1. Kuliah & Umum

Analisis Dampak Sosial Ekonomi Pada Masyarakat & Cara Tindakannya

 

masyarakat sosial
masyarakat sosial. sumber: unsplash.com

Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat, analisis dampak sosial ekonomi menjadi semakin penting. Dalam artikel ini, kita akan membahas pentingnya memahami dampak sosial ekonomi dari perubahan sosial dan ekonomi. Dengan menganalisis dampak sosial ekonomi, kita dapat mengidentifikasi manfaat dan tantangan yang muncul, serta mengambil langkah-langkah yang tepat untuk meminimalkan dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif. Untuk lebih lengkap mengenai analisis dampak sosial ekonomi bisa Sobat Literasi baca sampai selesai!

Dampak Sosial Ekonomi dalam Masyarakat

Setiap hal, kebijakan maupun fenomena yang terjadi pada masyarakat, kerap menimbulkan dampak dari segi sosial maupun ekonomi. Contoh dan penjelasannya bawah ini!

Perubahan sosial ekonomi dapat memiliki dampak yang signifikan dalam masyarakat. Salah satu contoh yang relevan adalah perkembangan teknologi dan otomatisasi yang mengubah struktur dan kebijakan pada  pekerjaan. Meskipun teknologi memberikan kemudahan, hal ini juga dapat menyebabkan pengangguran struktural (terjadi karena perubahan keadaan ekonomi) dan menyebabkan kesenjangan ekonomi yang lebih besar.

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Terlebih saat ini memasuki era digital, sebagian pekerjaan sudah bisa menggunakan berbagai macam aplikasi maupun peralatan. Misal mesin dan kecerdasan buatan. Memang tetap membutuhkan tenaga manusia, namun kita harus menguasai teknologi tersebut agar kita tetap bisa bertahan dan sudah ada pengurangan jumlah atau sektor pekerja salah satunya penjaga tol. Sehingga jumlah pengangguran bertambah. 

Sedangkan kesenjangan ekonomi terjadi pada pelayanan beberapa sektor. Contohnya pada layanan  rumah sakit, adanya perbedaan pelayanan antara pasien yang menggunakan uang pribadi (pasien mampu), pelayanannya sangat cepat bahkan mendapatkan kamar yang layak. Sedangkan dengan pasien yang menggunakan dana jaminan sosial, terkesan lambat bahkan para pegawai rumah sakit memandang rendah orang tersebut.

Ada juga, perubahan sosial seperti perubahan nilai-nilai budaya dan pergeseran demografi juga memiliki dampak sosial ekonomi yang signifikan. Misalnya, perubahan pola konsumsi dan tren masyarakat dapat mempengaruhi industri dan pasar tertentu biasanya terjadi ketika ada hal yang sedang populer dan menjadi pembicaraan.

Baca Juga: Pentingnya Peran Media dalam Demokrasi untuk Masyarakat

Analisis Dampak Sosial Ekonomi

Untuk memahami dampak sosial ekonomi, kita memerlukan analisis yang komprehensif. Beberapa metode yang dapat digunakan dalam analisis ini termasuk survei, wawancara bisa dengan menjadikan masyarakat asli dan pihak lembaga atau pejabat yang sesuai dengan kewenangan, pengumpulan data statistik dan riset jurnal yang relevan.  

Dengan menggunakan pendekatan ini, kita dapat mengidentifikasi dampak sosial ekonomi yang spesifik dan mengukur sejauh mana dampak tersebut terjadi sehingga hasil pengamatan yang lebih riil dan sesuai dengan kenyataan.

Analisis dampak sosial ekonomi juga bisa dengan melibatkan evaluasi dampak positif dan negatif yang mungkin bisa terjadi.  Misalnya, dalam proyek pembangunan infrastruktur, analisis dampak sosial ekonomi akan mempertimbangkan manfaat ekonomi yang dihasilkan, seperti peningkatan lapangan kerja dan pendapatan, semua lapisan masyarakat dapat menikmati infrastruktur tersebut. Serta dampak negatif seperti kerusakan lingkungan (hilangnya lahan resapan air) atau perubahan sosial yang masyarakat tidak inginkan (penggusuran masyarakat yang tinggal kawasan tempat pembangunan).

Baca Juga: Isu Keadilan Sosial: Mengapa Penting untuk Diperjuangkan?

Tindakan yang Dapat Dilakukan

Setelah menganalisa dampak sosial ekonomi, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi hal apa yang terjadi sebagai akibat dampak sosial ekonomi yang terjadi dan mengambil tindakan yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Wujud nyata dari perubahan sosial ekonomi dapat beragam, mulai dari dampak pada tingkat individu hingga dampak pada tingkat masyarakat secara keseluruhan. Ketika menghadapi dampak sosial ekonomi sangat penting bagi pemerintah, organisasi, dan individu untuk mengambil tindakan yang tepat. Berbagai macam tindakan ini bisa dilakukan antara lain: 

  • Peningkatan keterampilan dan pendidikan

Dalam menghadapi perubahan teknologi dan, penting bagi individu untuk meningkatkan keterampilan mereka agar tetap relevan di pasar kerja yang berubah. Dengan ini juga menuntut masyarakat untuk mampu melek teknologi. Kalau sekarang ini sudah terdapat bootcamp secara online yang jenis keterampilannya sesuai dengan kebutuhan pasar.

  • Pembangunan infrastruktur sosial

Untuk mengatasi dampak negatif dari perubahan sosial ekonomi, pemerintah perlu menginvestasikan sumber daya dalam pembangunan infrastruktur sosial seperti layanan kesehatan, pendidikan, dan perumahan yang terjangkau.

  • Melibatkan masyarakat

Melibatkan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan dan memberdayakan mereka untuk mengatasi dampak sosial ekonomi adalah langkah penting dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan.

  • Kebijakan yang berpihak pada kalangan sosial yang membutuhkan

Dalam menghadapi kesenjangan ekonomi dan sosial, penting bagi pemerintah untuk menerapkan kebijakan yang berpihak pada kalangan sosial yang membutuhkan, seperti program bantuan sosial dan perlindungan sosial yang diperuntukkan untuk masyarakat dari ekonomi kebawah serta masyarakat yang terdampak dan mendapatkan perhatian khusus (pemulihan trauma gratis  untuk korban bencana alam dan perlindungan hukum gratis untuk korban kejahatan).

Baca Juga: 5 Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Analisis dampak sosial ekonomi adalah suatu cara  penting dalam memahami dampak dari adanya perubahan sosial dan ekonomi. Dengan menganalisis dampak sosial ekonomi, kita dapat mengidentifikasi manfaat dan tantangan yang muncul, serta mengambil tindakan yang tepat untuk meminimalkan dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif. 

Dalam menghadapi perubahan sosial ekonomi, penting bagi pemerintah, organisasi, dan individu untuk bekerja sama dalam mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan bisa menjangkau semua kalangan masyarakat dari kelompok sosial manapun. 

 

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Analisis Dampak Sosial Ekonomi Pada Masyarakat & Cara Tindakannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]