Ayat Kursi : Bacaan, Arti, Keutamaannya

2 min read

ayat kursi
Ayat Kursi, foto oleh Inilahkoran Com

Ayat kursi merupakan ayat yang paling diagungkan dalam Al-Quran. Ayat yang biasa dibaca sebelum tidur ini berisi penjelasan mengenai kalimat tauhid yang menjadi pegangan hidup para umat muslim di dunia. Ayat yang merupakan bacaan surat Al-Baqarah ayat 255 ini memiliki keutamaan dan manfaat yang luar biasa. Lalu, apa saja keutamaan dan manfaatnya? Serta bagaimana bacaan dan artinya? Berikut ini pembahasannya.

Bacaan Ayat Kursi dan Artinya

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allahu laa ilaaha illa huwal hayyul qayyumu, laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa nauum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardhi, man dzal yasfa’u ‘indahuu illa bi idznihi. Ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum wa laa yuhithuuna bi syai-in min ‘ilmihii illa bi maasyaa’. Wasi’a kursiyyuhussamaawaati wal ardha wa laa ya-udhuu hifzhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim.

Artinya :

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Kenapa Disebut Ayat Kursi

Ayat ini disebut ayat kursi karena di dalam ayatnya terdapat kata kursiyyuhu. Dalam Tafsir Al Munir, Syaikh Wahbah Az Zuhali telah menjelaskan bahwa makna dari Al Kursi adalah Al Ilmu(ilmu). Hal ini lah yang menjadi sebab mengapa para ulama disebut dengan sebutan Al Karaasi, karena mereka adalah orang yang dijadikan pegangan atau sandaran. 

Ada pula yang berpendapat bahwa makna dari Al Kursi ini adalah keagungan Allah SWT. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Az Zumar ayat 67.

Selain itu, ada juga pendapat yang menyatakan bahwa yang dimaksud dengan Al Kursi adalah kerajaan dan kekuasaan Allah SWT. Menurut Hasna Al Bashri, yang dimaksud dengan Al Kursi dalam ayat ini adalah arsy.

Keutamaan ayat Kursi

Selain menjadi ayat yang paling agung dalam Al-Quran, ayat kursi juga memiliki berbagai keutamaan. Berikut ini beberapa makna keutamaan ayat kursi.

  1. Ayat Paling Agung

Sesuai dengan yang penjelasan sebelumnya bahwa ayat ini merupakan ayat yang paling agung di dalam Al-Quran. Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Rasulullah pertanyaan yang diajukan kepada Ubay Bin Kai, yaitu ayat mana yang paling agung di dalam Al-Quran.

Ubay pun menjawab pertanyaan tersebut dengan mengatakan, “Ayat kursi ya Rasulullah”. Yang kemudian Rasulullah SWA bersabda, “Selamatlah dengan ilmu yang kamu miliki, Hai Abu Mundzir. Demi Tuhan yang jiwaku berada di tanganNya, sesungguhnya ayat kursi itu mempunyai lisan dan sepasang bibir yang selalu menyucikan Tuhan yang maha kuasa di dekat pilar arsy.” (HR. Ahmad)

Hal itu lah yang membuat ayat ini dinobatkan menjadi ayat paling agung, karena di dalam ayat ini terdapat nama Allah yang paling agung.

  1. Kunci Masuk Surga

Sesuai dengan yang disampaikan Rasulullah SAW :

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ

Artinya :

“Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah selesai sholat, maka tidak akan ada yang menghalanginya masuk ke surga kecuali kematian.”

  1. Doa Mustajabah

Barangsiapa yang sering membaca ayat ini maka doa-doanya akan mudah dikabulkan oleh Allah karena di dalam ayat ini terdapat asma Allah yang Maha Agung, al hayyu al qayyum

اسْمُ اللَّهِ الأَعْظَمُ الَّذِى إِذَا دُعِىَ بِهِ أَجَابَ فِى سُوَرٍ ثَلاَثٍ الْبَقَرَةِ وَآلِ عِمْرَانَ وَطَهَ

Artinya :

“Asma Allah yang paling Agung yang apabila dibaca dalam doa pasti dikabulkan ada dalam tiga tempat yaitu surat al-baqarah surat al-imran dan surat Thaha.” (HR. Ibnu Majah)

Tiga ayat yang dimaksud dalam hadist ini yaitu Surat Ak-Baqarah ayat 255, Surat Ali Imran ayat 1-2, dan Surat Thaha ayat 111.

  1. Dimudahkan Dalam Urusan Rezeki dan Jodoh

Selain disebut sebagai ayat yang paling agung, ayat ini juga disebut sebagai ayat Muhrida (ayat yang mendatangkan), yang artinya dengan membaca ayat tersebut maka Allah akan mendatangkan sesuatu yang sebelumnya tidak ada. Itulah yang menjadi penyebab ayat ini dapat memudahkan untuk mendapatkan rezeki dan jodoh. Hal itu sesuai dengan sabda Rasulullah SAW :

“Barangsiapa yang membaca ayat kursi ketika dalam sakitnya, maka Allah akan memudahkan dalam sakaratul maut. Tidaklah malaikat melewati rumah yang didalamnya dibacakan”

Itulah pembahasan mengenai bacaan dan keutamaan dari ayat kursi. Dengan membaca ayat ini, insyaallah akan memberikan kedamaian dan ketenangan jiwa.

Last Updated on November 28, 2020

Avatar

Tata Cara, Hukum, & Niat Shalat Jumat

Shalat jumat adalah shalat dua rakaat di hari Jumat setelah khutbah pada waktu zhuhur. Hukum shalat ini adalah fardhu ain yaitu wajib bagi laki-laki...
Tika Chandra Irawati Tika Chandra Irawati
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top