1. Kelas 9 PKN

Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia, Yuk Simak!

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan budaya pada masyarakatnya. Bagaimana bentuk keberagaman masyarakat Indonesia? Indonesia secara garis besar mempunyai beraneka ragam suku bangsa, agama, serta adat istiadat yang sudah secara turun-temurun masyarakat lakukan. Untuk mengetahuinya lebih jauh, simak artikel Studio Literasi kali ini hingga selesai ya, Kawan Literasi!

Bagaimana Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia?

Bentuk keberagaman masyarakat Indonesia mencakup suku bangsa, agama, budaya, adat istiadat, hingga bahasa daerah, seperti berikut ini: 

1. Suku Bangsa

Sumber: freepik

Indonesia mempunya beragam suku-suku bangsa yang tersebar di berbagai daerah dan menjadi warisan sejarah bangsa. Persebaran suku bangsa ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti faktor perdagangan laut, faktor geografis, serta kedatangan penjajah di Indonesia. Persebaran yang luas dari suku bangsa ini menjadi ciri dan karakter tersendiri. 

Meski Indonesia mempunyai sangat banyak suku bangsa, suku-suku ini menjadi satu kesatuan sebagai bangsa, negara, dan bahasa, yaitu Indonesia. Oleh karena itu, keberagaman bukanlah penghalang bagi persatuan, namun harus menjadi kekuatan yang mempersatukan bangsa Indonesia. 

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

2. Adat Istiadat

Sumber: freepik

Adat istiadat ialah peraturan mengenai perbuatan manusia yang sudah ada turun-temurun sejak zaman nenek moyang serta dilestarikan oleh keturunannya dari generasi ke generasi. Selain itu, adat juga mempunyai sanksi hukum yang disebut sebagai hukum adat. Keanekaragaman adat istiadat ini menjadi kekayaan budaya Nusantara. 

Seorang ahli hukum adat di Indonesia, Mr. van Vollenhoven menyatakan bahwa terdapat 19 lingkaran hukum adat (adat rechtskringen), yaitu Aceh, Gayo, Minangkabau, Sumatera Selatan, Melayu, Bangka dan Belitung, Kalimantan, Minahasa, Gorontalo, Toraja, Sulawesi Selatan, Ternate, Ambon, Timor, Irian Jaya, Bali dan Lombok, Jawa, Yogyakarta, dan Jawa Barat. 

Keanekaragaman adat istiadat ini bisa tercerminkan dari banyaknya budaya daerah Indonesia, contohnya rumah adat, pakaian adat, senjata tradisional, alat musik tradisional, lagu daerah, tari-tarian, makanan khas tradisional, kerajinan daerah, upacara adat, serta sistem kekerabatan. 

Sistem Kekerabatan yang beberapa daerah anut terbagi menjadi tiga, diantaranya sistem kekerabatan parental, patrilineal, dan matrilineal, sebagai berikut: 

  • Parental

Sistem kekerabatan parental maknanya adalah garis keturunan ditarik dari kedua orang tua, yaitu pihak ayah dan ibu. Dengan kata lain, kedudukan laki-laki sama dengan perempuan. Contohnya yaitu di daerah Jawa Barat dan Aceh. 

Pada daerah yang menganut sistem parental, apabila suatu anggota masyarakat melaksanakan pesta pernikahan, maka biasanya biaya pesta ditanggung kedua pihak atau berdasarkan kesepakatan bersama. 

Misalnya, di daerah Jawa Barat, pada adat Sunda, laki-laki biasanya mengeluarkan biaya untuk ‘seserahan’serta memberi bantuan dana untuk penyelenggaraan pesta kepada pihak perempuan. Sementara itu, pihak perempuan mengeluarkan biaya untuk menyelenggarakan pesta. 

  • Patrilineal

Sistem kekerabatan selanjutnya ialah sistem patrilineal, yang menarik garis keturunan dari pihak bapak atau dengan kata lain, laki-laki memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari perempuan. Contoh, pada daerah Palembang dan Batak, jika ada suatu anggota masyarakat yang melaksanakan pesta pernikahan, maka seluruh biayanya pihak laki-laki yang menanggung dan pihak perempuan tidak dikenakan beban biaya perkawinan. Kecuali jika terdapat kesepakatan tersendiri antara keduanya.

  • Matrilineal

Berkebalikan dengan sistem patrilineal, sistem matrilineal menarik garis keturunan dari pihak ibu, dengan kedudukan perempuan lebih tinggi daripada laki-laki. Contohnya yaitu daerah Minangkabau, jika ada suatu anggota masyarakat yang menikah, maka pihak perempuanlah yang menanggung biaya pernikahan, dan pihak laki-laki tidak dikenakan biaya perkawinan kecuali atas kesepakatan bersama.

3. Agama

Sumber: freepik

Keragaman masyarakat Indonesia yang terakhir yaitu agama, yang menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan. Pemerintah Indonesia sendiri sudah menetapkan agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghuchu sebagai agama resmi pwarga negara Indonesia. 

Prinsip Persatuan dalam Berbagai Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia

Sumber: liputan6

Terlepas dari banyaknya bentuk keberagaman masyarakat Indonesia, kita akan selalu memiliki prinsip-prinsip yang kuat terlebih pada persatuan bangsa dan negara. Apa saja prinsip persatuan masyarakat Indonesia? 

1. Prinsip Bhinneka tunggal Ika 

Dengan prinsip ini, masyarakat mengakui bahwa bangsa Indonesia memiliki berbagai keragaman suku, bahasa, agama, hingga adat. Meski berbeda-beda, tapi masyarakat Indonesia tetaplah satu kesatuan.

2. Prinsip Nasionalisme Indonesia

Nasionalisme adalah gagasan mencintai tanah air. Jadi, dengan prinsip nasionalisme, masyarakat sangat mencintai negara dengan aneka keragamannya tanpa harus menjatuhkan bangsa lain atau merasa lebih unggul.

3. Prinsip Kebebasan yang Bertanggung Jawab

Kebebasan yang bertanggung jawab maknanya adalah setiap warga negara mempunya kebebasan melakukan sesuatu namun tetap memiliki batasan serta dapat bertanggung jawab di hadapan Tuhan, sesama manusia serta pada bangsa dan negara. 

4. Prinsip Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai dirinya serta lingkungannya, yang menjadi sebuah kesatuan ideologi, politik, ekonomi, hingga sosial budaya. Dengan wawasan tersebut, masyarakat akan merasa satu, senasib sepenanggungan serta memiliki cita-cita yang sama untuk pembangunan nasional. 

5. Prinsip Persatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-Cita Reformasi

Prinsip yang terakhir yaitu memiliki semangat persatuan Indonesia untuk menuju masyarakat adil dan makmur sebagai bentuk cita-cita bangsa di era reformasi. 

Baca juga: Macam-Macam Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Itulah tadi ulasan materi tentang bagaimana bentuk keberagaman masyarakat Indonesia yang perlu Kawan Literasi ketahui. Indonesia amat beragam dari suku, budaya, adat istiadat, hingga agamanya, namun kita akan tetap menjadi satu kesatuan. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia, Yuk Simak!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]