1. Kelas 8 Bahasa Inggris

Pengertian Comparison Degree, Pola, Fungsi, & Contoh Soal

Pernahkah Kawan Literasi mendengar orang-orang di sekitar kalian melakukan perbandingan terhadap dua objek berbeda atau lebih? Atau mungkin Kawan Literasi sendiri yang pernah melakukannya? Pastinya Kawan Literasi sudah tidak asing dengan ungkapan yang menyatakan perbandingan antara dua objek atau lebih. 

Di dalam Bahasa Inggris, sesuatu yang menunjukkan comparison atau perbandingan disebut sebagai Comparison Degree. Yuk, kita akan belajar lebih lanjut lagi mengenai bagaimana cara menyatakan tingkat perbandingan dalam Bahasa Inggris.

Pengertian Comparison Degree

Ungkapan perbandingan dalam Bahasa Inggris atau comparison degree adalah istilah dalam grammar Bahasa Inggris untuk menunjukkan perbandingan. Umumnya, jenis kata yang digunakan adalah kata sifat (Adjective) dan juga kata keterangan (Adverb) yang disesuaikan dengan tingkatan perbandingannya. Itulah mengapa, comparison degree ini bisa disebut juga sebagai tingkatan perbandingan.

Fungsi Comparison Degree

Lalu, fungsinya untuk apa sih? Comparison degree berfungsi untuk membandingkan suatu hal dengan hal lainnya. Istilah ini digunakan ketika terdapat dua atau lebih objek yang berbeda, lalu mulai dibandingkan antar satu sama lain.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Tingkatan Comparison Degree

Sesuai yang sempat dijelaskan sebelumnya, comparison degree memiliki beberapa tingkatan. Tepatnya, ada tiga tingkat, yaitu positive degree, comparative degree, dan superlative degree. Apa perbedaan ketiga tingkatan comparison degree tersebut? Yuk, simak tabel berikut ini!

POSITIVE DEGREECOMPARATIVE DEGREESUPERLATIVE DEGREE
Level dari hal yang dibicarakan:Berada di level yang sama atau sebanding.Salah satu memiliki sifat ‘lebih’ dibanding hal lainnya.Memiliki sifat ‘paling’ diantara yang lainnya.
Bentuk adjective/adverb yang digunakan:Tetap (tidak berubah bentuk)Berubah bentuk dengan menambahkan imbuhan -er di belakangnya atau more di depannya.Berubah bentuk dengan menambahkan imbuhan -est di belakangnya atau the most di depannya.

Pola Kalimat Comparison Degree Beserta Contohnya

Mengenali lebih dalam, saatnya kita mempelajari mengenai pola kalimat dan contoh comparison degree. Kita bahas satu per satu, yuk

1. Positive Degree

Dalam positive degree, kedua hal yang dibandingkan berada di level yang sama atau sebanding. Oleh karena itu pola/susunan pada tingkatan pertama comparison degree ini menggunakan as adjective atau adverb as. Sebagai contoh, “You are beautiful as your mother” atau artinya, kamu sama cantiknya dengan ibumu. Lebih detailnya, kamu bisa perhatikan tabel di bawah ini.

POLA 1Subject (1) + to be + as adjective as + Subject (2)
Contoh:George is as handsome as Glenn
POLA 2Subject (2) + to be + as adverb as + Subject (2)
Contoh:Anna walks as slowly as Maddie does

2. Comparative Degree

Next, adalah comparative degree yang menjelaskan salah satu dari kedua hal yang dibandingkan memiliki sifat ‘lebih’ dibanding hal lainnya. Oleh karena itu digunakan adjective/adverb + – er atau more + adjective/adverb. Contohnya, “This house is bigger than that one” (Rumah ini lebih besar daripada yang itu). Lebih lengkapnya, perhatikan tabel di bawah ini, ya.

POLA 1Subject (1) + to be + adjective + -er + than Subject (2) Subject (1) + V + adverb + -er + than Subject (2) + V
Contoh:My Dad is cooler than your DadZayn runs faster than Niall does
POLA 2Subject (1) + to be + more + adjective + than Subject (2) Subject (1) + V + adverb + -er + than Subject (2) + V
Contoh:Steak is more delicious than soupCarrol walks more slowly than Payne does

Catatan: than + Subject (2) dan than + Subject (2) + V bersifat opsional. Boleh digunakan dalam kalimat sebagai pembanding, boleh juga tidak digunakan.

3. Superlative Degree

Terakhir adalah superlative degree. Tingkatan comparison degree ini menjelaskan hal yang dibicarakan memiliki sifat ‘paling’ di antara yang lainnya, berarti bisa dikatakan kalau superlative degree ini merupakan tingkatan yang paling tinggi. Oleh karena itu, digunakan adjective/adverb + -est atau most + adjective/adverb. Contohnya, “Joseph is the oldest person of her family.” (Joseph adalah orang tertua di keluarganya). Perhatikan tabel berikut ini, ya.

POLA 1Subject + to be + adjective + -est + Object
Contoh: My Grandmother is prettiest woman
POLA 2Subject + to be + most + adjective + Object
Contoh: Spaghetti is the most delicious food

Catatan: + Object bersifat opsional. Boleh digunakan dalam kalimat sebagai pembanding, boleh juga tidak digunakan.

Setelah mengetahui pola dan contoh comparison degree, Kawan Literasi mungkin heran mengenai kapan harus menggunakan -er/-est dan kapan harus menggunakan more/most. Penggunaan imbuhan tersebut harus disesuaikan kembali dengan adjective/adverb yang digunakan dalam sebuah kalimat. 

Namun, terdapat beberapa aturan yang harus Kawan Literasi catat nih, antara lain:

Adjective/adverb dengan 1 syllable (suku kata)

Maksud dari 1 syllable (suku kata) yaitu adjective/adverb tersebut tidak dapat dipenggal, sehingga pengucapannya cukup satu kali saja. Contohnya perhatikan tabel dibawah ini:

POSITIVE DEGREECOMPARATIVE DEGREESUPERLATIVE DEGREE
CheapCheaperThe cheapest
BigBiggerThe biggest
ShortShorterThe shortest
FastFasterFastest
HighHigherHighest

Sehingga, adjective/adverb dengan 1 syllable selalu menggunakan -er/-est sebagai imbuhannya. Tetapi, jika adjective/adverb tersebut berakhiran huruf konsonan yang didahului oleh 1 huruf vokal, maka huruf konsonan terakhirnya harus ditulis ganda. Contohnya seperti bigger pada kata sifat big.                                                   

Adjective/adverb dengan 2 syllables (suku kata)

Maksudnya adalah, dari 2 syllables (suku kata) yaitu adjective/adverb tersebut dapat dipenggal menjadi 2, sehingga pengucapannya terdiri dari 2 kali pengucapan.

Contohnya perhatikan tabel berikut ini:

POSITIVE DEGREECOMPARATIVE DEGREESUPERLATIVE DEGREE
SimpleSimplerThe simplest
CleverClevererThe cleverest
HappyHappierThe happiest
YoungYoungerThe youngest
EasyEasierThe easiest

Sehingga, Adjective/adverb dengan 2 syllables bisa menggunakan -er/-est, bisa juga menggunakan more/most.

Adjective/adverb dengan 3 syllables (suku kata)

Yang dimaksud dari Adjective/adverb dengan 3 atau lebih syllables (suku kata) adalah 3 atau lebih syllables (suku kata) yaitu adjective/adverb tersebut dapat dipenggal menjadi 3 atau lebih, sehingga pengucapannya terdiri dari 3 kali pengucapan atau lebih.

Contohnya perhatikan tabel di bawah ini:

POSITIVE DEGREECOMPARATIVE DEGREESUPERLATIVE DEGREE
ExpensiveMore expensiveThe most expensive
DeliciousMore deliciousThe most delicious
ComfortableMore comfortable The most comfortable 
DangerousMore dangerous The most dangerous
StrongMore strongThe most strongest

Sehingga, Adjective/adverb dengan 3 atau lebih syllable selalu menggunakan more/most.

Adjective/adverb dengan bentuk tidak beraturan (irregular form)

Next, terdapat adjective/adverb dengan bentuk tidak beraturan (Irregular form). Adjective/adverb yang tidak beraturan (irregular form) tidak mengikuti aturan penambahan -er/-est maupun more/most, karena memang sudah paten seperti itu dari aslinya. 

Contohnya perhatikan tabel berikut ini:

POSITIVE DEGREECOMPARATIVE DEGREESUPERLATIVE DEGREE
GoodBetterThe best
LittleLessLeast
OldOlderThe oldest
FarFurtherThe furthest
ManyMoreMost

Contoh Soal Comparison Degree

Setelah kalian mengetahui perbedaan hingga pola kalimat dan contoh comparison degree, kali ini kamu juga perlu mengetahui seperti apa contoh soal comparison degree sekaligus melatih pemahaman kamu terkait materi comparison degree ini. Karena ketika kamu terus berlatih maka akan semakin terampil sesuai dengan istilah practice makes perfect. Coba jawab soal berikut ini, ya!

Fill in the blank with the correct answer!

1. He has the ….. bike among his friends.

a. Great
b. Incredible
c. Coolest
d. More amazing
e. Cool.

2. Diego works… than anyone else

a. As hard
b. Harder
c. Hardest
d. More hard
e. Most hard

3. The question was… pie

a. As easy as
b. Most easy
c. Easiest
d. Easier
e. More easy

4. sleep ….. than my father.

a. Less
b. More less
c. Least
d. Little
e. As little as

5. They worked…. than us

a. Latest
b. More later
c. As late
d. Later
e. Last

Sekian informasi mengenai materi comparison degree yang dapat kamu pelajari. Bagaimana nih, apakah Kawan Literasi sudah memahaminya? Semoga setelah mengetahui artikel dari Studio Literasi kali ini bisa menambah pengetahuan dan pemahaman kamu khususnya dalam materi comparison degree ini. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pengertian Comparison Degree, Pola, Fungsi, & Contoh Soal

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]