1. SD IPA

8 Ciri – Ciri Makhluk Hidup & Perannya dalam Kehidupan

Teman – teman, coba jelaskan ciri – ciri makhluk hidup dan peranannya dalam kehidupan! Ada 8 loh, apa saja ya? Mulai dari makan, bernafas, beradaptasi, hingga berkembang biak. Hayoo, apakah kamu sudah ingat? Materi ciri – ciri makhluk hidup kelas 3 SD ini memang tidak mudah, apalagi kalau kita belum pernah mendengar atau membacanya. Tapi tak perlu khawatir, yuk pahami 8 ciri – ciri makhluk hidup dan peranannya dalam kehidupan disini.

Ciri Makhluk Hidup

Makhluk hidup bukan manusia saja loh. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), organisme yang dapat berkembang biak dan dapat beradaptasi dengan lingkungannya, seperti bakteri, tumbuhan, hewan, dan manusia. Pada materi sebutkan ciri – ciri makhluk hidup kelas 3 SD, sudah pasti dijelaskan lebih rinci tentang topik ini.

Dengan belajar tentang ciri makhluk hidup dan peranannya dalam kehidupan, kita dapat memahami lingkungan hidup sehat yang dapat menunjang kesejahteraan. Tentunya keseimbangan ekosistem atau lingkungan hidup hanya dapat dicapai dengan inisiasi hidup berdampingan yang saling menguntungkan.

Ciri – Ciri Makhluk Hidup: Memerlukan Makanan

Semua makhluk hidup memerlukan makan dan minum untuk bertahan. Aktivitas ini merupakan sumber penghasil energi yang akan digunakan untuk aktivitas harian, pertumbuhan hingga perbaikan jaringan rusak. Fungsi tubuh dapat terhambat hingga mengarah pada kematian apabila tidak mendapatkan asupan makanan atau minuman selama beberapa lama.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Ciri – Ciri Makhluk Hidup: Bernafas

Aktivitas bernafas dapat dibilang merupakan salah satu ciri utama makhluk hidup. Bernafas adalah proses menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Di antara mengambil dan mengeluarkan udara tersebut, terdapat mekanisme otomatis di dalam tubuh yang menyalurkan oksigen ke berbagai tempat / organ supaya dapat berfungsi dengan baik. Hewan yang hidup di air memiliki insang yang digunakan untuk mengambil oksigen. Sementara itu, tumbuhan menggunakan pori – pori di daun dan lentisel di batang untuk bernafas.

Ciri – Ciri Makhluk Hidup: Bergerak

Manusia dan hewan memiliki aktivitas pergerakan yang tinggi. Kendati tidak terlalu nampak, tapi tumbuhan pun demikian. Hal ini menunjukkan ciri – ciri makhluk hidup bergerak. Pada hewan dan manusia, alat gerak adalah kaki, sirip, sayap, dan sebagainya. Sementara itu, gerakan pada tumbuhan terjadi akibat aktivitas hormon serta rangsangan dari lingkungan.

Ciri – Ciri Makhluk Hidup: Peka Terhadap Rangsang

Setiap makhluk hidup memiliki sistem saraf yang dapat digunakan untuk menangkap perubahan atau rangsangan dari lingkungan. Rangsangan ini dapat berupa bau, cahaya, suhu, rasa, dan sebagainya. Ciri – ciri makhluk hidup peka terhadap rangsang ini juga ditunjukkan oleh tumbuhan. Apabila batang tumbuhan patah atau tergores, maka akan keluar getah sebagai respon untuk segera mengeringkan luka.

Ciri – Ciri Makhluk Hidup: Tumbuh dan Berkembang

Tumbuh kembang dialami oleh semua makhluk hidup. Baik dari segi ukuran hingga fungsi tubuh, proses ini merupakan kejadian alami yang menunjukkan aktivitas internal. Ciri – ciri makhluk hidup tumbuh dan berkembang nampak jelas pada manusia yang terlahir kecil dan keterbatasan fisik kemudian dewasa hingga lansia. Pada hewan, pertumbuhan dapat menghasilkan penampilan fisik yang sangat berbeda, semisal dari ulat menjadi kupu – kupu. Sementara itu, tumbuhan nampak dari tahapannya dari benih hingga berwujud pohon.

Ciri – Ciri Makhluk Hidup: Adaptasi

Selain ciri – ciri makhluk hidup tumbuh dan berkembang, adaptasi juga merupakan salah satu keterampilan khusus pada hewan, manusia, dan tumbuhan. Kepekaan makhluk hidup terhadap rangsangan menyebabkan mereka mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan. Dengan demikian, makhluk hidup dapat bertahan pada kondisi yang sulit. Ciri – ciri ini nampak dari tumbuhan kaktus yang memiliki daun berbentuk duri untuk mengurangi penguapan di tempat kering.

Ciri – Ciri Makhluk Hidup: Ekskresi

Aktivitas makan dan minum makhluk hidup tentunya akan menghasilkan zat sisa yang perlu dibuang. Ekskresi adalah proses pengeluaran zat sisa atau racun. Apabila tidak dikeluarkan, zat tersebut dapat mengganggu fungsi tubuh. Pada manusia dan hewan, hal ini diwujudkan dalam perilaku buang air besar, kecil, kentut, dan sebagainya. Sementara itu, ekskresi pada tumbuhan terjadi melalui organ stomata yang melakukan penguapan air apabila terkena sinar matahari.

Ciri – Ciri Makhluk Hidup: Berkembangbiak

Reproduksi adalah salah satu upaya mempertahankan keturunan spesies. Dengan demikian, seluruh makhluk hidup di dunia berkembangbiak. Manusia dan mayoritas hewan berkembang biak dengan proses fertilisasi dari sel sperma yang membuahi sel telur. Sementara itu, proses berkembangbiak pada tumbuhan dapat berjalan secara seksual maupun aseksual (vegetatif).

Peranan Makhluk Hidup dalam Kehidupan

peran makhluk hidup

Setelah memahami ciri makhluk hidup, sebaiknya kita juga belajar peran mereka dalam kehidupan. Makhluk hidup terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu manusia, hewan, dan tumbuhan. Masing – masing memiliki peran sehingga tercipta ekosistem yang sehat dan terpadu. Berikut adalah peranan makhluk hidup mulai dari manusia hingga tumbuhan.

Peranan Makhluk Hidup dalam Kehidupan: Manusia

Sebagai makhluk yang memiliki kendali atas pemikirannya, manusia berperan sebagai penjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan. Hal ini diwujudkan melalui perilaku menjaga kebersihan dan tidak merusak ekosistem, seperti membuang sampah di tempatnya, tidak menebang pohon sembarangan, serta tidak melakukan perburuan liar.

Peranan Makhluk Hidup dalam Kehidupan: Hewan

Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki aktivitas tinggi. Hal ini menyebabkan, hewan sebagai komoditas yang sangat berharga dalam kehidupan. Berbagai hewan memiliki peran masing – masing pada ekosistem kehidupan, seperti rantai makanan untuk makhluk hidup lain, bahan obat – obatan, meringankan pekerjaan manusia, dan sebagainya.

Peranan Makhluk Hidup dalam Kehidupan: Tumbuhan

Tumbuhan memiliki berbagai peran yang tidak kalah penting. Perannya yang paling mencolok adalah kemampuan dalam produksi oksigen. Salah satu ciri makhluk hidup adalah bernafas, sehingga baik hewan dan manusia membutuhkan asupan oksigen dari tumbuhan. Selain itu, tumbuhan dapat menjadi sumber makanan, obat – obatan, dan menjaga dari resiko bencana, seperti tanah longsor.

Demikian ulasan tentang sebutkan ciri – ciri makhluk hidup dan peranannya dalam kehidupan. Setelah membaca penjelasan di atas, apakah kamu sudah bisa menjawab pertanyaan jelaskan ciri – ciri makhluk hidup kelas 3 SD? Jangan lupa simak pengetahuan menarik lainnya dalam Studio Literasi, ya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 8 Ciri – Ciri Makhluk Hidup & Perannya dalam Kehidupan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]