Lisa Novita Sari Suka menulis dan berbagi pengetahuan

Descriptive Text

3 min read

descriptive text
Descriptive Text, Foto oleh Unsplash

Dalam materi bahasa Inggris, kalian akan mempelajari berbagai jenis teks, seperti narrative text, report text, dan procedure text. Tak terkecuali jenis teks yang akan kita pelajari kali ini, yaitu descriptive text. 

Pengertian

Descriptive text adalah salah satu jenis teks yang berisi penggambaran dengan detail sifat-sifat yang terdapat pada suatu objek, baik manusia, hewan, maupun benda mati. Teks ini berusaha untuk menerangkan dengan jelas tentang benda atau seseorang.

Tujuan Descriptive Text

Teks deskripsi bertujuan untuk memberikan informasi sejelas-jelasnya pada pembaca. Selain itu, teks deskripsi juga bertujuan untuk:

Menggambarkan/menerangkan objek berupa orang, benda ataupun tempat secara detail dan spesifik.

Menggambarkan/menerangkan objek berupa orang, benda ataupun tempat tanpa melakukan penelitian detail, tetapi hanya bersumber pada pancaindera (penglihatan, pendengaran, dan lain-lain).

Ciri-ciri Descriptive Text

Ciri-ciri descriptive text berguna untuk membedakan teks ini dengan jenis teks yang lain. Adapun ciri-cirinya yaitu sebagai berikut.

1. Menggunakan Simple Present Tense

Kamu tentu masih ingat bahwa salah satu fungsi dari Simple Present Tense ialah untuk mengungkapkan fakta/kebenaran. Teks ini berisi serangkaian fakta-fakta yang identik dengan objek tertentu. Oleh karena itu, tenses yang dipakai adalah Simple Present Tense.

2. Menggunakan kata sifat (adjective)

Fungsi teks deskripsi adalah menggambarkan objek dengan jelas berdasarkan pancaindera. Oleh karena itu, salah satu cirinya ialah menggunakan kata sifat (adjective). Misalnya, beautiful (indah), big (besar).

3. Kata kerja penghubung 

Kata kerja penghubung (relating verb) dipakai untuk memberi penjelasan pada kata benda (verb) yang menjadi subjek kalimatnya. Contoh: is, seem, have. 

Struktur/Generic structure

Descriptive text memiliki struktur (generic structure) tersendiri yang membedakannya dengan jenis teks yang lain. 

Identification

Identification (identifikasi) biasanya terletak di paragraf pertama. Bagian ini berisi pengenalan objek yang akan diterangkan, apakah manusia, tempat, hewan atau objek lainnya. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi objek yang akan digambarkan secara lebih rinci nanti di paragraf-paragraf berikutnya

Description 

Umumnya bagian ini terletak di paragraf kedua sampai paragraf akhir. Description berisi gambaran/penjelasan secara rinci sifat-sifat/karakteristik yang melekat pada objek tersebut. Bisa ciri-cirinya, bentuknya, dan warnanya.

Contoh

Berikut ini beberapa contoh descriptive text yang telah dirangkum oleh Studio Literasi.

Contoh descriptive text tentang hewan

My Lovely Cat

contoh descriptive text tentang hewan
contoh descriptive text tentang hewan, Foto oleh Wallpaper Better Com

I have a pet. It is a cat. Its name is Putam. Putam stands for Putih Hitam as its color. However, I like to call it “Putput”.

Putput is an angora cat. It has beautiful white and black hair. They are very soft that make me want to cuddle it all the time. Putput also have black round eyes that look like doll’s eyes. Moreover, the whiskers around the mouth increase its cuteness. Putput likes to use its whiskers to tickle me.

Putput’s favorite thing is paper. I give Puput a piece of paper every day so it can play by itself. I usually turn it into paper ball. Putput is always excited seeing me folding the paper.

Terjemahan descriptive text di atas:

Kucingku

Saya memiliki hewan peliharaan, yaitu seekor kucing. Namanya ialah Putem. Putam merupakan singkatan dari Putih Hitam sesuai dengan warnanya. Tetapi, saya lebih senang memanggilnya dengan “Putput”.

Putput adalah kucing Anggora. Dia memiliki bulu hitam dan putih yang cantik. Bulu-bulu tersebut sangat lembut membuat saya ingin memeluknya setiap waktu. Putput juga memiliki mata hitam yang bulat seperti mata boneka. Terlebih kumis di sekitar mulutnya menambah kelucuan si Putput. Putput senang menggelitik saya dengan kumisnya.

Benda favorit Putput adalah kertas. Setiap hari, saya memberikannya selembar kertas sehingga ia bisa bermain sendiri. Biasa saya akan mengubah kertasnya menjadi bola. Putput selalu bersemangat saat melihat saya melipat-lipat kertas.

Contoh descriptive text tentang benda

My Favourite Necklace

Contoh Descriptive Text tentang Benda
Contoh descriptive text tentang benda, Foto oleh DHGate

This is my favorite necklace. It is my birthday present. This necklace is very special to me because the one who gives it to me is my father.

The necklace is made from white gold. It has a snowflake pendant that is very pretty. The long of the chain is 45 cm. So, it would be right in my heart when I wear it. The necklace looks like it is heavy, but it is not. It is as light as a feather. That is why I always wear it whenever and wherever I am.

Terjemahan dari descriptive text di atas:

Kalung Favorit Saya

Ini adalah kalung favorit saya. Ini merupakan hadiah ulang tahun. Kalung ini sangat spesial karena ayah saya yang memberikannya.

Kalung ini terbuat dari emas putih. Liontinnya berbentuk kepingan salju yang sangat indah. Panjang rantai kalungnya adalah 45 cm. Sehingga, kalungnya akan tepat berada di jantung saat saya memakainya. Kalung ini terlihat berat, padahal tidak. Ini sangat ringan seperti bulu. Itulah mengapa kemanapun dan dimanapun saya selalu memakai kalung ini.

Contoh descriptive text tentang tempat

Nusa Dua Beach

Contoh Descriptive Text tentang Pantai Nusa Dua Bali
Contoh descriptive text tentang tempat, Foto oleh Booking.com

Nusa Dua beach is one of the most exotic beaches in Bali. It is located in Nusa Dua. A lot of people, locals and tourists, come to this beach to swim, jog, or sunbathe.

Nusa Dua Beach is always crowded with people, especially on weekends. They usually come with their family and have a little picnic in the white sand. However, Nusa Dua beach is always clean even it has many visitors a day. The water is clear and as blue as the sky. It can refresh our mind. This is the best place to come if you want to recharge your body and energy.

Terjemahan descriptive text di atas:

Pantai Nusa Dua

Pantai Nusa Dua adalah salah satu pantai tercantik di Bali. Pantai ini terletak di daerah Nusa Dua. Banyak orang, termasuk orang lokal dan turis, datang ke pantai ini untuk berenang, lari, dan berjemur.

         Pantai Nusa Dua selalu ramai oleh orang-orang, terutaman pada akhir pekan. Mereka biasanya datang bersama keluarga untuk berpiknik di pasir putihnya. Tetapi, pantai Nusa Dua selalu bersih meskipun memiliki banyak pengunjung perharinya. Airnya jernih dan warna sebiru langit yang bisa menjernihkan pikiran. Ini adalah tempat terbaik yang dapat kamu kunjungin untuk mengisi ulang bodi dan energimu.

Baca juga materi menarik lainnya :

Last Updated on September 24, 2020

Avatar
Lisa Novita Sari Suka menulis dan berbagi pengetahuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top