1. Kelas 7 IPS
  2. Kelas 8 IPS
  3. Kelas 9 IPS
  4. Kuliah & Umum
  5. SD IPS

6 Struktur Teks Cerita Sejarah & Contoh Kalimatnya!

sejarah indonesia
bendera Indonesia. sumber: unsplash.com

Salah satu cara untuk mempelajari dan mengetahui sejarah yakni dengan membaca cerita sejarah. Secara definisi, teks cerita sejarah adalah teks yang menceritakan peristiwa atau kejadian nyata yang terjadi di masa lalu secara kronologi. Teks cerita sejarah dapat berupa novel, cerpen bahkan buku pelajaran dari salah satu mata pelajaran di bangku SD hingga SMA. Untuk penjelasan lebih mendalam, Sobat Literasi bisa baca artikel ini sampai selesai, ya!

Satu hal yang harus kita lakukan sebelum menulis atau membuat cerita sejarah. Kita harus mengetahui struktur kepenulisan dan urutannya agar pembaca dapat memahami apa yang kita tulis. Berikut ada 6 struktur teks cerita sejarah:

  • Orientasi

Orientasi adalah bagian pembuka yang berisi pengenalan latar belakang peristiwa, tokoh, waktu terjadinya peristiwa dan adanya keterkaitan. Latar belakang  peristiwa dapat terjadi karena kondisi sosial, politik, ekonomi, atau budaya pada masa terjadinya peristiwa. Tokoh yang terlibat dalam peristiwa dapat berupa tokoh individu, kelompok, atau organisasi. Waktu terjadinya peristiwa dapat berupa tanggal, bulan, tahun, atau periode tertentu.

Berikut adalah contoh orientasi dalam teks cerita sejarah:

  • Pada tanggal 10 November 1945, terjadi pertempuran hebat di Surabaya antara rakyat Indonesia melawan tentara Inggris. Pertempuran ini kita kenal dengan nama Hari Pahlawan.
  • Adanya Perang Asia Timur Raya dan Amerika menyatakan perang kepada Jepang, membuat Jepang memutuskan untuk menguasai wilayah Indonesia dengan tujuan untuk mengusir Belanda.
  • Pengungkapan Peristiwa

Pengungkapan peristiwa adalah bagian yang menceritakan peristiwa-peristiwa yang terjadi secara kronologis. Kita dapat menceritakan kronologi sejarah, mulai dari awal mula terjadinya peristiwa tersebut hingga akhir. Bagian akhirnya bisa berupa adanya kesepakatan dan terjadinya serangan.

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Baca Juga: Sejarah VOC di Indonesia: Latar Belakang hingga Kemunduran

Peristiwa-peristiwa yang diceritakan harus sesuai dengan fakta sejarah. Penulis mengambil referensi dari sumber-sumber terpercaya, seperti buku, artikel, atau wawancara untuk mendapatkan informasi yang akurat. Selain itu, supaya tidak membuat pembaca bosan, kamu dapat membuat teks sejarah dengan tidak terlalu panjang.

Berikut adalah contoh pengungkapan peristiwa dalam teks cerita sejarah:

  • Pertempuran berawal dari serangan tentara Inggris ke sebuah patroli tentara Indonesia. Tentara Inggris kemudian mengepung dan menyerang markas TKR di Surabaya. Rakyat Surabaya pun melakukan perlawanan dengan semangat juang yang tinggi untuk mengusir penjajah dari Indonesia.
  • Rising Action (Konflik)

Rising action (konflik) adalah bagian yang menceritakan konflik yang terjadi antara tokoh protagonis dan antagonis. Konflik ini semakin lama semakin rumit dan menegangkan. Bentuknya berupa perbedaan pendapat, persaingan, pertikaian, atau peperangan. Masalah yang terjadi haruslah logis dan dapat diterima oleh pembaca, sehingga tidak menimbulkan emosi bagi pembacanya.

Contoh rising action:

  • Pertempuran berlangsung selama tiga hari berturut-turut. Kedua belah pihak sama-sama mempertahankan posisinya, sehingga mengakibatkan banyak korban.
  • Penculikan Soekarno dan Hatta membuat sebagian pihak panik karena pada saat itu seharusnya ada rapat PPKI yang berlangsung. Hal ini membuat Soebardjo langsung menuju ke Rengasdengklok untuk bertemu mereka berdua dan kaum pemuda.

Baca Juga: Sejarah Kebangkitan Nasional: Faktor Pendorong & 6 Tokohnya

  • Komplikasi

Komplikasi adalah bagian yang menceritakan puncak konflik yang terjadi. Konflik mencapai titik tertinggi dan tidak ada pihak yang dapat menyelesaikannya. Dapat berupa terjadinya peristiwa yang tidak terduga, seperti hilangnya salah satu tokoh penting, kekalahan salah satu pihak, atau kehancuran objek penting. (Akibat atau dampak dari konflik tersebut).

Berikut adalah contoh komplikasi dalam teks cerita sejarah:

  • Pada hari ketiga pertempuran, tentara Inggris mengerahkan para pasukan dengan jumlah yang lebih besar untuk merebut markas TKR. Tentu, hal ini TKR pun kewalahan menghadapi serangan tersebut.
  • Resolusi

Resolusi adalah bagian yang menceritakan penyelesaian konflik. Konflik dapat diselesaikan dengan berbagai cara, seperti kemenangan salah satu pihak, musyawarah, atau berakhirnya perang. Harus logis dan sesuai dengan fakta sejarah. Resolusi juga merupakan bagian dari kronologi pada bagian akhir konflik.

Contoh Resolusi:

  • Pada akhirnya, tentara Inggris berhasil merebut markas TKR. Namun, pertempuran ini telah mengobarkan semangat juang rakyat Indonesia dalam melawan penjajah.
  • Lahirnya perjanjian Roem-Royen antara Indonesia dan Belanda. Menjadi akhir dari peristiwa Agresi Militer II sekaligus berakhirnya penjajahan Belanda.
  • Koda

Koda merupakan bagian penutup yang berisi kesimpulan atau pesan dari peristiwa yang terjadi. Bisa berupa refleksi dan kesimpulan dari penulis terhadap peristiwa yang diceritakan, atau pesan moral yang ingin disampaikan kepada pembaca. Adanya koda juga bisa membantu pembaca untuk memahami teks sejarah. Struktur koda ini letaknya pada bagian akhir paragraf penutup.

Contoh koda:

  • Pertempuran Surabaya merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Pertempuran ini menjadi simbol bukti semangat juang rakyat Indonesia dalam melawan penjajah pada saat itu.
  • Setelah mempelajari sejarah, diharapkan kita sebagai bangsa Indonesia dapat meniru semangat para tokoh bangsa saat berjuang mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Rangkuman Peristiwa Sejarah Indonesia Hingga Era Kemerdekaan

Itulah tadi 6 struktur teks sejarah. Jika kita membuat struktur teks cerita sejarah yang tepat dapat menghasilkan teks cerita sejarah yang menarik dan informatif. Maka pembaca akan merasa menikmati saat membacanya dan menjadi mudah untuk memahaminya. Artikel seputar sejarah lainnya bisa kamu lihat melalui website resmi Studio Literasi

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 6 Struktur Teks Cerita Sejarah & Contoh Kalimatnya!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]