1. Kelas 7 IPA
  2. Kelas 8 IPA
  3. Kelas 9 IPA
  4. SD IPA

Mari Kenali 5 Sifat Magnet & Cara Membuatnya!

5 sifat magnet
ilustrasi magnet. sumber: unsplash.com

Satu hal yang kamu pikirkan ketika mendengar kata magnet adalah sebuah benda yang kerap menjadi penghias kulkas. Namun, kegunaan magnet bukan hanya sekadar itu saja, namun menjadi media pembelajaran dan kita  juga pernah mempelajari magnet saat SD. 

Saat itu, magnet menjadi media pembelajaraan untuk menguji benda manakah saja mengandung gaya magnet. Pada artikel ini kita bakal membahas mengenai sifat magnet, termasuk 5 sifat magnet. Selengkapnya bisa Sobat Literasi baca sampai habis, ya!

Sejarah & Pengertian Magnet

Magnet pertama kali ditemukan di negara Yunani tepatnya daerah  Magnesia sekitar 4.000 tahun yang lalu atau sekitar 600 tahun sebelum Masehi. Bentuk magnet ini berasal dari batuan yang mengandung bahan besi magnetit (Fe3O4) atau bahan yang terbuat dari besi dan baja. Kata magnet terdapat salah satu kosakata bahasa Yunani “magnitis lithos” yang artinya  batu magnesian. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti magnet terdapat 2 unsur yaitu setiap bahan yang dapat menarik besi dan daya rangsang.

Baca Juga: Hukum Coulomb: Pengertian, Bunyi, Rumus, Manfaat, & Artinya

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

5 Sifat Magnet

Sebagai benda yang sifatnya dapat menarik beberapa benda tertentu, ternyata ada beberapa dari sifat magnet ini yang menjadi penyebab magnet bisa menarik benda. Ada 5 sifat magnet berikut ini:

  • Terdapat 2 kutub

Pasti kamu sudah mengetahui kalau pada magnet terdapat 2 kutub (Kutub Utara dan Kutub Selatan). Kutub Utara fungsinya guna menarik kutub selatan begitu sebaliknya kutub selatan juga melakukan hal yang sama. Alasan mengapa magnet memiliki 2 kutub sebenarnya sampai sekarang masih misteri, bahkan para ilmuwan sekalipun masih mempelajari dan menganalisa lebih dalam terkait dengan cara kerja magnet.

Meski begitu ilmuwan meyakini kalau salah satu penyebabnya karena bahan material yang terdapat pada magnet, atom. Pada atom tersebut dikelilingi oleh nukleus yang dapat menghasilkan aliran negatif dan bernama putaran. Jika banyak magnet yang ke arah sama bisa menjadi magnet sehingga bisa berputar secara berlawanan. Konon kutub utara berasal dari bagian ujung yang ke utara dan kutub selatan sebenarnya terjadi karena ada tarikan dari kutub utara.

  • Sifatnya bisa hilang dengan cara tertentu

Sifat magnet bisa saja hilang dengan cara tertentu. Antara lain adanya pembakaran, terbentur dengan benda keras, jatuh secara berkali-kali dan terkena arus panas karena menghasilkan energi yang dapat menyebabkan daya kemagnetan menjadi hilang.

  • Menarik benda tertentu

Walau memiliki sifat yang mampu menarik benda. Namun ternyata pada kenyataannya tidak semua benda bisa tertarik oleh magnet. Benda yang bisa ditarik oleh magnet merupakan benda yang terdapat logam, seperti baja, nikel dan besi. Contoh bendanya kulkas, bel listrik, papan catur, peniti, klip kertas dan paku.

  • Kalau kutubnya berbeda dapat menarik, sedangkan kutubnya sama akan menolak

Selain menggunakan berbagai benda, cara lain untuk menguji sifat menarik lainnya pada magnet yakni dengan menempelkan 2 magnet dan lalu menguji masing-masing pada setiap kutub magnet. Hasilnya ada 2 yaitu dapat menarik (kedua magnet tersebut saling menempel) jika kutubnya berbeda dan menolak (magnet tersebut tidak menempel) jika dengan kutub yang sama.

  • Dapat membentuk gaya magnet

Gaya magnet dapat terbentuk jika ada suatu benda yang berhasil tertarik oleh magnet.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari

3 Cara Membuat Magnet

Untuk bisa memiliki magnet kamu tidak harus membeli magnet hiasann kulkas. Kamu juga bisa menggunakan beberapa benda berikut untuk membuat magnet sendiri, antara lain:

Induksi

  • Siapkan bahan antara lain besi batangan, magnet batangan, paku dan statif. (Statif merupakan yang biasanya berfungsinya sebagai menjaga posisi benda laboratorium agar tidak mudah terjatuh.
  • Masukan besi dan magnet  pada bagian pengait statif.
  • Lalu dekatkan kedua benda tersebut, jika adanya daya menempel pada kedua benda tersebut maka bisa menjadi magnet.

Digosokkan

  • Sebelumnya kamu harus menyiapkan bahan apapun asalkan yang terbuat dari logam dan satu jenis magnet. Bebas bisa menggunakan magnet bulat (magnet tempelan kulkas) 
  • Dekatkan kedua benda tersebut lalu gosok, dengan cara satu arah dalam waktu 5 menit.
  • Amati jika benda tersebut bisa menempel pada magnet yang sudah kita gosok, maka bisa dikatakan sebagai magnet, karena pada saat proses penggosokan magnet tersebut terjadi aliran elektromagnet yang membuat benda tersebut bisa menjadi magnet.

Elektromagnet

Dengan cara yang satu ini, terdapat aliran elektromagnetik yang berasal dari baterai sehingga bisa menjadi magnet. 

  • Mempersiapkan bahan (kawat besi yang bentuknya spiral, baterai, gunting (jika perlu)  dan paku). Catatan: Ukuran paku sebenarnya tidak ada ketentuannya, namun sebaiknya ukurannya sekitar 5 cm agar lebih mudah saat proses pembuatan magnet. Sedangkan untuk baterai bisa menggunakan yang tipe AA, C, D atau AAA.
  • Pertama lilitkan besi tersebut dengan kawat besi.
  • Hubungkan pada bagian ujung kawat dengan ujung baterai (perhatikan juga posisi arus positif dan negatif baterai)
  • Pastikan bagian positif dan negatif sejajar dengan ujung kawat besi (jika belum misal kawatnya terlalu panjang maka bisa kita gunting).
  • Tempelkan baterai dengan besi yang sudah kita beri kawat.
  • Coba uji magnetik dengan menempelkan pada paku. Kalau menempel maka tandanya  sudah dialiri dengan aliran elektromagnet. 

Baca Juga: Gaya Lorentz: Arti, Rumus, Penerapan, & Contoh Soalnya

Nah, setelah kita membaca artikel ini kita jadi tahu kalau ternyata meski berupa benda namun memiliki beberapa sifat serta ternyata kita bisa membuat magnet dengan menggunakan benda yang cukup mudah kita jumpai. Artikel seputar magnet atau pelajaran IPA lainnya bisa kamu lihat melalui website resmi Studio Literasi

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mari Kenali 5 Sifat Magnet & Cara Membuatnya!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]