Lutfi Maulida Menulis adalah seni berbagi cerita

Sholat Tahajud: Niat, Waktu, Tata Cara, Doa

3 min read

Sholat Tahajud
Sholat Tahajud, foto oleh Bersamadakwah Net

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada sepertiga malam dan memiliki keutamaan serta pelaksanaannya dianjurkan bagi umat muslim. Doa sholat tahajud sebaiknya selalu dibaca setiap pelaksanaan sholat. Sholat tahajud dalam bahasa arab disebut Sholatun Lail, artinya sholat malam.

Studio Literasi akan membahas mengenai doa sholat tahajud, waktu pelaksanaan sholat, dan tata caranya. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Doa Sholat Tahajud

Berikut doa sholat tahajud dan artinya yang diriwayatkan oleh HR. Bukhari dan Muslim.

Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samawati wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa’dukal haq. Wa liqa’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan naru haq. Wan nabiyyuna haq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haq. Was sa’atu haq.

Allâhumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirli ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a’lantu, wa ma anta a’lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.

Artinya:

Ya Allah, Tuhan kami Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.

Doa sholat tahajud ini disunnahkan untuk dibaca untuk memohon ampun dan meminta petunjuk kepada Allah SWT.

Waktu Pelaksanaan Sholat Tahajud

Sholat Tahajud
Sholat Tahajud, foto oleh Hot Liputan6 Com

Terdapat dua perbedaan pendapat dari ulama tentang waktu pelaksanaan sholat ini. Ada yang berpendapat bahwa sholat sunnah tahajud dilaksanakan setelah bangun tidur di malam hari. Namun ada juga ulama yang berpendapat bahwa sholat sunnah tahajud boleh dilaksanakan tanpa harus tidur terlebih dahulu.

Anda bisa melaksanakan sholat malam dalam rentang waktu setelah isya’ hingga sebelum masuknya waktu subuh. Terdapat tiga pilihan waktu, yaitu di sepertiga malam pertama, sepertiga malam kedua, dan sepertiga malam terakhir. Namun waktu yang paling dianjurkan adalah di sepertiga malam terakhir.

Bagi umat muslim yang menjalankan sholat sunnah tahajud secara rutin setiap malam, Allah akan memberikan pahala yang berlimpah karena sholat ini adalah salah satu sholat yang memiliki keutamaan.

Di saat orang lain terlelap dalam tidurnya, lalu Anda bangun untuk menjalankan sholat malam, dengan keadaan yang sunyi dan tenang, Anda akan lebih khusyuk untuk memohon dan berdoa kepada Allah SWT.

Allah telah memerintahkan kepada umat muslim untuk menjalankan sholat sunnah tahajud, yaitu tertulis dalam surat As-Sajdah ayat 16-17 yang artinya sebagai berikut.

“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezeki yang Kami berikan.” (ayat 16)

“Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.” (ayat 17)

Keutamaan Sholat Tahajud

Allah memerintahkan umat muslim untuk menjalankan sholat malam untuk berdoa kepada Allah agar terhindar dari api neraka dan bershodaqoh atas sebagian hartanya karena Allah. Selain itu, bagi hamba-Nya yang menjalankan sholat malam dengan istiqomah, maka Allah akan menjanjikannya surga.

Niat Sholat Tahajud

Setiap kali sebelum melakukan sholat, kewajiban yang harus dilakukan adalah niat. Dengan membaca niat, ibadah kita akan menjadi sempurna. Berikut ini adalah niat sholat sunnah tahajud.

“Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala”

Artinya:

“Aku niat sholat sunnah tahajud 2 rakaat dengan menghadap kiblat, karena Allah ta’ala”

Tata Cara Sholat Tahajud

Menurut pendapat beberapa ulama, jika sudah mengerjakan sholat tarawih berjamaah, sholat sunnah tahajud sebaiknya dilakukan secara sendiri.

Sholat sunnnah tahajud dilaksanakan 2 rakaat 2 rakaat dengan jumlah rakaat tak terbatas. Namun menurut HR Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW tidak pernah melaksanakan sholat sunnah tahajud lebih dari 11 atau 13 rakaat (dengan witir).

“Nabi Muhammad SAW biasa mengerjakan sholat malam sebanyak 13 rakaat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain itu, Rasulullah SAW juga bersabda:

“Sholat malam atau sholat tahajud itu 2 rakaat 2 rakaat. Jika salah seorang dari kalian khawatir akan masuk waktu subuh, maka hendaklah lakukan sholat sunnah witir 1 rakaat sebagai penutup yang menjadi sholat yang sudah dilakukan sebelumnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Secara umum, tata cara sholat sunnah tahajud hampir sama dengan sholat fardlu, bedanya hanya terletak pada niatnya. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Rakaat Pertama

  • Membaca niat sholat tahajud
  • Mengucapkan takbir
  • Membaca doa iftitah
  • Membaca surat Al-Fatihah
  • Membaca surat pendek 
  • Ruku’ dan membaca do’a ruku’
  • I’tidal dan membaca doa i’tidal
  • Sujud pertama dan membaca doa sujud
  • Duduk di antara 2 sujud 
  • Sujud kedua dan membaca doa sujud
  • Berdiri kembali

2. Rakaat Kedua

  • Membaca surat Al-Fatihah
  • Membaca surat pendek
  • Ruku’ dan membaca do’a ruku’
  • I’tidal dan membaca doa i’tidal
  • Sujud pertama dan membaca doa sujud
  • Duduk di antara 2 sujud 
  • Sujud kedua dan membaca doa sujud
  • Membaca tahiyat akhir
  • Salam
  • Membaca doa sholat tahajud dan dzikir setelah sholat 

Demikianlah penjabaran mengenai doa sholat tahajud, waktu pelaksanaan sholat, keutamaan, dan tata cara melaksanakannya. Sebagai seorang muslim, Anda bisa mencoba mempraktekkan sholat sunnah ini di malam hari untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dan agar doa Anda diijabahi. Mengerjakan sholat sunnah tahajud dianjurkan untuk menambahkan 1 sholat witir sebagai penutup agar sholat lebih sempurna.

Baca Juga: Kumpulan Bacaan Sholawat Nabi

Last Updated on November 18, 2020

Lutfi Maulida
Lutfi Maulida Menulis adalah seni berbagi cerita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top