1. Kelas 9 PKN

10 Contoh Kasus Pelanggaran Hak dan Kewajiban Warga Negara

Di negara kita, Indonesia, setiap warga negaranya memiliki hak dan kewajiban. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan oleh manusia sebagai tanggung jawabnya sesuai dengan perannya masing-masing. Kewajiban warga negara di Indonesia ini tersusun atas kewajiban asasi manusia dan telah diatur dalam UUD 194 dan UU yang berlaku. Bagi warga negara yang melanggar hal tersebut akan dikenakan sanksi. 

Namun, ada saja kasus pengingkaran hak dan kewajiban yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Materi ini menjadi salah satu bahasan dalam materi PKN. Lantas, bagaimana jika diminta untuk berikan contoh kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara? Yuk, kita bahas bersama pada artikel Studio Literasi berikut ini!

10 Contoh Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

1. Tidak mentaati peraturan lalu lintas

Sumber: detik.com

Setiap warga negara memiliki kewajiban menaati peraturan lalu lintas sebagai bagian dari penghormatan terhadap hak asasi manusia orang lain serta melaksanakan UU lalu lintas. Contoh perbuatan yang dianggap melanggar lalu lintas yakni tidak punya surat kendaraan yang lengkap, parkir di sembarang tempat, melanggar lampu merah, dan membuat orang celaka dengan pelanggaran lalu lintas yang dilakukan.

2. Membuang sampah sembarangan

Penumpukan sampah terjadi karena membuang sampah sembarangan (Sumber: Metro Tempo.co)

Membuang sampah sembarangan adalah contoh kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara terhadap lingkungan dan alam sekitar. Sebab, lingkungan dan alam sekitar memiliki manfaat yang banyak bagi manusia. Sehingga dengan membuang sampah sembarangan dapat mengakibatkan lingkungan kotor dan banjir yang mampu merugikan orang lain.

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

3. Tidak jujur dan melakukan korupsi

Tindak korupsi merupakan contoh kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam membela negara. Perbuatan ini merupakan bentuk tidak ikut serta mencapai tujuan pembangunan nasional dan mampu merugikan banyak masyarakat dalam mencapai kesejahteraan dan hak-haknya. Tindakan ini dapat didasari dari rasa egois, rendahnya kesadaran terhadap kewajiban, serta penyalahgunaan kekuasaan.

4. Merusak fasilitas umum

(Sumber: Liputan6.com)

Merusak fasilitas umum merupakan contoh kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara terhadap lingkungan. Contoh dari perusakan fasilitas umum yakni seperti merusak telepon umum, mencoret-coret halte, merusak kendaraan umum, merusak toilet umum dan tidak menggunakannya dengan bersih, merusak jembatan, dan lain-lain.

5. Tidak atau menghindari membayar pajak

Sumber: Getty images/iStockphoto

Menghindari atau bahkan tidak membayar pajak merupakan contoh kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara terhadap Pasal 23 ayat 2 UUD 1945 yang berbunyi “Segala pajak ditujukan untuk keperluan negara berdasarkan undang-undang”. Warga negara memiliki kewajiban untuk membayar pajak karena pajak adalah salah satu sumber dana pembangunan yang hasilnya dinikmati warga negara.

6. Tidak berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan

Sumber: Mongabay

Contoh kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara selanjutnya yaitu tidak berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan seperti siskamling, membayar iuran warga, dan membantu korban bencana alam. Tidak berpartisipasi dalam kegiatan siskamling dan iuran bersama merupakan tindakan tidak terpuji karena tidak turut berkontribusi bersama warga lainnya untuk lingkungan dan kesejahteraan umum.

7. Melanggar hak asasi manusia lain

Pelanggaran hak asasi manusia merupakan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara yang telah tercantum pada Pasal 28 J ayat 1 UUD 1945 yang berbunyi “Setiap orang berkewajiban untuk menghormati hak asasi manusia lain”. Salah satu bentuk pelanggaran tersebut adalah membunuh orang lain yang tidak bersalah. Tindakan tersebut melanggar hak hidup seseorang dan merupakan salah satu tindak pidana. 

8. Tidak ikut serta dalam membela negara

Pada Pasal 30 ayat 1 UUD 1945 tercantum bahwa “Tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara” artinya, tiap warga negara berhak dan wajib untuk ikut serta membela negara sesuai dengan perannya masing-masing. Contoh kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam membela negara yaitu seseorang yang memecah belah bangsa Indonesia.

9. Tidak ikut serta dalam mencapai tujuan pembangunan nasional

(sumber: JPNN.com)

Tujuan pembangunan nasional Indonesia tercantum dalam pokok pikiran dalam UUD 1945 alinea 4, yaitu memajukan kecerdasan umum, mencerdaskan kehidupan bangsam melindungi segenap bangsa Indonesia, dan ikut serta menjalankan ketertiban dunia. Contoh kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam mencapai tujuan ini adalah warga negara yang membuat kerusuhan di negara lain.

10. Pelanggaran terhadap kewajiban pendidikan dasar

(sumber: korankaltara.com)

Pada UUD 1945 Pasal 31 ayat 1 amandemen menyebutkan bahwa pendidikan bagi manusia merupakan hal yang penting dan merupakan kewajiban bagi setiap warga negara. Pendidikan dasar yang dimaksud ialah pendidikan formal sampai jenjang SMA. Siapapun warga negara yang tidak memberikan keleluasaan seseorang untuk mendapatkan pendidikan dasar artinya ia melanggar undang-undang.

Baca juga: Pengertian, Sejarah, Konsep, dan Dasar Hukum Bela Negara

Nah, itulah tadi 10 contoh kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara yang harus Kawan Literasi hindari, ya. Semoga setelah ini kamu dapat dengan lancar menjawab ketika diminta untuk tuliskan contoh kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara. Selamat belajar dan semoga artikel kali ini bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Contoh Kasus Pelanggaran Hak dan Kewajiban Warga Negara

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]