Annissa Manystighosa Menyukai penulisan dan kebahasaan

Biografi Puan Maharani

1 min read

Puan Maharani
Puan Maharani, Foto Oleh Wikipedia

Berasal dari Fraksi PDI-P, sebenarnya bagaimana latar belakang Ketua DPR RI? Ini dia biografi Puan Maharani.

Dr. (H.C.) Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi, S.I.Kom. lahir di Jakarta pada tanggal 6 September 1973. Saat ini beliau berumur 47 tahun.

Puan adalah seorang wanita sekaligus politikus muda Indonesia yang saat ini  menduduki jabatan sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia periode 2019–2024. 

Puan adalah sosok perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR dan termuda nomor tiga.

Sebelumnya ketua DPR termuda pernah dijabat oleh Achmad Sjaichu dan I Gusti Gde Subamia, yang pernah menjadi Ketua DPR secara tetap. Saat itu, beliau ia berusia 46 tahun saat dilantik. 

Sebelum menjadi ketua DPR saat ini, Puan Maharani menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia pada masa jabatan 2014 dan 2019.

Dalam masa jabatannya, Puan juga merupakan perempuan pertama dan orang termuda yang pernah menjabat sebagai menteri koordinator. 

Puan Maharani sebelumnya pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI pada masa jabatan 2012 hingga 2014.

Terkait dengan posisinya di DPR, Puan Maharani merupakan anggota Komisi VI yang bertugas mengawasi BUMN, perdagangan, koperasi, dan usaha kecil menengah.

Pada saat yang sama, Puan juga menjadi anggota badan kelengkapan dewan BKSAP DPR.

Sebagai cucu dari presiden pertama RI, Soekarno, dan putri tunggal presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dari pernikahannya dengan Taufiq Kiemas, Puan Maharani telah mengenal dunia politik sejak usia belia.

Memegang gelar sebagai sarjana Ilmu Komunikasi lulusan Universitas Indonesia, Puan memiliki tekad untuk meneruskan tradisi politik dalam keluarga Soekarno.

Tahun 2006 adalah titik awal dimana Puan Maharani akhirnya mulai terlibat dalam organisasi politik  secara aktif.

Langkah pertama yang diambil yaitu menjadi anggota DPP KNPI Bidang Luar Negeri.

Melanjutkan langkahnya di ranah politik, Puan Maharani mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari Dapil Jawa Tengah V (Surakarta, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali) pada Pemilu 2009.

Pada saat itu, Puan akhirnya sukses terpilih dengan suara terbanyak kedua di tingkat nasional yaitu 242.504 suara.

Di internal partai PDI Perjuangan, Puan Maharani menduduki posisi sebagai Ketua Bidang Politik & Hubungan Antar Lembaga yang membuatnya memiliki fungsi dan peran strategis.

Itulah penjelasan singkat tentang biografi Puan Maharani, Ketua DPR yang menjabat saat ini. Ingin tahu lebih tentang fungsi dan peran DPR secara keseluruhan? Baca artikelnya di sini

Annissa Manystighosa
Annissa Manystighosa Menyukai penulisan dan kebahasaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top