1. Seni Budaya

Alat Musik Tradisional: Pengertian, Fungsi & Jenisnya

Tentu teman-teman pernah melihat alat musik tradisional dari berbagai daerah. Setiap daerah memiliki ciri khas pada alat musiknya, baik itu ukiran pada alatnya, cara memainkannya atau penggunaan alat musik untuk acara tertentu. 

Selain sebagai media untuk berekspresi, alat musik tradisional juga memiliki beragam fungsinya, loh. Pada pembahasan kali ini Studio Literasi ingin mengajak teman-teman mengenal lebih dalam tentang nama, fungsi serta jenis dari alat musik tradisional. 

Pengertian Alat Musik Tradisional

Alat musik adalah benda yang dapat menghasilkan suara, yang digunakan untuk menciptakan nada dan irama. Agar menghasilkan nada dan irama yang terdengar indah, maka alat musik tersebut harus dibuat dengan pengaturan tertentu. 

Alat musik tradisional adalah jenis alat musik yang menjadi objek tradisi yang sudah ada sejak zaman leluhur dan diwariskan oleh adat tersebut. 

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 12 Maret 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 10 Maret 2024 at 7:11 am

    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs The post Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 8 Maret 2024 at 2:50 am

    Pasca kemerdekaan Indonesia, Indonesia tidak sepenuhnya merdeka, lho. Masih ada upaya-upaya Belanda ingin menjajah dan menduduki negara Indonesia. Maka dari itu, para pemuda Indonesia tidak ingin hal tersebut terjadi. Sehingga, terbentuklah Konferensi Meja Bundar (KMB) atau dalam bahasa Belanda disebut dengan Nederlands-Indonesische ronde tafel conferentie. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut konferensi The post Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya appeared first on Sma Studioliterasi.

Fungsi Alat Musik Tradisional

Alat musik dalam upacara adat. (Sumber: Kumparan)

Terdapat lima fungsi alat musik dalam budaya tradisional. Berikut masing-masing penjelasannya. 

1. Sarana Komunikasi

Di masyarakat Indonesia, mereka menggunakan alat musik sebagai sarana berkomunikasi secara massal. Alat musik tersebut dibunyikan sebagai pertanda khusus yang dapat dipahami sebagai pesan atau isyarat tertentu.

Alat musik sebagai sarana komunikasi ini masih digunakan oleh masyarakat pedesaan. Contohnya adalah bunyi alat musik bedug yang dibunyikan ketika menjelang maghrib dan memukul alat musik kentongan sebagai pertanda adanya bahaya. 

2. Sarana Hiburan

Setiap lapisan masyarakat tentu menggunakan alat musik sebagai sarana hiburan. Bahkan, dengan bermain alat musik, mampu melatih fokus dan kerja otak yang dapat merangsang kemampuan kognitif. 

Alat musik tentu dapat dimainkan sebagai pengiring tarian, pesta dan acara adat tertentu. Maka dari itu alat musik dalam budaya tradisional dapat dikategorikan sebagai salah satu sarana hiburan masyarakat. 

3. Sarana Upacara Adat dan Budaya

Dalam budaya masyarakat tertentu, alat musik diyakini dapat memberikan energi khusus yang bersifat mistis dan immaterial. Maka dari itu, alat musik juga kerap difungsikan sebagai pelengkap dalam ritual kebudayaan. 

4. Sarana Pengiring Pertunjukan

Alat musik sebagai sarana pengiring pertunjukan adalah fungsi yang paling umum dari penggunaan alat musik dalam budaya tradisional. Dengan adanya alat musik, dapat memeriahkan suasana pertunjukan dan pesan juga dapat tersampaikan dengan baik. Contohnya adalah pertunjukan wayang yang melibatkan alat musik gamelan dalam pementasannya. 

5. Sarana Ekonomi

Tidak hanya dianggap sebagai sarana hiburan dan upacara adat, alat musik juga berfungsi sebagai sarana ekonomi yang dipergunakan sebagai mata pencaharian melalui pentas seni. 

Jenis Alat Musik Tradisional

Jenis alat musik terbagi menjadi dua, yaitu berdasarkan cara memainkannya dan berdasarkan sumber bunyinya. Berikut masing-masing penjelasannya. 

1. Alat Musik Tradisional Berdasarkan Cara Memainkannya

Berdasarkan cara memainkannya, alat musikdibagi ke dalam 5 macam, yaitu ditiup, dipetik, dipukul, digesek dan disentuh. Contoh alat musik yang ditiup adalah suling, dipetik adalah sasando dari NTT, alat musik yang digesek adalah tarawangsa dari Jawa Barat, dipukul adalah talempong dari Minangkabau dan alat musik yang disentuh contohnya adalah akordion dari Sumatera Selatan. 

2. Alat Musik Tradisional Berdasarkan Sumber Bunyi

Berdasarkan sumber bunyinya, alat musik dibagi menjadi 4 macam. Yaitu idiofon, aerofon, membranofon, dan chordofon. 

Idiofon adalah jenis alat musik yang menghasilkan sumber suara yang berasal dari badan alat musik. Contohnya seperti kolintang dari Sulawesi Utara. 

Aerofon adalah jenis alat musik yang menghasilkan sumber suara dari getaran udara yang ditiupkan ke bagian tabung alat musik. Contohnya adalah seruling. 

Membranofon adalah alat musik yang menghasilkan suara dari bagian selaput atau lapisan luar alat musiknya. Contohnya adalah gendang dari suku Jawa.

Terakhir adalah kordofon yang menghasilkan suara dari tali senar atau dawai. Contoh alat musiknya adalah sasando dari Rote, NTT

Macam-macam Alat Musik Tradisional di Indonesia

Berbagai macam alat musik tradisional Indonesia. (Sumber: Sdn suryakencana cbm)

Sekarang kita membahas macam-macam alat musik tradisional Indonesia yang telah dibagi ke dalam dua wilayah, wilayah barat dan timur. Berikut ini gambar alat musik tradisional yang ada di Indonesia. 

1. Indonesia Bagian Barat

Berikut adalah berbagai alat musik tradisional dari wilayah Indonesia bagian Barat.

  • Aceh : Serune Kalee, Rapai, Bangsi Alas, Arbab, Geundrang, Tambo, Taktok Trieng, Bereguh, Canang, dan Celempung
  • Sumatera Utara : Oloan, Ihutan, Panggora, Doal, Hesek, Garantung, Gordang, Taganing, Odap, Sarune Bolon, Sarune Bulu, Sulim, Ole-Ole
  • Sumatera Barat : Saluang, Bansi, Talempong, Rabab, Gandang Tabuik, Tambua, Serunai atau Puput Serunai
  • Riau : Gambus
  • Kepulauan Riau : Gendang Panjang
  • Jambi : Akordeon
  • Sumatera : Selatan Akordeon
  • Bangka Belitung : Gendang Melayu
  • Bengkulu Dol dan : Genderang Perang
  • Lampung : Bende
  • DKI Jakarta : Tehyan dan Tanjidor
  • Jawa Barat : Angklung, Gamelan, Kecapi, dan Calung
  • Banten : Gendang Dogdog
  • Jawa Tengah : Gamelan dan Siter
  • DI Yogyakarta : Gamelan
  • Jawa Timur : Gamelan dan Terompet Reog
  • Bali: Gamelan, Bumbang
  • Nusa Tenggara Barat : Genggong, Rebana Burdah, Gambus, Mandolin, Preret, Barong
  • Nusa Tenggara Timur : Sasando, Suling, Gambus, Heo, Prere, Thobo, Mendut, Reba, Kerontang
  • Kalimantan Utara : Babun, Gambang, Rebab
  • Kalimantan Barat : Tuma
  • Kalimantan Tengah : Japen dan Garantung
  • Kalimantan Selatan : Panting 
  • Kalimantan Timur Sampe

2. Indonesia Bagian Timur 

Setelah mengetahui alat musik wilayah Barat, yuk lihat juga alat musik dari Indonesia bagian Timur.

  • Sulawesi Utara : Kolintang
  • Sulawesi Barat : Kecapi Mandar, Sattung, Pompang, Poponda
  • Sulawesi Tengah : Ganda
  • Sulawesi Tenggara : Ladolado
  • Sulawesi Selatan : Keso-Keso, Alosu, Lembong, Popondoli
  • Gorontalo: Ganda
  • Maluku : Nafiri
  • Maluku : Utara Fu
  • Papua : Barat Guoto, Tifa

Baca juga: Apa Itu Kritik Seni Rupa? Kenali Pengertian & Jenisnya

Nah teman-teman, itu tadi penjelasan lengkap tentang nama nama alat musik tradisional, fungsi, dan jenis-jenisnya. Yuk, lebih mengenali alat musik tradisional sebagai warisan budaya Indonesia. Apa alat musik khas dari daerahmu? 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Alat Musik Tradisional: Pengertian, Fungsi & Jenisnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]

    Trending

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh […]
    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]