1. Kelas 7 IPA

Pengertian Antibiosis, Contoh, & Penjelasan Lengkapnya

Pernahkah Kawan Literasi mendengar tentang antibiosis? Antibiosis adalah salah satu istilah dalam dunia ilmu pengetahuan alam yang erat kaitannya dengan makhluk hidup. Pada artikel Studio Literasi kali ini, kita akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan antibiosis hingga contoh beserta penjelasannya, lho. Penasaran seperti apa? Yuk, langsung saja simak artikel berikut ini! 

Apa yang Dimaksud dengan Antibiosis?

Bunga rafflesia
Bunga rafflesia (Sumber: Wikipedia)

Pengertian antibiosis adalah interaksi antara makhluk hidup dimana salah satu makhluk hidup tersebut mengeluarkan zat antibiotik yang dapat membahayakan makhluk hidup yang lain, zat antibiotik tersebut merupakan racun yang dipunya sebuah organisme yang akan disekresikan untuk menghancurkan organisme lain, jadi organisme yang mengeluarkan racun ini bisa bertahan hidup.

Makhluk hidup yang dimaksud, juga termasuk pada tumbuhan, lho. Antibiosis pada tumbuhan dikenal dengan sebutan alelopati, contohnya tumbuhan kamboja, bunga rafflesia, dan gamal. Tumbuhan ini mengeluarkan racun yang dapat membunuh tumbuhan di sekitarnya sehingga dapat memenangkan kompetisi dalam berebut memperoleh makanan dan cahaya matahari.

Contoh Antibiosis

Nah, gimana nih? Sudahkah Kawan Literasi paham mengenai apa yang dimaksud dengan antibiosis? Jika sudah, selanjutnya kita akan membahas contoh antibiosis, nih. 

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 12 Maret 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 10 Maret 2024 at 7:11 am

    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs The post Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 8 Maret 2024 at 2:50 am

    Pasca kemerdekaan Indonesia, Indonesia tidak sepenuhnya merdeka, lho. Masih ada upaya-upaya Belanda ingin menjajah dan menduduki negara Indonesia. Maka dari itu, para pemuda Indonesia tidak ingin hal tersebut terjadi. Sehingga, terbentuklah Konferensi Meja Bundar (KMB) atau dalam bahasa Belanda disebut dengan Nederlands-Indonesische ronde tafel conferentie. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut konferensi The post Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya appeared first on Sma Studioliterasi.

Contoh antibiosis ini bisa dilihat pada organisme yang mendegradasi organisme lainnya dengan mengeluarkan sebuah racun maupun toksik pengganggu pertumbuhan seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Berikut 9 contoh antibiosis beserta penjelasannya agar kamu semakin paham mengenai antibiosis!

1. Jamur Penicillium dan Bakteri

Jamur Penicillium terkenal menjadi jamur yang bisa mensekresikan atau mengeluarkan antibiotik guna menghancurkan struktur tubuh bakteri pada organisme lain yang hidup di sekitarnya. Ini adalah salah satu cara yang dijalankan jamur tersebut supaya bisa tumbuh optimal di media tumbuh yang sama. Jamur ini bisa tumbuh subur sementara bakterinya dihambat dan tidak akan tumbuh kembali.

2. Jamur Aspergillus Flavus dan Bakteri

Jamur Aspergillus Flavus mengandung racun yang disebut aflatoksin. Racun tersebut bisa mendegradasikan bakteri sehingga menghambat pertumbuhan bakteri. Jamur ini kadang dijumpai pada beragam olahan susu yang tidak layak dikonsumsi. Jamur tersebut juga bisa mengakibatkan berbagai gejala gangguan pernapasan, seperti pneumonia dan bronchitis.

3. Ageratum Conyzoides dan Gulma

Ageratum Conyzoides atau bisa disebut juga Babadotan merupakan salah satu jenis tumbuhan yang terkenal bisa meredakan batuk. Tanaman tersebut tergolong dalam keluarga Asteraceae. Babadotan bisa secara mudah dijumpai pada pekarangan maupun lahan yang penuh dengan semak. Tanaman tersebut dapat menghancurkan tanaman lain menggunakan metabolit sekunder yang dimilikinya. 

4. Digitaria Adscendens Henr dan Gulma

Digitaria Adscendens Henr diketahui dapat dengan mudah menghilangkan tanaman lain yang menjadi kompetitor dalam penyerapan unsur hara. Tanaman yang bisa tumbuh hingga 60 cm dan berakar serabut tersebut mengandung metabolit sekunder yang mampu membunuh tanaman lain yang merupakan kompetitornya. 

5. Mimba/Azadirachta Indica dan Gulma

Mindi atau Mimba merupakan tanaman yang kadang dapat dijumpai di pinggir jalan maupun hutan. Mimba ini mempunyai batang yang ramping dan dapat tumbuh dengan ketinggian hingga 20 meter. Mimba banyak dijumpai di pulau Jawa, Bali, dan Madura. Ia memiliki zat metabolit sekunder yang dapat menghambat tanaman lain yang tumbuh di sekelilingnya.

6. Samama/Eucalyptus dan Gulma

Hutan eucalyptus berdominasi tanaman samama yang melakukan antibiosis dengan tanaman lain. Tanaman samama akan menghancurkan tanaman lain yang berupaya mengambil nutrisi pada wilayah habitatnya. Samama atau eucalyptus ini bisa membersihkan tanaman lain dengan jarak radius 5 meter.

7. Mangga/Mangifera Indica dan Rumput Liar dan Jamur Verticillium

Kawan Literasi pasti sering menjumpai pohon mangga bukan? Mangga ini diketahui menjadi salah satu tanaman yang memiliki zat metabolisme sekunder yang membahayakan. Zat ini disekresikan terhadap daun mangga yang jatuh. Daun mangga yang sudah rontok tersebut pohonnya bisa menjadi herbisida alami. Sedangkan pertumbuhan rumput bisa terhambat dengan adanya zat beracun dari daun mangga kering.

8. Brokoli/Brassica Oleracea

Brokoli merupakan salah satu macam sayuran hijau yang kaya akan vitamin C dan mempunyai daya tahan dari jamur khususnya jamur verticillium. Penyakit yang disebabkan oleh jamur verticillium dapat diatasi oleh imunitas brokoli yang mensekresikan zat anti jamur dalam tubuhnya. Zat inilah yang melindungi brokoli terhadap beragam gangguan jamur sehingga dapat tumbuh dengan baik.

9. Tanaman Krangkong dan Rumput Liar

Tanaman krangkong adalah tanaman yang bunganya tunggal yang dapat memanjang hingga 40 cm. Metabolit sekunder yang dihasilkan dari tanaman krangkong ini seperti saponin, kardenolin, dan flavonoid. Tanaman krangkong dapat digunakan sebagai herbisida alami sebab kemampuannya yang dapat mendegradasi rumput liar. 

Nah, itulah ulasan yang dapat Studio Literasi sajikan mengenai apa yang dimaksud dengan antibiosis beserta contoh dan penjelasannya. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pengertian Antibiosis, Contoh, & Penjelasan Lengkapnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]

    Trending

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh […]
    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]