1. Kelas 7 PKN

Macam-Macam Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Masyarakat Indonesia memiliki keberagaman yang unik dan merupakan wujud keberagaman dan anugerah dari Tuhan yang patut disyukuri. Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia adalah penyebab terjadinya hal tersebut. Apa saja faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia? Simak penjelasannya pada artikel Studio Literasi berikut ini.

Macam-Macam Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Jumlah pulau di Indonesia mencapai sekitar 13.466 pulau. Pada sebagian besar pulau, terdapat penduduk yang hidup dan tumbuh yang menjadi satu kesatuan suku bangsa sehingga hal tersebut menyebabkan keberagaman masyarakat di Indonesia. Untuk itu, prinsip Bhinneka Tunggal Ika harus selalu diterapkan. Berikut beberapa macam faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia.

1. Sejarah

Indonesia telah dijajah oleh negara-negara asing seperti Portugis, Spanyol, Inggris, dan Belanda. Akibatnya, terjadi perkawinan antara bangsa asing dengan bangsa Indonesia, sehingga keturunannya menjadi beragam. Kedatangan para penjajah juga berpengaruh pada terciptanya berbagai makanan dan minuman yang beragam. Tidak hanya itu, pengaruh bangsa asing juga tampak pada keberagaman pakaian, arsitektur, seni, dan masih banyak lagi. 

2. Adat Istiadat

Salah satu faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia adalah adat istiadat. Masyarakat Indonesia pada setiap daerahnya memiliki adat istiadatnya sendiri seperti gaya pakaian, bentuk rumah, upacara perkawinan, dan sebagainya. Tidak hanya adat istiadat, begitu juga dalam kesenian seperti tari, alat musik, seni rupa, dan sebagainya.

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

3. Agama

Salah satu faktor keberagaman masyarakat Indonesia adalah kepercayaan atau religi seperti animisme, dinamisme, dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa disebarkan bangsa asing. Contohnya seperti bangsa Tiongkok yang mengajarkan agama 

4. Letak Geografis

Indonesia berada di antara dua samudra dan dua benua dan merupakan bagian tengah jalur perdagangan dunia sehingga dapat disebut strategis. Banyak pedagang dari berbagai negara yang datang membawa kebudayaan yang berpotensi menimbulkan akulturasi sehingga menjadi salah satu faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia.

5. Lingkungan Alam

Terjadinya fenomena alam seperti gunung meletus dan gempa bumi menyebabkan banyak masyarakat melakukan transmigrasi dari suatu daerah ke daerah lain. Penduduk yang datang ke daerah baru akan beradaptasi dengan penduduk setempat sehingga muncul kebudayaan dan kebiasaan baru yang menyebabkan berkembangnya keberagaman di Indonesia.

6. Transportasi dan Komunikasi

Masyarakat dapat dengan mudah berhubungan dengan masyarakat lainnya karena kemudahan sarana transportasi dan komunikasi. Sementara sarana yang terbatas dapat menyulitkan masyarakat dalam berkomunikasi dan berhubungan dengan masyarakat lainnya. Kedua perbandingan tersebut merupakan bukti bahwa transportasi dan komunikasi merupakan salah satu faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia.

7. Iklim

Siapa sangka bahwa iklim mampu menjadi salah satu faktor penyebab keberagaman di Indonesia. Iklim gunung yang berhawa dingin cocok untuk pertanian dan perkebunan sehingga banyak masyarakat bermata pencaharian petani. Sedangkan iklim di pantai membuat masyarakat sekitar bekerja sebagai nelayan. Contoh tersebut membuktikan bahwa iklim yang berbeda menyebabkan keberagaman mata pencaharian atau jenis pekerjaan di Indonesia.

8. Perubahan Nilai dan Sikap 

Salah satu faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia adalah perilaku masyarakat Indonesia yang kian menjadi multikultural karena menerima banyak kebudayaan. Contohnya seperti masyarakat pedalaman sebagian cenderung sulit menerima hal baru. Berbeda dengan masyarakat perkotaan yang lebih mudah menerima hal atau budaya baru.

Nah, itu tadi macam-macam faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia. Sebagai masyarakat yang baik, hendaknya kita tetap menjaga kerukunan dan persatuan dengan sesama meskipun kita memiliki banyak keberagaman yang membedakan. Semoga setelah membaca artikel Studio Literasi kali ini kamu dapat dengan lancar menjelaskan ketika diminta untuk sebutkan faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Macam-Macam Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]