Selsi Selvia Belajar dan mengajar melalui tulisan

Benua-Benua di Permukaan Bumi

6 min read

Benua-Benua di Permukaan Bumi, Foto oleh Wikipedia

Indonesia merupakan bagian dari benua Asia. Jepang dan Malaysia juga termasuk ke dalam benua Asia. Lantas, bagaimana dengan negara lainnya? Apakah mereka juga berada di dalam kawasan benua Asia? Atau merupakan bagian dari benua lainnya?

Di kesempatan kali ini, kita akan mendiskusikan materi tentang benua termasuk karakteristiknya. Yuk baca penjelasan di bawah ini. Dijamin, wawasanmu akan bertambah 100%.

Benua

Benua merupakan daratan yang sangat luas yang berada di permukaan bumi. Jumlah benua yang sekarang dapat ditemukan ialah 5, yakni benua Asia, benua Amerika, benua Eropa, benua Afrika, dan benua Australia. 

Menurut teori Wegener, dahulu kala hanya terdapat satu benua yang luas dan besar di bumi. Benua tersebut bernama Pangea. Seiring berjalannya waktu, Pangea terbelah menjadi beberapa bagian yang membentuk benua-benua yang kita kenal sampai saat ini.

Benua Asia

BENUA
Peta Benua Asia, Foto oleh Beltandroad news

Benua Asia merupakan benua terluas di bumi yang memiliki luas 44.000.000 km2. Ini merupakan ukuran dari seperempat luas daratan di dunia atau empat setengah kali luas benua Eropa.  

Tidak hanya ukurannya saja lho yang besar, total penduduk di benua Asia juga menempati posisi pertama dengan jumlah populasi terbanyak. Terdapat 4,3 miliar atau sekitar 60% populasi dunia berada di benua Asia.

Jika kalian penasaran seperti apa sih bentuk benua terbesar di dunia, intip gambar peta benua Asia di bawah ini ya.

Letak Astronomis Benua Asia

Lalu bagaimana letak astronomis Benua Asia?

Benua Asia secara astronomis terletak pada 26° BT – 170° BT dan 11° LS – 80° LU. Sebagian besar wilayahnya terletak di belahan bumi utara. Sisanya terletak di belahan selatan, seperti Indonesia.

Letak Geografis Benua Asia

Sedangkan secara geografis, benua Asia berbatasan dengan beberapa bentang alam seperti pada bagian utara benua Asia berbatasan dengan samudra Arktik, bagian selatan berbatasan dengan samudra Hindia, bagian barat berbatasan dengan benua Eropa, pegunungan Ural, laut Kaspia, laut Hitam, selat Bosporus, selat Dardanella, laut Tengah, terusan Suez, serta laut Merah, dan bagian timur berbatasan dengan selat Bering dan samudra Pasifik.

Pembagian Wilayah Benua Asia

Benua Asia terbagi menjadi lima wilayah, yaitu Asia Barat, Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara.

1. Asia Barat

Nama negara-negara yang termasuk ke dalam area Asia Barat Arab adalah Saudi, Armenia, Azerbaijan, Bahrain, Georgia, Iran, Irak, Israel, Kuwait, Lebanon, Oman, Palestina, Qatar, Siprus, Suriah, Turki, Uni Emirat Arab, Yaman, dan Yordania.

2. Asia Tengah

Nama negara-negara yang termasuk ke dalam area Asia Tengah ialah Kazakhstan, Kirgisztan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

3. Asia Timur

Nama negara-negara yang termasuk ke dalam area Asia Timur yaitu China, Jepang, Mongolia, Korea Selatan, dan Korea Utara.

4. Asia Selatan

Nama negara-negara yang termasuk ke dalam area Asia Selatan yakni Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, India, Maladewa, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka.

5. Asia Tenggara

Nama negara-negara yang termasuk ke dalam area Asia Tenggara ialah Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.

Kenampakan Alam Benua Asia

Benua Asia memiliki kenampakan-kenampakan alam yang cukup terkenal. Diantaranya adalah Gunung Everest sebagai puncak tertinggi yang tidak hanya di Asia tetapi juga di dunia (8.848 m). Gunung ini terletak di Nepal, Tiongkok. Selain itu, terdapat Laut Mati yang merupakan bagian terendah benua Asia (394 m di bawah permukaan air laut). Benua Asia juga memiliki sungai terpanjang yang bernama Sungai Yangtse (5.800 km), dan Danau Aral sebagai danau terbesar di sini (66.457 km2).

Benua Amerika

Benua yang memiliki luas mencapai 42.057.100 km2 terkenal dengan sebutan Benua Merah. Ini dikarenakan pada benua Amerika, terdapat suku bangsa Indian yang suka melumuri badannya dengan cat berwarna merah.

Jika kalian belum pernah melihat peta benua Amerika secara menyeluruh, maka Studio Literasi telah menyediakan gambarnya di bawah ini.

Letak Benua Amerika

benua amerika
Peta Benua Amerika, Foto oleh Mikirbae com

Secara astronomis, benua Amerika terletak pada 170° BT – 35° BB dan 83° LU – 55° LS. 

Namun, secara geografis benua ini berbatasan dengan samudra Arktik di sebelah utara, di sebelah selatan berbatasan dengan laut Weddel, samudra Atlantik dan Pasifik, di sebelah timur benua Amerika berbatasan dengan samudra Atlantik, dan terakhir samudra Pasifik di sebelah barat.

Pembagian Wilayah Benua Amerika

Benua Amerika terbagi menjadi beberapa wilayah, yaitu Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah.

1. Amerika Utara

Nama negara-negara yang termasuk ke dalam wilayah Amerika Utara adalah Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko.

2. Amerika Selatan

Nama negara-negara yang termasuk ke dalam wilayah Amerika Selatan yakni Argentina, Brasil, Chili, Colombia, Ecuador, Guyana Perancis, Guyana, Paraguay, Peru, Suriname, Uruguay, dan Venezuela.

3. Amerika Tengah

Nama negara-negara yang termasuk ke dalam wilayah Amerika Tengah yaitu Guatemala, El Salvador, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, dan Panama.

Kenampakan Alam Benua Amerika

Tidak hanya benua Asia yang kenampakan alamnya populer di dunia, benua Amerika juga memiliki beberapa kenampakan alam serupa. Gunung Aconcagua merupakan puncak tertinggi di benua ini dengan tinggi 6.960 m, sedangkan daerah terendahnya ialah Death Valley (86 m di bawah permukaan laut). Tidak hanya terendah, Death Valley merupakan daerah terkering dan terpanas di Amerika. Selanjutnya, sungai terpanjang di benua Amerika adalah sungai Amazon (6.300 km), dan danau terbesarnya yakni danau Michigan (58.061 km2).

Benua Eropa

Jika benua Amerika dikenal dengan benua merah, maka benua Eropa terkenal dengan benua biru. Hal ini disebabkan oleh mayoritas bangsanya bermata berwarna biru. Selain itu, pada zaman dahulu banyak kerajaan terkenal terletak di benua dengan luas 10.355.000 km2 ini. Maka dari itu, muncullah istilah darah biru atau bangsawan.

Berbeda dengan benua Asia yang memiliki kepadatan populasi tinggi, benua Eropa memiliki pertumbuhan penduduk yang rendah. Eiitts……..tetapi benua ini termasuk ke dalam benua yang pertambahan penduduknya lebih banyak karena migrasi masuk lho.

Letak Benua Eropa

Sebelum membahas letaknya, coba deh lihat peta benua Eropa ini terlebih dahulu.

Peta Benua Eropa, Foto oleh Zein Guerin

Secara fisik, benua Eropa berada di daratan yang sama dengan benua Asia. Mereka dipisahkan oleh pegunungan Ural. Lantas, mengapa tidak dijadikan satu benua saja? Nah begini friends, benua Asia dan Eropa dibagi menjadi dua benua karena perbedaan budayanya.

Benua Eropa secara astronomi terletak pada 9° BB – 60° BT dan 35° LU – 80° LU. Ini menyebabkan benua Eropa berada di luar wilayah tropis dan memiliki empat musim yaitu semi, panas, gugur, dan dingin.

Setiap benua memiliki perbatasannya masing-masing. Benua Eropa berbatasan dengan samudra Arktik di utara, laut Tengah di selatan, samudra Atlantik di barat, dan Asia di bagian timur.

Pembagian Wilayah Benua Eropa

Seperti yang lainnya, benua Eropa juga terbagi menjadi beberapa wilayah, yaitu:

1. Eropa Utara

Negara-negara yang merupakan Eropa Utara adalah Denmark, Islandia, Norwegia, Finlandia, dan Swedia.

2. Eropa Selatan

Negara-negara yang merupakan Eropa Selatan yakni Yunani, Italia, Spanyol, Portugal, Malta, Vatikan, San Marino, dan Andorra.

3. Eropa Tengah

Negara-negara yang merupakan Eropa Tengah ialah Albania, Bulgaria, Bosnia Herzegovina, Ceko, Hongaria, Kroasia, Makedonia Utara, Montenegro, Rumania, Polandia, Slovakia, Slovenia, dan Serbia.

4. Eropa Barat

Negara-negara yang merupakan Eropa Barat yaitu Austria, Belgia, Belanda, Inggris, Irlandia, Monako, Perancis, Luxemburg, Liechtenstein, Jerman, dan Swiss.

5. Eropa Timur

Negara-negara yang merupakan Eropa Timur ialah Rusia, Belarus, Estonia, Latvia, Ukraina, Lithuania, dan Moldova.

Kenampakan Alam Benua Eropa

Kenampakan alam benua Eropa yang terpopuler adalah gunung Elbrus sebagai puncak tertinggi (5.642 m), laut Kaspia sebagai daerah terendah dan danau terbesar di dunia dengan luas 371.000 km2.

Benua Afrika

Benua Afrika adalah benua terluas kedua setelah benua Asia. Luasnya mencapai 30.290.000 km2. Benua Afrika terkenal dengan kehidupan satwa liarnya seperti singa, macan, gajah, dan juga jerapah.

Letak Benua Afrika

Benua Afrika terletak pada 17° BB – 52° BT dan 35° LU – 34° LS jika dilihat dari sisi astronomi. Karena letaknya ini, Afrika mendapat keuntungan karena dilewati oleh garis khatulistiwa.

Secara geografis, benua Afrika berbatasan dengan laut tengah di sebelah utara, samudra Hindia di bagian selatan dan timur, dan samudra Atlantik di barat.

Pembagian Wilayah Benua Afrika

Benua Afrika terbagi menjadi lima wilayah yaitu Afrika Utara, Afrika Selatan, Afrika Barat, Afrika Timur, dan Afrika Tengah. Penampakan peta benua Afrika dapat dilihat di sini.

Benua afrika
Peta Benua Afrika, Foto oleh arahard 90’s diary

1. Afrika Utara

Daftar negara-negara di bagian Afrika Utara yaitu Algeria, Libya, Mesir, Moroko, Sudan, Sudan Selatan, dan Tunisia.

2. Afrika Selatan

Pada bagian Afrika Selatan, akan ditemukan negara Afrika Selatan, Botswana, Lesotho, Namibia, dan Swaziland.

3. Afrika Barat

Benua Afrika bagian barat akan ditemukan negara Benin, Burkina Faso, Gambia, Ghana, Guinea, Guinea-Bissau, Liberia, Mali, Mauritania, Niger, Nigeria, Pantai Gading, Senegal, Sierra Leone, Tanjung Verde, dan Togo.

Kenampakan Alam Benua Afrika

Benua Afrika memiliki kenampakan alam yang menakjubkan seperti Kalimanjaro sebagai puncak tertinggi (5.895 m), danau Assal yang merupakan bagian terendah dengan tinggi daerah 158 m di bawah permukaan laut, dan danau Victoria sebagai danau terbesar (68.870). Di benua Afrika juga dapat ditemukan sungai terpanjang di dunia yaitu sungai Nil (6.650 km).

Benua Australia

Benua Australia adalah benua yang unik. Jika benua Asia dan benua lainnya terdapat beberapa negara di dalamnya, pada Benua dengan luas 8.945.000 km2 ini, hanya memiliki satu buah negara yaitu Australia. 

Keunikan lain dari benua Australia terletak pada penduduknya. Dimana penduduk benua ini sebagian besar memiliki ras kaukasoid yang sama atau berasal dari Eropa.

Letak Benua Australia

Benua Australia terletak di sebelah selatan benua Asia, tepatnya di sebelah negara kita, Indonesia. Secara astronomi, benua ini terletak pada 113° BT – 155° BT dan 10° LS – 43° LS.

Batas-batas geografis benua Australia adalah laut Timor, laut Arafuru, dan selat Torres pada bagian utara. Samudra pasifik, laut Tasman dan Coral berada di sebelah timur. Samudra Hindia berada di sebelah selatan dan barat.

Pembagian Wilayah Benua Australia

Meskipun hanya terdapat satu negara pada benua Australia, tetap saja terdapat beberapa pembagian wilayah, yakni Australia Utara, Australia Barat, Victoria, New South Wales, Queensland, dan Australia Selatan. Berikut ini peta benua Australia.

Peta Benua Australia, Foto oleh Quora Com

Kenampakan Alam Benua Australia

Kenampakan-kenampakan alam yang dapat kalian temukan jika berkunjung ke benua Australia antara lain puncak tertinggi Mawson (2.745 m), danau Eyre yang merupakan daerah terendah (15 m di bawah permukaan laut) dan danau terbesar (9.500 km2), dan sungai Murray atau sungai terpanjang di Australia (2.508 km).

Wah…ternyata karakteristik benua-benua itu berbeda ya dimulai dari luasnya, banyak penduduknya, sampai kenampakan alamnya. Sekarang, yuk coba cek pemahamanmu tentang materi ini dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tersedia. Good luck!

Contoh Soal tentang Benua

  1. Di antara benua Asia, Amerika, Eropa, Afrika, dan Australia, manakah yang merupakan benua terluas di permukaan bumi?
  2. Coba sebutkan benua yang pertambahan penduduknya lebih banyak karena migrasi masuk!
  3. Benua yang paling banyak menampung migran adalah…..
  4. Dari kelima benua yang ada di permukaan bumi, yang manakah termasuk benua dengan pertambahan penduduk terbesar?
  5. Coba jelaskan mengapa bagian pedalaman benua lebih rendah kepadatan penduduknya dibandingkan dengan pesisir benua?

Jawaban dan Penjelasan

Setelah menjawab pertanyaan di atas, sekarang saatnya kalian memeriksa benar atau tidaknya jawaban kalian.

1. Benua Asia

Penjelasan: Benua Asia memiliki luas daratan mencapai 44.000.000 km2  atau sama dengan seperempat luas wilayah daratan di dunia.

2. Benua Eropa dan benua Amerika

Penjelasan: Benua Eropa termasuk ke dalam benua dengan pertambahan penduduk yang rendah. Tetapi, berdasarkan data tahun 2019, dapat ditemukan 82 juta migran internasional tinggal di Eropa dan 59 juta tinggal di Amerika. Jumlah tersebut merupakan separuh dari total migran internasional di dunia. Posisi ketiga yang menampung migran terbanyak ialah benua Afrika dengan jumlah 49 juta.

3. Benua Eropa

Penjelasan: Data tahun 2019 mencatat bahwa sebesar 82 juta migran internasional bermigrasi ke benua Eropa.

4. Benua Asia

Penjelasan: Benua Asia memiliki tingkat pertambahan penduduk terbesar jika dibandingkan dengan benua lainnya. Populasi penduduknya mencapai angka 4,3 miliar.

5. Hal ini dikarenakan pada umumnya bagian pendalaman benua susah untuk dijangkau sehingga sarana dan prasarana pun juga sulit untuk dilakukan. Mengakibatkan pertumbuhan ekonomi tidak berkembang, dan penduduk lebih memilih untuk bermukim di daerah pesisir benua yang lebih mudah dijangkau.

Hayo….bagaimana? Studio Literasi yakin jawaban kalian pasti benar semua karena sudah memahami materi ini sepenuhnya. Kira-kira topik apalagi ya yang harus kita bahas bersama? Beri ide kamu di kolom komentar ya. Cheers!

Last Updated on Agustus 5, 2020

Selsi Selvia
Selsi Selvia Belajar dan mengajar melalui tulisan

Globalisasi

Avatar Allegra Guruh
5 min read

Perjanjian Renville

Avatar Jordan Reynaldi
2 min read

Perjanjian Linggarjati

Avatar Allegra Guruh
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top