1. Kelas 7 Bahasa Indonesia

Contoh Surat Pribadi, Struktur, Ciri, & Unsurnya

Pada zaman dulu, surat pribadi merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk bertukar kabar atau informasi. Beberapa contoh surat pribadi yaitu surat untuk keluarga, teman, saudara, guru, dan lain sebagainya. Hampir semua orang menggunakan surat karena memang saat itu belum ada teknologi yang dapat menjadi solusi untuk berkomunikasi selain membuat surat.

Namun berbeda dengan era sekarang yang sudah modern dan serba canggih. Sekarang setiap orang dapat bertukar kabar maupun informasi dengan mudah hanya dengan menggunakan media sosial.

Meski begitu, surat tetap diperlukan di era sekarang ini, seperti surat dinas, surat lamaran kerja, surat kuasa, dan lain sebagainya.

Untuk memudahkan dalam membuat surat, terlebih dahulu anda harus memahami mengenai surat pribadi dan berbagai penjelasannya. Nah, pada kesempatan kali ini Studioliterasi akan membahasnya pada penjabaran berikut ini.

Daftar Isi

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Pengertian Surat pribadi

Surat pribadi adalah jenis surat yang isinya keperluan pribadi berupa informasi atau kabar yang ditulis oleh orang tertentu kepada orang lain. Penulisan surat ini biasanya menggunakan bahasa yang tidak baku. 

Pada dasarnya, surat pribadi tidak memiliki peraturan yang mengikat. Surat ini dapat ditulis sesuai selera masing-masing penulis. Meski demikian, dalam penulisannya tetap harus memperhatikan etika dan penggunaan bahasa yang sopan. Terdapat beberapa hal yang wajib ditulis di dalam surat pribadi, seperti tanggal, alamat yang dituju, kata sapaan, pembukaan, isi dan penutup. Serta tidak lupa diberi nama pengirim di bagian akhir.

Macam-macam Surat Pribadi

Surat pribadi dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan isi dan sifatnya, seperti berikut :

  • Surat Pribadi dengan isi yang bersifat kekeluargaan, seperti surat untuk orang tua, surat untuk sahabat, surat untuk saudara, surat perkenalan.
  • Surat pribadi dengan isi yang bersifat setengah resmi atau berhubungan dengan kedinasan, seperti surat izin cuti, surat lamaran kerja, surat izin tidak masuk sekolah.

Ciri-ciri Surat Pribadi

Untuk membedakan antara surat pribadi dengan surat lainnya, dapat dilihat dari ciri-cirinya, yaitu :

  1. Tidak memiliki kop surat.
  2. Tidak memiliki nomor surat.
  3. Salam pembuka dan penutup bersifat santai, non formal, serta sangat beragam.
  4. Menggunakan berbagai macam jenis bahasa sesuai keinginan penulis.
  5. Format surat bebas.

Struktur Surat Pribadi

Dalam penulisan surat pribadi, terdapat beberapa bagian yang harus ada didalamnya. Bagian-bagian tersebut antara lain yaitu :

Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Salah satu bagian yang sangat penting dari surat pribadi yaitu tempat dan tanggal pembuatan surat. Sama seperti surat pada umumnya, anda tidak boleh melewatkan bagian ini sekalipun yang anda buat adalah surat pribadi.

Tanggal dan tempat pembuatan surat biasanya ditulis pada bagian atas sebelah kanan atau kiri surat. Dalam penulisannya, sebaiknya anda menggunakan huruf kapital untuk menulis bulan, sedangkan untuk pemisah antara tempat dan tanggal, sebaiknya anda menggunakan tanda koma dan diakhiri dengan tanda titik. Namun, bila anda membuat surat dengan cara diketik, maka sebaiknya tulisan tanggal dan tempatnya dicetak tebal.

Contoh penulisannya yaitu :

  • Malang, 7 Juni 2019
  • Malang, 7-6-2019
  • Malang, 7/6/2019

Alamat Penerima

Selain menyertakan tempat dan tanggal pembuatan surat, anda juga perlu menyertakan alamat bagi penerima seperti yang ada pada surat resmi pada umumnya. Pada bagian ini biasanya anda juga harus menyertakan nama sang penerima surat. Dalam penulisannya, anda harus mengawali dengan menuliskan nama terlebih dahulu sebelum menulis alamatnya.

Disamping itu, anda juga perlu menyertakan kata sapaan di dalam surat tersebut. Contoh dari kata sapaan yaitu temanku, kakakku, sahabatku, dan masih banyak lagi. Selanjutnya yaitu menulis alamat atau nama kota penulisan surat. Pada bagian ini, anda tidak harus menuliskan nama asli kota tersebut melainkan dapat menggunakan julukan dari kota tersebut, seperti Malang kota pelajar, Bandung kota kembang, Yogyakarta kota pelajar, Surabaya kota pahlawan dan masih banyak lagi.

Contoh penulisannya yaitu :

Kepada Teman Baikku, Yuliana Rahma

Di Surabaya

Untuk Sahabat Terbaikku, Veronika Anggraini

Di Medan

Mencantumkan Kata Sapaan

Kata sapaan ini bersifat non formal, sehingga anda dapat menggunakan bahasa yang umum digunakan untuk sehari-hari. Hal ini dilakukan karena agar anda dan si penerima surat merasa lebih akrab. Walaupun menggunakan bahasa yang biasa digunakan, anda juga perlu mempertimbangkan kesopanan, jangan sampai menuliskan kata-kata yang dapat menyinggung atau menyakiti hati si pembaca.

Beberapa contoh kata sapaan yang dapat digunakan pada surat pribadi :

  • Halo kawanku
  • Assalamualaikum
  • Hai manis
  • Halo cantik
  • Salam kangen
  • Hai kakakku yang cantik
  • Dan lain sebagainya

Paragraf Pembuka

Bagian selanjutnya masih sama dengan surat-surat pada umumnya, yaitu menggunakan paragraf pembuka. Namun penting diingat bahwa penulisan paragraf pembuka pada surat ini berbeda dengan paragraf pembuka surat lainnya.

Secara umum, bagian pembuka biasanya berisi luapan isi hati baik itu meluapkan suatu kerinduan maupun ungkapan lainnya. Dalam penulisannya tidak diwajibkan untuk menggunakan bahasa formal, tetapi bisa menggunakan bahasa yang digunakan sehari-hari agar terkesan lebih santai.

Biasanya penulis akan memasukkan kalimat basa-basi agar terkesan lebih akrab karena sudah lama tidak saling menyapa. Dengan begitu sang penerima surat juga akan merasa lebih dekat dengan sang pengirim surat meskipun sudah lama tidak bertemu.

Bagian Isi Surat

Selanjutnya bagian yang tidak kalah penting dari surat pribadi yaitu isi atau inti surat. Pada bagian inilah terdapat pokok dari pembuatan surat. Secara umum, pada isi surat akan dituliskan tentang maksud dan tujuan dari penulisan surat tersebut. Misalnya dengan meluapkan rasa kangen, memberi kabar baik atau buruk, atau bahkan  mengungkapkan uneg-uneg dan hal tertentu yang sedang terjadi pada diri anda.

Selain itu, anda juga dapat mengisinya dengan menceritakan pengalaman menarik atau berkesan yang anda lalui, baik itu sedih atau bahagia. Dalam penulisannya anda tidak harus terlalu formal. Dan yang terakhir, pastikan anda tidak menggunakan kalimat yang berbelit-belit agar pembaca dapat lebih mudah memahaminya.

Paragraf penutup

Bagian yang juga tidak boleh diabaikan dalam membuat surat pribadi yaitu penutup. Pada umumnya bagian ini berisikan ungkapan permohonan maaf kepada penerima surat. Tidak lupa, penting juga untuk menyertakan ucapan terimakasih dan harapan agar terkesan lebih padat.

Pastikan pada saat membuat bagian penutup ini anda hanya membuat 2-3 kalimat saja yang tidak bertele-tele dan mudah dipahami.

Nama penulis dan tanda tangan

Bagian terakhir dari surat pribadi yaitu mencantumkan nama terang dan tanda tangan si penulis yang biasanya berada pada bagian bawah pojok kanan atau kiri surat. Untuk penulisannya, anda dapat menuliskan nama dan tanda tangan secara singkat dan jelas. 

Dan pastikan untuk menambahkan tanda tangan, karena banyak yang lupa untuk menyertakan bagian ini. Meskipun surat ini bukan merupakan surat resmi, namun hal ini penting karena untuk meyakinkan si penerima surat bahwa itu adalah surat dari anda.

Contoh Surat Pribadi

Berikut ini merupakan beberapa contoh surat pribadi.

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat

Bandung, 18 Maret 2020

Untuk Tania, sahabatku tercinta

Di Solo

Assalamualaikum

Halo Tan, apa kabar? Apa kamu sehat-sehat saja? Semoga kamu senantiasa sehat dan baik-baik saja. Sudah lama ya kita tidak bertemu. Pastinya kamu sudah semakin pintar dan cantik sekarang. Sudah lama sekali rasanya kita tidak bertemu, hampir 3 tahun yang lalu ya, tepatnya saat aku dan keluargaku memutuskan untuk pindah ke Bandung. Sejak saat itu aku tidak sempat lagi mendengar berita tentangmu lagi.

Awal bulan depan rencananya aku dan keluargaku akan kembali ke Solo untuk menjenguk nenek. Ku harap hari itu juga aku dapat menjenguk kampung sahabatku sekaligus bersilaturahmi dan bernostalgia sama kamu. 

Namun apa boleh buat, Allah berkehendak lain. Hari itu nyatanya aku ada tes semester dan presentasi di kampus. Dengan sangat berat hati sepertinya perjumpaan kita harus diundur dulu, dan aku belum tau kapan lagi ada waktu untuk ke Solo. 

Oh iya, ku kira cukup sekian dulu kabar dan sapaan dariku. Sampaikan salam sekaligus permintaan maafku kepada sahabat-sahabat yang lain. Semoga secepatnya kita dapat bertemu ya.

Wassalamu’alaikum

Sahabatmu

Rena

Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak

Makassar, 20 juli 2019

Teruntuk Kak Sari

Di Banten

Assalamualaikum

Hai kak, gimana kabar kakak? Semoga kakak sehat dan tidak ada kekurangan suatu apapun. Di sini kabarku dan keluarga juga baik-baik saja seperti yang kakak harapkan. Oh iya, sudah hampir 2 tahun kita tidak bertemu dan aku sangat merindukanmu. Aku tahu kakak pasti sangat sibuk bekerja dan di sini aku juga disibukkan oleh kegiatan kuliah beserta tugas-tugasnya. Kak, semester ini aku sedang ngerjain skripsi. Doain semoga cepat selesai dan cepat lulus ya. Supaya nanti aku bisa segera mengunjungi kakak di Banten.

Ayah dan ibu titip salam buat kakak. Salam kangen dan semoga selalu sehat di sana. Jangan lupa memberi kabar apapun jika ada masalah. Ayah ibu juga bilang sangat kangen dengan cucunya di Banten. Oh ya, nanti kalau aku main ke Banten ajak aku main-main ya. Sudah dulu ya kak. Sampai ketemu saat liburan nanti.

Wassalamu’alaikum

Salam kangen,

Adikmu

Ratna

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru

Surabaya, 11 Agustus 2019

Salam Hormat,

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Halo bagaimana kabar ibu? Apakah ibu masih ingat dengan saya? Saya yakin ibu pasti tidak lupa dengan saya, murid kesayangan ibu di masa sekolah dulu. Sejak dulu saya terkenal sebagai murid ibu yang sama sekali tidak paham dengan pelajaran matematika. Karena itu, setiap pulang sekolah saya meminta tambahan waktu untuk belajar dengan ibu.

Apakah ibu masih ingat dengan janji saya dulu? Saya dulu pernah berjanji kalau suatu hari nanti saya bisa seperti ibu. Sekedar memberikan kabar bahwa sekarang janji itu sudah saya buktikan bu. Alhamdulillah saat ini saya diberikan kesempatan untuk mengajar di salah satu SMP di Surabaya. Semua ini tidak lepas dari bantuan dan doa dari ibu. Karena itu, saya ingin mengucapkan banyak terima kasih atas apa yang telah ibu berikan kepada saya. 

Pada saat liburan nanti, rencananya saya akan menemui ibu di Semarang. Apakah ibu masih tinggal di rumahnya yang dulu? Cukup sekian surat dari saya untuk ibu. Bila ada kurang lebihnya saya mohon maaf. Saya sangat menunggu balasan surat dari ibu. Terima kasih banyak ibu.

Salam muridmu,

Reno Sebastian

Contoh Surat Pribadi Singkat

Medan, 22 Mei 2020

Untuk sahabatku tercinta, Nadia

Di Aceh

Apa kabar Nad? Aku harap kamu dan keluargamu baik-baik saja, aku kangen banget sama kamu Nad. Pesan ini kutulis dan kukirim buat memberitahu kamu jika bulan depan aku akan main ke rumahmu untuk mengobati rasa kangenku padamu. Aku harap nanti kita dapat menghabiskan waktu seharian semata-mata untuk berbagi cerita pengalaman setelah 2 tahun berpisah. Cukup itu dulu berita dariku. Tunggu kedatanganku sebulan lagi ya!

Salam Sahabat Karibmu,

Vina

Contoh Surat Pribadi Dalam Bahasa Inggris

Robert

Jln. Sekar, 10

Jakarta

Hi my friend, how are you there? I hope you will always be healthy. I miss you that we have not met in quite a while. Do you miss me as well? On the off chance that you are out of town, I trust you can visit Malang. I am sure you will love it because it is such an amazing city.

I will take you to numerous spots like Kampung Jodipan and to the most beautiful places in Indonesia. I realize that you love surfing and I have such a variety of mystery spots for you to surf, so I recommend you to pay a visit here for a few weeks.

This is a short letter from me. I hope we can meet soon, my closest friend.

Your friend,

Clara

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Contoh Surat Pribadi, Struktur, Ciri, & Unsurnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]