Surat Lamaran Kerja Menangkan Kamu di Era ‘Rebutan Lapangan Kerja’!

1 min read

Surat Lamaran
Menulis, Foto Oleh daaruttauhiid

Lapangan Pekerjaan hari-hari ini menjadi satu hal yang banyak diperbincangkan sebagai hal yang sulit untuk diraih. Berbagai cara dilakukan, berbagai jalur ditempuh untuk dapat memperoleh lapangan pekerjaan yang sesuai dengan berbagai harapan pencarinya. Tidak baru dipikirkan setelah lulus menempuh satu jenjang studi di ranah perkuliahan, hal ini bahkan telah diupayakan banyak orang tua, sebelum anaknya menempuh studi di jenjang perkuliahan. Berharap, dengan memilih program dan wadah pendidikan yang tepat akan mempermudah anak dalam memperoleh lapangan pekerjaan di kemudian hari.

Begitu pentingnya memperoleh lapangan kerja, sehingga membuat banyak orang mempersiapkan dirinya dari jauh-jauh hari. Namun, tahukah anda, apa yang juga perlu anda perhatikan saat anda sedang berfokus dalam mencari pekerjaan? Jawabannya, Surat Lamaran Kerja! Karena, lembaran “lamaran kerja” tersebutlah yang membantu anda menyampaikan apa saja yang telah berhasil anda raih sebelum akhirnya anda menyatakan siap untuk terjun dalam dunia kerja.

Lalu bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang dapat membawa anda memenangkan satu lapangan pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan yang anda inginkan? Caranya, anda bisa menuliskan surat lamaran kerja anda dalam balutan informasi yang persuasif dan informatif, contohnya seperti yang ada dalam surat lamaran kerja dibawah ini:

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Informatif dan Persuasif:

#1 Tetap perhatikan kaidah penulisannya sebagai sebuah surat

Pertama, tetap perhatikan kaidah penulisan surat lamaran kerja anda sebagai sebuah surat. Surat yang baik harus dituliskan atau dibuka dengan bahasa dan penulisan yang formal, seperti adanya tanggal, perihal surat, dan kepada siapa surat tersebut ditujukan.

#2 Nyatakan tujuan anda dalam paragraf pembuka

Masuk pada paragraf pertama, nyatakan tujuan anda dalam menulis surat dengan bahasa dan tujuan yang jelas, tegas, dan tidak bertele-tele! Jelaskan posisi yang anda inginkan dan sampaikan bahwa posisi yang anda inginkan tersebut didukung penuh dengan passion dan latar belakang pendidikan anda, sehingga anda akan dianggap lebih kredibel untuk menangani posisi tersebut kelak!

#3 Perkenalkan diri anda

Perkenalkan diri anda dalam informasi yang lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan! Dapat dilakukan dengan data singkat yang menjelaskan nama, alamat, TTL, pendidikan terakhir, juga nomor telepon yang dapat mempermudah HRD tempat anda melamar pekerjaan untuk bisa menghubungi anda.

#4 Selain data diri, jelaskan siapa anda dan apa kemampuan yang anda miliki

Pada tahap ini, anda diminta untuk mulai memaparkan informasi yang informatif dan persuasif tentang siapa diri anda, apa latar pendidikan anda, apa status dan kesibukan anda sekarang, paling penting; apa prestasi dan kemampuan yang anda miliki yang dapat menunjang keberhasilan perusahaan jika posisi yang anda lamar kelak membuat perusahaan lebih mudah dalam mencapai targetnya, cantumkan juga informasi pendukung prestasi dan kemampuan anda tersebut ya!

#5 Nyatakan harapanmu sebagai penutup surat lamaran kerjamu

Bagian akhir dari ditulisnya surat lamaran kerja anda ini merupakan bagian dimana anda dituntut untuk bisa meramu kalimat yang menyatakan harapan anda terhadap posisi kerja yang anda lamar, namun tetap dengan bahasa yang santun dan formal. Jangan lupa sertakan nama lengkap anda sebagai penulisnya ya!

#tips:

Tulis surat lamaran kerjamu dengan data diri yang lengkap, dapat dipertanggungjawabkan, informatif, persuasif, namun tetap dengan bahasa yang santun!

Bagaimana, sudah mulai mendapatkan gambaran yang lebih baik dalam menulis surat lamaran kerja? Semoga informasi diatas dapat membantumu dalam menyusun surat lamaran kerja yang kamu harapkan ya! Selamat membuat surat lamaran kerja yang informatif dan persuasif, lalu ijinkan surat lamaran kerjamu mengantarkanmu pada posisi kerja yang paling kamu inginkan. Goodluck!

Last Updated on Juli 2, 2020

Avatar

Tata Cara, Hukum, & Niat Shalat Jumat

Shalat jumat adalah shalat dua rakaat di hari Jumat setelah khutbah pada waktu zhuhur. Hukum shalat ini adalah fardhu ain yaitu wajib bagi laki-laki...
Tika Chandra Irawati Tika Chandra Irawati
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top