1. Kelas 9 Bahasa Indonesia

Apa Itu Implementasi?

Kalian sering mendengar kata implementasi, bukan? Apalagi buat teman-teman yang saat ini sedang duduk di bangku kuliah, kata ini memang sangat sering terdengar di lingkungan universitas/kampus, mulai dari lingkup akademik, organisasi, hingga lembaga riset ilmiah.

Lebih dari itu, mungkin kalian juga sering mendengar kata ini keluar dari mulut orang-orang terdekat kalian saat mereka sedang berdiskusi tentang apapun, mulai dari topik budaya, sosial, politik dan masih banyak lagi.

Setelah ini kita akan belajar arti, tujuan, dan bagaimana contoh dari kata implementasi, agar teman-teman bisa menggunakan kata ini dengan baik dan benar. 

Pengertian Implementasi

Apa itu Implementasi?

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Kata ini berasal dari bahasa Inggris yang berbunyi “to implement” yang berarti mengimplementasikan. Menurut KBBI, implementasi artinya penerapan atau pelaksanaan.

Menurut Wheelen, arti implementasi adalah pelaksanaan atau praktik dari suatu rencana, metode, desain, ide, model, spesifikasi, standar, atau kebijakan apa pun untuk melakukan sesuatu. 

Sedangkan menurut Sabatier, arti implementasi adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok swasta, instansi pemerintah, atau pejabat tertentu sesuai dengan keputusan tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Jadi, implementasi adalah tindak lanjut dari pola pikir yang awalnya hanya berupa tulisan atau pembicaraan dari seorang individu, kelompok, maupun lembaga.

Tujuan Implementasi 

Tujuan Implementasi
Tujuan Implementasi, Foto Oleh Unsplash

Jika dilihat dari definisinya, tujuan utama dari sebuah implementasi adalah, memberikan sebuah kejelasan berupa tindak lanjut dari suatu pola pikir yang awalnya hanya berupa tulisan atau pembicaraan. 

Berdasarkan tujuan utamanya, ada beberapa tujuan lain yang bisa dicapai dengan sebuah implementasi. Berikut penjelasannya.

Menggapai Tujuan Dari Rencana yang Sudah Dibuat

Biasanya, ketika kita memiliki sebuah ide, metode, ataupun rencana, sudah pasti kita juga memiliki sebuah tujuan atau hasil yang ingin kita capai. Nah, bukan hanya sekedar sebuah kejelasan yang berupa tindak lanjut, implementasi juga bisa menjadi sebuah alat yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan yang ingin kita capai dari rencana yang sudah ada sebelumnya. 

Misalnya, Andi memiliki sebuah rencana untuk mengembangkan organisasi yang sedang dia ikuti. Oleh karena itu andi berencana untuk mendaftarkan diri pada kegiatan pemilihan ketua di organisasi tersebut untuk mencapai tujuannya.

Tanpa sebuah penerapan, mungkin tunjuan yang Andi miliki hanya akan menjadi angan-angan.

Melakukan Uji Coba Pada Rencana yang Sudah Dibuat

Implementasi juga dapat menjadi alat yang berfungsi untuk menguji suatu ide, rencana, maupun metode yang sebelumnya sudah ada. 

Bagaimana contohnya? 

Misalnya, Pak Boby mengimplementasikan beberapa metode yang sudah dia buat tentang bagaimana cara mendidik anak yang baik, salah satunya dengan cara membuat peraturan rumah yang sangat ketat dengan tujuan agar anaknya bisa menjadi anak yang disiplin. 

Namun, bukannya menjadi seorang anak yang disiplin, anak Pak Boby malah menjadi seorang pemberontak akibat metode pendidikan yang diimplementasikan oleh ayahnya.

Pak Boby memang tidak berhasil membuat anaknya menjadi seseorang yang disiplin sesuai dengan apa yang dia harapkan, tapi setidaknya Pak Boby bisa mengambil sebuah pelajaran, bahwa metode peraturan yang dia implementasikan tidak bisa diterapkan kepada anaknya. Secara tidak langsung Pak Boby sudah melakukan uji coba sebuah metode.

Melihat Reaksi Suatu Objek dari Pengimplementasian Sebuah Rencana

Bukan hanya menguji sebuah rencana yang sudah dibuat, implementasi juga dapat digunakan untuk menguji suatu objek dengan sebuah rencana yang akan diimplementasikan.

Bagaimana contohnya?

Misalnya konten prank atau social experiment yang lumayan viral akhir-akhir ini, penerapan dari prank yang sudah mereka rencanakan memiliki tujuan untuk mengetahui seperti apa reaksi korban yang mereka pilih atas berbagai jenis tindakan prank yang mereka lakukan.

Objek pada contoh di atas berupa korban yang dipilih oleh pelaku prank, sedangkan perilaku jahil yang dilakukan oleh para pelaku prank berupa implementasi dari rencana yang sudah mereka buat.

Contoh Implementasi

Jika tadi kalian sudah melihat beberapa contoh Implementasi yang dilakukan oleh seseorang individu, berikut contoh implementasi yang dilaksanakan oleh beberapa lembaga resmi yang memang memiliki wewenang atas berbagai macam kebijakan.

  1. Pembaharuan kurikulum pendidikan, dari KTSP 2006 menjadi K13 sebagai penerapan dari rencana perbaikan sistem pendidikan oleh pemerintah Indonesia.
  1. Pengesahan UU Cipta Kerja sebagai implementasi rencana pengembangan bisnis dan ekonomi oleh pemerintah Indonesia.
  1. Penyuntikan sampel vaksin covid 19 kepada beberapa relawan sebagai implementasi dari salah satu rencana WHO untuk menghentikan wabah covid 19.

Sekian dulu penjelasan tentang materi ini, supaya tidak gampang lupa dan terlalu sulit dimengerti, anggap saja bahwa arti kata tersebut sama dengan arti kata tindak lanjut, karena dengan pemahaman seperti itu kalian akan lebih mudah dalam mengingat arti, fungsi, hingga macam-macam tujuan pemakaian kata tersebut. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Kata Baku dan Tidak Baku

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Apa Itu Implementasi?

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]