Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak, Sahabat, Guru

6 min read

contoh surat pribadi
Contoh Surat Pribadi, foto oleh Tempo-institute org

Pada zaman dulu, surat pribadi merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk bertukar kabar atau informasi. Beberapa contoh surat pribadi yaitu surat untuk keluarga, teman, saudara, guru, dan lain sebagainya. Hampir semua orang menggunakan surat karena memang saat itu belum ada teknologi yang dapat menjadi solusi untuk berkomunikasi selain membuat surat.

Namun berbeda dengan era sekarang yang sudah modern dan serba canggih. Sekarang setiap orang dapat bertukar kabar maupun informasi dengan mudah hanya dengan menggunakan media sosial.

Meski begitu, surat tetap diperlukan di era sekarang ini, seperti surat dinas, surat lamaran kerja, surat kuasa, dan lain sebagainya.

Untuk memudahkan dalam membuat surat, terlebih dahulu anda harus memahami mengenai surat pribadi dan berbagai penjelasannya. Nah, pada kesempatan kali ini Studioliterasi akan membahasnya pada penjabaran berikut ini.

Pengertian Surat pribadi

Surat pribadi adalah jenis surat yang isinya keperluan pribadi berupa informasi atau kabar yang ditulis oleh orang tertentu kepada orang lain. Penulisan surat ini biasanya menggunakan bahasa yang tidak baku. 

Pada dasarnya, surat pribadi tidak memiliki peraturan yang mengikat. Surat ini dapat ditulis sesuai selera masing-masing penulis. Meski demikian, dalam penulisannya tetap harus memperhatikan etika dan penggunaan bahasa yang sopan. Terdapat beberapa hal yang wajib ditulis di dalam surat pribadi, seperti tanggal, alamat yang dituju, kata sapaan, pembukaan, isi dan penutup. Serta tidak lupa diberi nama pengirim di bagian akhir.

Macam-macam Surat Pribadi

Surat pribadi dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan isi dan sifatnya, seperti berikut :

  • Surat Pribadi dengan isi yang bersifat kekeluargaan, seperti surat untuk orang tua, surat untuk sahabat, surat untuk saudara, surat perkenalan.
  • Surat pribadi dengan isi yang bersifat setengah resmi atau berhubungan dengan kedinasan, seperti surat izin cuti, surat lamaran kerja, surat izin tidak masuk sekolah.

Ciri-ciri Surat Pribadi

Untuk membedakan antara surat pribadi dengan surat lainnya, dapat dilihat dari ciri-cirinya, yaitu :

  1. Tidak memiliki kop surat.
  2. Tidak memiliki nomor surat.
  3. Salam pembuka dan penutup bersifat santai, non formal, serta sangat beragam.
  4. Menggunakan berbagai macam jenis bahasa sesuai keinginan penulis.
  5. Format surat bebas.

Struktur Surat Pribadi

Dalam penulisan surat pribadi, terdapat beberapa bagian yang harus ada didalamnya. Bagian-bagian tersebut antara lain yaitu :

Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Salah satu bagian yang sangat penting dari surat pribadi yaitu tempat dan tanggal pembuatan surat. Sama seperti surat pada umumnya, anda tidak boleh melewatkan bagian ini sekalipun yang anda buat adalah surat pribadi.

Tanggal dan tempat pembuatan surat biasanya ditulis pada bagian atas sebelah kanan atau kiri surat. Dalam penulisannya, sebaiknya anda menggunakan huruf kapital untuk menulis bulan, sedangkan untuk pemisah antara tempat dan tanggal, sebaiknya anda menggunakan tanda koma dan diakhiri dengan tanda titik. Namun, bila anda membuat surat dengan cara diketik, maka sebaiknya tulisan tanggal dan tempatnya dicetak tebal.

Contoh penulisannya yaitu :

  • Malang, 7 Juni 2019
  • Malang, 7-6-2019
  • Malang, 7/6/2019

Alamat Penerima

Selain menyertakan tempat dan tanggal pembuatan surat, anda juga perlu menyertakan alamat bagi penerima seperti yang ada pada surat resmi pada umumnya. Pada bagian ini biasanya anda juga harus menyertakan nama sang penerima surat. Dalam penulisannya, anda harus mengawali dengan menuliskan nama terlebih dahulu sebelum menulis alamatnya.

Disamping itu, anda juga perlu menyertakan kata sapaan di dalam surat tersebut. Contoh dari kata sapaan yaitu temanku, kakakku, sahabatku, dan masih banyak lagi. Selanjutnya yaitu menulis alamat atau nama kota penulisan surat. Pada bagian ini, anda tidak harus menuliskan nama asli kota tersebut melainkan dapat menggunakan julukan dari kota tersebut, seperti Malang kota pelajar, Bandung kota kembang, Yogyakarta kota pelajar, Surabaya kota pahlawan dan masih banyak lagi.

Contoh penulisannya yaitu :

Kepada Teman Baikku, Yuliana Rahma

Di Surabaya

Untuk Sahabat Terbaikku, Veronika Anggraini

Di Medan

Mencantumkan Kata Sapaan

Kata sapaan ini bersifat non formal, sehingga anda dapat menggunakan bahasa yang umum digunakan untuk sehari-hari. Hal ini dilakukan karena agar anda dan si penerima surat merasa lebih akrab. Walaupun menggunakan bahasa yang biasa digunakan, anda juga perlu mempertimbangkan kesopanan, jangan sampai menuliskan kata-kata yang dapat menyinggung atau menyakiti hati si pembaca.

Beberapa contoh kata sapaan yang dapat digunakan pada surat pribadi :

  • Halo kawanku
  • Assalamualaikum
  • Hai manis
  • Halo cantik
  • Salam kangen
  • Hai kakakku yang cantik
  • Dan lain sebagainya

Paragraf Pembuka

Bagian selanjutnya masih sama dengan surat-surat pada umumnya, yaitu menggunakan paragraf pembuka. Namun penting diingat bahwa penulisan paragraf pembuka pada surat ini berbeda dengan paragraf pembuka surat lainnya.

Secara umum, bagian pembuka biasanya berisi luapan isi hati baik itu meluapkan suatu kerinduan maupun ungkapan lainnya. Dalam penulisannya tidak diwajibkan untuk menggunakan bahasa formal, tetapi bisa menggunakan bahasa yang digunakan sehari-hari agar terkesan lebih santai.

Biasanya penulis akan memasukkan kalimat basa-basi agar terkesan lebih akrab karena sudah lama tidak saling menyapa. Dengan begitu sang penerima surat juga akan merasa lebih dekat dengan sang pengirim surat meskipun sudah lama tidak bertemu.

Bagian Isi Surat

Selanjutnya bagian yang tidak kalah penting dari surat pribadi yaitu isi atau inti surat. Pada bagian inilah terdapat pokok dari pembuatan surat. Secara umum, pada isi surat akan dituliskan tentang maksud dan tujuan dari penulisan surat tersebut. Misalnya dengan meluapkan rasa kangen, memberi kabar baik atau buruk, atau bahkan  mengungkapkan uneg-uneg dan hal tertentu yang sedang terjadi pada diri anda.

Selain itu, anda juga dapat mengisinya dengan menceritakan pengalaman menarik atau berkesan yang anda lalui, baik itu sedih atau bahagia. Dalam penulisannya anda tidak harus terlalu formal. Dan yang terakhir, pastikan anda tidak menggunakan kalimat yang berbelit-belit agar pembaca dapat lebih mudah memahaminya.

Paragraf penutup

Bagian yang juga tidak boleh diabaikan dalam membuat surat pribadi yaitu penutup. Pada umumnya bagian ini berisikan ungkapan permohonan maaf kepada penerima surat. Tidak lupa, penting juga untuk menyertakan ucapan terimakasih dan harapan agar terkesan lebih padat.

Pastikan pada saat membuat bagian penutup ini anda hanya membuat 2-3 kalimat saja yang tidak bertele-tele dan mudah dipahami.

Nama penulis dan tanda tangan

Bagian terakhir dari surat pribadi yaitu mencantumkan nama terang dan tanda tangan si penulis yang biasanya berada pada bagian bawah pojok kanan atau kiri surat. Untuk penulisannya, anda dapat menuliskan nama dan tanda tangan secara singkat dan jelas. 

Dan pastikan untuk menambahkan tanda tangan, karena banyak yang lupa untuk menyertakan bagian ini. Meskipun surat ini bukan merupakan surat resmi, namun hal ini penting karena untuk meyakinkan si penerima surat bahwa itu adalah surat dari anda.

Contoh Surat Pribadi

Berikut ini merupakan beberapa contoh surat pribadi.

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat

Bandung, 18 Maret 2020

Untuk Tania, sahabatku tercinta

Di Solo

Assalamualaikum

Halo Tan, apa kabar? Apa kamu sehat-sehat saja? Semoga kamu senantiasa sehat dan baik-baik saja. Sudah lama ya kita tidak bertemu. Pastinya kamu sudah semakin pintar dan cantik sekarang. Sudah lama sekali rasanya kita tidak bertemu, hampir 3 tahun yang lalu ya, tepatnya saat aku dan keluargaku memutuskan untuk pindah ke Bandung. Sejak saat itu aku tidak sempat lagi mendengar berita tentangmu lagi.

Awal bulan depan rencananya aku dan keluargaku akan kembali ke Solo untuk menjenguk nenek. Ku harap hari itu juga aku dapat menjenguk kampung sahabatku sekaligus bersilaturahmi dan bernostalgia sama kamu. 

Namun apa boleh buat, Allah berkehendak lain. Hari itu nyatanya aku ada tes semester dan presentasi di kampus. Dengan sangat berat hati sepertinya perjumpaan kita harus diundur dulu, dan aku belum tau kapan lagi ada waktu untuk ke Solo. 

Oh iya, ku kira cukup sekian dulu kabar dan sapaan dariku. Sampaikan salam sekaligus permintaan maafku kepada sahabat-sahabat yang lain. Semoga secepatnya kita dapat bertemu ya.

Wassalamu’alaikum

Sahabatmu

Rena

Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak

Makassar, 20 juli 2019

Teruntuk Kak Sari

Di Banten

Assalamualaikum

Hai kak, gimana kabar kakak? Semoga kakak sehat dan tidak ada kekurangan suatu apapun. Di sini kabarku dan keluarga juga baik-baik saja seperti yang kakak harapkan. Oh iya, sudah hampir 2 tahun kita tidak bertemu dan aku sangat merindukanmu. Aku tahu kakak pasti sangat sibuk bekerja dan di sini aku juga disibukkan oleh kegiatan kuliah beserta tugas-tugasnya. Kak, semester ini aku sedang ngerjain skripsi. Doain semoga cepat selesai dan cepat lulus ya. Supaya nanti aku bisa segera mengunjungi kakak di Banten.

Ayah dan ibu titip salam buat kakak. Salam kangen dan semoga selalu sehat di sana. Jangan lupa memberi kabar apapun jika ada masalah. Ayah ibu juga bilang sangat kangen dengan cucunya di Banten. Oh ya, nanti kalau aku main ke Banten ajak aku main-main ya. Sudah dulu ya kak. Sampai ketemu saat liburan nanti.

Wassalamu’alaikum

Salam kangen,

Adikmu

Ratna

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru

Surabaya, 11 Agustus 2019

Salam Hormat,

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Halo bagaimana kabar ibu? Apakah ibu masih ingat dengan saya? Saya yakin ibu pasti tidak lupa dengan saya, murid kesayangan ibu di masa sekolah dulu. Sejak dulu saya terkenal sebagai murid ibu yang sama sekali tidak paham dengan pelajaran matematika. Karena itu, setiap pulang sekolah saya meminta tambahan waktu untuk belajar dengan ibu.

Apakah ibu masih ingat dengan janji saya dulu? Saya dulu pernah berjanji kalau suatu hari nanti saya bisa seperti ibu. Sekedar memberikan kabar bahwa sekarang janji itu sudah saya buktikan bu. Alhamdulillah saat ini saya diberikan kesempatan untuk mengajar di salah satu SMP di Surabaya. Semua ini tidak lepas dari bantuan dan doa dari ibu. Karena itu, saya ingin mengucapkan banyak terima kasih atas apa yang telah ibu berikan kepada saya. 

Pada saat liburan nanti, rencananya saya akan menemui ibu di Semarang. Apakah ibu masih tinggal di rumahnya yang dulu? Cukup sekian surat dari saya untuk ibu. Bila ada kurang lebihnya saya mohon maaf. Saya sangat menunggu balasan surat dari ibu. Terima kasih banyak ibu.

Salam muridmu,

Reno Sebastian

Contoh Surat Pribadi Singkat

Medan, 22 Mei 2020

Untuk sahabatku tercinta, Nadia

Di Aceh

Apa kabar Nad? Aku harap kamu dan keluargamu baik-baik saja, aku kangen banget sama kamu Nad. Pesan ini kutulis dan kukirim buat memberitahu kamu jika bulan depan aku akan main ke rumahmu untuk mengobati rasa kangenku padamu. Aku harap nanti kita dapat menghabiskan waktu seharian semata-mata untuk berbagi cerita pengalaman setelah 2 tahun berpisah. Cukup itu dulu berita dariku. Tunggu kedatanganku sebulan lagi ya!

Salam Sahabat Karibmu,

Vina

Contoh Surat Pribadi Dalam Bahasa Inggris

Robert

Jln. Sekar, 10

Jakarta

Hi my friend, how are you there? I hope you will always be healthy. I miss you that we have not met in quite a while. Do you miss me as well? On the off chance that you are out of town, I trust you can visit Malang. I am sure you will love it because it is such an amazing city.

I will take you to numerous spots like Kampung Jodipan and to the most beautiful places in Indonesia. I realize that you love surfing and I have such a variety of mystery spots for you to surf, so I recommend you to pay a visit here for a few weeks.

This is a short letter from me. I hope we can meet soon, my closest friend.

Your friend,

Clara

Last Updated on November 12, 2020

Avatar

19 Replies to “Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak, Sahabat, Guru”

  1. hi!,I really like your writing so much! proportion we be in contact more
    about your article on AOL? I require an expert on this house to solve my problem.

    Maybe that is you! Having a look forward to peer you.

  2. That iѕ very intereѕting, You are a very skilled blogger.
    I have joined your rss feed and look forward to searching for extra of your magnificent ⲣost.
    Also, I’ve shared your wеbsite in my socіal networks

  3. Hеllo therе, I discovered уour site by tһe use of Google at the same time as looking for a similar matter, your web site came uρ, it looks good.
    I’ve bookmarked it in my google bookmɑгks.
    Hello there, simply turned into alert to your blog through Google, and located that it is
    really informative. I’m gonna be careful for brussels.
    I’ll be grateful shoսld you cօntinue this
    in future. Numerous folks will probably be benefited out of youг
    writing. Cheers!

  4. Helⅼo! I coulⅾ have sworn I’ve been to this blog before but after looking at many of the
    posts I realized it’ѕ new to me. Anyways, I’m certainly delighted I ԁiscoveгed it and I’ll be
    Ƅookmarking it and checking back freqսently!

  5. Аn outstanding shаre! I’ve just forwarded this
    οnto a co-worker who has been conducting a little homeworқ on this.
    And hе in fact ordered me dinner because I stumbled upon it for һim…
    lol. So let me reword this…. Thanks for the
    mеal!! But yeah, thanks for spending time to talk about this toрic here on your
    ᴡeb site.

  6. Hi, i think thɑt i noticed you visited my site thus i got here to ցo bаck the
    want?.I’m trying to find іssues to improᴠe my site!I guess its ok to use a
    few of yⲟur concepts!!

  7. I ⅾo believe all of the ideas you have presented for your post.
    They arе really convincing and will definitely work.
    Nonetheless, the posts are too ƅrief for beginners.
    Mаy just you please lengthen them a little from subsequent time?
    Thanks for the post.

  8. Its likе you гead my mind! You appeɑr to know a lot about this, lіke you wrote the book in it oг something.
    Ӏ think that you cоuld do with a few pics to drіve the message
    home a little bit, but other than that, this is excellent
    blog. A great read. I will certainly be back.

  9. Admіring the commitment you pսt into your weЬsite and in depth information you offer.
    It’s nice to come acrosѕ a blog every once in a
    while that isn’t the sɑme old rehashed information. Grеat read!

    I’ve bookmarked your site and I’m addіng your RSS feeds to my Google ɑccount.

  10. Ι used to be recommended this blog by my cousin. I’m no longer certain whether or not this publish is written through him
    as nobody else realize such detailed about my difficulty.
    Ⲩou’re incredible! Тhank you!

  11. Ꮋi there! I’m ɑt work surfing around your
    blog from my new iрhone! Just wanted to say I love
    reading your bⅼog and lo᧐ҝ forward to all your posts!
    Keep up the superb work!

  12. I’m ѵery haрpy to uncover tһis page. I want to to thank
    you for ones time for this fantastic read!! I definitely aρpreciated every bit of it ɑnd I haѵe you book mаrked to check out new
    things in уour web site.

  13. Hello to every body, it’s my first pay a visit of
    this ѡeb site; thіs website consistѕ of remarkable and genuinely goоd ѕtuff dеsigned foг rеaderѕ.

  14. Great goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to and you’re
    just too great. I actually like what you’ve acquired here, really like what you are saying
    and the way in which you say it. You make it enjoyable and you still
    take care of to keep it smart. I cant wait to
    read much more from you. This is actually a tremendous website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top