1. berita

Biografi Puan Maharani

Berasal dari Fraksi PDI-P, sebenarnya bagaimana latar belakang Ketua DPR RI? Ini dia biografi Puan Maharani.

Dr. (H.C.) Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi, S.I.Kom. lahir di Jakarta pada tanggal 6 September 1973. Saat ini beliau berumur 47 tahun.

Ketua DPR Republik Indonesia

Puan adalah seorang wanita sekaligus politikus muda Indonesia yang saat ini  menduduki jabatan sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia periode 2019–2024. 

Puan adalah sosok perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR dan termuda nomor tiga.

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Sebelumnya ketua DPR termuda pernah dijabat oleh Achmad Sjaichu dan I Gusti Gde Subamia, yang pernah menjadi Ketua DPR secara tetap. Saat itu, beliau ia berusia 46 tahun saat dilantik. 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia

Sebelum menjadi ketua DPR saat ini, Puan Maharani menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia pada masa jabatan 2014 dan 2019.

Dalam masa jabatannya, Puan juga merupakan perempuan pertama dan orang termuda yang pernah menjabat sebagai menteri koordinator. 

Ketua Fraksi PDI

Puan Maharani sebelumnya pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI pada masa jabatan 2012 hingga 2014.

Terkait dengan posisinya di DPR, Puan Maharani merupakan anggota Komisi VI yang bertugas mengawasi BUMN, perdagangan, koperasi, dan usaha kecil menengah.

Anggota Badan Kelengkapan Dewan BKSAP DPR

Pada saat yang sama, Puan juga menjadi anggota badan kelengkapan dewan BKSAP DPR.

Sebagai cucu dari presiden pertama RI, Soekarno, dan putri tunggal presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dari pernikahannya dengan Taufiq Kiemas, Puan Maharani telah mengenal dunia politik sejak usia belia.

Memegang gelar sebagai sarjana Ilmu Komunikasi lulusan Universitas Indonesia, Puan memiliki tekad untuk meneruskan tradisi politik dalam keluarga Soekarno.

Tahun 2006 adalah titik awal dimana Puan Maharani akhirnya mulai terlibat dalam organisasi politik  secara aktif.

Anggota DPP KNPI Bidang Luar Negeri

Langkah pertama yang diambil yaitu menjadi anggota DPP KNPI Bidang Luar Negeri.

Melanjutkan langkahnya di ranah politik, Puan Maharani mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari Dapil Jawa Tengah V (Surakarta, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali) pada Pemilu 2009.

Pada saat itu, Puan akhirnya sukses terpilih dengan suara terbanyak kedua di tingkat nasional yaitu 242.504 suara.

Di internal partai PDI Perjuangan, Puan Maharani menduduki posisi sebagai Ketua Bidang Politik & Hubungan Antar Lembaga yang membuatnya memiliki fungsi dan peran strategis.

Itulah penjelasan singkat tentang biografi Puan Maharani, Ketua DPR yang menjabat saat ini. Ingin tahu lebih tentang fungsi dan peran DPR secara keseluruhan? Baca artikelnya di sini

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Biografi Puan Maharani

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]