1. Kelas 7 Matematika

Materi Aritmatika Sosial Kelas 7 Lengkap Plus Contoh Soalnya

Aritmatika sosial adalah materi pada mata pelajaran matematika SMP yang umumnya dipelajari saat kelas 7. Materi ini sangat berguna karena dapat diaplikasikan pada berbagai kegiatan di kehidupan sehari-hari.

Lantas, apa saja rumus aritmatika sosial dan bagaimana penerapan konsepnya pada kehidupan sehari-hari? Kawan Literasi akan mengetahui segala penjelasan aritmatika sosial melalui artikel berikut ini. Yuk, disimak!

Konsep & Pengertian Aritmatika Sosial

Sebelum membahas konsepnya, Studio Literasi ingin menjelaskan pengertian aritmatika sosial terlebih dahulu. Aritmatika sosial adalah salah satu cabang ilmu pada matematika yang mempelajari operasi dasar dari suatu bilangan dan umum diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Cabang ilmu aritmatika sosial sangat erat kaitannya dengan bidang ekonomi dan bisnis. Kegiatan yang terkait tersebut diantaranya seperti perhitungan keuangan, laba, rugi, bunga, pajak, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, perhitungan yang dipelajari pada aritmatika sosial biasanya berupa operasi sederhana.

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 4 April 2024 at 2:05 am

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks The post Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Kenali Jenis-Jenis Komputer yang Ada di Seluruh Dunia!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 3 April 2024 at 1:39 am

    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia The post Kenali Jenis-Jenis Komputer yang Ada di Seluruh Dunia! appeared first on Sma Studioliterasi.

Rangkuman Materi Aritmatika Sosial Kelas 7

Rangkuman Materi Aritmatika Sosial (sumber: Pexels)
Rangkuman Materi Aritmatika Sosial (sumber: Pexels)

Agar teman-teman dapat memahami materi aritmatika lebih lanjut, Studio Literasi telah merangkum beberapa materi aritmatika sosial kelas 7 secara rinci dan jelas. Adapun rangkuman materinya yaitu sebagai berikut. 

Harga Penjualan & Pembelian

Dalam berbisnis, kita pasti harus menghitung berapa pengeluaran yang dibutuhkan untuk membeli bahan baku agar tetap sesuai dengan anggaran yang ada. Selain itu, harga penjualan juga perlu ditentukan supaya bisnis akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan yang diharapkan.

Maka dari itu, teman-teman bisa mengetahui bahwa harga penjualan dan harga pembelian saling berkaitan satu sama lain. Penjelasan lebih lanjut mengenai harga penjualan dan pembelian yaitu sebagai berikut.

Harga penjualan

Harga penjualan merupakan nilai uang dari suatu barang yang didapatkan oleh pedagang dari konsumen. Harga penjualan memiliki rumus yang dapat digunakan jika sudah mengetahui nilai untung atau rugi dari suatu penjualan. Rumus untuk menghitung harga dari penjualan yaitu:

Harga penjualan = harga pembelian – nilai keuntungan atau kerugian

Harga pembelian

Harga pembelian merupakan nilai uang dari suatu barang yang didapatkan oleh pedagang dari produsen. Sama seperti harga penjualan, rumus untuk menghitung harga pembelian juga bisa digunakan jika Kawan Literasi telah mengetahui nilai untung dan rugi dari transaksi penjualan. Rumus untuk menghitung harga dari pembelian yaitu:

Harga pembelian = harga penjualan + rugi

Atau

Harga pembelian = harga penjualan – untung

Laba, Rugi, & Impas

Laba, rugi, dan impas adalah atribut yang akan teman-teman temukan juga dalam berbisnis. Ketiga atribut ini juga memiliki keterkaitan dengan harga penjualan dan harga pembelian yang telah dijelaskan sebelum ini. Studio Literasi ingin memberikan penjelasan mengenai laba, rugi, dan impas secara ringkas seperti berikut ini.

Laba

Laba merupakan nilai keuntungan yang didapatkan jika harga dari penjualan lebih besar dari nilai pembelian. Rumus untuk menghitung laba yaitu:

Laba = harga penjualan – harga pembelian

Catatan: dengan syarat harga penjualan harus lebih besar dari harga pembelian

Atau

% laba = laba/harga pembelian x 100%

Rugi

Rugi adalah nilai yang didapatkan ketika suatu transaksi tidak mendapatkan keuntungan dari apa yang telah dikeluarkan (modal). Kerugian akan diperoleh jika nilai pembelian lebih besar dari nilai penjualan. Rumus untuk menghitung rugi yaitu:

Nilai kerugian = harga pembelian – harga penjualan

Atau

% rugi = rugi/harga pembelian x 100%

Impas

Impas merupakan suatu kondisi pada transaksi atau kegiatan ekonomi ketika harga dari pembelian memiliki nilai yang sama dengan harga dari penjualan. Hal ini mengakibatkan pedagang tidak akan mendapatkan laba maupun rugi.

Harga pembelian = harga penjualan

Rabat atau Potongan Harga

Potongan harga, rabat, atau biasa disebut dengan diskon merupakan bentuk promosi berupa pengurangan harga produk yang diberikan kepada konsumen dari pedagang. Untuk menghitung rabat, teman-teman dapat menggunakan rumus berikut ini:

Nilai rabat = harga penjualan x % rabat 

Atau

Harga produk yang dirabat = harga penjualan – nilai rabat

Bruto, Tara, & Neto

Sudah familiarkah kamu tentang 3 istilah ini? Bruto, tara, dan neto merupakan ilmu yang juga termasuk dalam aritmatika sosial. Kali ini, Studio Literasi akan jelaskan secara ringkas seperti berikut ini:

Bruto 

berat dari suatu benda atau produk bersama dengan pembungkusnya. Bruto biasa dikenal dengan berat kotor. Karena bruto merupakan berat produk secara keseluruhan, maka persentase bruto pada suatu produk adalah 100 persen.

Neto 

berat dari suatu benda atau produk tanpa pembungkusnya. Neto biasa dikenal dengan berat bersih. Rumus untuk menghitung persentase neto adalah sebagai berikut:

% neto = neto/bruto x 100%

Tara 

nilai selisih antara bruto dan neto. Yang berarti, tara ini merupakan berat dari pembungkus produk tersebut. Rumus untuk menghitung tara yaitu:

Nilai tara = nilai bruto – nilai neto

Atau

% tara = Tara/Bruto x 100%

Pajak & Bunga Bank

Pajak merupakan suatu nilai dari barang yang harus dibayarkan masyarakat kepada pemerintah dan telah diatur oleh undang-undang. Perhitungan aritmatika sederhana pada pajak ini biasa digunakan untuk menghitung pajak pertambahan nilai (PPN) dari suatu produk sebesar 10 persen. Untuk menghitung pajak suatu barang dari PPN, teman-teman bisa menggunakan rumus berikut:

PPN = 10% x harga dari penjualan

Lalu untuk menghitung harga yang harus dibayar konsumen, teman-teman dapat menggunakan rumus berikut:

Harga yang harus dibayar konsumen = harga dari penjualan + PPN

Selanjutnya yaitu bunga bank. Bunga bank terbagi menjadi 2 jenis, yaitu bunga kredit dan bunga tabungan. Bunga kredit adalah nilai yang harus dibayar nasabah kepada bank sebagai tanda balas jasa karena berhutang. Sedangkan, bunga tabungan merupakan nilai yang akan dibayarkan oleh bank kepada nasabah karena telah menyimpan uang pada bank terkait. Rumus untuk menghitung bunga yaitu sebagai berikut:

Besar bunga = Lama kredit atau menabung x % bunga x jumlah uang yang dipinjam atau ditabung

Contoh Soal Aritmatika Sosial

Setelah membahas rangkuman materinya, Studio Literasi ingin mengajak teman-teman untuk berlatih dengan soal-soal aritmatika. Berikut contoh soal aritmatika sosial yang bisa Kawan Literasi pahami lebih lanjut.

Contoh Soal:

Toko A menjual berbagai perlengkapan elektronik, salah satunya yaitu laptop merek S seharga Rp. 5.000.000. Sebagai bentuk promosi, toko A memberikan diskon kepada konsumen yang ingin membeli laptop merek S sebesar 5%. Berapa harga laptop merek S yang dijual toko A setelah didiskon?

Diketahui:

Harga jual laptop S sebenarnya = Rp. 5.000.000

Persen diskon yang diberikan = 5%

Ditanya:

Harga laptop S setelah didiskon?

Cara Jawab:  

Nilai diskon = harga penjualan x % diskon

Nilai diskon = Rp. 5.000.000 x 5%

Nilai diskon = Rp. 250.000

Harga produk setelah didiskon = harga penjualan – nilai diskon

Harga produk setelah didiskon = Rp. 5.000.000 – Rp. 250.000

Harga produk setelah didiskon = Rp. 4.750.000

Jadi, harga laptop S di toko A setelah mendapatkan diskon sebesar 5% yaitu seharga Rp. 4.750.000

Baca juga: Perbandingan

Seperti itu penjelasan dan rangkuman materi aritmatika sosial dari Studio Literasi. Kawan Literasi bisa memahaminya dengan mudah, bukan? Jangan lupa, teman-teman bisa terus simak laman Studio Literasi untuk mendapatkan materi mata pelajaran terlengkap lainnya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Materi Aritmatika Sosial Kelas 7 Lengkap Plus Contoh Soalnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]

    Trending

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh […]
    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]