1. Kelas 7 Bahasa Inggris

Kenali Jenis, Fungsi, dan Contoh Adverb Bahasa Inggris

Teman-teman mungkin pernah mempelajari materi adverb. Materi ini selalu ada di setiap pelajaran bahasa Inggris. Tentunya, adverb juga selalu digunakan dalam setiap kalimat bahasa inggris. Sebenenarnya, apa itu adverb? Apa saja jenis-jenisnya?

Singkatnya, adverb adalah kata yang digunakan untuk menjelaskan suatu aktifitas. Adverb dapat digunakan untuk menjelaskan verb (kata kerja) dan adjective (kata sifat). Di materi kali ini, Studio Literasi akan mengajak teman-teman untuk membahas lebih dalam tentang jenis-jenis adverb beserta contohnya. 

Apa Itu Adverb?

Apa itu adverb? Adverb adalah kata yang digunakan untuk memberi penjelasan bagaimana suatu aktifitas terjadi. Dengan kata lain, adverb adalah kata yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana seseorang melakukan sesuatu. Adverb juga merupakan kata yang digunakan untuk menerangkan verb, adjective dan adverb itu sendiri.  

Fungsi Adverb

Selain memberi informasi tambahan, adverb juga memberikan fungsi lain di antaranya adalah memberikan informasi tentang kondisi, lokasi, waktu, dan kepastian. Menjadi modifiers dari adverb dan adjective lainnya, memberikan informasi tambahan untuk predictative expression dan mengubah pengertian determiner, clause, phrase dan sebuah kalimat. 

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Ciri-Ciri Adverb

Adverb dapat diidentifikasi dengan beberapa ciri-ciri berikut ini:

  • Adverb adalah keterangan tambahan yang terdapat dalam suatu kalimat. 
  • Adverb dapat diletakkan dalam berbagai posisi. Bisa di depan, tengah atau belakang. 
  • Pada umumnya berbentuk adjective dengan imbuhan ‘ly’ di belakangnya

Jenis & Contoh Adverb Berdasarkan Bentuknya

Adverb juga terbagi ke dalam lima jenis berdasarkan bentuknya. Berikut ini adalah penjelasan beserta contoh dari kalimatnya. 

Jenis & Contoh Adverb Berdasarkan Bentuknya (sumber: MyEnglishTeacher)
Jenis & Contoh Adverb Berdasarkan Bentuknya (sumber: MyEnglishTeacher)

1. Conjunctive Adverb

Conjunctive adverb merupakan penghubung untuk dua klausa atau kalimat. Conjunctive adverb akan mengubah kata-kata lainnya seperti kata kerja, kata sifat atau kata keterangan lainnya. Contoh adverb conjunctive adalah however, consequently, still, then, dan next. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

He’s not physically attractive however, he has intelligence

My friend doesn’t enjoy the field trip. Still, they try to understand every place

If you had a bad day, then, make yourself happy

2. Interrogative Adverb

Interrogative adverb digunakan sebagai pertanyaan. Kata kunci yang digunakan dalam penggunaan interrogative adverb adalah why, when, what, where, dan how. Berikut ini adalah contoh adverb interrogative dalam bentuk kalimat:

When did the last time you sent a letter to your aunt?

Why are you sleeping on my couch?

Where did you buy your new sweater?”

3. Explanatory Adverb

Explanatory adverb adalah jenis adverb yang digunakan untuk menjelaskan suatu bentuk dalam rincian. Contoh kata dalam explanatory adverb adalah such as, for example, example, as, namely. Contoh kalimat dalam explanatory adverb:

I have two cats, namely Moly and Shizuka

We offering you our services such as photography and videography

This blanket is as soft as a feather

4. Exclamatory Adverb

Exclamatory adverb adalah kata keterangan yang ada pada exclamatory phrase. Kata kunci dalam exclamatory adverb adalah how. Contoh kalimat exclamatory adverb adalah sebagai berikut:

How cute this little bunny!

How can you go there with hand tight?

How happy you two!

5. Sentence Adverb

Sentence adverb merupakan jenis adverb yang digunakan untuk menjelaskan sebuah kalimat (sentence) secara keseluruhan. Contoh adverb sentence dalam sebuah kalimat:

Perhaps we will have another show

Finally we will arrive to the mall

Unfortunately, she’s having a bad day today

Jenis & Contoh Adverb Berdasarkan Penggunaannya

Adverb memiliki lima jenis fungsi dan penggunaan dalam kalimatnya. Di antaranya adalah adverb of place, adverb of time, adverb of degree, adverb of manner dan adverb of frequency. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing kegunaannya. 

1. Adverb of Place

Adverb of place merupakan kata bantu yang memberikan jawaban tempat atau untuk pertanyaan “when”. Contoh kata yang biasa digunakan dalam adverb ini adalah away, below, down, inside, here, there, up, dsb. Contoh adverb of place dalam kalimat adalah sebagai berikut:

If you look inside the building, it’s full of magic that could hypnotize you

I am studying arts in school

I put my laptop on my desk

2. Adverb of Time

Adverb of time adalah kata bantu yang difungsikan untuk menjawab pertanyaan mengenai waktu. Kata kunci dari adverb of time adalah menjawab semua pertanyaan yang diawali dengan when. Contoh adverb of time dalam kalimat adalah sebagai berikut:

I visited grandpa recently because no one take care of him” 

My brother is leaving to London tonight

This morning, I want to go to the library” 

3. Adverb of Manner

Adverb of manner merupakan kata bantu yang digunakan untuk memberi tambahan informasi tentang kondisi atau bagaimana peristiwa terjadi. Adverb of manner digunakan untuk menjawab pertanyaan “how”. Hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan adverb of manner adalah dilarang meletakan transitive verb di antara verb dan object.

Kata yang biasa digunakan dalam adverb of manner adalah healthy, bravely, better, cheerfully, hard, quickly, slowly, beautifully. Berikut ini adalah contoh adverb of manner dalam bentuk kalimat

You must walk quickly before the gate closed

Aglio Olio are better than spagehetti bolognese

We watch the concert enthusiastically”

4. Adverb of Degree

Adverb of degree digunakan untuk menjawab pertanyaan “how much”. Akan tetapi tidak selalu mempertanyakan jumlah atau nominal, bisa juga untuk menanyakan intensitas suatu kejadian. Seperti contoh adverb of degree dalam bentuk kalimat adalah sebagi berikut:

The meeting was very awkward” 

She’s very dilligent

They were extremely happy

5. Adverb of Frequency

Adverb frequency difungsikan untuk menjawab pertanyaan yang mengarah ke seberapa sering frekuensi kegiatan yang dilakukan. Contoh adverb of frequency dalam bentuk kalimat:

He always sent me a cup of milk and a half of bread every day

Sometimes I think about my future

My aunt frequently bring my grandparents to the hospital

6. Adverb of Purpose

Adverb of purpose merupakan kata keterangan yang menjelaskan tujuan atau alasan dilakukannya suatu kegiatan. Adverb jenis ini digunakan untuk menjawab pertanyaan “why”. Contoh adverb of purpose yaitu for, because, to, so that, therefore. Sementara contoh adverb of purpose dalam bentuk kalimat adalah sebagai berikut:

Rania went to the USA to finish her master degree

I have to go to the salon because today is my sister wedding

My father gave me money so that I can buy some books

Baca juga: Degree of Comparison: Pengertian, Jenis, & Contoh Kalimatnya

Sobat Stulit, itu tadi penjelasan lengkap mengenai adverb dan contoh dari adverb. Agar lebih memahami materi ini, kalian bisa berlatih speaking atau writing menulis kalimat adverb. Selamat belajar! Ikuti terus materi pembelajaran terupdate hanya di laman Studio Literasi.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Kenali Jenis, Fungsi, dan Contoh Adverb Bahasa Inggris

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]