Muhammad Akmal Hanafi Berbagi wawasan dengan tulisan

Apa Itu Implementasi?

2 min read

Apa itu implementasi
Apa Itu Implementasi? Foto Oleh Unsplash

Kalian sering mendengar kata implementasi, bukan? Apalagi buat teman-teman yang saat ini sedang duduk di bangku kuliah, kata ini memang sangat sering terdengar di lingkungan universitas/kampus, mulai dari lingkup akademik, organisasi, hingga lembaga riset ilmiah.

Lebih dari itu, mungkin kalian juga sering mendengar kata ini keluar dari mulut orang-orang terdekat kalian saat mereka sedang berdiskusi tentang apapun, mulai dari topik budaya, sosial, politik dan masih banyak lagi.

Setelah ini kita akan belajar arti, tujuan, dan bagaimana contoh dari kata implementasi, agar teman-teman bisa menggunakan kata ini dengan baik dan benar. 

Pengertian Implementasi

Apa itu Implementasi?

Kata ini berasal dari bahasa Inggris yang berbunyi “to implement” yang berarti mengimplementasikan. Menurut KBBI, implementasi artinya penerapan atau pelaksanaan.

Menurut Wheelen, arti implementasi adalah pelaksanaan atau praktik dari suatu rencana, metode, desain, ide, model, spesifikasi, standar, atau kebijakan apa pun untuk melakukan sesuatu. 

Sedangkan menurut Sabatier, arti implementasi adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok swasta, instansi pemerintah, atau pejabat tertentu sesuai dengan keputusan tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Jadi, implementasi adalah tindak lanjut dari pola pikir yang awalnya hanya berupa tulisan atau pembicaraan dari seorang individu, kelompok, maupun lembaga.

Tujuan Implementasi 

Tujuan Implementasi
Tujuan Implementasi, Foto Oleh Unsplash

Jika dilihat dari definisinya, tujuan utama dari sebuah implementasi adalah, memberikan sebuah kejelasan berupa tindak lanjut dari suatu pola pikir yang awalnya hanya berupa tulisan atau pembicaraan. 

Berdasarkan tujuan utamanya, ada beberapa tujuan lain yang bisa dicapai dengan sebuah implementasi. Berikut penjelasannya.

Menggapai Tujuan Dari Rencana yang Sudah Dibuat

Biasanya, ketika kita memiliki sebuah ide, metode, ataupun rencana, sudah pasti kita juga memiliki sebuah tujuan atau hasil yang ingin kita capai. Nah, bukan hanya sekedar sebuah kejelasan yang berupa tindak lanjut, implementasi juga bisa menjadi sebuah alat yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan yang ingin kita capai dari rencana yang sudah ada sebelumnya. 

Misalnya, Andi memiliki sebuah rencana untuk mengembangkan organisasi yang sedang dia ikuti. Oleh karena itu andi berencana untuk mendaftarkan diri pada kegiatan pemilihan ketua di organisasi tersebut untuk mencapai tujuannya.

Tanpa sebuah penerapan, mungkin tunjuan yang Andi miliki hanya akan menjadi angan-angan.

Melakukan Uji Coba Pada Rencana yang Sudah Dibuat

Implementasi juga dapat menjadi alat yang berfungsi untuk menguji suatu ide, rencana, maupun metode yang sebelumnya sudah ada. 

Bagaimana contohnya? 

Misalnya, Pak Boby mengimplementasikan beberapa metode yang sudah dia buat tentang bagaimana cara mendidik anak yang baik, salah satunya dengan cara membuat peraturan rumah yang sangat ketat dengan tujuan agar anaknya bisa menjadi anak yang disiplin. 

Namun, bukannya menjadi seorang anak yang disiplin, anak Pak Boby malah menjadi seorang pemberontak akibat metode pendidikan yang diimplementasikan oleh ayahnya.

Pak Boby memang tidak berhasil membuat anaknya menjadi seseorang yang disiplin sesuai dengan apa yang dia harapkan, tapi setidaknya Pak Boby bisa mengambil sebuah pelajaran, bahwa metode peraturan yang dia implementasikan tidak bisa diterapkan kepada anaknya. Secara tidak langsung Pak Boby sudah melakukan uji coba sebuah metode.

Melihat Reaksi Suatu Objek dari Pengimplementasian Sebuah Rencana

Bukan hanya menguji sebuah rencana yang sudah dibuat, implementasi juga dapat digunakan untuk menguji suatu objek dengan sebuah rencana yang akan diimplementasikan.

Bagaimana contohnya?

Misalnya konten prank atau social experiment yang lumayan viral akhir-akhir ini, penerapan dari prank yang sudah mereka rencanakan memiliki tujuan untuk mengetahui seperti apa reaksi korban yang mereka pilih atas berbagai jenis tindakan prank yang mereka lakukan.

Objek pada contoh di atas berupa korban yang dipilih oleh pelaku prank, sedangkan perilaku jahil yang dilakukan oleh para pelaku prank berupa implementasi dari rencana yang sudah mereka buat.

Contoh Implementasi

Jika tadi kalian sudah melihat beberapa contoh Implementasi yang dilakukan oleh seseorang individu, berikut contoh implementasi yang dilaksanakan oleh beberapa lembaga resmi yang memang memiliki wewenang atas berbagai macam kebijakan.

  1. Pembaharuan kurikulum pendidikan, dari KTSP 2006 menjadi K13 sebagai penerapan dari rencana perbaikan sistem pendidikan oleh pemerintah Indonesia.
  1. Pengesahan UU Cipta Kerja sebagai implementasi rencana pengembangan bisnis dan ekonomi oleh pemerintah Indonesia.
  1. Penyuntikan sampel vaksin covid 19 kepada beberapa relawan sebagai implementasi dari salah satu rencana WHO untuk menghentikan wabah covid 19.

Sekian dulu penjelasan tentang materi ini, supaya tidak gampang lupa dan terlalu sulit dimengerti, anggap saja bahwa arti kata tersebut sama dengan arti kata tindak lanjut, karena dengan pemahaman seperti itu kalian akan lebih mudah dalam mengingat arti, fungsi, hingga macam-macam tujuan pemakaian kata tersebut. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Kata Baku dan Tidak Baku

Last Updated on Desember 2, 2020

Avatar
Muhammad Akmal Hanafi Berbagi wawasan dengan tulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top