1. Kelas 9 IPA

Bagian Tubuh Manusia dan Jenis-Jenisnya

Bagian tubuh manusia merupakan pemberian Tuhan yang fungsinya untuk melakukan kegiatan dalam hidup manusia, antara lain untuk bekerja, olahraga, belajar hingga melakukan kegiatan spiritual. Pada artikel ini, Studio Literasi akan membahas beberapa bagian tubuh manusia beserta fungsinya. Untuk lebih jelasnya yuk baca artikel berikut ini, Sobat Literasi!

Bagian-Bagian Tubuh Manusia

Sumber: Unsplash.com

1. Kulit

Kulit merupakan anggota tubuh manusia yang fungsinya bukan hanya sebagai pelindung seperti, sinar ultraviolet, jamur. Tapi terdapat fungsi lainnya, seperti mengatur suhu tubuh hingga sebagai pusat Vitamin D. Pada kulit terdapat 3 lapisan jaringan kulit antara lain:

 

  • Dermis (Jaringan Jangkat)

Dermis sendiri merupakan  lapisan kulit yang lebih tebal dari jaringan epidermis. Pada jaringan dermis terdapat beberapa bagian-bagiannya antara lain, Pembuluh darah, ujung-ujung saraf indera, kelenjar keringat dan kantung rambut. Fungsinya sebagai indra perasa dan peraba, menghasilkan keringat, menghasilkan suhu tubuh serta membuat kulit tahan pada air.

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Epidermis 

Epidermis merupakan jaringan kulit tipis dan fungsinya untuk menerima rangsangan. Adapun bagian-bagian yang termasuk pada jaringan epidermis, yaitu lapisan malpighi berfungsi untuk menghasilkan warna dan pigmen kulit dan melindungi kulit dari sinar matahari dan lapisan tanduk untuk menjaga agar saat kulit terkelupas tidak mengakibatkan rasa sakit dan keluar darah.

  • Jaringan bawah kulit

Ada juga jaringan bawah kulit yang berguna sebagai tempat menyimpan lemak serta melindungi tubuh dari benturan atau sentuhan keras.

Baca Juga: 4 Gangguan Sistem Ekskresi dan Cara Mencegahnya

2. Mata

Mata merupakan bagian tubuh manusia fungsinya untuk melihat semua hal di dunia ini. Bahkan mata juga mendapatkan sebutan jendela dunia. Terdapat beberapa bagian mata untuk membantu cara kerja mata, diantaranya kornea, sklera, iris, pupil, konjungtiva, lensa, retina, makula, aqueous humor dan vitreous humor. Tidak cuma untuk penglihatan saja fungsi lain dari mata, yaitu pengawas, mempelajari suatu hal dan menjaga keseimbangan.

3. Jantung

Salah satu tubuh manusia yang termasuk vital dan bahkan sangat mempengaruhi hidup kita ialah jantung. Hal ini terkait dengan salah satu fungsi jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Terdapat 4 bagian jantung dan fungsinya: 

  • Serambi kanan jantung: Menampung darah kotor dari vena dan memompa balik darah ke bilik kanan.
  • Bilik kanan jantung: Memompa darah kotor ke paru-paru supaya oksigen bisa menggantikan karbondioksida melalui pernapasan. Jika oksigen tidak mencukupi, justru bisa berakibat pada gagal jantung. 
  • Serambi kiri jantung: Menerima darah bersih dari paru-paru dan mengandung darah bersih.
  • Bilik kiri jantung: Memompa darah ke semua area tubuh.

4. Otak

Tidak cuma jantung saja yang merupakan anggota vital, ada juga otak yang juga ikut mempengaruhi kualitas hidup manusia. Kegunaannya bukan hanya sekadar untuk berpikir saja. Fungsi otak sendiri sebenarnya lebih cenderung pada sebagai pengontrol semua aspek hidup berdasarkan bagian otak. 

  • Otak kecil: Mengontrol  keseimbangan terkait anggota tubuh. Selain itu juga sebagai pengontrol untuk melakukan suatu kegiatan. 
  • Otak besar: Mengatur gerakan, sentuhan, penglihatan, emosi, pembelajaraan sehingga pendengaran.
  • Batang otak: Membawa tanda dari dan ke seluruh anggota tubuh dan mengatur fungsi tubuh, seperti detak jantung dan pernapasan. 

5. Tulang

Merupakan bagian tubuh manusia yang berperan sebagai fondasi kekuatan, ketahanan dan kestabilan untuk menjaga organ tubuh, terutama pada organ vital, kayak jantung, paru-paru dan otak. Fungsi lain dari tulang, antara lain melindungi saraf, penopang tubuh agar manusia dapat berdiri tanpa jatuh, tempat menghasilkan sel darah merah dan mineral.

6. Paru-Paru

Anggota tubuh manusia yang terkait dengan sistem pernapasan. Fungsi paru-paru bukan hanya sekadar untuk menukar oksigen dari karbon dioksida saja. Tetapi, fungsi lainnya antara lain sebagai pelindung tubuh dari kuman melalui bersin dan batuk, menjaga suhu tubuh agar tetap normal dan memastikan pH darah seimbang.

Baca Juga: Sistem Pernapasan Manusia

Cara Menjaga Anggota Tubuh Manusia

Sebagai rasa syukur atas karunia Tuhan atas pemberian anggota tubuh, kita wujudkan dengan menjaganya agar bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Sobat Literasi bisa terapkan cara-cara berikut ini:

  • Istirahat cukup

Namanya juga tubuh tidak mungkin bisa kamu paksa bekerja selama 24 jam penuh. Tubuh juga perlu istirahat, salah satunya bisa dengan istirahat cukup, yakni tidur cukup, dan kasih jeda dikala kamu merasa capek bisa dengan tidur siang, atau istirahat setiap berapa jam sekali. Jika tubuh kurang istirahat bisa mendatangkan sejumlah penyakit, antara lain, seperti kelelahan, jantung, dan, yang parahnya lagi, juga bisa menurunkan kualitas imun tubuh.

  • Perhatikan kandungan gizi pada makanan dan minuman

Supaya tubuh tetap sehat, kita mesti memperhatikan kandungan gizi yang ada pada makanan dan minuman yang kita konsumsi. Untuk makanan, kita perlu mempertimbangkan serat atau vitamin yang terkandung. Sedangkan untuk minuman, kita bisa ketahui apakah mengandung pemanis buatan atau gula yang melebihi batas. Selain sebagai imun tubuh agar tidak cepat sakit, konsumsi makanan dan minuman yang tinggi gizi juga bisa terhindar dari penyakit, seperti diabetes, obesitas, dan masalah pada pencernaan.

  • Kelola stress

Mungkin untuk keadaan yang kita hadapi saat ini untuk kelola stres akan terasa sulit. Karena ada beberapa hal permasalahan hidup yang membuat kita stres. Kalau sekarang contohnya, belum mendapatkan pekerjaan, tuntutan sosial, merasa karirnya tidak bergerak, dan masih banyak lagi. Bahaya stres kalau kita pendam bukan hanya mengakibatkan rasa sakit pada tubuh seperti, sakit kepala atau sesak dada saja. Namun bisa menjadi pemicu penyakit kronis yang berasal dari stres.

Baca Juga: Sistem Pencernaan Manusia

Tidak hanya mengenal anggota tubuh manusia beserta fungsinya saja. Kita juga harus menjaganya agar kita tetap sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Selain itu, dengan menjaga tubuh merupakan upaya rasa syukur kepada Tuhan atas nikmat tubuh kita.

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Bagian Tubuh Manusia dan Jenis-Jenisnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]