1. Kuliah & Umum

Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!

ilustrasi gotong royong
ilustrasi gotong royong. Foto: unsplash.com/Roselyn Tirado

Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui

Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh gotong royong di sekolah selengkapnya bisa kamu baca melalui artikel ini!

Contoh Gotong Royong di Sekolah

Banyak aktivitas yang bisa menjadi contoh saat melakukan kegiatan gotong royong di sekolah. Kalau masih bingung bagaimana cara memilihnya, kamu bisa baca beberapa contoh kegiatan ini yang bisa terapkan pada sekolahmu:

Menerapkan Sistem Jadwal Untuk Membersihkan Kelas

Mungkin masih ada sekolah yang menerapkan jadwal piket untuk siswanya. Biasanya setiap minggunya setiap murid mendapatkan giliran untuk membersihkan kelas yang sudah disepakati dan sesuai dengan jadwal. Semua yang terjadwal wajib untuk melaksanakannya tanpa kecuali.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Konsekuensi yang tidak melaksanakannya tergantung dari pihak kelas yang membuat aturan tersebut bisa dengan pembayaran denda hingga pengurangan poin nilai. Selain pembagiannya lebih adil ini juga bisa melatih gotong royong pada semua anak yang melakukan piket.

Berpartisipasi Pada Perayaan Tertentu

Terkadang ada kerja bakti membersihkan sekolah dalam rangka untuk merayakan hari jadi tertentu. Misal ulang tahun sekolah, kota atau daerah, kompetisi lomba  hingga menyambut hari kemerdekaan negara Indonesia. Kalau yang ini biasanya semua pihak terlibat, mulai dari pengurus, guru, siswa, penjaga sekolah hingga  orang tua murid ikut melibatkan diri.

Pembagiannya biasanya secara masing-masing kelas, yang sudah terdapat tugasnya tersendiri. Ada yang kebagian menghias, memilah jenis sampah dan masih banyak lagi. Bahkan ada yang memiliki tema sendiri.

Membersihkan Fasilitas Sekolah (Selain Kelas)

Barangkali mungkin selama ini hanya berfokus pada kebersihan kelas saja. Namun  juga meliputi fasilitas lainnya. Kalau lagi ada waktu luang atau kelasmu akan menggunakan peralatan sekolah lainnya.

Seperti ruang lab. Cobalah ajak beberapa teman sekelasmu untuk membersihkannya. Caranya simple saja, seperti menyapu, mengepel dan menyiapkan barang yang bakal kita gunakan. Bisa juga melakukannya saat sudah selesai menggunakannya.

Mengumpulkan Barang Bekas

Melalui mengumpulkan barang bekas, murid dapat belajar bahwa dapat kita olah menjadi kembali. Bersamaan dengan hal itu, siswa jadi belajar beberapa jenis sampah dan bagaimana cara untuk membuangnya. Jika ingin lebih simple bisa juga bawa mereka ke bank sampah, dari sinilah mereka jadi mengetahui kalau barang bekas bisa menjadi uang.

Dekorasi Kelas

Visualisasi bisa membantu semangat kita dalam menjalankan suatu kegiatan. Nah, hal ini dapat kita masukan sebagai kegiatan yang sifatnya gotong royong. Bentuknya berupa kompetisi dekorasi kelas terbaik. Pesertanya semua kelas yang ada di sekolah tersebut.

Manfaat positif dari kegiatan ini selain pastinya meningkatkan kerjasama antara siswa sekelas dan guru. Sebagai ajang untuk menyalurkan kreativitas, bisa saja ternyata anak tersebut memiliki bakat yang berkaitan dengan seni. Sehingga bisa sekolah dukung dengan menyalurkan ke sejumlah lomba seni lainnya.

Menjadikan Membersihkan Sekolah Sebagai Kegiatan Rutin

Kalau biasanya jadwal membersihkan kelas sudah tersusun pada jadwal piket. Untuk membersihkan seluruh area sekolah juga bisa kita tetapkan jadwalnya. Memang tidak harus setiap saat, bisa kita tentukan misal setiap minggu ke-4 setiap bulannya atau sebulan sekali. Usahakan jangan sampai mengganggu kegiatan pembelajaran. Sebaiknya kosongkan jadwal (kebanyakan hari Jumat sebagai jadwal khusus membersihkan).

Menyiapkan Konsumsi

Maksudnya bukan membelikan konsumsi untuk semua orang di sekolah. Tapi kalau semisal sekolahmu sedang mengadakan suatu acara. Kamu bisa membantunya dengan menyiapkannya yang sudah tersedia. Seperti membagikan ke semua orang, membantu membawanya hingga memindahkan ke piring berikutnya. Mungkin kalau masuk dalam susunan panitia masuknya dalam bagian “Divisi Konsumsi”.

Baca Juga: Bentuk Interaksi Sosial

Manfaat Gotong Royong di Sekolah

Ternyata adanya sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan gotong royong pada sekolah. Memiliki berbagai manfaatnya, antara lain:

Saling Mengenal Orang dari Luar Kelas

Karena kegiatan ini melibatkan semua orang (dari kelas) sehingga menjadi mengenal antara lain senior, junior hingga guru yang belum pernah mengajar kita. Bahkan bisa saja banyak dari teman seangkatan yang justru kenalnya saat seperti ini. Pastinya selain menambah teman, senioritas antar angkatan  bisa terhindarkan.

Menjadi Sadar Terhadap Kebersihan

Tentu lingkungan yang bersih atau kitanya yang bersih, tentu akan merasa nyaman. Inilah manfaat positif gotong royong bukan hanya untuk  lingkungan saja, namun pada diri sendiri. Otomatis kamu ikut peduli sama kebersihan sendiri.

Baca Juga: Pengertian, Makna, dan Manfaat Persatuan dan Kesatuan

Berkesempatan Mendapatkan Hadiah

Ini kalau mengikuti lomba yang berkaitan dengan kebersihan. Terkadang mungkin harus mendapatkan imingan sejumlah hadiah sebagai motivasi untuk melakukannya. Kalau sudah menyangkut hadiah, semua orang menjadi semangat dan berusaha untuk memberikan yang terbaik.

Walau sebagian dari mereka tujuannya untuk memperebutkan hadiah. Namun tetap saja untuk mendapatkannya mereka harus menunjukkan sifat gotong royong dan kerja sama antar sesama kelompok. 

Hemat Waktu

Karena mengerjakannya melibatkan banyak orang, gotong royong juga membantu menghemat banyak waktu. Bayangkan saja, misal pekerjaan yang estimasi penyelesaiannya biasanya mencapai 10 jam, bisa selesai hanya dalam waktu 6 saja? Waktu yang tersisa ini orang menggunakannya untuk beristirahat dan melakukan kegiatan lainnya.

Baca Juga: Interaksi Sosial

Nah, itulah contoh kegiatan gotong royong di sekolah beserta manfaat positifnya juga. Yuk, pertahankan nilai gotong royong manapun berada, Sobat Literasi!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]