1. Kelas 7 IPA

Pengertian Besaran Pokok & Jenis-jenisnya dalam Fisika

Dalam melakukan pengukuran  fisika, kita terlebih dahulu harus paham mengenai konsep besaran dan satuan. Besaran sendiri berdasarkan satuannya terbagi menjadi besaran pokok dan besaran turunan. Pada pembahasan kali ini, Studio Literasi akan membahas besaran pokok. Mari kita simak artikel berikut!

Besaran, Satuan, dan Dimensi dalam Fisika

Sebelum memulai ke pembahasan mengenai besaran pokok, ada baiknya Sobat Literasi mengetahui terlebih dahulu apa itu besaran, satuan, dan dimensi. Besaran dalam fisika dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang bisa diukur atau memiliki nilai dan satuan. Contoh dari besaran yang termasuk ke dalam salah satu besaran pokok adalah panjang.

Sedangkan satuan sendiri merupakan nama atau istilah yang digunakan untuk mengukur besaran dari suatu hal tersebut. Contoh dari satuan adalah meter (m) yang digunakan untuk mengukur panjang. Kemudian terdapat dimensi yang merupakan cara besaran tersusun atas besaran-besaran pokok penyusunnya. Contoh dari dimensi adalah [L] yang merupakan dimensi pokok dari panjang.

Berdasarkan satuannya, besaran dapat dibagi menjadi besaran pokok dan besaran turunan. Pada pembahasan Studio Literasi kali ini akan memfokuskan pembahasan pada besaran pokok adalah apa beserta macam-macam besaran pokok yang termasuk ke dalamnya.

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 12 Maret 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 10 Maret 2024 at 7:11 am

    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs The post Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 8 Maret 2024 at 2:50 am

    Pasca kemerdekaan Indonesia, Indonesia tidak sepenuhnya merdeka, lho. Masih ada upaya-upaya Belanda ingin menjajah dan menduduki negara Indonesia. Maka dari itu, para pemuda Indonesia tidak ingin hal tersebut terjadi. Sehingga, terbentuklah Konferensi Meja Bundar (KMB) atau dalam bahasa Belanda disebut dengan Nederlands-Indonesische ronde tafel conferentie. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut konferensi The post Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya appeared first on Sma Studioliterasi.

Pengertian Besaran Pokok

Besaran pokok adalah besaran yang dijadikan dasar dalam menetapkan besaran yang lain. Definisi lain dari besaran pokok adalah sebagai besaran-besaran yang satuannya sudah ditetapkan terlebih dahulu melalui kesepakatan para fisikawan terdahulu. Sifat dari besaran pokok adalah bebas yang berarti besaran tersebut berdiri sendiri dan tidak bergantung dengan besaran pokok yang lainnya.

Apa saja besaran yang tergolong ke dalam besaran pokok? Menurut sistem Satuan Internasional (SI), besaran yang termasuk besaran pokok adalah adalah Panjang, Massa, Waktu, Suhu, Intensitas Cahaya, Kuat Arus, dan Jumlah Zat.

Besaran memiliki satuan. Begitu juga besaran pokok, pasti juga memiliki satuan untuk besaran pokok. Satuan besaran pokok adalah nama atau istilah yang digunakan untuk mengukur besaran pokok. Satuan besaran pokok terdiri dari meter (m), kilogram (kg), sekon (s), kelvin (K), ampere (A), candela (cd), dan mol.

Berdasarkan definisi besaran pokok pada beberapa paragraf di atas, dapat disimpulkan bahwa dimensi pada besaran pokok memiliki sifat yang bebas dan berdiri sendiri.  Dimensi dari besaran pokok adalah [L], [M]. [T], [θ], [I], [J], dan juga [N]. Untuk pembahasan selanjutnya mengenai besaran pokok dan satuannya dapat Sobat Literasi simak di artikel Studio Literasi berikut ini!

Jenis-jenis Besaran Pokok

1. Panjang

Jangka Sorong sebagai alat ukur panjang (Sumber: Unsplash)
Jangka Sorong sebagai alat ukur panjang (sumber: Unsplash)

Panjang merupakan salah satu besaran pokok yang digunakan untuk mengukur panjang dari suatu benda. Berdasarkan sistem Satuan Internasional (SI), besaran panjang menggunakan satuan meter (m) untuk mengukurnya. Dimensi dari besaran panjang sendiri adalah [L]. Alat yang digunakan dalam pengukuran besaran panjang adalah penggaris atau mistar, pita ukur atau rol meteran, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.

2. Massa

Neraca Digital sebagai alat ukur massa dari suatu benda (Sumber: Ohaus)
Neraca Digital sebagai alat ukur massa dari suatu benda (Sumber: Ohaus)

Besaran pokok selanjutnya adalah massa. Massa sendiri merupakan salah satu besaran pokok yang digunakan untuk mengukur kandungan materi dari suatu benda. Berdasarkan sistem Satuan Internasional (SI), besaran massa diukur menggunakan satuan kilogram (kg). Massa memiliki dimensi [M]. Alat yang digunakan dalam pengukuran besaran massa adalah berupa timbangan atau neraca.

3. Waktu

Stopwatch digunakan untuk mengukur waktu (Sumber: Unsplash)
Stopwatch digunakan untuk mengukur waktu (Sumber: Unsplash)

Besaran pokok berikutnya adalah waktu. Waktu merupakan besaran pokok yang digunakan untuk mengukur lama waktu yang dibutuhkan untuk terjadi suatu peristiwa atau fenomena. Menurut sistem Satuan Internasional (SI), satuan yang digunakan untuk mengatur waktu adalah sekon (s). Dimensi dari besaran waktu adalah [T]. Besaran waktu diukur menggunakan alat ukur stopwatch.

4. Suhu

Termometer sebagai alat ukur suhu (Sumber: Unsplash)

Kemudian selanjutnya ada besaran pokok suhu, Suhu merupakan besaran pokok yang digunakan untuk mengukur tingkat panas atau dinginnya dari suatu benda. Berdasarkan sistem Satuan Internasional (SI), Kelvin (K) merupakan satuan internasional untuk besaran pokok suhu. Dimensi dari suhu adalah [θ] yang dibaca sebagai “theta”. Untuk mengukur besaran suhu, termometer adalah alat ukur yang digunakan.

5. Kuat Arus

Besaran pokok selanjutnya adalah kuat arus. Besaran kuat arus digunakan untuk mengukur seberapa besar kuat dari arus listrik yang mengalir dari suatu tempat ke tempat yang lain. Satuan Internasional (SI) menetapkan Ampere (A) sebagai satuan resmi untuk kuat arus. Kemudian kuat arus memiliki dimensi [I]. Besaran kuat arus listrik dapat diukur menggunakan alat bernama Amperemeter.

6. Intensitas Cahaya

Selanjutnya ada besaran pokok Intensitas Cahaya. Besaran pokok intensitas cahaya digunakan dalam mengukur tingkat dari terang atau gelapnya cahaya yang jatuh pada permukaan suatu benda. Satuan resmi berdasarkan Satuan Internasional (SI) dari intensitas cahaya adalah Candela (Cd). Intensitas cahaya memiliki dimensi yang dilambangkan dengan huruf [J]. Lux Meter atau Light Meter digunakan sebagai alat ukur intensitas cahaya.

7. Jumlah Zat

Terakhir, terdapat besaran pokok Jumlah Zat. Besaran pokok ini digunakan untuk menghitung banyaknya jumlah partikel zat yang terdapat di dalam suatu benda. Berdasarkan Satuan Internasional (SI), jumlah zat memiliki satuan resmi mol. Besaran pokok jumlah zat memiliki dimensi yang disimbolkan dengan [N].

Baca juga: Massa Jenis Besi: Pengertian, Sifat, Rumus dan Contoh Soal

Berikut tadi pembahasan mengenai besaran pokok yang terdapat pada mata pelajaran fisika. Semoga artikel tadi dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pengertian Besaran Pokok & Jenis-jenisnya dalam Fisika

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]

    Trending

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh […]
    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]