1. Penjaskes

Penyebab, Dampak, dan 7 Cara Menghindari Pergaulan Bebas

Salah satu yang menjadi permasalahan di kalangan remaja dalam proses pencarian jati diri adalah terjadinya pergaulan bebas. Pergaulan bebas adalah salah satu bentuk perilaku remaja yang menyimpang dan mengkhawatirkan. 

Apalagi dengan adanya kemajuan teknologi, kemudahan akses komunikasi, dan tersedianya beragam fasilitas justru membuat para remaja mempunyai kebebasan yang melewati batas. Lantas bagaimana cara menghindari pergaulan bebas? Maka dari itu simak berbagai cara menghindari pergaulan bebas yang akan dijelaskan di bawah ini ya.

Apa Itu Pergaulan Bebas?

Apa Itu Pergaulan Bebas (sumber: Pexels)
Apa Itu Pergaulan Bebas (sumber: Pexels)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pergaulan bebas adalah hubungan pertemanan dalam kehidupan sosial masyarakat yang sifatnya lepas dan tidak terikat. Sedangkan dikutip dari buku Pendidikan Olahraga dan Rekreasi Paket B, pergaulan bebas adalah perilaku individu atau kelompok yang mengalami penyimpangan. Penyimpangan tersebut sudah melewati batas dari aturan, kewajiban, dan perasaan malu. 

Adapun arti lain pergaulan bebas yaitu perilaku penyimpangan yang melanggar agama dan norma. Terlebih lagi di Indonesia, terdapat nilai dan norma berdasarkan budaya, suku, agama, dan jenis kelamin. Sehingga norma tersebut membatasi sikap dan perilaku seseorang dalam menjalani kehidupan sosial masyarakat.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Penyebab Terjadinya Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja

Penyebab Pergaulan Bebas (sumber: Pexels)
Penyebab Pergaulan Bebas (sumber: Pexels)

Ada beberapa faktor penyebab pergaulan bebas di kalangan remaja. Salah satu faktor penyebab yang paling besar adalah tingkat pendidikan keluarga yang minim. Minimnya tingkat pendidikan membuat remaja sangat mudah terpengaruh untuk melakukan pergaulan bebas. Tingkat pendidikan keluarga yang paling berperan dalam hal ini adalah pendidikan moral dan agama. 

Rendahnya pendidikan keluarga maupun orang tua yang tidak melakukan kewajiban dalam mengawasi pergaulan secara intens dapat mengakibatkan remaja terjerumus tanpa mengetahui sebab dan akibat yang ditimbulkan. Terlebih lagi orang tua sangat acuh dalam memberikan edukasi serta pengetahuan terhadap cara menghindari pergaulan bebas yang terjadi pada remaja.

Selain itu faktor lain yang paling mempengaruhi terjadinya pergaulan bebas adalah lingkungan. Ada sebuah pepatah yang menggambarkan bahwa bergaul dengan tukang minyak wangi membuat kamu menjadi wangi, namun ketika bergaul dengan tukang minyak tanah membuat kamu menjadi bau minyak tanah. 

Intinya adalah kondisi lingkungan sangat mempengaruhi karakter dan perilaku seseorang, sehingga memilah dan memilih pertemanan adalah suatu cara menghindari pergaulan bebas agar tidak terjerumus.

Dampak Pergaulan Bebas Terhadap Kehidupan Remaja

Dampak Pergaulan Bebas (sumber: Pexels)
Dampak Pergaulan Bebas (sumber: Pexels)

Beberapa contoh dari pergaulan bebas yang sering dijumpai adalah merokok, mengonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang, tawuran, hingga sampai melakukan seks bebas. Tentunya dampak dari melakukan pergaulan bebas tersebut dapat mempengaruhi kehidupan remaja, apabila cara menghindari pergaulan bebas tidak dilaksanakan dengan serius maka dapat mengakibatkan dampak negatif sebagai berikut:

  • Timbul permasalahan keluarga
  • Kehamilan yang tidak diinginkan dan penyebaran penyakit kelamin
  • Mendapatkan stigma buruk dari masyarakat sekitar
  • Prestasi di sekolah dan kemampuan belajar menurun
  • Cenderung melakukan penyimpangan secara terus menerus (adiktif)

Cara Menghindari Pergaulan Bebas untuk Remaja

Cara Menghindari Pergaulan Bebas (sumber: Pexels)
Cara Menghindari Pergaulan Bebas (sumber: Pexels)

Ada 7 cara menghindari pergaulan bebas. Cara menghindari pergaulan bebas di bawah ini sangat efektif untuk mencegah pergaulan bebas.

1. Membentuk Karakter Positif

Salah satu cara menghindari pergaulan bebas adalah dengan membentuk karakter positif. Pendidikan dan pembentukan karakter manusia sejak usia dini sangat diperlukan agar ia menjadi pribadi yang positif dan berpendirian kuat. Dengan adanya sifat dasar tersebut, ia dapat mengendalikan dan mengontrol dirinya walaupun ia memiliki kesempatan untuk hidup bebas. 

2. Memilih Teman

Pandai memilih teman dan mengenali berbagai tipe kepribadian manusia sangat mempengaruhi kehidupan kamu. Memilih teman dapat memberikan pengaruh positif dan berusahalah untuk menjadi pribadi yang menyenangkan. Lingkup pertemanan yang sehat dapat membantu kehidupan agar lebih bermanfaat. 

3. Berikan Sex Education untuk Anak Remaja

Rasa penasaran dan keingintahuan remaja mengenai hal yang berkaitan dengan seksualitas terkadang tidak mendapatkan edukasi yang benar, sehingga mereka akan mencari tahu melalui jalan yang tidak seharusnya. Informasi yang berkaitan dengan seksualitas harus didapatkan anak sejak dini dengan bahasa yang sesuai dengan usia anak. Dengan demikian, ketika memiliki pengetahuan tentang sex education yang cukup, mereka pun juga bisa mengontrol dan menghindari pergaulan bebas.

4. Mempererat Hubungan Anak dan Orang Tua

Salah satu cara menghindari pergaulan bebas selanjutnya adalah mempererat hubungan orang tua dengan anak. Hubungan orang tua dan anak yang erat dapat menimbulkan rasa aman dan nyaman. Ketika anak lebih terbuka dengan orang tua, mereka akan dapat langsung bertanya mengenai berbagai macam pertanyaan yang ada di dalam benaknya tanpa ragu. 

Seperti halnya ketika menjawab pertanyaan bagaimana cara menghindari pergaulan bebas, sehingga orang tua bisa jelaskan cara menghindari pergaulan bebas di kalangan pelajar dan umum. Dari pertanyaan tersebut, orang tua bisa meminimalisir terjadinya pergaulan bebas karena menjawab pertanyaannya secara langsung dengan bahasa yang santai namun mendidik.

5. Memperdalam Ilmu Agama

Nilai yang perlu ditanamkan dalam diri adalah pendidikan agama, moral, dan etika dalam keluarga, kerjasama guru, orang tua dan masyarakat dalam menanamkan nilai-nilai tersebut sangat diperlukan agar mudah diserap oleh remaja. Memperdalam ilmu agama tidak hanya mengajarkan kemampuan beragama saja, tetapi juga mengamalkan nilai agama agar dapat melatih kepercayaan diri dan dapat mengambil keputusan yang benar.

6. Isi Waktu Luang dengan Hal Positif

Untuk menghindari pergaulan bebas yang memberikan dampak negatif, maka hal yang penting untuk dilakukan adalah menyibukkan diri dengan kegiatan yang positif. Ada banyak kegiatan positif yang sangat bermanfaat seperti kegiatan olahraga, mengikuti organisasi, ekstrakurikuler, dan mendalami hobi. Dengan menyibukan diri oleh tersebut, tentunya akan dapat membuat diri terhindar dari perbuatan yang kurang baik.

7. Perluas Wawasan dan Pengetahuan Tentang Akibat Pergaulan Bebas

Pengetahuan adalah kekuatan yang dapat membuka wawasan yang luas. Seseorang akan lebih mudah menentukan pilihan hidupnya apabila ia sudah mengetahui tentang berbagai sisi dan dampak dari pilihan dan jalan mana yang akan dia pilih. 

Begitupun sebaliknya, apabila seseorang hanya memiliki sedikit pengetahuan tentang suatu hal, maka ia tidak akan tahu bahwa ada banyak pilihan yang lebih baik untuk kehidupannya. Apabila cara menghindari pergaulan bebas terkait memperluas pengetahuan dan wawasan tidak dilakukan dapat mengakibatkan seseorang lebih mudah terjerumus.

Jadi itulah penjelasan mengenai apa itu pergaulan bebas dan beberapa cara menghindari pergaulan bebas. Semoga sahabat Studio Literasi dimanapun berada bisa menerapkan cara di atas agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Aku harap  kamu bisa jelaskan cara menghindari pergaulan bebas di kalangan pelajar, keluarga, dan teman suatu saat nanti. Stay positive dan hindari pergaulan bebas ya! Semoga informasi ini bermanfaat.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Penyebab, Dampak, dan 7 Cara Menghindari Pergaulan Bebas

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]