1. Kuliah & Umum

Kenali 4 Metode Pidato

4 metode pidato
ilustrasi orang pidato. sumber: unsplash.com

Saat berpidato kita tidak hanya berbicara didepan umum saja. Namun ternyata sebelum berpidato harus mempersiapkan diri dengan memilih  metode pidato yang digunakan  harus sesuai dengan jenis acara dan keadaannya. Tapi Sobat Literasi tidak perlu khawatir karena melalui artikel ini bakal membahas 4 metode pidato yang bisa kamu terapkan. 

Pengertian Pidato

Pidato merupakan salah satu cara untuk menyampaikan sebuah pesan secara langsung dihadapan orang banyak. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian pidato ada 2, yaitu pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak dan wacana yang dipersiapkan untuk diucapkan kepada khalayak (secara publik).

Baca Juga: Bahasa Indonesia

4 Metode Pidato

Dalam pidato terdapat 4 metode pidato antara lain:

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Metode Ekstemporan

Metode ekstemporan adalah metode pidato dengan hanya mengambil poin-poin penting dari tema atau topik bahasan yang ingin kita sampaikan. Jadi kita hanya menyampaikan bagian yang sudah kita jadikan sebagai poin pidato tersebut. 

Keuntungan metode ekstemporan adalah penyampai pidato dapat menyampaikan pidato dengan lancar dan sesuai dengan pengetahuan dan daya ingat  kita (tidak terkesan seperti textbook atau hafalan), karena hanya poin penting lebih singkat sehingga bisa menghemat waktu atau durasi acara dan kamu bebas untuk membuat atau merangkai kalimat sekreatif mungkin selama masih sesuai dengan tema pidato, dan tidak membuat kegaduhan (terdapat kalimat yang menyinggung pihak lain dalam pidato).

Namun, kekurangannya yaitu penyampai pidato harus memiliki pengetahuan yang luas tentang tema atau topik bahasan yang disampaikan sehingga jika lupa atau tidak paham tentu akan mengalami kesulitan untuk menemukan kalimat yang cocok untuk menyambungkan. Tentu saja mempengaruhi penilaian dan pandangan penonton yang melihat kamu berpidato.

  • Metode Impromptu

Biasanya metode ini terjadi pada acara yang sifatnya privasi dan semua pihak sudah mengetahui susunan dan jalannya acara. Karena metode ini  orang yang melakukan sambutan secara langsung tanpa persiapan naskah, catatan kecil dan hafalan. Cara menyampaikannya sesuai dengan kondisi yang sebenarnya saat acara berlangsung. 

Contohnya seperti ucapan terima kasih, sambutan dadakan (pembukaan, memimpin doa dan harus menyampaikan sesuatu yang darurat). Keuntungan metode impromptu adalah penyampai pidato dapat menyampaikan pidato dengan lebih santai karena berdasarkan dengan pengamatan kita saat berpidato. Kelemahannya, penyampai pidato yang tidak berstruktur karena tidak ada persiapan jadi terkadang tidak sesuai dengan yang diharapkan dan jika secara penunjukkan langsung tiba-tiba dan orang tersebut tidak siap maka bisa menyebabkan rasa gugup.

  • Metode Naskah

Kalau metode ini memang termasuk metode termudah dan semua orang bisa melakukannya. Kamu cuma hanya menyampaikan hal yang terdapat pada naskah dan sudah ada persiapannya. Umumnya terjadi pada saat pidato resmi (pidato rektor saat wisuda, dan pidato pejabat).

Karena terdapat persiapan bahkan kita latihan berulang kali, sehingga lebih mudah, lancar dan tidak gugup dan tidak perlu memikirkan kalimatnya karena hanya tinggal membacakan naskah. Tapi ada juga kelemahannya terkesan hanya sekadar membaca tapi tidak memahami isi dan maksud dari pidato. Bahkan ada juga yang pandangannya tidak mengarah kepada penonton, namun hanya fokus melihat naskah. Tetapi untuk faktor yang satu ini bisa terjadi karena kamu gugup sehingga tidak ingin melihat penonton.

  • Metode Hafalan

Sebenarnya hampir naskah karena hal yang disampaikan juga yang terdapat pada naskah. Bedanya saat penyampaiannya tidak membaca naskah melainkan menghafal isi naskah, namun kalimatnya hampir sama. Salah satunya saat pidato perwakilan keluarga dan sahabat pada acara pernikahan.

Kelebihannya tidak perlu bingung mengenai kalimatnya karena sudah menuliskannya dan menghafalkannya sehingga meski tidak melihat naskah namun tetap lancar. Kekurangannya karena hanya berfokus pada hafalan sehingga terkesan kaku.

Baca Juga: Puisi Rakyat

Tips Sebelum Berpidato

Ketika kamu hendak berpidato, ada beberapa tips berikut ini yang bisa kamu terapkan sebelum pidato sebagai berikut:

  • Terus berlatih

Kalau metodenya menghafal, naskah atau ekstemporan maka begitu kamu dapat kesempatan untuk berpidato, langsung berlatih. Tujuannya agar kamu tidak gugup, kalimat yang kamu sampaikan sudah sesuai dengan aturan dan struktur dan sudah memiliki solusi jika terjadi hal-hal (misal untuk mengantisipasi terjadinya lupa saat berpidato bisa dengan menyiapkan kalimat alternatif dan menuliskan kalimat atau hal yang cukup sulit untuk mengucapkannya dengan catatan kecil).

Caranya bisa melakukan latihan secara mandiri dengan berbicara didepan cermin atau benda seperti boneka.

  • Gunakan bahasa atau kalimat yang mudah

Jika metode pidato tidak mengharuskan kalimatnya persis dengan naskah. Maka sebaiknya menggunakan bahasa atau kalimat yang mudah. Agar penonton memahami kalimat yang kamu sampaikan.

  • Minta masukan dari orang yang berpengalaman

Saat latihan kamu bisa meminta masukan dari orang yang memiliki public speaking dan berkomunikasi yang bagus terkait dengan susunan kalimat hingga penampilan kita saat berlatih pidato. Akan lebih baik jika orang tersebut sudah memiliki pengalaman pidato. 

Tidak hanya saat latihan saja, namun bisa saat selesai pidato. Kamu meminta pendapat terkait penampilan kamu saat berpidato dan masukan tersebut kamu bisa memperbaiki, sehingga jika kembali berpidato kamu sudah memahaminya.

Baca Juga: Macam-macam Majas

Demikian 4 metode pidato yang bisa jadi panduan kamu jika pada kemudian hari, kamu berkesempatan dan mendapatkan tugas berpidato. Sehingga bisa lebih matang lagi dalam mempersiapkannya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Kenali 4 Metode Pidato

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]