1. Kelas 9 IPA

Fungsi Sistem Ekskresi Pada Manusia & Cara Jaganya!

Banyak hal yang tubuh lakukan agar terhindar dari gangguan kesehatan, salah satunya dengan proses ekskresi. Pengertian dari ekskresi sendiri merupakan cara untuk membuang sisa metabolisme tubuh ibaratnya membuang racun yang ada pada tubuh. Dalam prosesnya, manusia membutuhkan peran berbagai anggota tubuh agar bisa bekerja dengan maksimal.

Buat, Sobat Literasi yang ingin tahu lebih jelas mengenai fungsi sistem ekskresi pada manusia. Selengkapnya ada pada artikel ini!

Bagaimana Cara Kerja Proses Ekskresi!

Sumber: Unsplash.com

Pertama dengan ginjal yang memproses darah yang mengalir melalui pembuluh darah  (glomerulus). Lalu, menyaring darah untuk menghilangkan kotoran, seperti urea dan asam urat. Ini tujuannya untuk memastikan elektrolit dan cairan dalam tubuh seimbang.

Selepas semuanya tersaring semua unsur tersebut menuju saluran keluar (tubulus renal). Dari saluran tersebut ada beberapa zat yang berguna, antara lain glukosa dan asam amino terambil kembali oleh tubulus dan kembali ke dalam darah manusia.

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Karena 2 hal ini terutama, glukosa yang mengandung gula diolah pada ginjal inilah yang akan keluar melalui dua ureter dan kandung kemih. Setelah itu mengirim ke otak manusia berupa tanda untuk buang air kecil.

Ada juga organ lainnya seperti hati, paru-paru, dan kulit. Hati membantu pada proses ekskresi. Paru-paru berperan dalam mengeluarkan gas seperti karbon dioksida dan air dari tubuh melalui pernapasan. Hati berperan beberapa hal, seperti memproduksi empedu, mengubah amonia menjadi urea dan menjaga infeksi dengan cara menyaring bakteri yang ada pada aliran darah tujuannya sebagai proteksi tubuh. Selain itu, kulit membantu mengeluarkan air dan elektrolit melalui keringat.

Dari sinilah kita dapat menyimpulkan kalau fungsi sistem ekskresi pada manusia adalah untuk menjaga keseimbangan cairan, elektrolit dalam tubuh, sehingga bisa menjaga kesehatan dan kestabilan pada tubuh.

 Baca Juga: Yuk, Kenali Apa Saja Organ Gerak Hewan dan Fungsinya

Apa yang Terjadi Jika Adanya Gangguan Pada Proses Ekskresi?

Jika ditemukan adanya gangguan saat ekskresi. Maka bisa terjadinya beberapa penyakit berikut ini:

1. Gagal Ginjal

Sumber: Unsplash.com

Kalau ginjal tidak memiliki kemampuan untuk cukup menyaring limbah dari darah. Maka dapat terjadinya penyakit gagal ginjal. Karena terjadinya racun dan cairan yang membahayakan tubuh. Bisa berakibat fatal jika tidak segera  atau penangannya kurang tepat. 

Kalau sudah parah cara mengatasinya harus melalui cuci darah rutin dan transplantasi ginjal (tergantung dengan keadaan ginjal). Selain, gagal ginjal ada juga batu ginjal.

2. Diabetes Insipidus

Sumber: Unsplash.com

Mungkin kamu tidak menyadari kalau pada tubuh kita terdapat hormon ADH yaitu, hormon yang bisa mendiagnosis dan menentukan penyebab kekurangan atau kelebihan hormon antidiuretic. Hormon ADH bisa diproduksi dengan cara operasi, melepas beban dan stress. Semakin banyak ADH yang maka akan semakin banyak yang terserap oleh air.

Waspadalah, jika kadar ADH berkurang karena inilah salah satu penyebab penyakit diabetes insipidus. Karena dapat mengentalkan darah sehingga urin yang dihasilkan kental. Maka tidak heran penderitanya sering merasakan haus.

3. Asma

Sumber: Unsplash.com

Ketika adanya penyempitan saluran pernapasan pada paru-paru. Bisa berakibat sesak dan sulit bernapas. Pada sistem ekskresi, asma dapat terjadi jika menyerang ginjal dan paru-paru sehingga bikin  tubuh mengalami kesulitan mengeluarkan racun dan keseimbangan proses metabolisme. Salah satu cara mengobatinya dengan konsumsi makanan dan minuman yang memiliki gizi yang seimbang.

4. Jerawat

Sumber: Unsplash.com

Walau bukan karena keringat yang dibuat saat eksresi. Tapi, jika  keringat menumpuk dapat mengakibatkan munculnya bakteri yang menyebabkan jerawat dan bisa berakibat iritasi dan munculnya jerawat yang lebih parah. Terlebih kalau kita menyentuhnya dengan kondisi tangan yang kotor.

5. Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)

Sumber: Unsplash.com

Bila terjadi masalah ekskresi pada paru-paru salah satu akibat yang ditimbulkan terjadinya penyakit penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Penyakit ini bisa terjadi karena tidak bisa membuang karbondioksida secara normal. Hal ini mengakibatkan Anda seperti kesulitan bernapas. Salah satu contoh dari penyakit PPOK yakni, bronkitis kronis.

6. Kutu Air

Sumber: Unsplash.com

Selain jerawat penyakit kulit yang bisa terjadi karena proses ekskresi yakni, Kutu Air. Bisa terjadi karena keringat pada kulit tidak bisa keluar dengan semestinya dan bila kulit lembab, area tersebut menjadi tempat bersarangnya jamur untuk berkembang biak. Kutu air sendiri merupakan penyakit infeksi jamur yang bisa bikin kulit gatal dan bersisik.

Baca Juga: Sistem Ekskresi Manusia: Pengertian, Karakteristik & Bagian

Cara Agar Proses Ekskresi Tetap Baik

Supaya tidak mengganggu proses ekskresi pada tubuh. Ada beberapa cara berikut yang bisa kamu lakukan:

  • Kurangi minuman yang mengandung gula

Karena gula mengandung glukosa yang bisa menghasilkan urine. Kalau terlalu banyak mengkonsumsinya membuat kamu semakin bolak-balik untuk buang air kecil. Nah, kalau terlalu sering bisa mengakibatkan infeksi pada saluran kemih dan meningkatkan batu ginjal karena dehidrasi yang kamu rasakan. Ini juga termasuk untuk minuman berkafein.

  • Tidak menahan buang air kecil

Jika kamu merasa ingin buang air kecil lakukan dengan segera. Karena jika menahannya terlalu lama. Maka bisa berakibat terjadinya batu ginjal, pengosongan urine yang tidak sempurna dan pastinya infeksi saluran kemih. Hal ini karena otot mengembang dan terasa penuh ketika kamu menahan urine yang seharusnya dibuang.

  • Minum air putih

Mengingat banyak penyakit yang terjadi karena dehidrasi yang termasuk gangguan proses ekskresi. Salah satu hal yang sangat dianjurkan yaitu, memperbanyak minum air putih sebanyak 8 gelas 1 harinya. Sebab urine yang berwarna bening yang artinya tidak membuat kita sering buang air kecil, tidak mengeluarkan aroma yang tidak sedap dan bisa terhindar dari penyakit.

Baca Juga: Sistem Pencernaan Manusia

Satu hal kesimpulan dari semua aspek yang ada pada artikel ini bahwa fungsi sistem ekskresi pada manusia adalah untuk membuang racun tubuh dengan maksimal sehingga tidak mudah terkena penyakit. Oh, iya Sobat Literasi harus tahu dan aware dengan apa yang terjadi dan yang harus lakukan agar proses ekskresi pada tubuh Sobat tetap terjaga dengan baik.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Fungsi Sistem Ekskresi Pada Manusia & Cara Jaganya!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]