1. Kelas 7 PAI

Pelajari Tingkatan, Ciri-Ciri, & Apa Arti Ikhlas di Sini

Penting bagi setiap insan manusia untuk memiliki sifat ikhlas. Bukan tanpa alasan, dengan sikap ikhlas mengajarkan kita untuk melakukan tindakan dengan tulus hati yang dapat memberikan ketenangan dan kedamaian bagi diri pribadi dan orang lain. Lantas, apa arti ikhlas sebenarnya? Berikut ini Studio Literasi merangkum penjelasan lengkap mengenai apa arti ikhlas. Yuk, simak agar kamu paham apa arti ikhlas!

Apa Pengertian Ikhlas Secara Harfiah

Dalam bahasa Arab, kata ikhlas berasal dari kata khalasha yang berarti tanqiyah asy-syai wa tahdzibuhu atau mengosongkan sesuatu dan membersihkannya. Sedangkan secara bahasa, ikhlas memiliki arti membersihkan (bersih, jernih, suci dari pencemaran, baik berupa materi maupun immateri).

Adapun secara terminologi, apa arti ikhlas secara harfiah adalah kejujuran seorang hamba dalam keyakinan atau akidah dan perbuatan yang ditujukan kepada Allah semata. Sedangkan apa arti ikhlas dalam islam adalah mengerjakan segala sesuatu yang telah digariskan oleh Allah dan Rasul-Nya dengan penuh ketulusan semata-mata hanya untuk mendapat ridho-Nya, baik di dunia maupun akhirat.

Pengertian Ikhlas Menurut Ahli

Menurut Al-Ghazali:

Apa arti ikhlas yakni melakukan amal kebaikan dengan tujuan semata-mata karena Allah SWT. Dalam lanjutnya menyatakan bahwa amal yang sakit adalah amal yang dilakukan karena mengharap imbalan surga. Bahkan menurut hakikatnya, bahwa tidak dikehendaki dengan amal itu selain kepada Allah SWT.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Menurut Abu Thalib:

Ikhlas berarti pemurnian agama seseorang dari hawa nafsu dan perilaku menyimpang, pemurnian amal dari penyakit dan noda yang tersembunyi, pemurnian ucapan dari kata-kata yang tidak berguna, serta pemurnian budi pekerti dengan mengikuti apa saja yang dikehendaki oleh Tuhan.

Menurut Al-Qusyairi:

Dalam kitabnya yang berjudul Risalatul Qusyairiyah (1990:138), ikhlas adalah bermaksud menjadikan Allah SWT sebagai satu-satunya yang disembah. Orang ikhlas dengan ketaatannya dimaksudkan untuk mendekatkan diri hanya pada Allah, tanpa dibuat-buat, dan tanpa mencari pujian dari manusia.

Menurut Ali Mahmud:

Apa arti ikhlas menurut Ali Mahmud adalah meninggalkan amal karena manusia karena manusia adalah makhluk yang riya dan beramal karena manusia adalah perbuatan syirik. Tetapi jika Allah SWT menyelamatkanmu dari keduanya itu artinya ikhlas.

Tingkatan Ikhlas

Tingkatan Ikhlas (sumber: Pexels)
Tingkatan Ikhlas (sumber: Pexels)

Setelah memahami apa arti ikhlas, penting juga untuk mengetahui tingkatan-tingkatannya. Para ulama tasawuf telah membedakan ikhlas ke dalam tiga tingkatan, diantaranya:

1. Ikhlas Akhwas Al-Khawas

Ikhlas Akhwas Al-Khawas merupakan tingkat ikhlas yang tertinggi, yakni ketika seseorang telah mampu membersihkan perbuatan atau amalannya dari perhatian manusia lain. Ia beramal seakan tidak ada yang diharapkan dari ibadahnya selain menjalankan perintah Allah dan mencari ridho-Nya tanpa adanya hasrat untuk mencari perhatian entah berupa pujian ataupun sejenisnya.

2. Ikhlas Khawas

Ikhlas Khawas adalah ketika orang yang melakukan perbuatan karena Allah agar diberi bagian-bagian di kehidupan akhiratnya. Contohnya seperti meminta dijauhkan dari siksa api neraka.

3. Ikhlas Awam

Tingkatan ketiga adalah Ikhlas Awam yaitu ketika orang yang melakukan perbuatan atau amalan karena Allah agar diberi bagian duniawi. Contohnya seperti beribadah untuk mencari kelapangan rezeki dan terhindar dari hal-hal yang menyakitkan.

Unsur-Unsur Ikhlas

Selain tingkatan, ikhlas juga terdapat unsur-unsur yang tidak kalah penting untuk kamu pahami. Adapun unsur-unsur ikhlas antara lain:

1. Niat

Niat merupakan langkah awal untuk menjalankan setiap kegiatan, termasuk dalam menerapkan sikap ikhlas. Perlu diperhatikan, niat yang ditujukan juga untuk menghendaki keridhaan-Nya.

2. Mengikhlaskan Niat

Tidak hanya memantapkan hati untuk berniat ikhlas, sebaiknya juga mengikhlaskan niat tersebut. Seperti sabda Nabi Muhammad SAW kepada Muadz, “Ikhlaskan amal, maka sedikit darinya mencukupimu”.

3. Amanah atau Dapat Dipercaya

Kesempurnaan dari sebuah keikhlasan adalah dapat dipercaya. Dalam hal ini, Allah SWT telah berfirman pada QS 33:23 yang berbunyi “Orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah”.

Ciri-Ciri Ikhlas

Ciri-Ciri Ikhlas (sumber: Pexels)
Ciri-Ciri Ikhlas (sumber: Pexels)

Ikhlas merupakan pekerjaan hati dan merupakan kebalikan dari sifat riya. Berkebalikan dengan ikhlas, riya adalah memperlihatkan diri kepada orang lain untuk mendapatkan sebuah pengakuan. Agar dapat lebih mengenali dan memahami apa arti ikhlas, kamu perlu mengetahui ciri-ciri ikhlas. Berikut ini merupakan ciri-ciri ikhlas:

1. Tidak Berharap untuk Dipuji

Pujian merupakan salah satu ujian untuk orang-orang yang melakukan amal perbuatan baik karena dengan pujian seseorang dapat merasa sombong. Oleh karena itu, seseorang yang menerapkan sikap ikhlas agar tidak berharap untuk dipuji atau mendapat pengakuan lainnya.

2. Menganggap Sama Pujian dan Hinaan

Seringkali apa yang orang lakukan mendapat pujian dan juga hinaan dari orang sekitar. Sementara orang yang ikhlas tidak memikirkan hal tersebut, karena menganggap bahwa pujian dan hinaan adalah hal yang sama dan hanya mengetahui bahwa melakukan ikhlas hanyalah karena ridho Allah SWT.

3. Mendengarkan Nasehat

Pengalaman merupakan guru terbaik karena terdapat ujian di dalamnya sehingga terdapat sebuah pelajaran berharga sesudahnya. Pelajaran-pelajaran tersebut dapat berupa nasehat untuk dapat dijadikan muhasabah diri atau evaluasi agar dapat menerapkan sikap ikhlas lebih baik lagi. 

4. Melupakan Amal Baik dan Hak Amal Baiknya

Seseorang yang melakukan amal ibadah secara ikhlas akan melupakan amal baik yang telah mereka perbuat. Mereka juga akan melupakan hak yang seharusnya didapat dari amal baiknya. Ciri ikhlas seperti ini dapat digolongkan ke dalam sikap ikhlas karena tidak menuntut hak dari perbuatan baiknya.

Contoh Ikhlas

Contoh Ikhlas (sumber: Pexels)
Contoh Ikhlas (sumber: Pexels)

Setelah memahami apa arti ikhlas hingga ciri-ciri ikhlas, menerapkan sikap ikhlas dalam kehidupan tentunya bukanlah hal yang mustahil. Dengan menerapkan sikap ikhlas akan membuahkan hasil yang besar, yaitu akan mendapatkan ketenangan jiwa dalam menjalani hidup. Kamu dapat menerapkan sikap ikhlas dalam kehidupan dengan melakukan beberapa hal berikut:

1. Selalu Berpikir Positif dan Menghindari Berprasangka Buruk

Setiap kejadian terjadi atas izin Allah SWT dan pastinya terdapat hikmah di setiap kejadian tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya selalu berpikir positif dan menghindari suudzon.

2. Memantapkan Niat dalam Hati untuk Belajar Ikhlas

Hal tersebut dapat membuat kamu lebih mudah dalam menerapkan ikhlas dalam kehidupan. Dengan niat yang kuat, akan sulit digoyahkan dengan berbagai godaan yang muncul.

3. Bergaul dengan Orang-Orang yang Bertakwa

Pengaruh lingkungan dan lingkup pertemanan memiliki peran yang cukup penting agar kamu dapat menerapkan ikhlas dalam keseharian sebagai sebuah kebiasaan.

4. Menjadikan Pengalaman sebagai Pembelajaran

Ketika sedang ditimpa musibah, kamu harus berhenti menyalahkan keadaan tetapi menjadikan kejadian tersebut sebagai pengalaman. Ambil hikmah dari setiap kejadian karena akan selalu ada kebaikan di dalamnya.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai apa arti ikhlas secara harfiah, apa arti ikhlas dalam islam, hingga tingkatan dan ciri-cirinya. Semoga setelah memahami mengenai ikhlas, kita bisa mengamalkan dan selalu dalam limpahan rahmat-Nya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pelajari Tingkatan, Ciri-Ciri, & Apa Arti Ikhlas di Sini

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]