1. Kuliah & Umum

Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!

contoh gotong royong di rumah
sepasang suami istri saling bantu saat masak. Foto; unsplash.com/Becca Tapert

Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut.

Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out!

Contoh Kegiatan Gotong Royong di Rumah:

Sejumlah kegiatan-kegiatan berikut ini, bisa kamu coba lakukan bersama anggota keluargamu dalam rangka untuk menumbuhkan nilai gotong royong di rumah:

Membersihkan Semua Sudut Rumah

Anggota keluarga dapat bergotong royong membersihkan rumah, seperti menyapu, mengepel, membersihkan debu, merapikan barang-barang, hingga menyikat kamar mandi. Pokoknya semua kegiatan yang berkaitan dengan kebersihan rumah.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Mencuci Bekas Makan

Setelah makan, sebaiknya masing-masing keluarga mencuci piring dan peralatan makan lainnya. Hal ini selain untuk meringankan pekerjaan. Bisa sekalian belajar tanggung jawab sendiri dan tidak selalu mengandalkan orang lain. 

Mengantar Pakaian ke Laundry

Sebagian mungkin ada yang menggunakan jasa laundry untuk mencuci pakaian. Alasannya bisa karena kesibukan dan khawatir tidak bersih. Untuk membantunya bisa dengan mengantarkan pakaian, ikut menimbang dan mengambil ketika sudah selesai. 

Membantu Memasak

Semisal ada salah satu yang memasak (biasanya ibu), alangkah baiknya membantu. Bentuknya bisa dengan membelikan bahan, menyalakan kompor gas, menyiapkan bahan, membuang sisa sampah hingga ikut memantau kondisi masakan (pastikan tidak ada gosong, adonan sudah sesuai dan masih banyak lagi).

Merapikan Kamar Pribadi

Sebenarnya merapikan kamar pribadi merupakan salah satu tugas pribadi, karena terkait dengan ruang privasi. Kalaupun anggota keluarga lainnya paling hanya sebatas untuk memperbaiki instalasi listrik (mengganti bohlam lampu) dan hal yang memang memerlukan bantuan. Dengan merapikan sendiri, kamu juga sudah ikut meringankan dengan tidak membebankan kepada mereka untuk membersihkan kamarmu. 

Merawat Tanaman

Kalau rumahmu terdapat spot tanaman, kamu bisa ikut bantu dalam merawatnya. Dengan melakukan sejumlah cara, antara lain menyiram, memberikan obat anti hama (sesuai dengan takaran pada produknya), menyapu area sekitar, memotong rumput dan mengusir hewan yang dapat merusak taman.

Mengurus Hewan Peliharaan

Sama seperti tanaman, jika memelihara hewan peliharaan (meski bukan punyamu secara pribadi). Namun baiknya tetap ikut mengurusnya, antara lain memberikan makan dan minum secara berkala, membersihkan kotoran, dan membawanya ke dokter jika ada hal yang ingin kamu cek pada peliharaanmu. 

Ini sekaligus membuat kita belajar untuk bertanggung jawab atas ciptaan Tuhan lainnya dan membantu anggota keluarga lainnya (pemiliknya) untuk meringankan karena bisa saja karena kesibukannya yang membuatnya tidak sempat untuk memantau hewan. Sedangkan kamu memiliki waktu banyak bisa membantunya.

Baca Juga: Apa Itu Pemanasan Global? Ketahui Penyebab dan Dampaknya!

Manfaat Gotong Royong Rumah

Meringankan Beban Pekerjaan Rumah Antar Anggota Keluarga

Pekerjaan rumah tangga baik tingkatannya mudah maupun yang kelihatannya sulit sekalipun. Dengan gotong royong, pekerjaan dapat selesai lebih cepat dan mudah. Bahkan estimasi waktu pengerjaannya bisa luar perkiraan.

Membangun Kebersamaan dan Keharmonisan Keluarga

Gotong royong menjadi momen untuk anggota keluarga berkumpul dan beraktivitas bersama. Hal ini dapat membangun rasa kebersamaan, kedekatan, dan keharmonisan dalam keluarga. Terutama bagi yang biasanya sibuk karena aktivitas luar. Jadi melalui aktivitas ini bisa sama-sama merasa dekat.

Melestarikan Budaya Bangsa

Kendati termasuk salah satu budaya bangsa yang perlu kamu lestarikan sebagai generasi muda. Dengan melestarikan gotong royong, kita dapat menjaga nilai-nilai luhur bangsa dan memperkuat identitas bangsa Indonesia. Terlebih kamu hidup pada zaman yang dimana nilai tradisional sudah mulai tergeser secara perlahanan. Penerapannya juga mudah karena bisa mulai dari rumah. 

Mengajarkan Nilai-Nilai Positif kepada Anak

Dengan melibatkan anak dalam kegiatan gotong royong, orang tua dapat menanamkan nilai-nilai positif seperti kerja sama, tanggung jawab, kemandirian dan kepedulian terhadap sesama. Selain itu juga bisa menumbuhkan nilai kemandirian (terutama kegiatan yang sifatnya pribadi, seperti mencuci bekas makan sendiri, merapikan baju hingga menyiapkan semua perlengkapan)

Meningkatkan Kebersihan dan Kenyamanan Rumah

Rumah yang bersih dan nyaman akan membuat penghuninya merasa senang dan betah. Gotong royong dapat membantu menjaga kebersihan dan kenyamanan rumah. Untuk lebih semangat bisa dengan menggunakan wewangian yang bukan hanya membuat bersih dan nyaman saja. Namun bisa membuat rileks anggota keluarga, seperti aromatherapy, bunga dan kopi.

Baca Juga: Cara Memelihara Lingkungan Buatan, Manfaat, & Contohnya

Tips Menumbuhkan Semangat Gotong Royong di Rumah

  • Buatlah jadwal gotong royong: Buatlah jadwal yang disepakati bersama untuk melakukan kegiaan di rumah. Akan lebih baik menjadikan dalam kegiatan rutin.
  • Berikan tugas dan tanggung jawab: Berikan tugas dan tanggung jawab kepada dalam pada masing-masing anggota keluarga. Sebaiknya berikan yang sesuai dengan usianya (terutama untuk anak-anak).
  • Jadilah contoh yang baik: Orang tua dapat menjadi contoh yang baik bagi anak dengan menunjukkan semangat gotong royong dalam kehidupan sehari-hari.
  • Berikan penghargaan: Berikan penghargaan kepada anggota keluarga yang telah berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong. Bentuknya bisa dengan boleh untuk memilih barang yang inginkan, tambahan uang jajan dan lainnya.
  • Beri tahu manfaat dan kebaikan dari  gotong royong Jelaskan kepada anggota keluarga tentang manfaat  dan bagaimana hal itu dapat membantu keluarga.

Baca Juga: Kebijakan Lingkungan Hijau Sebagai Langkah Menjaga Lingkungan

Menumbuhkan semangat gotong royong di rumah merupakan langkah kecil yang dapat memberikan dampak besar bagi keharmonisan dan ketangguhan keluarga. Karena banyak hal baik yang tercipta dengan adanya kegiatan ini!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]