1. Kelas 9 Bahasa Inggris

Active Voice: Pengertian, Rumus, Contoh dan Tips Penggunaan

Kawan Literasi pasti mengetahui dua jenis kalimat yang biasanya digunakan dalam pembuatan sebuah kalimat, yakni kalimat aktif dan pasif. Dua kalimat tersebut sering digunakan juga dalam bahasa Inggris.

Oleh karena itu, Studio Literasi kali ini akan membawakan topik mengenai active voice atau sering disebut sebagai kalimat aktif. Active voice sering digunakan untuk memperlihatkan adanya sebuah tindakan dari subjek yang kita gunakan.

Nah, bagi Kawan Literasi yang ingin mengetahui definisi, rumus, contoh kalimat sampai tips penggunaan active voice, simak artikel di bawah ini ya!

Apa Itu Active Voice?

Apa Itu Active Voice? (sumber: Pexels)
Apa Itu Active Voice? (sumber: Pexels)

Istilah voice merupakan kata yang digunakan untuk menunjukkan bentuk kata kerja, seperti menentukan apakah subjek dalam kalimat tertentu adalah pelaku atau penerima tindakan. Voice dari kata kerja menggambarkan hubungan antara tindakan dan subjek atau objek dalam sebuah kalimat.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Active voice dalam sebuah kalimat dapat diartikan sebagai petunjuk bahwa kata benda atau kata ganti yang bertindak sebagai subjek dalam kalimat adalah pelaku tindakan. Dengan kata lain, subjek melakukan tindakan atau bertindak atas kata kerja.

Menurut Oxford Learner’s Dictionary, active voice adalah bentuk kata kerja di mana subjeknya adalah orang atau benda yang melakukan tindakan. Sementara itu, menurut Kamus Collins, active voice didefinisikan sebagai sebuah voice dari kata kerja yang digunakan untuk menunjukkan bahwa subjek kalimat melakukan tindakan atau menyebabkan peristiwa yang dijelaskan oleh kata kerja.

Dalam bahasa Inggris, active voice umumnya digunakan karena memberikan informasi secara langsung dan jelas. Perlu diingat bahwa kalimat aktif memiliki subjek yang melakukan sebuah tindakan tertentu. Nah, apabila Kawan Literasi ingin mengkomunikasikan pemikiran dan ide dengan jelas dan efektif, terutama dalam pengaturan profesional, sebaiknya gunakan suara aktif.

Rumus Active Voice

Rumus Active Voice (sumber: Pexels)
Rumus Active Voice (sumber: Pexels)

Setelah mengetahui pengertian dari active voice, berikutnya akan dibahas rumus dari masing-masing tenses yang berjumlah sebanyak 16. Catat rumus active voice hasil rangkuman Studio Literasi berikut, ya!

TensesRumus yang Digunakan
Simple present tenseSubject + V1 (s/es) + object
Present continuous tenseSubject + is/am/are + V-ing + object
Present perfect tenseSubject + have/has + verb 3 + object
Present perfect continuous tenseSubject + have/has been + v-ing + object
Simple past tenseSubject + verb 2 + object
Past continuous tenseSubject + was/were + v-ing + object
Past perfect tenseSubject + had + verb 3 + O
Past perfect continuous tenseSubject + had been + v-ing + O
Simple future tenseSubject + will + verb 1 + object
Future continuous tenseSubject + will be + v-ing + object
Future perfect tenseSubject + will have + verb 3 + object
Future perfect continuous tenseS + will have + been + v-ing + O
Simple past futureSubject + would + verb 1 + object
Past future continuous tenseSubject + would be + v-ing + O
Past future perfect tenseSubject + would have + verb-3 + object
Past future perfect continuous tenseSubject + would have been + v-ing + object

Contoh Kalimat Active Voice

Contoh Kalimat Active Voice (sumber: Pexels)
Contoh Kalimat Active Voice (sumber: Pexels)

Setelah mengetahui rumus-rumus membuat kalimat active voice, kini tiba saatnya Kawan Literasi untuk mengetahui bagaimana saja contoh kalimat active voice ini. Berikut ini informasinya!

Contoh Kalimat Simple present tense

He writes his task (Dia menulis tugasnya)

Contoh Kalimat Present continuous tense

I am watching TV (saya menonton TV)

Contoh Kalimat Present perfect tense

I have written my books already (Saya sudah menulis buku saya)

Contoh Kalimat Present perfect continuous tense

She have been teaching our class (Dia telah mengajar kelas kita)

Contoh Kalimat Simple past tense

I cleaned my room yesterday (Saya membersihkan kamar saya kemarin)

Contoh Kalimat Past continuous tense

My mother was cleaning our kitchen yesterday (Ibuku sedang membersihkan dapur kami kemarin)

Contoh Kalimat Past perfect tense

We had driven our car (Kami telah mengemudikan mobil kami)

Contoh Kalimat Past perfect continuous tense

We had been bringing foods (Kami telah membawa makanan)

Contoh Kalimat Simple future tense

I will buy the book tomorrow (Saya akan membeli buku itu besok)

Contoh Kalimat Future continuous tense

Everyone will be telling the truth (Semua orang akan mengatakan yang sebenarnya)

Contoh Kalimat Future perfect tense

We will have painted the wall (Kami akan mengecat dinding)

Contoh Kalimat Future perfect continuous tense

They will have been staying until next week (Mereka akan menginap sampai minggu depan)

Contoh Kalimat Simple past future

Mother would call us tonight (Ibu akan menelepon kita malam ini)

Contoh Kalimat Past future continuous tense

He would be remembering the lesson (Dia akan mengingat pelajaran)

Contoh Kalimat Past future perfect tense

You would have opened the door (Anda akan membuka pintu)

Contoh Kalimat Past future perfect continuous tense

Sinta would have been buying new clothes (Sinta pasti sedang membeli baju baru)

Seperti yang telah kita pelajari, kesimpulan dalam kalimat aktif adalah bahwa tiap subjek melakukan tindakan. Berikut adalah dua contoh kalimat aktif lainnya.

  • Shira likes birdwatching
  • She loves twilight

Pada contoh active voice tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan kalimat aktif ditulis ketika kalian menginginkan pembaca fokus pada subjek kalimat dan tindakan yang dilakukannya.

Tips Penggunaan Active Voice

Menggunakan kalimat aktif dapat membuat kalimat kita lebih pendek, tetapi tidak selalu berarti buruk. Kalimat yang singkat dan padat dapat membuat tulisan kita lebih jelas dan mudah dipahami oleh para pembaca.

Oleh karena itu, pertimbangkan untuk memeriksa ulang kalimat dalam bacaanmu untuk memastikan bahwa aktor utama dari setiap kalimat adalah (are) yang melakukan kata kerja utama dari kalimat itu. Agar Kawan Literasi dapat menggunakan kalimat aktif dalam Bahasa Inggris dengan baik, berikut tips penggunaannya.

Pertama, sebelum memulai penulisan dalam Bahasa Inggris, kita harus menentukan jenis tulisan dan tujuan dalam bacaan yang akan dibuat. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui tenses atau jenis kalimat seperti apa yang ingin dibuat.

Kedua, apabila Kawan Literasi ingin membuat sebuah tulisan yang memiliki urgensi tinggi seperti instruksi atau larangan, maka kita harus membuatnya mudah dipahami oleh para pembaca.

Ketiga, jika ingin menulis sebuah tulisan karya ilmiah atau formal, Kawan Literasi dapat memakai kalimat aktif dalam isi tulisan karena dapat membuat bacaan menjadi lebih singkat, padat dan tidak bertele-tele.

Tips terakhir adalah gunakanlah active voice dalam tulisan agar pembaca tidak kebingungan. Penting juga untuk menghindari penggunaan kalimat yang bertele-tele.

Baca juga: Passive Voice

Nah, itulah informasi yang berhasil kami rangkum mengenai active voice untuk menambah wawasan kalian. Kini, sudahkah Kawan Literasi memahami penggunaan active voice dengan lebih baik? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Active Voice: Pengertian, Rumus, Contoh dan Tips Penggunaan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]