1. Kelas 7 Bahasa Inggris
  2. Kelas 8 Bahasa Inggris
  3. Kelas 9 Bahasa Inggris
  4. SD Bahasa Inggris

8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!

belajar tenses
belajar tenses. Foto: unsplash.com/Aaron Burden

Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya. 

Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah dan cepat untuk mempelajarinya. 

Definisi Singkat Tenses

Pengertian tenses dalam Bahasa Inggris adalah bentuk perubahan kata kerja menunjukkan waktu terjadinya suatu aksi atau keadaan. Grammar ini membantu kita menyampaikan kapan sesuatu terjadi, sedang terjadi, atau akan terjadi. Setidaknya terdapat 16 daftar tenses yang terbagi berdasarkan kapan terjadinya.

Baca Juga: Pengertian & Macam-Macam Verb (Kata Kerja)

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

1. Fokus Pada Konsep, Bukan Hafal Rumus

Memang dalam mempelajarinya, kita harus menghafal rumus, keterangan waktu serta verb (1 sampai 3). Namun, lebih baik berfokus dulu pada kapan pemakaian tenses. Misalnya, Simple Past Tense untuk menceritakan kejadian yang sudah selesai di masa lalu dan belum ada lanjutannya, Present Perfect Continuous Tense telah usai, namun sampai sekarang masih berlanjut dan Simple Future Tense gunanya untuk merencanakan yang akan kita lakukan.

Gampangnya, hanya tinggal mengingat waktunya saja. Hal ini tentu memudahkan, sehingga tidak perlu menghafalnya satu per satu. Karena nantinya bakal bisa hafal secara otomatis.

 2. Menggunakan Metode Mind Mapping

Terbukti metode mind mapping sangat membantu dalam memahami suatu materi. Untuk materi ini, dapat membuatnya dengan konsep membagi berdasarkan kategori waktu. Sebagai gambaran, masa lalu (kiri), masa sekarang (tengah), dan masa depan (kanan). Kamu juga bisa berkreasi dengan memberikan warna atau simbol lainnya yang kamu anggap mudah untuk pahaminya.

3. Pilihlah Media yang Menyenangkan

Sebagian alasan orang susah memahami tense, karena hanya terpaku pada buku dan contoh soal mungkin menurut sebagian membosankan. Maka dari itu, pilihlah media  setidaknya membuat kamu bersemangat belajarnya. Contohnya, film favorit, konten video youtuber (usahakan memakai subtitle berbahasa Inggris) bahkan aktivitas seperti browsing tentang gosip artis Internasional. 

Lalu, perhatikan setiap teks dan tandai manakah termasuk kategori tenses. Akan lebih baik, jika memiliki kalimat yang mudah mengingatnya. Pasalnya, kalau begitu sedang mempelajari dan memahami jenis tenses, maka langsung teringat dengan perkataan tersebut.

4. Terapkan Pada Aktivitas Sehari-hari

Buat apa kalau sudah pelajari, tapi tidak terapkan. Padahal hal ini bisa dikatakan merupakan metode paling manjur. Kebanyakan dengan cara bercakap langsung dengan orang lain. Ada aktivitas lainnya, salah satunya menulis. Apalagi kalau pada platform yang orang dapat melihatnya, bisa memberikan masukan dan koreksi melalui kolom komentar (jika ada). Sehingga jadi mengetahui kesalahan baik tata bahasa maupun hal typo lainnya.

Baca Juga: Simple Present Tense

5. Melalui Website atau Aplikasi

Sekarang ini sudah menjamurnya berbagai aplikasi dan website yang menawarkan latihan dan materi tentang tenses secara interaktif dan menyenangkan. Terdapat fitur pembahasan (kunci jawaban) dan skor kalau kita menjawabnya. Ini sangat penting karena menjadi salah satu indikator sekaligus untuk mengukur seberapa jauh kemampuan atas materi tersebut dan track prosesnya.

6. Jangan Takut Salah, Gunakan Alat Bantu

Hampir setiap orang tentu ada perasaan takut salah, saat belajar suatu hal. Tapi, namanya Belajar itu pasti melalui proses trial and error, pastinya tidak instan langsung menguasai dalam waktu singkat. Demikian, melakukan kesalahan dalam belajar tenses. Anggaplah kesalahan sebagai kesempatan untuk belajar. Supaya tidak mengulanginya, bisa menggunakan media sebagai alat bantu, seperti kamus atau aplikasi yang dapat mengoreksi.

7. Kursus

Sebenarnya hal ini sifatnya opsional. Meski begitu, melalui kursus kita bisa mendapatkan materi lebih mendalam. Bahkan memiliki metode belajar tersendiri yang dapat mengasah skill tenses.

Untuk kursus bisa secara offline, online atau privat (hanya kamu dan tutornya). Pilih sesuai kebutuhan dan budget. Tapi terpenting pastikan lembaga tersebut sudah terpercaya, pengajar berkualitas dan memiliki banyak testimoni positif.

8. Konsisten Nikmati Prosesnya

Menguasai tenses membutuhkan latihan yang konsisten dan harus bertahap Jangan mencoba menghafal semua tenses sekaligus.  Baiknya fokus pada beberapa tenses dasar terlebih dahulu, lalu lanjutkan ke tenses yang lebih kompleks (bisa dengan urutan waktu terlebih dahulu). Alokasikan waktu khusus setiap hari untuk belajar tenses, meskipun waktunya singkat.

Jadi nikmati saja prosesnya, walau memang berjalan lambat. Namun ketika menguasainya tentu ada perasaan bangga, terlebih kalau ingat mengenai perjuangannya. Maka biasanya tidak cepat puas dan justru terbuka pada semua pengetahuan atau ilmu baru. Karena tujuannya saat itu, menguasai semua aspeknya (rumus tenses).

Baca Juga: Lengkap! 16 Tenses Bahasa Inggris Beserta Rumus & Contohnya

Sudah mulai tergambarkan, tips manakah ingin coba kamu lakukan? Tentu tidak perlu melakukannya semua. Pilih salah satu atau beberapa hal yang kamu rasa menyenangkan dan mudah. Kalau sudah, saatnya tinggal konsisten saat menjalankannya. Selamat menikmati indahnya perjalanan belajar tenses!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]