1. berita

7 Cara Menghadapi “Resesi”

Penyebaran virus Corona (COVID-19) hingga kini masih terus bertambah. Hal ini berdampak pada perkembangan perekonomian negara yang semakin menurun, bahkan terancam resesi. Sebenarnya apa itu resesi ekonomi?

Beberapa negara seperti Korea Selatan, Singapura, Jerman, Hongkong, hingga Amerika Serikat bahkan sudah melaporkan terjadinya resesi ekonomi.

Resesi ekonomi ini ditandai dengan penurunan pada Produk Domestik Bruto (PDB), merosotnya pendapatan riil, jumlah lapangan kerja, penjualan ritel, dan terpuruknya industri manufaktur. Lalu apa sebenarnya Resesi itu?

Pengertian Resesi

Apa itu resesi?

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Resesi adalah keadaan ketika pertumbuhan ekonomi mengalami penurunan selama dua kuartal atau lebih dalam satu tahun.

Tentunya ada beberapa faktor yang menandakan suatu negara mengalami resesi. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya resesi ekonomi adalah sebagai berikut.

1. Pertumbuhan ekonomi yang lambat

Pertumbuhan ekonomi yang lambat
Pertumbuhan ekonomi yang lambat, Foto oleh accurate id

Perkembangan ekonomi digunakan sebagai tolak ukur untuk menentukan baik buruknya kondisi ekonomi suatu negara.

Dengan kata lain, jika pertumbuhan ekonomi negara tersebut mengalami kenaikan, maka negara tersebut dalam kondisi ekonomi yang baik dan bebas dari resesi.

Begitupun sebaliknya, pertumbuhan ekonomi mengacu pada pendapatan nasional (PDB/GDP) yang merupakan jumlah total dari konsumsi, investasi, pengeluaran pemerintah, serta ekspor yang dikurangi nilai impor.

Jika pendapatan nasional suatu negara mengalami penurunan, dapat dipastikan bahwa negara tersebut mengalami resesi.

2. Tingginya inflasi atau deflasi

tingginya inflasi atau deflasi
tingginya inflasi, Foto Oleh aslantek com

Inflasi memang sangat berguna untuk membantu mendorong pertumbuhan ekonomi. Namun, jika terlalu tinggi dapat mempersulit kondisi ekonomi masyarakat.

Hal itu disebabkan karena harga produksi dan komoditas yang semakin mahal sehingga tidak dapat dijangkau oleh masyarakat, khususnya kalangan menengah ke bawah. Jika kenaikan inflasi ini tidak diimbangi dengan daya beli masyarakat yang tinggi maka kondisi perekonomian akan semakin parah.

Selain inflasi, deflasi yang tinggi juga dapat menyebabkan resesi. Harga komoditas yang menurun drastis bisa mempengaruhi tingkat pendapatan dan laba perusahaan. Sehingga terjadi kerugian karena biaya produksi yang tidak tertutup.

3. Tingkat pengangguran tinggi

Tingkat pengangguran tinggi
Tingkat pengangguran tinggi, Foto oleh Gatra com

Sumber daya manusia menjadi salah satu faktor penting dalam perekonomian bangsa.

Apabila suatu negara tidak dapat menyediakan lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja lokal,

maka tingkat pengangguran akan semakin tinggi. Akibatnya, masyarakat tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup mereka sehingga memicu tindakan kriminal.

4. Ketidakseimbangan produksi dan konsumsi

ketidak seimbangnya produksi dan konsumsi
ketidak seimbangnya produksi dan konsumsi, Foto oleh Greeners co

Keseimbangan antara produksi dan konsumsi merupakan dasar pertumbuhan ekonomi suatu negara. Apabila produksi dan konsumsi tidak seimbang, maka akan terjadi masalah dalam siklus ekonomi.

Apabila tingginya jumlah produksi tidak diikuti dengan tingginya jumlah konsumsi, akan mengakibatkan penumpukan stok persediaan barang.

Begitu pula, jika jumlah produksi yang rendah sedangkan jumlah konsumsi tinggi, maka kebutuhan masyarakat tidak dapat terpenuhi sehingga terjadi impor. Hal tersebut mengakibatkan penurunan laba perusahaan yang berpengaruh pada lemahnya pasar modal.

5. Hilangnya kepercayaan investasi

hilangnya kepercayaan dalam berinvestasi
hilangnya kepercayaan dalam berinvestasi, Foto oleh Markey id

Dalam mengembangkan perekonomian, setiap negara dituntut untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif.

Hal ini bertujuan untuk menarik investor agar berinvestasi. Namun, bila kepercayaan untuk berinvestasi ini hilang maka akan membuat pertumbuhan ekonomi semakin lambat dan memicu terjadinya resesi.

Baca juga : Pembangunan Ekonomi

Dampak Resesi Ekonomi

Dampak resesi ekonomi
Dampak resesi ekonomi, Foto oleh pontas

Sesuai namanya, resesi berarti kelesuan atau kemerosotan, resesi dapat menyebabkan penurun secara simultan pada semua sektor ekonomi. Seperti lapangan kerja, investasi, dan laba perusahaan. 

Semisal, menurunya investasi pada saat resesi, maka akan mempengaruhi jumlah lapangan pekerjaan sehingga naiknya jumlah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Kurangnya produksi barang dan jasa yang menyebabkan penurunan PDB nasional. Jika tidak segera diatasi, efek domino resesi akan menyebar ke berbagai sektor.

Efek tersebut bisa berupa inflasi atau deflasi yang sulit dikendalikan maupun neraca perdagangan yang minus sehingga berdampak pada cadangan devisa.

Kondisi Ekonomi Indonesia Saat Ini

Berbagai pengamat dan ahli ekonomi sudah memprediksikan bahwa akan terjadi resesi Indonesia pada tahun 2020 ini. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 5,32 persen pada kuartal II-2020.

Meskipun pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2020 ini mengalami kontraksi, namun belum berarti sudah memasuki resesi. Karena, resesi 2020 terjadi apabila pertumbuhan ekonomi suatu negara negatife pada dua kuartal secara berturut-turut.

Direktur Riset Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah menekankan, Indonesia akan masuk jurang resesi jika pertumbuhan ekonomi kembali negative pada kuartal III-2020. CORE sendiri memprediksikan ekonomi Indonesia berpotensi tumbuh negatife 3-4 persen pada kuartal III-2020.

Piter menambahkan, bahwa Indonesia baru bisa disebut resesi apabila pada bulan Oktober nanti BPS merilis kembali angka pada kuartal III yang negatif.

Indonesia sendiri sebenarnya sudah mengalami beberapa indikator yang dapat menyebabkan terjadinya resesi.

Cara Menghadapi Resesi Ekonomi

Cara Menghadapi Resesi Ekonomi
Cara Menghadapi Resesi Ekonomi, Foto oleh Studio literasi

Ada beberapa hal yang perlu kita ingat saat menghadapi resesi, sebab hampir semua orang akan terkena dampak resesi ini, bahkan berpotensi kehilangan uang maupun pekerjaan. Untuk itu Anda harus mempersiapkan keuangan Anda agar bisa terhindar dari dampak resesi seminimal mungkin. Beberapa hal dapat Anda lakukan untuk menghadapi resesi sebagai berikut :

1. Membuat dana darurat

Ketika keadaan ekonomi semakin sulit, maka kemungkinan besar akan terjadi pemotongan jumlah karyawan. Begitupun dengan pebisnis yang bisa mengalami kebangkrutan atau penurunan pendapatan yang drastis.

Akan sangat sulit untuk mencari pekerjaan dengan nominal pendapatan yang sama pada saat resesi. Saat itulah dana darurat ini menjadi sangat penting dan bermanfaat untuk membantu mencukupi kebutuhan anda selama anda mencari pekerjaan baru atau membangun bisnis kembali.

2. Meninjau kembali untuk berinvestasi

Setiap investasi memiliki resikonya masing-masing. Tentunya Anda memilih instrumen yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda, baik dari segi keuntungan maupun resiko.

Dalam persiapan menghadapi resesi ekonomi, tinjau kembali investasi yang Anda lakukan. 

Jika Anda mengalami kesulitan saat menganalisa sendiri, mintalah pihak profesional untuk membantu Anda dalam memperhitungkan setiap aspek. Mulai dari detail risiko, perpajakan, biaya pengeluaran, dan lain sebagainya. Siapkan juga rencana lain untuk menghadapi resiko terburuk yang dapat terjadi.

3. Melunasi hutang

Dalam menghadapi resesi, cara ini terdengar klise namun sangat benar adanya. Untuk mempermudah dalam melunasi hutang secara perlahan terdapat dua strategi yang dapat diterapkan.

Yang pertama yaitu debt ladder. Cara ini memprioritaskan hutang berdasarkan suku bunga, sehingga jangan menabung atau melakukan pembayaran tagihan pada akun yang digunakan untuk membayar hutang ini.

Kedua adalah debt snowball yang merupakan cara membayar hutang dengan melunasi dari yang terkecil.

4. Kesampingkan kebutuhan jangka pendek yang tidak perlu

Sebaiknya, kesampingkan dulu untuk membeli kebutuhan yang tidak bersifat mendesak, dan masukkan dana yang sudah disiapkan kedalam rekening. Anggaplah Anda sedang berinvestasi untuk persiapan menghadapi resesi yang mungkin akan terjadi.

5. Membangun aset intelektual

Salah satu strategi terbaik untuk menjaga Anda di bidang karir adalah dengan bergabung di berbagai macam pelatihan atau sertifikasi yang berkaitan dengan bidan Anda atau yang menarik minat, apa pun yang dapat membantu karir Anda maju.

Dengan demikian, jika suatu saat terjadi resesi dan Anda kehilangan pekerjaan maka Anda akan terbantu dalam mencari pekerjaan baru dengan berbagai keterampilan yang Anda miliki.

6. Memulai bisnis sampingan

Dengan melakukan bisnis sampingan ini akan memberikan penghasilan tambahan selagi Anda melakukan pekerjaan rutin Anda. Sehingga, jika Anda kehilangan pekerjaan utama Anda saat terjadi resesi, usaha sampingan ini akan menjadi sumber lain, seperti pesangon atau tunjangan pengangguran.

Baca juga : Pertumbuhan Ekonomi

7. Mengikuti perkembangan Ekonomi

Dengan mengikuti perkembangan secara rutin, maka Anda akan paham tentang apa yang

sedang terjadi di dunia perekonomian saat ini. Anda mungkin akan menemukan

berbagai istilah perekonomian yang asing. Cari pengertiannya melalui internet dan pelajari hingga Anda paham.

Salah satu indikasi terjadinya resesi keuangan adalah kurva imbal hasil terbalik (inverted yield curve). Dimana suku bunga normalnya akan lebih tinggi jika jangka hutang semakin panjang. Kedua hal ini bisa berbalik saat menjelang resesi. Apabila Anda dapat memahami konsep kurva imbal balik terbalik ini, maka Anda akan memiliki setidaknya 1 tahun untuk mempersiapkan diri sebelum resesi datang.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 7 Cara Menghadapi “Resesi”

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]