Lambang Pancasila : Simbol dan Artinya

4 min read

Lambang Pancasila, Foto Oleh Studio Literasi

Halo sahabat studioliterasi! Ingatkah kalian hari apa yang kita peringati pada tanggal 1 Oktober? Yap! Hari Kesaktian Pancasila. Untuk memperingati dan mengenang kembali kesaktian ideologi bangsa Indonesia ini, mari kita belajar lebih jauh mengenai arti lambang pancasila.

Pengertian Pancasila

Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia. Kata Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta yaitu Panca yang berarti lima dan Sila yang memiliki makna prinsip atau asas. Nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila menyimbolkan kepribadian masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, Pancasila sebagai dasar negara memiliki arti bahwa Pancasila dijadikan rumusan dan pedoman untuk bertingkah laku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Hari Lahir Pancasila

Pancasila pertama kali diucapkan dalam pidato Presiden Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945. Namun, pada saat itu, bunyi dan isi Pancasila tidaklah sama persis seperti apa yang kita ketahui saat ini. Terdapat beberapa perubahan dalam masa perumusan Pancasila yang mana masa tersebut berlansung dalam beberapa tahap. Meskipun selama masa perumusannya terjadi beberapa perubahan pada isi dan urutan kelima sila Pancasila, hari lahir Pancasila ditetapkan pada tanggal 1 Juni. Hal ini pun juga telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 1 Juni 2016 yang kemudian melahirkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila serta hari libur nasional.

Teks Pancasila

Sejak siswa masih duduk di bangku TK, teks pancasila sudah mulai dikenalkan. Selain itu, pada upacara setiap hari Senin, pembacaan teks pancasila dan UUD 1945 juga tidak pernah dilewatkan. Hal ini untuk mengenalkan siswa kepada ideologi bangsa dan menanamkan rasa nasionalisme yang berdasar pancasila pada seluruh masyarakat Indonesia. Berikut merupakan teks pancasila:

PANCASILA

1 Ketuhanan Yang Maha Esa

2 Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

3 Persatuan Indonesia

4 Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwalikan

5 Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Lambang Pancasila dan Artinya

Lambang pancasila dapat kita temui pada perisai burung garuda. Di tubuh burung garuda terdapat 5 lambang pancasila, yaitu simbol bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, serta padi dan kapas. Setiap simbol yang terletak pada perisai burung garuda melambangkan masing-masing sila pada Pancasila. Kelima simbol ini memiliki arti atau maknanya sendiri. Apa saja lambang pancasila tersebut dan bagaimana artinya?

1. Simbol Bintang

Simbol Bintang, Foto Oleh Studio Literasi

Merupakan lambang pancasila untuk sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Simbol bintang emas ini dimaknai sebagai cahaya (Tuhan) yang menerangi jalan manusia. Selain itu, bintang emas menggambarkan bahwa bangsa Indonesia menyatakan kepercayaan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Dalam kata lain, simbol ini melambangkan masyarakat Indonesia yang religius dimana dalam bertingkah laku selalu didasarkan pada kepercayaan dan aturan yang diatun agama masing-masing. Sedangkan warna hitam sebagai latar belakangnya ini menggambarkan warna alam yang merupakan berkah dari Tuhan.

2. Rantai

Simbol Rantai, Foto Oleh Studio Literasi

Lambang Pancasila Rantai merupakan simbol untuk sila kedua yaitu Kemanusiaan yang adil dan beradab. Simbol ini disusun dengan 17 gelang yang saling menyatu. Simbol rantai menggambarkan bahwa rakyat Indonesia mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, makna dari simbol ini adalah bahwa sebagai manusia, kita harus saling tolong menolong. Mata rantai pada simbol kedua ini berbentuk persegi empat dan lingkarang yang masing-masing menggambarkan laki-laki dan perempuan. Mata rantai ini menggambarkan hubungan timbal balik yang baik antar umat manusia, baik laki-laki maupun perempuan.

3. Pohon Beringin

Simbol Pohon Beringin, Foto Oleh Studio Literasi

Sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia dilambangkan dengan simbol pohon beringin. Pohon beringin yang merupakan lambang pancasila ketiga ini adalah pohon yang memiliki akar menjulur ke bawah yang dapat diartikan sebagai tempat berlindung yang kokoh serta merupakan pohon yang rindang yang dapat dimaknai sebagai tempat berteduh. Akar yang kokoh ini melambangkan persatuan bangsa Indonesia yang kuat. Ranting-ranting pohon beringin melambangkan keragaman Indonesia mulai dari agama, suku, ras, budaya, tradisi. Meskipun beragam, tetapi tetap satu dalam nama Indonesia. Selain itu, makna dari pohon beringin ini adalah untuk menunjukkan bahwa rakyat Indonesia mampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi atau golongan.

4. Kepala Banteng

Simbol Banteng, Foto Oleh Studio Literasi

Sila keempat yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan dilambangkan dengan simbol kepala banteng. Banteng merupakan hewan yang suka bersosialisasi atau berkumpul. Hal ini melambangkan bahwa dalam mengambil keputusan, manusia harus melakukan musyawarah bersama. Selain itu, lambang pancasila keempat ini dimaknai bahwa manusia tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain, serta harus mementingkan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi atau golongan.

5. Padi dan Kapas

Simbol Padi dan kapas, Foto Oleh Studio Literasi

Lambang pancasila selanjutnya adalah Padi dan Kapas adalah simbol untuk sila yang terakhir atau kelima yaitu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Simbol ini melambangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan. Selain itu, padi dan kapas melambangkan pangan dan sandang yang memiliki makna bahwa tidak ada kesenjangan diantara masyarakat Indonesia. Hal ini dapat diartikan sebagai sikap adil terhadap sesama dan menghormati hak orang lain. Simbol ini juga bermakna bahwa kebutuhan rakyat sama tanpa memandang status atau kedudukannya.

Sebagai warga negara yang baik, harus memahami arti lambang pancasila sekaligus berusaha menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat

Garuda Pancasila: Lambang Negara Indonesia

Selain perisai burung yang melambangkan Pancasila, lambang negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila juga memiliki arti atau filosofinya masing-masing. Berikut merupakan deskripsi dan arti filosofi dari lambang negara kita.

  • Garuda Pancasila merupakan lambang untuk burung Garuda yang dikenal sejak jaman dahulu dari mitologi kuno sejarah bangsa kita (pewayangan). Burung ini merupakan kendaraan Wishnu yang bentuknya menyerupai elang rajawali. Garuda digunakan sebagai lambang negara Indonesia dengan tujuan untuk menggambarkan bangsa yang besar dan kuat.
  • Warna pada burung garuda merupakan keemasan yang melambangkan keagungan dan kejayaan.
  • Burung garuda yang memiliki paruh, sayap, ekor, dan cakar melambangkan kekuatan bangsa Indonesia serta tenaga pembangunan bangsa.
  • Jumlah bulu pada burung garuda juga memiliki maknanya tersendiri, yaitu 17 Agustus 1945 yang merupakan hari kemerdekaan Indonesia. Lambang ini digambarkan dengan 17 helai bulu terletak pada masing-masing sayap, 8 helai bulu pada ekor, 19 helai terletak dibawah perisai, dan 45 helai bulu leher.
  • Perisai atau tameng melambangkan perjuangan, pertahanan, dan perlindungan diri guna mencapai tujuan. Garis tebal pada tengah perisai melambangkan garis khatulistiwa yang merupakan lokasi NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Warna dasar merah-putih yang melambangkan warna bendera Indonesia. Lima buah ruang dengan simbol berbeda yang melambangkan sila-sila Pancasila.
  • Pita bertuliskan semboyan Bhinneka Tunggal Ika
    Pada gambar burung garuda, kedua cakarnya mencengkram pita putih bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika. Semboyan ini merupakan semboyan negara yang berarti meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua yaitu satu kesatuan bangsa Indonesia.

Lirik Lagu Garuda Pancasila

Garuda Pancasila juga merupakan judul lagu nasional yang diciptakan oleh Sudharnoto. Berikut liriknya:

Garuda Pancasila

Garuda Pancasila
Akulah pendukungmu
Patriot proklamasi
Setia berkorban untukmu
Pancasila dasar negara
Rakyat adil makmur sentosa
Pribadi bangsaku
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Ayo maju maju

Itulah penjelasan tentang pancasila dan lambangnya, serta garuda pancasila dan maknanya. Sebagai warga negara yang baik, kita harus mampu mengingat arti dan nilai dari lambang pancasila. Tidak hanya mengingatnya saja, kita juga harus memahami maknanya dengan baik dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung didalamnya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hal ini karena pancasila merupakan cerminan kepribadian bangsa Indonesia, jadi segala tutur, tindak harus didasarkan pada nilai-nilai Pancasila. Mari menjadi warga negara yang baik! Semangat 45!

Last Updated on Oktober 6, 2020

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top