1. Kelas 7 Bahasa Indonesia

Gagasan Utama: Kenali Definisi, Jenis, dan Cara Menemukannya

Menemukan gagasan utama sangat penting untuk bisa memahami teks atau paragraf yang kamu baca. Gagasan utama akan sangat membantu untuk mengingat konten bacaan secara garis besar. Namun, beberapa orang kerap kesulitan untuk menentukan gagasan utama dari suatu bacaan. Jika kamu salah satunya, jangan khawatir. Simak artikel Studio Literasi kali ini sampai habis untuk memahami lebih dalam tentang gagasan utama. 

Pengertian Gagasan Utama

Sumber: istock photo

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gagasan merupakan ide atau hasil pemikiran yang menjadi dasar atau tumpuan untuk pemikiran selanjutnya. Gagasan utama adalah unsur terpenting dari suatu kalimat atau paragraf karena mengandung pesan yang ingin disampaikan seorang penulis. Gagasan utama kerap kali disebut sebagai gagasan pokok, ide pokok, atau pikiran utama. 

Gagasan utama bisa saja tertulis secara eksplisit maupun implisit dalam suatu paragraf. Tentu akan lebih sulit jika gagasan utama bacaan disampaikan secara implisit atau tersirat.  Agar lebih mudah, ikuti beberapa langkah berikut untuk menentukan gagasan utama.

Baca juga: Apa itu Kalimat Aktif? Kenali Unsur, Jenis, hingga Contohnya

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 12 Maret 2024 at 12:34 am

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu The post Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 10 Maret 2024 at 7:11 am

    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs The post Mengenal Lebih Jauh Proses terjadinya Pelangi appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 8 Maret 2024 at 2:50 am

    Pasca kemerdekaan Indonesia, Indonesia tidak sepenuhnya merdeka, lho. Masih ada upaya-upaya Belanda ingin menjajah dan menduduki negara Indonesia. Maka dari itu, para pemuda Indonesia tidak ingin hal tersebut terjadi. Sehingga, terbentuklah Konferensi Meja Bundar (KMB) atau dalam bahasa Belanda disebut dengan Nederlands-Indonesische ronde tafel conferentie. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut konferensi The post Konferensi Meja Bundar: Latar Belakang, Tujuan & Dampaknya appeared first on Sma Studioliterasi.

Cara Menentukan Gagasan Utama

Sumber: wallpaperflare

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk menemukan gagasan utama dari paragraf atau teks yang kamu baca. 

1 Tentukan Topik Umum Bacaan

Langkah pertama menentukan gagasan utama adalah mencari garis besar topik yang sedang didiskusikan. Sebelum itu, kamu perlu membaca paragraf atau bacaan tersebut secara menyeluruh. Lalu, kamu bisa mencoba mempertanyakan ‘siapa’ atau ‘apa’ yang sedang dibahas dalam paragraf tersebut. Misalnya, topik paragraf yang sedang kamu baca adalah mengenai “Penyebab bencana banjir” atau “Dampak media terhadap gaya hidup”. 

2 Meringkas Teks Bacaan

Setelah membaca keseluruhan paragraf, kamu bisa merangkum atau meringkas bacaan tersebut sesuai dengan kalimatmu sendiri dalam satu kalimat. Hal ini akan memudahkan untuk memahami inti pembahasan paragraf tersebut. 

3 Perhatikan Kalimat Pertama atau Kalimat Terakhir Paragraf

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan yaitu memperhatikan kalimat awal dan akhir paragraf. Sebab, penulis seringkali meletakkan ide pokok pembahasan pada salah satu dari kalimat tersebut. Namun, kamu perlu berhati-hati dengan adanya kata konjungsi tetapi, meskipun, sebaliknya, atau sedangkan. Sebab, biasanya kalimat kedua yang didahului konjungsi-konjungsi tersebut berisikan gagasan utama yang sebenarnya. 

Baca juga: Struktur Teks Laporan Hasil Observasi beserta Contohnya

Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Gagasan Utama

Sumber: istockphoto

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, letak gagasan utama bisa jadi terletak di awal atau akhir suatu paragraf. Namun, ada pula gagasan utama yang terletak di keduanya. Berdasarkan letak gagasan utamanya, suatu paragraf dapat terbagi menjadi 3 jenis, diantaranya sebagai berikut: 

1 Paragraf Induktif

Paragraf ini memiliki pola pengembangan khusus ke umum, yang mana gagasan pokoknya berada di akhir paragraf. Kalimat-kalimat awal hingga pertengahan paragraf ini merupakan kalimat penjelas, yang merupakan pendukung dari kalimat utama. Contohnya yaitu: 

Daun pepaya bermanfaat menjadi jamu yang berkhasiat menambah nafsu makan. Selain itu, daun pepaya juga bisa menjadi pilihan sayuran yang lezat. Bunga daun pepaya pun bisa dimasak menjadi oseng-oseng. Tidak lupa, buahnya yang bercita rasa manis pun juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Selain daun, bunga, dan buah, biji buah pepaya juga memiliki zat yang konon bisa mengobati penyakit cacingan pada anak. Ternyata, buah pepaya tidak hanya lezat, namun juga memiliki banyak manfaat di setiap bagian tanamannya. 

Gagasan utama paragraf tersebut dapat ditemukan di kalimat terakhir, yaitu manfaat tanaman pepaya. 

Baca juga: Yuk, Kenali Unsur 5W 1H dalam Penulisan Teks Berita!

2 Paragraf Deduktif 

Paragraf deduktif memiliki gagasan pokok yang berada di awal paragraf. Pola pengembangannya berkebalikan dengan paragraf induktif, yaitu dari pola umum ke khusus. Simak contoh berikut ini: 

Dalam hal mitigasi, Singapura adalah salah satu negara yang sangat siaga dalam menghadapi COVID-19 sejak awal virus merebak. Sebelum virus dari Wuhan ini mendunia dan negara China memutuskan melakukan isolasi, pemerintah Singapura sudah memperingati para warga dengan melakukan pendataan para warga negara yang baru pulang dari China. Padahal, kasus penyakit yang disebabkan virus tersebut belum resmi terkonfirmasi, baik dari pemerintah China maupun WHO.

Pada paragraf tersebut, gagasan utamanya adalah kesiapan Singapura dalam memitigasi penyebaran Covid-19, terletak pada kalimat pertama paragraf. 

3 Paragraf Deduktif-Induktif (Campuran)

Gagasan utama paragraf ini terletak pada awal dan akhir paragraf, biasanya berupa pengulangan. Di awal paragraf, ide pokok biasanya menjelaskan informasi umum, kemudian di akhir, kalimat yang berisi ide pokok tersebut menjadi kesimpulan atau penegasan informasi. Contoh paragrafnya adalah sebagai berikut: 

Para petani di wilayah Bantul terancam gagal panen. Sebab, banjir menimpa sawah seluas 20 hektar tersebut. Padi yang memang belum waktunya dipanen harus diselamatkan dengan panen dini. Biaya yang dikeluarkan juga tidak murah. Oleh karena itu, para petani cukup stres dan sangat berharap ada bantuan dari pemerintah. Gagal panen ini mengancam para petani di wilayah sekitar Bantul. 

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ancaman gagal panen di wilayah Banguntapan.

Baca juga: Apa itu Kalimat Utama? Definisi, Jenis & Cara Menentukannya

Berikut tadi pembahasan tentang gagasan utama kali ini, lengkap dari pengertian, jenis paragraf, cara menemukan, hingga latihan soalnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk Kawan Literasi!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Gagasan Utama: Kenali Definisi, Jenis, dan Cara Menemukannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]

    Trending

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh […]
    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]