1. Kelas 7 Bahasa Inggris

Determiner: Pengertian, Jenis, dan Contoh Penggunaannya

Kawan Literasi, sudah tahu dengan istilah yang satu ini? Biasanya ketika melakukan percakapan sehari-hari dalam bahasa Inggris, kata-kata dari istilah ini sering terucap, lho! Ketika kalian menyebutkan sebuah benda, determiner sering disematkan sebelum kata benda tersebut. 

Bagi kalian yang penasaran seperti apa determiner itu, yuk ikuti materi kali ini yang sudah Studio Literasi kumpulkan mengenai pengertian, jenis-jenis, dan contoh penggunaan determiner. Langsung saja kita cek materinya di bawah ini!

Apa Itu Determiner?

Mungkin Kawan Literasi ada yang masih asing dengan istilah determiner. Sebetulnya, determiner banyak digunakan dalam bahasa Inggris dan erat dengan kehidupan sehari-hari. Determiner adalah kata atau kelompok kata yang memperkenalkan suatu kata benda (noun) agar lebih jelas dan dimengerti maknanya. Biasanya, determiner disematkan sebelum kata benda, ya! Dan perlu diingat juga, determiner sering muncul sebelum kata sifat (adjective) lain yang menerangkan kata benda tersebut.

Nah, fungsi determiner adalah untuk memperjelas maksud dari kata benda tersebut dan membatasi maknanya. Akan tetapi, tidak semua kata yang berada di depan kata benda merupakan determiner. Karena ada juga kata sifat yang berada di depan kata benda. 

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 12 Maret 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 10 Maret 2024 at 7:11 am

    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs The post Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 8 Maret 2024 at 2:50 am

    Pasca kemerdekaan Indonesia, Indonesia tidak sepenuhnya merdeka, lho. Masih ada upaya-upaya Belanda ingin menjajah dan menduduki negara Indonesia. Maka dari itu, para pemuda Indonesia tidak ingin hal tersebut terjadi. Sehingga, terbentuklah Konferensi Meja Bundar (KMB) atau dalam bahasa Belanda disebut dengan Nederlands-Indonesische ronde tafel conferentie. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut konferensi The post Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya appeared first on Sma Studioliterasi.

Seperti yang sudah disebut di atas, determiner adalah kata yang sering muncul sebelum kata sifat. Selain itu, supaya lebih mudah diingat, perbedaan antara kata sifat dan determiner adalah kata sifat memberikan informasi mengenai kualitas dan kuantitas terhadap kata benda tersebut, sedangkan determiner memberikan informasi mengenai kuantitas atau kepemilikan benda tersebut.

Bagaimana Kawan Literasi, mudah bukan membedakannya? Setelah ini, mari kita pelajari jenis-jenis determiner yang wajib kalian ketahui. 

Jenis-Jenis Determiners dan Contoh Penggunaannya 

Jenis-Jenis Determiners (sumber: Pexels)
Jenis-Jenis Determiners (sumber: Pexels)

Berikutnya kita akan mengetahui ada apa saja jenis-jenis determiner yang bisa kalian gunakan sehari-hari. Namun, jenis-jenis determiner adalah jenis kata yang harus digunakan sesuai konteksnya, ya! Jadi, mari perhatikan lebih detail mengenai 9 jenis determiner di bawah ini.

1. Definite Article

Yang pertama jenis determiner adalah definite article. Definite article adalah artikel yang digunakan untuk menyebutkan kata benda secara spesifik. Selain itu, kalian dapat menggunakan ketika kalian yakin bahwa lawan bicara atau pembaca memahami apa maksud dari kata benda tersebut. 

Kata yang termasuk ke dalam definite article adalah “the”. Berikut contoh penggunaannya.

  • The cake is so delicious. (Kue ini sangat enak)

2. Demonstrative Determiner

Selanjutnya adalah demonstrative. Demonstrative determiner adalah salah satu jenis determiner yang digunakan untuk memberitahukan lokasi suatu benda dengan menggunakan jarak dan tanda. Karena itu, penggunaan demonstrative bergantung kepada jauh dan dekatnya benda terhadap pembicara. 

Dengan kata lain, ketika kalian ingin menunjuk benda atau orang secara spesifik, kalian bisa gunakan kata demonstrative.Kata yang termasuk ke dalam demonstrative adalah this, that, these, dan those”. Berikut contoh determiner adalah sebagai berikut.

1. Jarak Dekat (This dan These)

Gunakan kedua kata ini sebagai ungkapan bahwa benda tersebut dekat dengan si pembicara.  Nah, bedanya this dengan these ialah jika this hanya digunakan untuk singular (benda tunggal), sedangkan these hanya digunakan untuk plural (benda jamak). 

  • Is this your book? (Apakah ini bukumu?)
  • These clothes are mine. (Baju-baju ini milikku)

2. Jarak Jauh (That dan Those)

Sebaliknya dengan this dan these, That dan Those digunakan sebagai ungkapan bahwa benda atau orang tersebut jauh atau tidak terjangkau dengan si pembicara dan pendengar. Lanjut lagi, bedanya That dan Those ialah jika that  hanya digunakan  singular (benda tunggal), sedangkan those hanya digunakan untuk plural (benda jamak).

  • Hold on Guys, is that Mr. Anton? (Sebentar teman-teman, apakah itu Pak Anton?)
  • Those flowers are so beautiful. (Bunga-bunga itu sangat cantik)

3. Interrogative Determiner

Sudah pasti kamu nggak asing lagi dengan istilah in. Yes! Kalimat bertanya! Ternyata interrogative termasuk ke dalam determiner, lho! Interrogative adalah kata yang digunakan untuk memberikan pertanyaan secara  langsung atau tidak langsung.

Ada 3 jenis interrogative, yaitu what, which, dan whose. What digunakan untuk menanyakan hal secara umum, which digunakan untuk menanyakan hal yang spesifik, sedangkan whose digunakan untuk menanyakan kepemilikan.

  • What prize do you want? (Apa hadiah yang kamu inginkan?)
  • Which flavor do you want to try? (Apa rasa yang kamu ingin coba?)
  • Whose car is that? (Mobil milik siapa itu?)

4. Possessive Determiner

Mari kita lanjut ke jenis determiner yang satu ini. Possessive determiner adalah kata yang digunakan untuk menyatakan kepemilikan. Namun, sebetulnya possessive determiner dapat juga disebut sebagai pronouns, lho! 

Kata-kata yang termasuk possessives determiner adalah your, my, his, her, their, its, dan our. Yuk cek contoh penggunaannya di bawah ini!

  • Your cat is cute! (Kucingmu lucu)
  • That is her car. (Mobil itu miliknya)

5. Quantifier Determiner

Selanjutnya, jenis yang termasuk ke dalam determiner adalah quantifiers! Kalian pernah dengar istilah ini? Quantifiers adalah kata yang digunakan untuk menyebutkan kuantitas atau pembilang. Kata-kata yang termasuk ke dalam quantifiers adalah some, any, many, a few, little, much, more, most, enough, dan a lot of. 

Contoh penggunaan quantifiers bisa kalian cek di bawah ini.

  • My mother has many shoes. (Ibuku punya banyak sepatu)

6. Distributive Determiner

Ketika kalian ingin membicarakan satu atau seluruh isi dari suatu grup, kalian dapat menggunakan distributive. Jadi, distributive adalah kata yang digunakan untuk mewakili seseorang atau benda dari grup atau keseluruhan grup tersebut. Kata-kata yang termasuk ke dalam distributive, yaitu every, half, all, both, neither, either, dan each.

Cek contoh penggunaannya di bawah ini.

  • Each of the students received a book. (Setiap anak mendapatkan buku)

7. Indefinite Article Determiner

Jika sebelumnya kalian sudah mengetahui definite article, sekarang kita pelajari mengenai keterbalikannya, yaitu indefinite article. Indefinite article adalah artikel tak tentu yang digunakan untuk merujuk secara umum kata benda tersebut. Namun, perlu diingat ya ketika menggunakan indefinite article lawan bicara tidak harus mengetahui secara spesifik benda tersebut. Sehingga penggunaan artikel ini hanya menunjukkan bahwa benda tersebut ada.

Kata-kata yang termasuk ke dalam indefinite article yaitu a, an, any, other, another, whatever, dan what.  Yuk lihat contoh penggunaannya di bawah ini.

  • I will buy an apartment next month. (Aku ingin beli sebuah apartemen bulan depan)

8. Difference Words Determiner

Berikutnya, jenis yang termasuk ke dalam determiner adalah difference words. Sesuai dengan namanya, difference words adalah kata yang digunakan untuk memberitahu pendengar bahwa ada hal di luar noun yang tengah dibicarakan. Kata-kata yang termasuk ke dalam difference words adalah other, else, any else, dan another. 

Contoh penggunaan difference words adalah sebagai berikut.

  • I want to eat another food. (Aku mau makan makanan yang lain)

9. Pre-determiners 

Yang terakhir ada pre-determiners. Pre-determiner adalah determiner yang letaknya mendahului determiner lainnya. Nah, biasanya digunakan untuk memodifikasi sebuah noun. Perlu diingat bahwa pre-determiner ada rumusnya, lho! Tapi tenang saja, rumusnya mudah kok. Cukup hafalkan: indefinite article + adjective + noun. 

Selain itu, pre-determiners dikategorikan menjadi 4 bagian, yaitu:

1. Fractions

Merupakan kata untuk menunjukkan bentuk pecahan. Dan biasanya bertujuan untuk merujuk bagian atau sebagian dari keseluruhan benda tersebut. Kata-kata yang termasuk ke dalam fractions, antara lain: two-thirds, two-fifth, dan lainnya.

Contoh:

  • He ate two-thirds of my pizza. (Dia sudah makan dua per tiga pizzaku)

2. Multipliers

Merupakan kata untuk menunjukkan berapa kali sesuatu berlipatganda. Kata-kata yang termasuk ke dalamnya, seperti three times, double, twice, dan lain-lain. 

Contoh:

  • He visited me twice in this week. (Dia mengunjungi aku dua kali di minggu ini)

3. Exclamative

Merupakan kata untuk mengagumi sesuatu dan biasanya tanda seru ada di akhir.

Contoh:

  • Wow! How smart you are! (Wow! Betapa pintarnya kamu!)

4. Intensifiers

Merupakan kata yang digunakan sebagai penguat noun atau adjective. Kata-kata yang termasuk ke dalamnya, seperti such, rather, quite, dan what.

Contoh:

  • You are such a baby. (Kamu seperti bayi)

Baca Juga: Asking for Attention: Pengertian, Contoh, & Cara Penggunaan

Bagaimana Kawan Literasi, sangat mudah bukan? Ternyata determiner adalah kata-kata yang sering kali muncul dan digunakan dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari. Nah, setelah kalian mengetahui cara penggunaannya, yuk pakai determiner dalam percakapan sehari-hari kalian! Selamat mencoba!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Determiner: Pengertian, Jenis, dan Contoh Penggunaannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]

    Trending

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh […]
    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]