1. Kelas 9 IPS

Pengertian Globalisasi, Contoh, Pengaruh dan Dampaknya

Globalisasi merupakan peristiwa yang tak terhindarkan lagi. Era globalisasi membuat dunia seperti tak lagi memiliki sekat pembatas. Di artikel kali ini, Studioliterasi akan membahas secara lengkap teori globalisasi, mulai dari pengertian, faktor pendorong, contoh, sampai dampak positif dan negatifnya.

Pengertian Globalisasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), globalisasi adalah “proses masuknya ke ruang lingkup dunia”. 

Lalu apa itu globalisasi? 

Globalisasi diambil dari kata global (universal). Pada tahun 1985, Theodore Levitte adalah orang yang pertama kali memperkenalkan dan menggunakan istilah ini. 

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Globalisasi adalah suatu proses sosial yang di dalamnya kendala geografi terhadap pengaturan sosial dan budaya menjadi surut dan manusia menjadi semakin sadar bahwa pengaturan tersebut menjadi semakin surut. 

Kondisi ini menjadikan seluruh bangsa dan negara di dunia semakin terkait, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru dengan meniadakan batas geografis, ekonomi, sosial, dan budaya.

Teori globalisasi menurut Thomas Friedman mengatakan bahwa globalisasi memiliki dua dimensi yakni ideologi dan teknologi. Pada dimensi ideologi mengarah pada arti kapitalisme dan pasar bebas dan dimendi teknologi mengarah pada pengertian teknologi informasi sebagai alat yang menghubungkan dunia.

Selain itu, era ini telah mengubah dunia menjadi satu kesatuan yang terbentuk dalam bentuk keterkaitan antarbangsa dan antarmanusia. Keterkaitan itu dapat   melalui berbagai macam kontak seperti perdagangan, komunikasi, investasi, perjalanan, dan budaya.

Keadaan saling bergantung dan membutuhkan itu tidak hanya terjadi di bidang industri saja, melainkan hampir di semua bidang kehidupan baik Iptek, komunikasi, ekonomi, transportasi ataupun budaya.

Singkatnya, globalisasi adalah suatu proses mendunianya suatu hal dalam skala lintas batas sehingga sekat antar negara seolah-olah menjadi hilang. Era globalisasi merujuk pada suatu keadaan di mana negara, wilayah dan masyarakatnya saling terhubung (terkoneksi) satu sama lain. Baik dalam segi ekonomi, sosial budaya, maupun politik.

Kondisi mendunianya segala sesuatu ini didukung oleh berbagai faktor, mulai dari perkembangan teknologi, ilmu pengetahuan, ekonomi bahkan telekomunikasi. Perubahan sosial ini kemudian berpengaruh pada aspek-aspek kehidupan dalam masyarakat.

Teori  Globalisasi Menurut George Ritzer

Teori Globalisasi Menurut George Ritzer
George Ritzer

Teori ini menggambarkan bahwa era globalisasi ditandai dengan adanya sebuah perkembangan dalam bidang komunikasi. Misalnya yaitu dengan munculnya telephone atau televisi. Kemudian akan diakhiri dengan kesadaran masyarakat secara global mengenai hal tersebut.

Faktor Pendorong

Semakin mendekatnya jarak dunia didorong oleh banyak faktor, salah satunya perkembangan IPTEK. Berikut beberapa faktor pendorong globalisasi.

  1. Perkembangan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
  2. Sistem ekonomi terbuka yang dianut oleh banyak negara
  3. Kemudahan migrasi
  4. Merebaknya kerja sama antarnegara

Contoh Globalisasi

Era ini telah merambah ke hampir seluruh sisi kehidupan, baik di bidang budaya, ekonomi, komunikasi, IPTEK, bahkan transportasi. Berikut penjelasan lengkap tentang contoh/bentuk globalisasi.

Globalisasi Budaya

Globalisasi budaya
Globalisasi budaya, Foto oleh gottomalls com

Apa yang biasanya kalian lakukan ketika berpamitan pada orang tua sebelum berangkat ke sekolah? Kalian tentu sudah terbiasa untuk mencium tangan orang tua, bukan?

Tradisi semacam ini merupakan budaya khas yang dimiliki bangsa Indonesia. Kalian belum tentu akan menemui budaya seperti ini di negara-negara lain di dunia. Di negara A, bentuk penghormatan pada lawan jenis bisa berupa mencium pipi kanan dan kiri. Akan tetapi di negara B bisa berbeda lagi. 

Fenomena globalisasi di bidang budaya bisa berbentuk homogenisasi (penyeragaman). Misalnya dalam hal bahasa. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Semua orang di dunia berlomba-lomba belajar bahasa Inggris untuk 

Globalisasi Ekonomi

Globalisasi Ekonomi, Foto oleh gurupendidikan com

Globalisasi ekonomi adalah suatu aktivitas ekonomi secara global dan terbuka. Dalam bidang ekonomi terdapat berbagai negara di dunia menjadi sebuah pasar yang satu dan semakin terintegrasi tanpa mengenal batasan teritorial atau kewilayahan antar negara.

Mendunianya ekonomi ini identik dengan perdagangan bebas (free trade). Apakah kamu sudah tau tentang perdagangan bebas?

Perdagangan bebas adalah sistem perdagangan yang luas menghilangkan hambatan-hambatan tidak lancarnya proses perdagangan internasional.

Globalisasi komunikasi

Globalisasi Ekonomi
Globalisasi Ekonomi, Foto oleh Yaprak Ozer

Apa yang dimaksud dengan komunikasi? Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan atau informasi dari satu pihak kepihak yang lain.

Globalisasi di bidang komunikasi dapat dilihat dari kemajuan teknologi komunikasi. Awalnya masyarakat Indonesia berkomunikasi dengan cara tradisional. Kemudian mulai mengalami perkembangan dalam teknologi telepon, handphone, internet serta media sosial yang ada sekarang ini.

Globalisasi IPTEK

Globalisasi iptek
Globalisasi iptek, Foto oleh Pinterest co kr

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong semakin cepatnya globalisasi. Ilmu pengtahuan dan teknologi merupakan kekuatan utama dalam meningkatnya kesejahteraan yang berkelanjutan dan peradaban suatu bangsa.

Apakah kamu sudah tau yang dimaksud dengan Ilmu pengetahuan dan teknologi?

Ilmu pengetahuan merupakan upaya mencari pengetahuan yang dapat diuji dan diandalkan serta dilakukan secara sistematis menurut tahapan yang teratur dan berdasarkan perinsip serta prosedur tertentu

Dampak Globalisasi

 Globalisasi membawa dampak positif dan sangat berpengaruh bagi kehidupan masyarakat di dunia. Namun disisi lain, fenomena ini membawa dampak negatif. 

Dampak Positif Globalisasi

Salah satu dampak positif globalisasi yang paling bisa kita rasakan ialah kemajuan teknologi. Bukan cuma itu, era ini juga memberi dampak positif bagi kehidupan sosial dan ekonomi.

1. Berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, Foto oleh communication-BINUS UNIVERSITY

Globalisasi membawa masyarakat melakukan penyesuaian terhadap perubahan sosial budaya. Hal ini karena ilmu pengetahuan yang sangat cepat membawa perubahan dalam bidang teknologi

2 .Meningkatnya efektivitas dan efisiensi

Efektivitas dan efisiensi adalah sebuah kata kunci untuk menjelaskan pengaruh positif globalisasi. Apakah kamu sudah tahu yang dimaksud dengan efektivitas dan efisiensi? Efektivitas dapat diartikan sebagai pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan yang telah diinginkan. Apabila sesuatu telah berhasil dikerjakan dengan cara yang tepat dan sesuai dengan yang diinginkan disebut Efektif.

3. Perekonomian Suatu Negara semakin Meningkat

Perekonomian Suatu Negara semakin Meningkat
Perekonomian Suatu Negara semakin Meningkat, Foto oleh Studioliterasi

Kamanto Sunarto berpandangan bahwa globalisasi berlangsung salah satunya pada bidang perekonomian. Globalisasi ekonomi tampak antara lain di bidang perdagangan, Produksi, investasi, ideologi, organisasi, pasar modal, dan pasar kerja

4. Meningkatnya Taraf Hidup Masyarakat

meningkatnya taraf hidup masyarakat
meningkatnya taraf hidup masyarakat, foto oleh Okezone Techno

Meningkatnya taraf perekonomian suatu negara dapat membuat peningkatan taraf hidup masyarakat. Keadaan ini membuat negara semakin aman, damai, dan tentram karena bisa menurunkan tingkat kriminalitas di negara tersebut seperti pencurian, pembunuhan, korupsi, dan lainnya. Dunia yang tanpa batas saat ini memungkinkan seseorang untuk berusaha meningkatkan taraf hidup keluarganya

 5. Komunikasi Semakin cepat dan mudah

Komunikasi semakin cepat dan mudah
Komunikasi semakin cepat dan mudah

Saat ini komunikasi sudah bergeser diantaranya dengan surat elektronik(e-mail), internet, telepon, media jejaring sosial, sebagainya.

Dampak Negatif Globalisasi

Globalisasi tidak hanya membuka peluang bagi berbagai bidang kehidupan, tapi juga bisa jadi ancaman.

1. Westernisasi

westernisasi
Westernisasi,Foto oleh Studioliterasi

Westernisasi adalah suatu perbuatan seseorang yang mulai kehilangan nasionalisme dengan meniru aktivitas kebarat-baratan. Mengapa westernisasi dilakukan dengan cara meniru gaya kebarat-baratan? Karena bangsa-bangsa Eropa dan Amerika dianggap sebagai bangsa yang lebih modern. Contohnya, gaya hidup yang berlebih-lebihan, gaya rambut kepirang-pirangan, pergi ke klub malam.

 2. Demoralisasi

Demoralisasi menjadikan paham-paham barat masuk secara leluasa ke Indonesia. Hal ini menyebabkan nilai-nilai sosial masyarakat memudar. Masyarakat mulai meninggalkan nilai dan norma sosial mereka.

Memudarnya nilai dan norma sosial ini menyebabkan munculnya dekadensi moral atau demoralisasi. Dekadensi moral atau demoralisasi adalah menurunnya akhlak atau moral seseorang. Ciri menurunnya moral yaitu ditunjukkan dari perilaku yang bertentangan dengan norma dalam bermasyarakat.

3. Kesenjangan Sosial Ekonomi

Kesenjangan sosial ekonomi terjadi karena pembangunan dan modernisasi tidak dilaksanakan secara merata kejadian ini biasa terjadi di daerah perkotaan

4.Kriminalitas

Kriminalitas semakin merajalela adalah dampak lanjutan dari segala macam masalah sosial yang sering muncul di masyarakat. Dari hari kehari media cetak, media online, media elektronik didominasi oleh berita kriminal dari pembunuhan, pembuangan bayi, penculikan, penipuan, korupsi, dan sebagainya.

5. Pencemaran Lingkungan

Pencemaran merupakan perbuatan mencemari atau membuat lingkungan menjadi tercemar.Pencemaran lingkungan ditandai dengan berubahnya tatanan lingkungan yang dilakukan oleh manusia. Pencemaran lingkungan akan berdampak bagi kesehatan tubuh manusia maupun makhluk hidup yang lainnya

6. Kenakalan Remaja

Vandalisme dan tawuran adalah salah satu gejala kenakalan remaja yang dapat ditemukan di sekitar lingkungan.  Perilaku yang menyimpang biasa disebut dengan istilah juvenille deliquency. Kenakalan remaja disebabkan oleh satu pengabaian sosial. Kenakalan remaja diartikan semua perbuatan anak remaja yang berlawanan dengan ketertiban umum. Perilaku yang menyimpang. 

7. Individualisme yang semakin tinggi

Individualisme adalah perilaku mementingkan sendiri dan tidak mau berurusan dengan urusan orang lain. Contoh perilaku individualisme yaitu seperti menggunakan handphone tanpa memperhatikan keadaan di sekitarnya, dan ketidakpedulian sosial terhadap sesama yang membutuhkan, seperti kaum duafa

Pengaruh Globalisasi

Pengaruh globalisasi sudah tidak bisa dihindari. Dunia terlihat sempit karena adanya fenomena ini.

Pengaruh Globalisasi di Bidang Budaya

  1. Pengaruh Globalisasi di Bidang Budaya.
  2. Lengkapnya sarana pendidikan.
  3. Kemajuan dan peningkatan SDM.
  4. Pengetahuan mengenai kebudayaan negara lain

Pengaruh Globalisasi di Bidang Ekonomi

  1. Memacu produktivitas
  2. Memacu Inovasi
  3. Kreativitas meningkat
  4. Munculnya perusahaan 

Pengaruh Globalisasi di Bidang Sosial

  1. Sikap individualistis
  2. Materialisme meningkat
  3. Berkembangnya hedonisme
  4. Adanya pragmatic

Upaya Menghadapi Globalisasi

Globalisasi merupakan tantangan yang besar bagi setiap bangsa. Bangsa kita tidak mungkin bergantung dengan bangsa lain. Berikut ini upaya menghadapi fenomena globalisasi dalam berbagai bidang.

Bidang Budaya

  1. Menyaring budaya asing yang masuk ke Indonesia, kemudian diadaptasi dan digunakan bersama-sama
  2. Mempromosikan budaya asli Indonesia ke mata internasional
  3. Menyukai produk asli Indonesia
  4. Memperkuat persatuan antar warga Indonesia yang memiliki budaya beragam untuk bersatu melindungi budaya asli agar tidak hilang atau di klaim negara lain
  5. Mematenkan setiap budaya Indonesia serta mempubliskannya agar tetap terjaga
  6. Berpegang teguh dengan nilai religius, spiritual, dan memupuk rasa bhineka tunggal ika, dan tetap berjaya dengan budaya nya
  7. Meningkatkan kualitas keimanan dan moralitas

Bidang IPTEK

  1. Berkompetisi tentang kemajuan iptek
  2. Meningkatkan motif berprestasi
  3. Meningkatkan sumber daya manusia terutama di bidang teknologi agar mampu bersaing
  4. Selalu berorientasi ke masa depan
  5. Meningkatkan penguasaan terhadap teknologi

Bidang Ekonomi

  1. Menyiapkan SDM yang kompeten
  2. Melaksanakan standarisasi bagi perusahaan dan lembaga pemerintah untuk citra, kualitas produk
  3. Menghilangkan korupsi, kolusi, nepotisme,dan manipulasi
  4. Mendorong pengusaha-pengusaha untuk berkompetisi secara sehat
  5. Mendorong munculnya produk kreatif dan inovatif dari masyarakat Indonesia

Bidang Komunikasi

  1. Memanfaatkan alat komunikasi sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan
  2. Memanfaatkan alat komunikasi demi kemajuan masa depan dan tidak menyalah gunakannya
  3. Memilih informasi dengan tepat dan bijaksana agar tidak mudah terpengaruh dan terhasut oleh informasi yang salah

Bidang Transportasi

  1. Memanfaatkan alat transportasi sesuai dengan jarak dan waktunya
  2. Menggunakan alat transportasi tidak berlebihan agar tidak terjadi pencemaran lingkungan
  3. Menjaga keberadaan alat transportasi lokal sebagai salah satu khasanah budaya

Baca juga materi menarik lainnya :

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pengertian Globalisasi, Contoh, Pengaruh dan Dampaknya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]