1. Kuliah & Umum

Berbagai Macam Contoh Artikel Singkat

ilustrasi artikel
Ilustrasi artikel. Sumber: unsplash.com

Salah satu kendala dalam proses pembuatan artikel yang singkat yaitu harus menjelaskan semua pembahasan dan konten pada artikel secara padat, jelas, dan tidak bertele-tele. Terlebih lagi kalau ada batasan jumlah kata dalam artikel yang kita buat. Kalau Sobat Literasi mendapatkan tugas membuat artikel singkat dan masih bingung mencari referensinya, yuk simak pembahasan Studio Literasi kali ini. Pada artikel ini kami akan memberi kamu beberapa contoh artikel singkat dari beberapa tema yang berbeda.

Pengertian Artikel

Artikel merupakan karangan atau tulisan yang terbagi menjadi 2 jenis fakta dan opini. Biasanya terbit pada media cetak (koran) dan media online (internet). Tujuannya dari artikel ada yang ingin menyampaikan pendapatnya, menceritakan pengalaman hingga sebagai edukasi untuk menambah pengetahuan. Idealnya jumlah kata artikel 500 hingga 2000 kata. Namun untuk artikel singkat rata-rata hanya berkisar 200-400 halaman. Sedangkan mengenai strukturnya pertama mengenai judul, latar belakang dari topik artikel tersebut, penjelasan dan penutup.

Tema Artikel Singkat: Lingkungan

Sayangi Lingkungan dengan Mengurangi Sampah

Berbagai macam cara bisa kita lakukan guna menjaga lingkungan, salah satunya dengan mengurangi sampah. Saat ini, sampah menjadi salah satu penyebab terbesar permasalahan lingkungan, hal ini lantaran banyaknya sampah yang menumpuk bahkan di Tempat Pembuangan Akhir sekalipun juga tidak bisa menampung jumlah sampah yang semakin bertambah melebihi batas maksimal sampah yang tertampung. Ada berbagai cara untuk mengurangi sampah. Antara lain membawa tas belanja, membawa tumblr (untuk mengurangi sampah botol plastik dari air mineral), memesan makanan atau minuman dengan aplikasi resmi dari restoran tersebut (mengurangi sampah kertas struk dan tinggal scan untuk pengambilan), membungkus makanan jika kita bisa menghabiskan.

Data menunjukkan data sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hingga 25 Desember 2023 bahwa jumlah sampah ada sebanyak 36,1 juta. Sebanyak 40,2 persen merupakan sampah sisa makanan. Sampah yang menumpuk dapat menimbulkan berbagai macam dampak seperti pencemaran pada air, tanah dan udara. Bahkan pada sampah plastik membutuhkan waktu sampai 500 tahun agar bisa terurai sempurna. Lebih parahnya lagi dari sampah bisa menimbulkan bencana banjir.

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Mari saat kita sayangi lingkungan kita, salah satunya dengan mengurangi sampah. Kamu bisa memulai dari hal yang paling mudah. Selain kita mengurangi sampah, jangan lupa untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Juga: Kenampakan Alam dan Kenampakan Buatan

Tema Artikel Singkat: Pendidikan

Pentingnya Pendidikan Untuk Masa Depan

Pendidikan merupakan satu hal yang sangat penting pada kehidupan manusia. Pendidikan tidak hanya sekadar memberikan pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter dan kepribadian seseorang. Pendidikan juga memberikan peluang untuk meraih kesuksesan di masa depan. Banyak manfaat pendidikan bagi masa depan seseorang yaitu meningkatkan kualitas hidup, Meningkatkan kesempatan kerja, meningkatkan kesejahteraan sosial, meningkatkan kreativitas dan inovasi.

Namun ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu tantangan terbesar adalah masih rendahnya angka partisipasi pendidikan di beberapa daerah. Selain itu, harus ada peningkatan mengenai kualitas guru dan sarana prasarana pendidikan sehingga bisa mendukung kegiatan pembelajaran. 

Maka sangat, diperlukan kerja sama yang baik dari semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, maupun swasta. Pemerintah perlu meningkatkan anggaran pendidikan dan memberikan pelatihan bagi guru. Sedangkan masyarakat perlu mendukung pendidikan anak-anak mereka, baik dari segi finansial maupun moril. Sementara itu, swasta dapat berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan menyediakan beasiswa atau membangun sekolah.

Mengingat pendidikan merupakan investasi penting untuk masa depan. Maka penting sekali bagi setiap orang untuk menyadari pentingnya pendidikan dan memberikan dukungannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Baca Juga: Motorik adalah: Pengertian & Faktornya!

Tema Artikel Singkat: Olahraga

Sejarah Asal Usul Olahraga Bulu tangkis

Bulu tangkis merupakan yang dilakukan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan. Tujuan permainan bulu tangkis adalah untuk memukul kok melewati net agar jatuh pada bidang permainan lawan. 

Sejarah bulu tangkis awalnya berasal dari negara Mesir sekitar 2000 tahun lalu. Namun pada beberapa sumber bulu tangkis awalnya berasal dari Cina dan India. Di Cina, ada permainan yang disebut Jianzi yang mirip dengan bulu tangkis. Cara memainkannya dengan menggunakan kok dan raket kayu. Sedangkan di India bulu tangkis namanya Poona pada tahun 1870. Berhubung saat itu Inggris masih menjajah India, Inggris ikut mengembangkan olahraga tersebut di negaranya. 

Permainan bulu tangkis di Eropa mulai dikenal sejak abad ke-18. Awalnya bernama Battledore and Shuttlecock. Permainan ini dimainkan oleh dua orang atau lebih yang saling berlawanan. Tahun 1873, permainan bulu tangkis diperkenalkan di Inggris oleh Kolonel Walter Wingfield. Kolonel Wingfield kemudian menciptakan peraturan permainan bulu tangkis yang modern. Kemudian tahun 1934, Federasi Bulu Tangkis Internasional (BWF) didirikan. BWF merupakan organisasi resmi untuk olahraga bulu tangkis di seluruh dunia.

Di Indonesia bulu tangkis sudah ada dari awal  abad ke-20, dikenalkan oleh salah satu tentara Inggris bernama William Hamilton Gibson. William mendirikan klub bulu tangkis bernama Badminton Cup yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Mulai dari tahun 1950 hingga saat ini, banyak atlet bulu tangkis Indonesia yang sudah berhasil meraih kejuaraan dari berbagai macam pertandingan bulu tangkis dunia. Contohnya ada Rudi Hartono, Christian Hadinata, Susi Susanti, Taufik Hidayat. Hingga atlet bulu tangkis saat ini seperti Jonatan Christie, Liliyana Natsir dan Duo Minion (Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya).

Baca Juga:Lompat Jauh: Teknik Dasar, Jenis Gaya, & Aturannya

Sekarang ini bulu tangkis menjadi salah satu cabang olahraga yang menjadi unggulan Indonesia setiap kompetisi bulu tangkis dunia. Masyarakat selalu menantikan atlet yang berhasil membawa medali.

Nah itulah beberapa contoh artikel singkat dari macam-macam tema. Pastinya sangat memudahkan kamu saat mendapatkan tugas atau ingin menulis artikel.

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Berbagai Macam Contoh Artikel Singkat

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]