Cara Membuat Abstrak | Skripsi, Jurnal dan Artikel

2 min read

Mengerjakan Skripsi
Mengerjakan Skripsi, Foto Oleh KalderaNews

Abstrak merupakan bagian yang penting saat menyusun karya ilmiah. Membuat abstrak tidak boleh sembarangan karena desain dan hasil penelitianmu dicerminkan di bagian ini. Oleh karena itu, kamu perlu memahami cara membuat abstrak dengan benar.

Pengertian Abstrak

Apa itu abstrak? Abstrak adalah bagian dari laporan penelitian yang berupa penjelasan singkat tentang keseluruhan hasil penelitian.

Dalam abstrak biasanya tertera beberapa hal, seperti: judul penelitian, nama penulis, tujuan penelitian, media yang digunakan dalam penelitian, jenis penelitian (kuantitatif atau kualitatif), pendekatan penelitian (mengikuti jenis penelitian), sumber data yang digunakan dalam penelitian (data primer dan sekunder), metode pengumpulan data, hasil penelitian secara singkat, dan kata kunci dengan diberi spasi terlebih dahulu.

Lalu bagaimana cara membuat abstrak yang benar? Berikut ulasannya.

Cara membuat abstrak #1 Judul penelitian dan nama peneliti

Contoh abstrak
Contoh abstrak

Cara membuat abstrak #2 Tujuan penelitian

Menuliskan tujuan dari dilakukannya penelitian dapat dinyatakan dalam kalimat berikut:

“Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan Y2K Music School and Studio melalui akun instagram @y2kstudio pada tahun 2017-2018. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat bagaimana penerapan pendekatan analisis naratif dalam menganalisa strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan melalui platform digital,…”

Cara membuat abstrak #3 Media penelitian

Menuliskan media yang digunakan dalam penelitian dapat disiasati dengan menggabungnya bersama kalimat sebelumnya, seperti contoh dibawah ini:

“Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat bagaimana penerapan pendekatan analisis naratif dalam menganalisa strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan melalui platform digital, dalam hal ini akun media sosial instagram.”

Cara membuat abstrak #4 Pendekatan dan jenis penelitian

“Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis naratif dan genre studies.”

Cara membuat abstrak #5 Data dan sumber data

Sumber data dan metode pengumpulan data baik primer maupun sekunder biasanya dilakukan secara bersamaan, seperti contoh berikut:

“Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dengan pengamatan dan penelusuran langsung terhadap akun instagram @y2kstudio dan data sekunder diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam terhadap para informan.”

Cara membuat abstrak #6 Hasil penelitian

Pada bagian ini kita diminta untuk memberikan gambaran umum atau hasil penelitian secara singkat terkait laporan hasil penelitian, dapat dilakukan seperti contoh berikut:

“Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan Y2K Music School and Studio melalui akun @y2kstudio pada tahun 2017 masih bersifat hard selling dengan fokus product oriented, sedangkan pada tahun 2018 strategi yang diterapkan bersifat lebih soft selling dengan fokus user oriented.”

Tulis hasil penelitian dengan singkat dan jelas ya, jangan lupa sertakan juga unsur persuasif didalamnya, gunakan kalimat-kalimat yang dapat menunjang bahwa penelitianmu memang layak dibaca, diapresiasi, dan mampu membangun masyarakat!

Cara membuat abstrak #7 Kata kunci

Berikan 3 kata kunci terkait kata apa saja yang akan banyak muncul dalam penelitian, seperti:

“Kata kunci: Strategi komunikasi pemasaran, analisis naratif, instagram.”

Pintar-pintar dalam menentukan kata kunci ya! Kata yang digunakan pada bagian kata kunci dalam abstrak ini merupakan kata yang memang banyak muncul dalam laporan penelitian, gunanya agar memudahkan pembaca jika pembaca mencari satu fokus bahasan tertentu, dengan adanya kata kunci, mereka akan dengan mudah menentukan laporan penelitian mana yang harus terlebih dahulu mereka baca.

#tips: buat abstrak dengan kalimat yang sesuai dengan kaidah penulisan laporan penelitian, jurnal, atau berbagai jenis tulisan ilmiah lainnya, namun jangan lupa juga sertakan unsur persuasif dalam setiap kalimat yang ada didalamnya, agar dengan abstrak yang singkat ini pembaca tertarik untuk menghabiskan waktunya lebih lama lagi membaca laporan penelitian anda!

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara membuat abstrak yang baik. Membuat abstrak skripsi, jurnal, atau artikel ilmiah pada dasarnya memiliki konsep yang sama. Selamat mencoba!

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top