1. Kelas 8 IPS
  2. Tak Berkategori

Apa yang Dimaksud dengan Redistribusi Pendapatan? Yuk Simak!

Isu ketimpangan sosial yang ada di masyarakat kerap menjadi perhatian banyak orang. Pemerintah pun telah berusaha untuk mengatasi masalah tersebut dengan membuat berbagai program serta kebijakan, salah satunya yaitu dengan mengoptimalkan redistribusi pendapatan. Namun, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan redistribusi pendapatan? Untuk itu, simak artikel Studio Literasi kali ini hingga akhir, ya!

Apa yang Dimaksud dengan Redistribusi Pendapatan?

Sumber: aogwealth

Redistribusi pendapatan adalah pendistribusian kembali pendapatan masyarakat yang berasal dari kelompok kaya kepada masyarakat kelas miskin atau kurang mampu, baik melalui pajak ataupun pungutan-pungutan lain. Dengan cara itu, setiap orang setidaknya dapat memperoleh standar hidup minimal. 

Dengan kata lain, redistribusi pendapatan ialah sebuah upaya dari pemerintah untuk memberi jaminan sosial bagi masyarakat yang kurang mampu, sehingga pajak ataupun iuran lainnya yang sudah terbayarkan menjadi bentuk investasi sosial jangka panjang serta bermanfaat untuk memeratakan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Redistribusi pendapatan ini tercantum pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). 

Baca juga: Seluk-Beluk Kegiatan Ekonomi: Jenis, Faktor, & Sektornya

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Bentuk-Bentuk Redistribusi Pendapatan 

Wujud redistribusi pendapat pada dasarnya terbagi menjadi dua, yakni redistribusi vertikal dan redistribusi horizontal. Berikut adalah penjelasan serta contoh terkait masing-masing bentuk redistribusi pendapatan: 

1. Redistribusi Pendapatan Vertikal 

Sumber: freepik

Bentuk redistribusi pendapatan ini ialah penyaluran dana dari golongan masyarakat mampu ke masyarakat yang kurang mampu sebagai bentuk dukungan dan kepedulian. Contohnya yaitu: 

a. Pajak 

Beberapa jenis pajak yang dibayar oleh masyarakat yaitu pajak kendaraan, pajak penghasilan, pajak barang mewah, dan lain-lain. Pemerintah memiliki wewenang untuk menarik pajak berdasarkan ketentuan yang berlaku dan mengelolanya untuk pembangunan dan program bantuan kepada masyarakat miskin. 

b. Subsidi

Subsidi merupakan pemberian diskon atau penambahan modal kepada produsen. Contohnya yaitu subsidi pupuk untuk petani dan subsidi BBM pada sektor transportasi. 

c. Corporate Social Responsibility (CSR)

CSR atau Corporate Social Responsibility adalah suatu program yang dilaksanakan perusahaan swasta yang ditujukan untuk masyarakat melalui pemerintah. 

Contoh dari program CSR adalah program beasiswa, peningkatan kesehatan, program pemberdayaan masyarakat di sekitar perusahaan, atau penjagaan kelestarian lingkungan hidup, dan lain-lain. 

d. Kredit atau Pinjaman Lunak 

Selain beberapa bentuk redistribusi pendapatan vertikal di atas, pemerintah juga memberikan kredit atau pinjaman lunak sebagai bentuk redistribusi pendapatan untuk masyarakat yang membutuhkan. 

Umumnya jenis pinjaman ini pemerintah berikan untuk masyarakat yang menjalankan usaha, sehingga para pelaku usaha dapat mengembangkan bisnisnya hingga semakin maju, membuka lapangan kerja, dan akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Baca juga: Bentuk-Bentuk Pasar

2. Redistribusi Pendapatan Horizontal 

Sumber: freepik

Redistribusi pendapatan horizontal merupakan bentuk penyaluran dana antar kelompok ataupun antar individu pribadi. Sifat distribusi pendapatan ini lingkupnya sempit atau lebih kecil dari redistribusi pendapatan vertikal. 

Fungsi redistribusi pendapatan horizontal antar kelompok yaitu meningkatkan kualitas kesejahteraan kelompok masyarakat dari kelas ekonomi rendah agar memiliki taraf hidup yang lebih baik. 

Contohnya, terdapat komunitas peduli pendidikan yang menghimpun dana masyarakat dari golongan mampu untuk membantu anak yang putus sekolah agar dapat kembali melanjutkan sekolahnya. Melalui kegiatan tersebut, anak-anak dapat memiliki peluang masa depan yang jauh lebih baik. 

Wujud lain dari redistribusi pendapatan horizontal yaitu kiriman uang antar pribadi dari orang tua kepada anak yang menunjukkan adanya dukungan finansial orang tua kepada anak. Selain itu, proses redistribusi bisa juga berbentuk kegiatan berbagi dengan sesama.  

Baca juga: Perdagangan Internasional

Program Peningkatan Fungsi Redistribusi Pendapatan

Sumber: freepik

Dalam rangka mewujudkan redistribusi pendapatan yang optimal dan berkelanjutan, pemerintah memiliki beberapa strategi, yaitu dengan melaksanakan beberapa program berikut: 

1. Program Jaminan Sosial Kebutuhan Dasar Masyarakat Kurang Mampu

Salah satu upaya peningkatan fungsi redistribusi pendapatan oleh pemerintah ialah pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat kurang mampu, berikut ini adalah contoh beberapa strategi pemerintah: 

  • BLT (Bantuan Langsung Tunai)
  • PKH (Program Keluarga Harapan) atau BTB (Bantuan Tunai Bersyarat)
  • BOS (Bantuan Operasional Sekolah)
  • Jaminan sosial 
  • Beasiswa pendidikan 
  • Jaminan Kesehatan Masyarakat 

2. Program Kredit Lunak & Kredit Berbasis Komunitas 

Sejak 5 November 2007, pemerintah sudah melaksanakan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai upaya untuk memeratakan pendapatan, khususnya untuk masyarakat dengan usaha berskala mikro dan kecil. Pemilik usaha mikro dan usaha kecil bisa memperoleh pinjaman modal dengan lebih mudah, karena kerap kali terkendala dengan aturan dari perbankan. 

Dengan adanya program kredit lunak, harapannya masyarakat kalangan menengah ke bawah dapat terbantu untuk menjadi mandiri dengan pengembangan usahanya, sekaligus sebagai bentuk upaya mengurangi angka kemiskinan di Indonesia. 

3. Program Pengembangan Usaha & Industri Kecil 

Program pengembangan usaha dari pemerintah tidak hanya berupa kredit usaha rakyat (KUR), namun pemerintah juga memiliki program pemberdayaan UMKM melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM). 

Dengan adanya PNPM ini, harapannya usaha yang telah berkembang bisa memperluas kesempatan kerja khususnya di wilayah pedesaan, serta mempercepat pemerataan pendapatan masyarakat. 

4. Program CSR yang Melibatkan Swasta

Program Corporate Social Responsibility (CSR) juga merupakan bentuk dari redistribusi pendapatan yang dilaksanakan pemerintah dengan berkolaborasi pula dengan pihak swasta. Melalui program ini, perusahaan juga diharapkan dapat mendistribusikan beberapa persen laba bersihnya untuk mendukung kegiatan sosial, sebab perusahaan juga memiliki tanggung jawab sosial terhadap kondisi masyarakat di sekitarnya. 

Baca juga: Perubahan Sosial Budaya, Pengertian, Bentuk, Contoh, Faktor & Dampak

Nah, bagaimana Kawan Literasi?Pasti kamu sudah memahami apa yang dimaksud dengan redistribusi pendapatan setelah mengetahui juga berbagai bentuk nyata dan program-programnya. Semoga informasi kali ini bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Apa yang Dimaksud dengan Redistribusi Pendapatan? Yuk Simak!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]