1. Kelas 7 Bahasa Indonesia

Yuk Cobain Cara Merangkum Buku Secara Cepat dan Efektif!

Apakah Kawan Literasi punya tugas untuk merangkum materi pelajaran, tapi masih bingung bagaimana cara merangkum buku yang baik dan benar? Tenang saja! Pada artikel kali ini, Studio Literasi akan jelaskan cara merangkum buku dengan cepat dan efektif. Yuk, simak terus artikel di bawah ini!

Bagaimana Cara Merangkum Buku yang Baik dan Benar?

merangkum buku
(Sumber: Pixabay)

1. Ditulis secara singkat dan jelas

Cara merangkum buku yang paling mendasar adalah dikemas ulang menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas. Jika buku ditulis dalam jumlah ratusan halaman buku, maka rangkuman ditulis beberapa lembar saja sudah cukup. Caranya adalah dengan mencatat poin-poin penting pada setiap pembahasannya. Jadi, tidak perlu mencatat ulang seluruh isi materi yang memang kurang penting.

2. Isi rangkuman dibahas secara urut

Hal terpenting saat merangkum materi adalah tetap mempertahankan urutan pembahasan. Kawan Literasi tidak boleh mengubah atau mengotak-atik sudut pandang pengarang buku. Caranya adalah dengan memperhatikan daftar isi buku. Dari daftar isi tersebut, sesuaikan rangkuman yang dibuat dengan urutan daftar isi karena daftar isi mengandung urutan pembahasan buku tersebut.

3. Mencantumkan identitas buku

Terakhir, yang tidak kalah penting adalah mencantumkan identitas buku dalam merangkum. Elemen yang setidaknya dituliskan saat menuliskan identitas buku contohnya seperti judul buku, nama penulis, penerbit buku, ketebalan buku, nomor ISBN, ataupun harga buku. Minimal, Kawan Literasi perlu mencantumkan judul buku dan nama penulisnya saja.

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Cara Merangkum Buku dengan Cepat dan Efektif

Dalam membuat rangkuman buku, perangkum perlu mengetahui dan mempelajari isi buku tersebut terlebih dahulu. Sayangnya, jumlah halaman buku yang banyak dan waktu yang terbatas mungkin menjadi kendala Kawan Literasi untuk membaca buku secara keseluruhan. Namun, Kawan Literasi masih bisa melakukan baca buku secara sekilas dengan tetap memperhatikan beberapa poin di bawah ini ketika merangkum agar proses merangkum bisa dilakukan secara cepat dan efektif.  

1. Pelajari daftar isi buku

Daftar isi pada buku dapat membantu Kawan Literasi dalam merangkum buku, lho. Bagian pada daftar isi tersebut akan menjadi kerangka penulisan rangkuman karena mengandung poin-poin yang akan dibahas. Setidaknya dari kerangka daftar isi ini, kita bisa merangkum lebih cepat. Kita bisa mengembangkan ulasan materi yang akan dirangkum hanya melalui daftar isi.

2. Baca dan pelajari isi buku

Sebelum merangkum buku, sebaiknya baca dan pelajari isi buku terlebih dahulu. Hal tersebut juga bisa dilakukan secara sekilas selama Kawan Literasi dapat memahami sebagian besar pembahasan buku. Kawan Literasi bisa memulainya dengan membaca sinopsis buku. Di bagian sinopsis, kita bisa tahu lebih spesifik terkait apa yang akan diulas di dalam buku. 

3. Tulis poin-poin pentingnya

Nah, sembari Kawan Literasi membaca dan mempelajari isi buku, kamu dapat mencatat poin-poin penting yang ditemukan. Tiap sub bab, ada poin-poin penting seperti istilah, pengertian, contoh, bahkan rumus. Biasanya poin penting ini ditulis dengan cetak tebal atau ditulis miring untuk istilah asing.  Bagian penting seperti ini wajib kamu catat ya, Kawan!

4. Catat contoh latihan soal

Agar memperdalam pemahaman kamu terkait materi, kamu bisa mencatat contoh latihan soalnya juga. Silahkan catat latihan soal yang disertai dengan pembahasannya, supaya kamu lebih mudah belajarnya, ya.

5. Buat lebih singkat

Jika kamu merangkum materi sejarah atau materi yang mengandung banyak tulisan, buatlah rangkuman yang singkat dan padat, seperti nama tokoh, tahun kejadian, nama tempat, dll. Biasanya, materi sejarah ini tulisannya lebih banyak sehingga membuat pembacanya merasa bosan. Oleh karena itu, jangan lupa buat paragraf dengan susunan 3-4 baris kalimat saja agar tidak jenuh membacanya.

6. Cek rangkuman kembali

Sampai disini, Kawan Literasi sudah bisa memahami cara merangkum buku dengan cepat, tanpa harus bingung mau mencatat yang mana, ya? Namun, sebelum kamu menyelesaikan rangkumannya, kamu perlu mengecek kembali rangkuman yang sudah kamu buat agar tidak ada materi penting yang terlewatkan atau kesalahan lain dalam rangkuman kamu.

Tips Cara Merangkum Buku

Nah, setelah mempelajari bagaimana cara merangkum buku yang baik beserta tahapan cara merangkum buku, berikut beberapa tips yang bisa digaris bawahi untuk membantu Kawan Literasi dalam menulis rangkuman buku.

  • Rangkuman bisa menggunakan kalimat tunggal. 
  • Sederhanakan sebuah kalimat menjadi frasa, atau frasa menjadi kata. 
  • Apabila ditemukan rangkaian gagasan, Kawan Literasi bisa menggantinya dengan gagasan sentral.
  • Meminimalisir penggunaan kalimat keterangan dan kata sifat.
  • Mempertahankan gagasan asli penulis.
  • Mempertahankan urutan naskah asli.
  • Apabila isi buku banyak dialog, dapat mengubahnya menjadi bahasa tidak langsung. 

Itulah beberapa tips bagaimana cara merangkum buku dengan cepat dan efektif yang setidaknya bisa Kawan Literasi manfaatkan dalam merangkum buku. Semoga bermanfaat, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Yuk Cobain Cara Merangkum Buku Secara Cepat dan Efektif!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]