1. Kelas 8 Bahasa Indonesia

Contoh Teks Persuasi Singkat, Lengkap Beserta Strukturnya

Hai, Kawan Literasi! Dalam artikel pelajaran Bahasa Indonesia kali ini, kita akan belajar materi teks persuasi kelas 8, lengkap dengan pengertian, struktur, dan contohnya. Selain bisa diucapkan secara lisan, ternyata kalimat bujukan juga bisa berbentuk teks, loh. Nah, itulah yang dinamakan teks persuasi.

Tetapi apakah yang dimaksud dengan teks persuasi? Apakah tujuannya hanya sebagai bujukan saja? Untuk menjawab semua pertanyaan sampai contoh teks persuasi singkat beserta strukturnya, Studio Literasi sudah merangkum secara lengkap di bawah ini, langsung cek aja ya!

Apa Itu Teks Persuasi?

contoh teks persuasi singkat
Ilustrasi Pengertian Teks Persuasi (Sumber: Pexels)

Kata persuasi memiliki arti sebagai ajakan atau bujukan. Tetapi, lebih tepatnya kata persuasi sendiri adalah sebuah cara komunikasi untuk mempengaruhi dan meyakinkan orang lain. Jadi teks persuasi adalah teks yang bersifat mempengaruhi pembaca agar mau mempercayai dan melakukan hal yang dituliskan dalam teks. Agar semakin paham, kata kuncinya adalah “mempercayai” dan “melakukan”.

Lalu apa bedanya dengan teks eksposisi? Jelas berbeda, karena teks eksposisi hanya sampai tahap mempercayai saja. Sedangkan, teks persuasi ini sudah sampai tahap mempengaruhi untuk melakukan tindakan. Tentunya ada kata ajakan dan bujukan, seperti “yuk” agar pembaca mau melakukan apa yang diinginkan oleh penulis.

Artikel Terkait

[feedzy-rss feeds='https://museumnusantara.com/feed/,https://sma.studioliterasi.com/feed/' max='4' multiple_meta='yes' template='default']

Struktur Teks Persuasi Singkat

contoh teks persuasi singkat beserta strukturnya
Ilustrasi Struktur Teks Persuasi (Sumber: Pexels)

Sekarang Kawan Literasi akan berkenalan dengan tentang struktur teks persuasi. Lalu apa fungsi strukturnya? Nah, fungsinya agar pembaca jadi lebih mudah untuk memahami teks tersebut. Untuk lebih jelasnya, pengertian setiap bagian ada di bawah ini:

Baca Juga:   Teks Ulasan

1. Pengenalan Isu

Bagian ini berisi latar belakang dan ajakan dari penulis supaya pembaca sadar dan tertarik lebih jauh akan terhadap ajakan tersebut. Contoh teks persuasi singkat misalnya pada ajakan Pemerintah yang mengajak untuk melakukan 3M (menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan). Di alinea pembuka tersebut, penulis menuliskan latar belakang kejadiannya terlebih dahulu sampai muncul ajakan 3M.

2. Pemaparan Argumen

Di alinea ini berisi kalimat pendukung terhadap latar belakang pada alinea pembuka. Fakta-fakta suatu hal yang valid juga dimasukkan di alinea ini lho, Kawan Literasi. Dari contoh 3M di atas, pada alinea ini akan dijelaskan alasan mengapa kita harus melakukan 3M, dengan merujuk dari sumber yang terpercaya agar memperkuat argumen yang sudah ditulis.

3. Pernyataan Ajakan

Bagian ini adalah inti teks persuasi berisi dorongan kepada pembaca untuk melakukan sesuatu hal. Pernyataan itu dapat disampaikan secara tersirat maupun tersurat. Biasanya penulis menggunakan kalimat dan kata yang bisa mempengaruhi pembaca agar mengikuti ajakan dan larangannya.

4. Penegasan Kembali

Penegasan kembali adalah alinea penutup yang berisi ajakan lagi kepada pembaca untuk melakukan suatu hal. Biasanya ditandai dengan kata penutup seperti demikianlah, dengan demikian, oleh karena itulah, dan lain sebagainya. Penegasan argumen kembali berfungsi untuk memperkuat ajakan penulis.

Contoh Teks Persuasi Singkat

contoh teks persuasi singkat tentang pendidikan
Ilustrasi Contoh Teks Persuasi Singkat (Sumber: Pexels)

Supaya makin paham, Studio Literasi akan memberikan contoh teks persuasi singkat. Karena tujuan teks persuasi adalah untuk membujuk pembaca hingga melakukan ajakan penulis, maka teks persuasi banyak ditemui pada kalimat dan teks iklan.

Tetapi selain itu, teks persuasi juga memiliki banyak contohnya kok, tenang saja. Jadi, agar Kawan Literasi makin mengerti, berikut ini adalah contoh tek persuasi singkat tentang pendidikan di bawah ini:

Baca Juga:   Yuk Cobain Cara Merangkum Buku Secara Cepat dan Efektif!

Contoh Teks Persuasi Singkat: Utamakan Belajar dan Kurangi Bermain Game

Berikut contoh teks persuasi singkat tentang pendidikan, agar mengutamakan belajar dan mengurangi bermain game bagi anak:

Pengenalan isu

Belajar adalah kewajiban setiap murid atau peserta didik. Kegiatan ini membuat siswa lebih paham akan pelajaran yang diajarkan guru di sekolah. Belajar sangat penting untuk menjadi modal utama masa depan murid. Tetapi, sangat disayangkan kalau saat ini banyak siswa lebih memilih bermain game dibanding belajar. Padahal belajar menjadi tugas utama seorang siswa dan memang sudah seharusnya diutamakan.

Rangkaian argumen

Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Michigan di Amerika Serikat, sekitar 86% dari 963 anak remaja berusia 13-18 tahun lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain game. Dampak negatif utama dari sering bermain game adalah kecanduan. Artinya, siswa akan terus bermain game tanpa kenal waktu, mulai dari pagi hingga malam sehingga bisa berdampak pada akademiknya.

Pernyataan ajakan

Oleh karena itu, sangat penting untuk diingatkan jika tugas utama seorang murid adalah belajar. Tidak ada salahnya jika sesekali murid bermain game untuk menghilangkan rasa bosan. Tetapi, akan menjadi suatu hal yang salah, jika terus bermain tanpa kenal waktu. Asalkan waktunya diatur dan tidak melebih waktu belajar, boleh-boleh saja. Karena kewajiban utama seorang pelajar adalah belajar, agar menjadi generasi penerus bangsa yang unggul.

Penegasan kembali

Sekali lagi ditekankan jika kewajiban utama seorang pelajar adalah belajar. Maka dari itu, utamakan belajar daripada bermain game. Jika ingin bermain, aturlah waktu sebaik mungkin dan membatasi waktunya. Contohnya, bermain selama 30 menit dan belajar selama 1 jam. Dari sini pula, peran dan ketegasan orang tua sangat penting untuk senantiasa mengingatkan anaknya agar  mengutamakan belajar dibanding bermain game. 

Baca Juga:   Kalimat Definisi dan Deskripsi: Pengertian & Contohnya

Demikian artikel kali ini mengenai contoh teks persuasi singkat beserta strukturnya. Semoga penjelasan kali ini bermanfaat untuk Kawan Literasi dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di Studio Literasi!

Tidak ada komentar
Komentar untuk: Contoh Teks Persuasi Singkat, Lengkap Beserta Strukturnya

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Dalam melakukan pengukuran  fisika, kita terlebih dahulu harus paham mengenai konsep besaran dan satuan. Besaran sendiri berdasarkan satuannya terbagi menjadi besaran pokok dan besaran turunan. Pada pembahasan kali ini, Studio Literasi akan membahas besaran pokok. Mari kita simak artikel berikut! Besaran, Satuan, dan Dimensi dalam Fisika Sebelum memulai ke pembahasan mengenai besaran pokok, ada baiknya […]
Pernahkah Kawan Literasi menggantungkan bingkai foto di dinding? Nah, kalau pernah, tahukah kamu kenapa paku yang menahan bingkai fotomu bisa menancap pada tembok yang tebal? Yap, hal itu dikarenakan adanya tekanan pada paku.  Tekanan merupakan besarnya suatu gaya yang bekerja pada luasan bidang tekan. Jadi, ketika ujung paku yang memiliki permukaan runcing ditempelkan pada dinding, […]

Trending

Berdasarkan dampaknya terhadap lingkungan, kita mengelompokkan teknologi menjadi dua jenis, yaitu teknologi ramah lingkungan dan teknologi tidak ramah lingkungan. Pada artikel ini, Studio Literasi akan membahas teknologi tidak ramah lingkungan beserta dampak serta contohnya. Simak pembahasan Studio Literasi di bawah ini! Definisi dan Prinsip dari Teknologi Tidak Ramah Lingkungan Hadirnya teknologi sesungguhnya ada untuk membantu […]
Pernahkah Kawan Literasi ingin mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah membantu kita seperti ketika ia membukakan pintu atau memuji penampilan kita? Pastinya pernah, dong. Mengungkapkan rasa terima kasih merupakan respon yang paling sederhana atas kebaikan yang kita terima tetapi juga mengandung arti yang begitu besar. Sama seperti bahasa lainnya, bahasa Inggris juga memiliki ungkapan […]
Pada kehidupan sehari-hari Kawan Literasi pasti pernah mengucapkan selamat kepada orang lain yang telah mendapatkan kesuksesan, baik itu mendapatkan kelulusan, pekerjaan, ulang tahun atau seseorang yang sedang menikah. Dalam bahasa Inggris, terdapat materi expression of congratulations yang digunakan untuk mengungkapkan ucapan selamat kepada orang lain. Nah, pada kali ini, Studio Literasi akan mengulas materi ini […]