Lutfi Maulida Menulis adalah seni berbagi cerita

Cara Menentukan Arah Mata Angin

3 min read

Arah Mata Angin
Arah Mata Angin, foto oleh Talk Automators Fm

Apa yang akan Anda lakukan jika Anda berada di suatu tempat yang baru Anda kunjungi, misalnya di dalam hutan dan Anda buta arah, tidak tahu arah mata angin. Anda membawa peta, namun tidak mengetahui mana sebelah utara sebagai acuannya. 

Anda pasti bingung, bukan? Di sini Anda membutuhkan sebuah alat penunjuk arah yang disebut kompas.

Selain dengan alat, Anda juga bisa menentukan arah mata angin dengan cara-cara sederhana lain. Yuk, baca ulasan di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Arah Mata Angin

Arah mata angin atau yang juga sering disebut sebagai titik kompas adalah suatu panduan untuk memudahkan manusia dalam menentukan sebuah posisi tertentu. Hal ini berarti setiap titik di dalam kompas menunjukkan arah dalam putarannya. 

Arah mata angin dalam bahasa inggris yaitu North (Utara), Northeast (Timur Laut), East (Timur), Southeast (Tenggara), South (Selatan), Southwest (Barat Daya), West (Barat), Northwest (Barat Laut).

Jenis Arah Mata Angin

Terdapat 3 jenis arah dengan masing-masing komponennya, di antaranya sebagai berikut.

  1. Primer

Terdiri dari 4 komponen arah sebagai pedoman pokok, yaitu utara (N), timur (E), selatan (S), dan barat (W).

  1. Umum

Secara umum terdiri dari 8 arah, yaitu timur (E), tenggara (SE), selatan (S), barat daya (SW), barat (W), barat laut (NW), utara (N), dan timur laut (NE).

  1. Komponen Tambahan

Komponen tambahan arah ini terdiri dari utara barat laut (di antara barat laut dan utara), barat-barat laut (di antara barat dan barat laut), barat-barat daya (di antara barat daya dan barat), selatan barat daya (di antara selatan dan barat daya), selatan menenggara (di antara tenggara dan selatan), timur menenggara (di antara timur dan tenggara), timur-timur laut (di antara timur laut dan timur), dan utara timur laut (di antara utara dan timur laut).

Cara Menentukan Arah Mata Angin

Di era modern seperti sekarang, kita sudah dimudahkan dengan adanya GPS di smartphone. Sehingga, jika Anda ingin bepergian ke suatu tempat yang baru Anda tidak perlu khawatir apabila tidak tahu arah jalannya.

Tapi, bagaimana jika suatu saat sinyal smartphone Anda sedang bermasalah sehingga GPS tidak berfungsi? Tentu Anda harus bisa mengatasi hal ini, salah satunya dengan menentukan arah secara manual dengan memanfaatkan apa yang ada lingkungan sekitar.

1. Cara Menentukan Arah dengan Kompas

Arah mata angin dapat dilihat dengan menggunakan kompas. Caranya, letakkan kompas pada permukaan yang datar. Hal ini sangat penting, sebab jika permukaan tidak datar maka tidak akan akurat. 

Setelah itu tunggu beberapa saat hingga jamur kompas stabil dan tidak bergerak. Jika cara Anda benar, maka jarum kompas pasti akan menunjuk arah utara dan selatan. Arah yang lainnya bisa Anda sesuaikan dengan arah pedoman yang sudah ada.

2. Cara Menentukan Arah dengan Tongkat

Cara ini adalah cara yang mudah namun membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk membentuk sebuah bayangan yang jelas. Karena cara ini mengacu pada sinar matahari, maka akan diperoleh hasil arah timur dan barat.

Caranya, pertama carilah tongkat yang panjangnya sekitar 60-150 cm, lalu tancapkan ke dalam permukaan tanah yang lurus. Kemudian tandai bayangan tongkat dengan batu atau penanda yang lain di bagian ujung bayangannya.

Setiap beberapa menit sekali bayangan tongkat akan bergerak, tandailah setiap perubahan tersebut seperti cara sebelumnya. Dari tanda-tanda itu Anda akan mendapatkan sebuah pola, lalu tariklah garis lurus dari setiap titik penanda. Nah, Anda akan melihat sebuah garis yang menunjukkan arah timur atau barat.

3. Cara Menentukan Arah dengan Mengamati Pohon

Jika kalian tersesat di dalam hutan maupun gunung, jangan panik. Anda bisa mencari pohon di sekitar kalian dan perhatikan ciri-cirinya. Pertama, perhatikan kelebatan pohon dan arah batangnya. Biasanya pohon yang lebat dan arah batang yang masih kecil akan condong ke arah timur karena mencari sinar matahari untuk fotosintesis.

Kedua, jika terdapat pohon besar, coba rabalah dan rasakan keberadaan lumut yang menempel pada batangnya. Sinar matahari yang belum terik saat pagi menyinari sisi pohon yang berlumut dan lebih basah sehingga sisi ini akan menunjukkan arah timur. Namun, jadikan cara ini sebagai patokan pendukung karena pertumbuhan lumut bisa saja dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Cara yang ketiga adalah rasakan suhu pohon. Bila Anda merasakan satu sisi pohon yang terasa lebih hangat hal itu menandakan bahwa ia mengarah ke barat karena kemungkinan matahari belum lama terbenam dan cahayanya masih menghangatkan sisi barat batang pohon.

4. Cara Menentukan Arah dengan Jam Tangan

Selain berfungsi untuk mengetahui waktu, jam tangan juga dapat digunakan sebagai kompas. Namun, yang bisa digunakan hanya jam tangan yang dilengkapi jarum jam.

Caranya, lihatlah angka 12 pada jam tangan Anda, lalu arahkan ke arah matahari. Lihatlah antara angka 12 dan jarum pendek jam tangan Anda, itu menunjukkan arah utara jika kalian berada di sisi selatan garis khatulistiwa.

5. Cara Menentukan Arah dengan Kompas Sederhana

Jika Anda tidak memiliki kompas, Anda bisa membuat sendiri kompas sederhana dari bahan-bahan yang simpel dan bisa digunakan kapan saja. Bahan yang dibutuhkan antara lain jarum atau silet, gabus atau benda yang bisa mengapung, dan semangkuk air.

Cara yang pertama, gosokkan jarum atau silet ke permukaan yang kering untuk mendapatkan gaya listrik dan gaya magnetik. Lalu, letakkan jarum tersebut pada gabus dan taruh di atas air. Tunggu beberapa saat dan amati bahwa dua ujung jarum akan menunjuk ke arah utara dan selatan. Mudah, bukan?

6. Cara Menentukan Arah dengan Matahari

Cara Menentukan Arah Mata Angin
Cara Menentukan Arah Mata Angin, foto oleh Wiki How

Cara ini adalah cara yang paling mudah karena tidak memerlukan alat apapun. Anda bisa menentukan arah hanya dengan melihat matahari terbit dan tenggelam, karena sudah pasti arahnya timur dan barat. Jika Anda berdiri menghadap matahari terbit, berarti sebelah kanan Anda adalah utara dan sebelah kiri adalah selatan, begitu juga sebaliknya.

7. Cara Menentukan Arah dengan Rasi Bintang Pari

Cara Menentukan Arah Mata Angin
Cara Menentukan Arah Mata Angin, foto oleh Indonesia44 WordPress Com

Rasi bintang pari atau crux dapat dilihat dengan mudah oleh mata telanjang kita. Rasi ini berada di sisi selatan dan bentuknya seperti salib atau layang-layang serta sedikit condong. Rasi bintang pari sangat berguna jika Anda memerlukan petunjuk arah di malam hari.

Itulah cara-cara mudah yang dapat membantu Anda menentukan arah mata angin jika Anda berada dalam kondisi yang urgent. Kini Anda tidak perlu khawatir lagi melanjutkan perjalanan liburan yang menyenangkan. Selamat mencoba!

Baca Juga: Sholat Tahajud: Niat, Waktu, Tata Cara, Doa

Last Updated on November 20, 2020

Lutfi Maulida
Lutfi Maulida Menulis adalah seni berbagi cerita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top