1. Kelas 7 Bahasa Indonesia

Contoh Kalimat Fakta: Pengertian & Cara Mencarinya!

Contoh Kalimat fakta merupakan salah satu kalimat yang hampir dapat kita jumpai di berbagai sumber, seperti artikel pada website, brosur, buku hingga tulisan pada layar televisi. Jika kalimat tersebut sesuai dengan apa yang terjadi dan dilakukan, maka dapat disebut sebagai kalimat fakta. Singkatnya, kalimat fakta itu kalimat yang menjelaskan bahwa hal tersebut benar-benar terjadi.

Oh iya Sobat Literasi, kali ini, kami akan mengulas beberapa hal yang terkait dengan kalimat fakta, dan tak lupa juga memberikan beberapa contohnya. Jadi, ketika mencari dan membuat kalimat fakta kamu tidak kesulitan. Simak, artikel ini sampai selesai, ya!

Baca Juga: Contoh Kalimat Deskripsi, Cara Membuatnya & Kegunaannya!

Pengertian Kalimat Fakta & Pendapat Ahli Tentang Fakta

Pengertian kalimat fakta saat ini belum terdapat secara resmi di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Namun, kita tetap bisa mengambil pengertiannya dari kata fakta yang sudah terdapat di KBBI. Arti dari fakta adalah suatu hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi.

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Hal ini juga kamu temukan pada beberapa pendapat ahli. Berikut ini pendapat para ahli mengenai kata ‘fakta’:

  • Hartono (2015), berpendapat bahwa ciri-ciri kalimat fakta yakni peristiwa yang sesungguhnya. Biasanya diketahui dengan menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, bagaimana, berapa.
  • Abdullah (1999), fakta adalah sesuatu yang dapat dilihat, diraba, dan dirasakan oleh setiap orang.
  • Nurhadi (2003), berpendapat bahwa fakta adalah informasi yang berkaitan dengan aspek kehidupan yang bersifat nyata.
  • Fatima (2016) , fakta merupakan suatu kejadian nyata yang terjadi.
  • Bachtiar (1997), fakta merupakan abstraksi dari kenyataan yang diamati, yang sikapnya terbatas dan dapat diuji kebenarannya secara empiris.

Meski sedikit berbeda, artinya tetap sama, yakni kalimat yang berasal dari kejadian nyata terjadi.  Jadi, dari semua pendapat tersebut dapat kita simpulkan bahwa pengertian kalimat fakta adalah sebuah kalimat yang menceritakan hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi.

Karakteristik Kalimat Fakta

Sumber: unsplash.com

Untuk mempermudah kamu mengetahui bentuk kalimat fakta. Kamu bisa melihatnya dari beberapa karakteristik dari kalimat fakta:

  • Bersifat objektif.
  • Bersumber dari yang terpercaya. (Biasanya merupakan sosok yang ahlinya misal, polisi, peneliti dan saksi ahli).
  • Terdapat data berupa angka atau pertanyaan.
  • Kebenarannya bisa dibuktikan.
  • Bisa menjawab unsur 5W + IH (Apa, siapa, dimana, mengapa, kapan dan bagaimana). Ini untuk menceritakan peristiwa  yang sifatnya kronologis.
  • Tidak bisa dibantahkan dengan cara apapun.

Contoh Kalimat Fakta

Berikut beberapa contoh kalimat fakta yang bisa kamu coba untuk membuatnya:

  1. Warna bendera Indonesia, yaitu merah dan putih.
  2. Paris merupakan ibu kota dari negara Perancis.
  3. Ada 5 benua di dunia, yaitu Asia, Eropa, Afrika, Amerika dan Australia.
  4. Forrest Li  merupakan pendiri marketplace Shoppe.
  5. Setelah tidak lagi menjadi ibu kota, Jakarta akan berubah nama menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ).
  6. Perayaan Tahun Baru jatuh setiap tanggal 1 Januari.
  7. Gula rasanya manis.
  8. Pancasila merupakan dasar negara Negara Indonesia.
  9. Udon merupakan makanan olahan mie dari Jepang.
  10. Bella Hadid merupakan model Internasional keturunan Amerika Serikat dan Palestina.
  11. UI singkatan dari Universitas Indonesia.
  12. Transportasi Transjakarta pertama kali beroperasi tahun 2004.
  13. Kota Bogor mendapatkan sebutan sebagai Kota Hujan.
  14. Data dari Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa pada Mudik Lebaran 2023 ada sebanyak 123,8 juta jumlah ini naik sebesar 14,2% dari Mudik Lebaran 2022.
  15. Salah satu syarat untuk bisa bebas berkendara  harus memiliki surat izin mengemudi (SIM).

Baca Juga: Kalimat Efektif: Ketahui Pengertian, Kriteria & Contohnya!

Cara Menemukan Kalimat Fakta

Menemukan kalimat fakta caranya juga cukup mudah, kamu bisa ikuti beberapa cara berikut ini:

  • Lihat sosok yang mengatakannya

Jika kalimat tersebut berasal oleh narasumber yang sudah terpercaya dan memang ahlinya merupakan fakta. Apalagi, jika orang tersebut memberi bukti keadaan dan dalam bentuk temuan, hal ini semakin menguatkan kalau hal tersebut merupakan fakta.

  •  Pada kalimat tersebut terdapat data pendukung

Jika pada kalimat tersebut terdapat data, maka kalimat tersebut termasuk fakta. Hal tersebut membuktikan bahwa apa yang menjadi pembahasan benar-benar terjadi. Data pendukungnya juga harus kamu perhatikan. Pastikan kalau bukti tersebut berasal dari sumber yang akurat, seperti website resmi dan publikasi ilmiah. 

Selain itu bisa sesuaikan dengan ciri-ciri kalimat fakta untuk menganalisanya.

Bedanya dengan Opini?

Sumber: Unsplash.com

Terkadang masih banyak orang yang kerap tertukar antara kalimat fakta dengan kalimat opini. Karena keduanya merupakan membicarakan suatu hal yang nyata terjadi. Tapi, bisa kita bedakan dengan berbagai cara ini. Kalau fakta itu dari sumber langsung sedangkan kalau opini merupakan pemikiran dan asumsi seseorang tersebut menjadi pendapat. Biasanya ada kata menurut, sepertinya, kayaknya , seharusnya dan sebagainya.

Terkadang, opini juga kebenarannya belum terjamin dan ada yang justru meragukan kebenaran dari opini orang tersebut. Makanya, opini sifatnya subjektif karena berdasarkan pendapat dan pemikiran masing-masing. Inilah yang akhirnya mengapa pada satu topik pendapat memiliki berbagai macam pendapat dan opini yang berbeda. Bahkan, bisa saja opini kamu dengan orang tuamu bisa berbeda. 

Sebenarnya, kalau kita lihat secara seksama tentu tidak sulit untuk mengetahui kalimat fakta. Asal mengetahui bentuk dan karakteristiknya dari kalimat efektif. Gimana Sobat Literasi sudah mulai paham tentang kalimat fakta dari artikel ini?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Contoh Kalimat Fakta: Pengertian & Cara Mencarinya!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]