Cara Menggunakan Google Translate

3 min read

Google translate
Google Translate oleh slashgear

Apa kabar sahabat studio literasi? Kali ini kategori Kuliah dan Umum akan membahas informasi yang tentunya sangat bermanfaat bagi teman-teman semua loh, yaitu Cara Menggunakan Google Translate.

Teman-teman pasti sudah sangat akrab dengan salah satu fitur Google yang satu ini kan? Yap! Layanan Google yang satu ini memberikan banyak bantuan kepada para pengguna, tidak hanya dalam kemudahan berkomunikasi, namun juga dalam dunia pendidikan.

Pertanyaannya adalah apakah teman-teman sudah benar-benar mengetahui dan mengenal fitur-fitur Google Translate? Kalau belum, yuk langsung simak pembahasan singkatnya!

Google Translate

Google Translate adalah salah satu fitur dari mesin pencari Google yang menyediakan layanan terjemahan untuk berbagai bahasa di dunia.

Tidak hanya bahasa nasional tiap negara, namun fitur Google satu ini juga dapat digunakan untuk menerjemahkan ke dalam beberapa bahasa daerah, seperti contohnya bahasa Jawa dan Sunda.

Google Translate sangat berguna untuk memudahkan komunikasi antar dua atau lebih orang yang memiliki bahasa berbeda.

Saat ini, fitur ini dapat diakses tidak hanya melalui web, namun juga dapat digunakan melalui aplikasi Android atau iOS.

Selain itu, fitur Google satu ini juga dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, baik oleh guru maupun oleh murid.

Terlebih lagi untuk mata pelajaran bahasa Inggris, juga mata pelajaran lintas minat seperti Jepang, Jerman, Perancis, Arab, Korea, dan lain sebagainya.

Sebelum adanya produk ini, beberapa dari kalian pasti menggunakan kamus berbentuk buku untuk menerjemahkan satu per satu kata dari bahasa Indonesia ke bahasa asing dan sebaliknya.

Namun, setelah adanya layanan terjemahan dari Google ini, jangankan menerjemahkan satu kata, satu kalimat bahkan hingga satu teks pun dapat diterjemahkan dengan mudah.

Mesin penerjemah ini dapat menerjemahkan teks yang mengandung maksimal 5000 kata. Hebat bukan? Namun, apakah teman-teman sudah mengenal dengan betul semua fitur-fitur atau layanan yang ditawarkan?

Cara Menggunakan Google Translate Melalui Web

Tampilan google translate lewat web
Google Translate Web oleh Studioliterasi

Apabila teman-teman menggunakan layanan Google Translate melalui websitenya secara online, terdapat beberapa fitur yang dapat digunakan untuk menerjemahkan teks yang kalian inginkan.

Text (Teks)

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengetikkan atau melakukan copy-paste secara langsung pada box (kotak) yang tersedia.

Fitur ini juga dapat memberitahu apabila terdapat kesalahan ketik (typo) pada teks yang ingin diterjemahkan.

Keyboard dan Handwrite

Apabila pengguna menggunakan laptop atau komputer untuk mengakses Google Translate, terdapat fitur Keyboard (papan ketik) dan Handwrite (tulisan tangan) yang dapat dipilih untuk mengetikkan kata-kata yang ingin diterjemahkan.

Fitur ini tentu sangat bermanfaat dan membantu bagi para pengguna yang mungkin memiliki masalah dengan keyboard laptop atau komputer mereka.

Jadi, pengguna dapat memilih apakah mereka ingin menuliskan kata menggunakan papan ketik atau menggambarkan huruf menggunakan tool handwrite.

Selain itu, untuk beberapa bahasa yang memiliki simbol atau aksara tersendiri seperti Korea (Hangul) atau Jepang (Hiragana), pengguna dapat mengganti jenis keyboard yang digunakan sesuai dengan aksara bahasa yang diminta.

Perekam Suara

Layanan Google Translate web juga menyediakan fitur perekam suara yang dapat membantu pengguna untuk menuliskan kata, kalimat, atau teks melalui suara.

Fitur ini meringankan beban para pengguna karena mereka tidak perlu lagi mengetikkan satu per satu kata, atau mengcopy paste sebuah tulisan. Namun, dalam menggunakan perekam suara ini, pelafalan tiap kata harus jelas guna menghindari kesalahan.

Speaker

Fitur ini digunakan untuk mendengarkan isi atau tulisan yang tertera pada kotak.

Bagi para pengguna, khususnya warga Indonesia, yang ingin menggunakan Google Translate Indonesia Inggris, fitur ini akan membantu mereka untuk mengetahui cara pelafalan dalam bahasa yang dituju yaitu Bahasa Inggris.

Documents

Pada menu ini, tersedia layanan untuk menerjemahkan keseluruhan dokumen pengguna yang terletak dalam satu file.

File dokumen yang dapat diterjemahkan beragam, mulai dari docs, pdf, xls, dan lain-lain.

Fitur ini membantu mempercepat proses penerjemahan tulisan baik yang lebih dari 5000 kata atau kurang karena pengguna tidak perlu mengcopy paste tulisan tersebut.

History (Riwayat)

Seperti namanya, fitur ini menampilkan riwayat tulisan-tulisan yang pernah pengguna terjemahkan. Hal ini akan memudahkan pengguna untuk mencari kembali terjemahan mereka tanpa harus menyalin atau mengetik ulang.

Saved (Tersimpan)

Pada fitur ini, pengguna dapat melihat terjemahan yang mereka simpan.

Fitur satu ini memudahkan pengguna untuk mencari kata terjemahan yang sering mereka cari atau jumpai sehingga mereka tidak perlu untuk menerjemahkannya berkali-kali.

Layanan ini juga dapat membantu pengguna untuk menciptakan kamus pribadi mereka.

Untuk menggunakan Google Translate melalui web, pengguna hanya harus menyalin lalu menempelkan tulisan yang disalin ke dalam kotak yang tersedia.

Setelah itu, terjemahan akan muncul secara otomatis. Apabila pengguna hanya menerjemahkan satu kata, akan muncul saran sinonim atau kata-kata yang mirip dengan kata yang diterjemahkan.

Cara Menggunakan Google Translate Melalui Aplikasi

Tampilan google translate lewat aplikasi
Google Translate Android oleh Studioliterasi

Selain melalui web, layanan terjemahan dari Google ini juga dapat diakses melalui aplikasi Android atau iOS.

Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi ini di Google Play Store lalu menginstalnya. Berikut fitur-fitur yang dapat Anda gunakan dalam mengakses aplikasi ini:

Camera (Kamera)

Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat menerjemahkan suatu teks tanpa harus mengetiknya terlebih dahulu. Inilah langkah-langkah untuk menggunakan fitur ini:

  • Arahkan kamera ke objek (teks) yang Anda ingin terjemahkan
    Secara otomatis teks tersebut akan diubah ke dalam bahasa yang Anda pilih
  • Apabila Anda ingin menyalin teks, Anda dapat memilih opsi Scan
  • Pilih Select All pada bagian bawah dan tap tombol panah pada bagian atas untuk menyalin dan menampilkan teks Anda di panel utama.

Handwriting (Tulisan Tangan)

Sama dengan fungsinya di Web, fitur handwriting ini digunakan untuk menginput tulisan yang ingin Anda terjemahkan tanpa harus mengetikkan satu per satu kata yang ada.

Anda hanya perlu menggambarkan karakter huruf satu persatu seperti Anda sedang menulis di buku.

Conversation (Percakapan)

Fitur satu ini sangat unik karena ia dapat digunakan untuk menerjemahkan kalimat dari percakapan yang sedang berlangsung.

Cara menggunakan fitur ini adalah dengan mendekatkan speaker ke sumber suara.

Lalu, Google akan otomatis memproses kalimat atau kata yang diucapkan. Setelah itu, Anda akan mendapatkan hasil terjemahannya.

Jangan lupa untuk mengatur bahasa asal dan bahasa tujuan yang ingin Anda terjemahkan. Fitur ini sangat membantu para turis apabila sedang berjalan-jalan di negara lain.

Voice (Suara)

Hampir sama dengan fitur conversation, fitur voice membantu Anda untuk menerjemahkan bahasa dalam bentuk audio.

Fitur ini akan mengubah kalimat-kalimat yang diupload dalam bentuk audio menjadi teks. Lalu, Anda akan mendapatkan hasil terjemahannya.

Ternyata sangat banyak ya kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh layanan Google Translate ini.

Fitur-fitur yang tersedia sudah pasti membantu pengguna untuk dapat menerjemahkan berbagai bahasa tanpa harus belajar mengenai bahasa tersebut.

Namun, hal ini harus dimanfaatkan dengan baik. Dalam arti, tidak hanya dimanfaatkan untuk menerjemahkan bahasa secara instan, namun layanan Google satu ini dapat membantu teman-teman untuk belajar lebih jauh mengenai berbagai bahasa yang ada di dunia.

Baca juga artikel menarik lainnya:
Cara Membuat Akun LinkedIn
Info Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 & Cara Daftarnya

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top