikan.

Baca Juga: Mengenal Letak Astronomis Indonesia: Apa Saja Pengaruhnya?

Berdasarkan kesimpulan, dari berbagai akibat revolusi bumi memiliki dampak yang signifikan pada cuaca, iklim, musim, dan kehidupan di bumi secara keseluruhan. Perubahan musim, suhu, pola cuaca, dan ekosistem adalah beberapa akibat yang terjadi karena adanya revolusi bumi. Selain itu, revolusi bumi juga mempengaruhi siklus hidup organisme, praktik pertanian, aktivitas manusia, penyebaran penyakit, dan bidang penelitian dan pendidikan. Dengan memahami akibat-akibat ini, kita dapat lebih menghargai kondisi dan  sistem bumi yang kita tinggali sekarang ini. Artikel mengenai bumi bisa akses melalui website resmi Studio Literasi.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Akibat Revolusi Bumi & Penjelasannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]