1. Kelas 8 Bahasa Inggris

Mengenal Apa Itu Determiner, Jenis, & Contoh Kalimatnya

Hai Kawan Literasi, determiner adalah komponen part of speech yang wajib kamu pahami ketika lagi belajar Bahasa Inggris. Sebab, materi ini membantu kalian untuk mengekspresikan dan mendeskripsikan ukuran dari suatu benda atau noun.

Selain itu, determiner juga bisa digunakan untuk menunjukkan kepemilikan atas sebuah benda. Penasaran dan ingin tahu selengkapnya tentang determiner? Mari simak baik-baik penjelasan Studio Literasi kali ini ya!

Definisi Determiner

Pengertian Determiner Adalah (Sumber: Pexels)

Sebenarnya apa sih determiner itu? Nah, determiner adalah kata yang letaknya ada di noun atau nomina yang berguna untuk membatasi makna noun tersebut. Terus ada dimana letaknya? Jadi di dalam kalimat determiner bisa terletak di depan atau di belakang noun

Membatasi makna tersebut artinya untuk memperjelas konteks kuantitas atau kepemilikan sebuah benda. Misalnya, dalam kata benda ‘book’ jika akan memperjelas jumlahnya, bisa ditambahkan ‘three’ di depan, sehingga menjadi ‘three pencils’. Sedangkan untuk memperjelas kepemilikan, bisa ditambahkan kata ‘your, her, his’ dan lain-lain sehingga menjadi ‘your pencil/her pencil/his pencil’.

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 12 Maret 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 10 Maret 2024 at 7:11 am

    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs The post Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 8 Maret 2024 at 2:50 am

    Pasca kemerdekaan Indonesia, Indonesia tidak sepenuhnya merdeka, lho. Masih ada upaya-upaya Belanda ingin menjajah dan menduduki negara Indonesia. Maka dari itu, para pemuda Indonesia tidak ingin hal tersebut terjadi. Sehingga, terbentuklah Konferensi Meja Bundar (KMB) atau dalam bahasa Belanda disebut dengan Nederlands-Indonesische ronde tafel conferentie. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut konferensi The post Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya appeared first on Sma Studioliterasi.

Meskipun demikian, Kawan Literasi perlu mencatat bahwa tidak semua determiner letaknya ada di depan atau di belakang noun, loh. Ada juga kata sifat (adjective) yang bisa diletakkan di depan noun. Bedanya, adjective ini mempunyai tingkatan pembanding seperti beautiful, more beautiful dan the most beautiful sedangkan determiner tidak demikian.

Jenis-Jenis Determiner

Jenis determiner (Sumber: Pexels)

Setelah mengetahui definisi dan pengertian dari determiner, ada 10 jenis yang perlu Kawan Literasi ketahui yaitu sebagai berikut.

1. Definite Article 

Contoh determiner jenis ini adalah kata ‘the’ yang bisa digunakan untuk merujuk sesuatu yang sudah ada sebelumnya dan mendefinisikan objek tertentu. The juga bisa dipasangkan dengan klausa yang diawali dengan ‘only’, yang akhirnya menjadi ‘the only‘.

Contoh kalimat:

  • Raffi, you are the only one I have (Raffi, hanya kamu seorang yang aku punya)
  • I was walking past Ariel’s boutique, the boutique is really awesome (Saya sedang berjalan melewati toko bajunya Ariel, toko bajunya benar-benar bagus)

2. Indefinite Article

Jenis determiner ini sifatnya tidak pasti dan contoh katanya adalah ‘a/an’. ‘A’ digunakan saat kata selanjutnya diawali dengan huruf konsonan, sedangkan ‘an’ digunakan jika kata selanjutnya diawali dengan vokal atau huruf h yang pengucapannya samar.

Contoh kalimat:

  • He is a boy with many passions (Dia adalah seorang laki-laki dengan banyak keahlian)
  • Really, I was waiting for you for an hour (Sungguh, aku sudah menunggu satu jam)

3. Demonstratives

Demonstrative determiner adalah kata tunjuk yang memberikan tanda khusus berupa ukuran dekat atau jauhnya suatu benda dengan pembicara. Kata demonstrative determiner adalah ‘this, that, those, these

Contoh kalimat:

  • Is this your car? (Apakah ini mobilmu?)
  • Can you put me that’s eraser? (Bisakah kamu mengambilkan penghapus itu untukku?)

4. Difference Words

Dalam determiner, jenis ini digunakan untuk menunjukkan adanya bagian lain dari noun yang dibicarakan yang meliputi kata ‘other, another, else, any else’.

Contoh kalimat:

  • I don’t care if my friend or other stranger says I’m fool (Aku tidak peduli kalau temanku atau yang lainnya mengatakan aku bodoh)
  • I wouldn’t meet another guy like my brother ever (Aku tidak akan pernah bertemu pria lain seperti kakakku)

5. Distributives

Distributives determiner adalah kata yang digunakan untuk menunjuk satu atau seluruh bagian yang ada dalam kelompok. Contoh katanya adalah ‘each, any, either, or, every, nor, neither’

Contoh kalimat:

  • Each of the colleagues do the exam (Setiap mahasiswa mengerjakan ujian)
  • Neither you nor I have washed the clothes today (Baik kamu maupun aku tidak mencuci baju hari ini)

6. Interrogatives

Determiner jenis ini digunakan di dalam pertanyaan yang biasanya memberikan jawaban atas kalimat tanya, seperti kata ‘which

Contoh kalimat:

  • Which key do I need to open the classroom? (Kunci yang mana yang aku butuhkan untuk membuka kelas?)
  • Which one of these shoes will you buy? (Mana di antara sepatu-sepatu ini yang akan kamu beli?)

7. Possessives

Possessive determiner adalah kata yang digunakan untuk menyatakan sebuah kepemilikan terhadap benda, baik secara fisik atau abstrak.  Contoh kata jenis ini adalah ‘my, your, her, his, its, our, their, whose’.

Contoh kalimat:

  • Your dress are very incredible (Gaunmu sangat menakjubkan)
  • His mother is so beautiful with 70’s style (Ibunya sangat cantik dengan gaya 70 an)

8. Quantifiers

Quantifiers determiner adalah kata yang menyatakan ukuran secara kuantitas, tetapi tidak spesifik. Determiner jenis ini bisa digunakan untuk countable noun dan uncountable noun. Contoh kata yang biasa digunakan adalah ‘all, much, few, many, some’.

Contoh kalimat:

  • Many people think she’s the antagonist in the story (Banyak orang berpikir bahwa ia adalah tokoh jahat di dalam cerita)
  • Don’t forget to drink some medicine, you’ll be recover (Jangan lupa untuk makan beberapa obat, kamu akan menjadi pulih)

9. Pre-Determiners

Sering dianggap sama dengan quantifiers, tetapi jenis ini sebenarnya digunakan untuk menunjukkan kualitas benda. Contoh kata pre-determiners adalah ‘what, such, quite, rather, a bit’.

Contoh kalimat:

  • What a cool watch! Where did you buy it? (Keren banget jamnya! Dimana sih kamu membelinya?)
  • I just realized that She’s such a gorgeous woman! (Aku baru sadar bahwa dia wanita yang sangat cantik)

10. Number

Determiner ini digunakan dengan menyatakan suatu angka atau nilai pasti yang nilainya terukur dan hanya bisa digunakan untuk countable noun saja.

Contoh kalimat:

  • I need 4 kilos of palm sugar, please? (Saya butuh 4 kilo gula aren)
  • Sinta is looking for a dog to adopt (Sinta mencari satu anjing untuk diadopsi)

Baca juga: Apa itu Pronoun? Ketahui Jenis & Contoh Kalimat Lengkapnya

Itu dia pengertian dan 10 jenis determiner untuk membantu Kawan Literasi menyusun kalimat dalam bahasa Inggris secara utuh. Contoh kalimat penggunaan determiner bisa kalian kembangkan sendiri dan langsung bisa diterapkan untuk percakapan sehari-hari. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Apa Itu Determiner, Jenis, & Contoh Kalimatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]

    Trending

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh […]
    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]