1. Kelas 8 IPA

4 Gangguan Sistem Ekskresi dan Cara Mencegahnya

Pada pembahasan sebelumnya, studio literasi sudah menjelaskan tentang apa itu sistem ekskresi itu. Sistem ekskresi adalah proses pembuangan zat-zat tidak berguna yang dihasilkan oleh berbagai sistem di dalam tubuh. Nah, sistem ini bertanggung jawab untuk mengeluarkan limbah tersebut ke luar tubuh. Jika proses tersebut tidak berjalan dengan baik, maka akan terjadi gangguan sistem ekskresi.

Sistem ini biasanya terdiri dari ginjal dan saluran kemih. Selain itu, jalur ekskresi yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan cairan yang tidak dibutuhkan tubuh manusia adalah urin. Fungsi lain dari sistem ini adalah untuk mengatur kadar air dan cairan tubuh.

Kali ini kita akan membahas tentang gangguan sistem ekskresi pada manusia dan beberapa cara untuk merawatnya. Yuk, simak artikelnya.

Gangguan Sistem Ekskresi

Gangguan Sistem Ekskresi
Gangguan Sistem Ekskresi , Foto Oleh kompas

Berikut ini beberapa gangguan sistem ekskresi yang mungkin terjadi jika tidak dirawat dengan baik. 

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

1. Gagal ginjal

Salah satu fungsi utama ginjal adalah membersihkan darah, membuang zat-zat toksik dan membersihkan tubuh. Namun, jika fungsi ginjal terganggu, maka ginjal tidak berfungsi dengan baik untuk menyaring atau memurnikan darah. Penyebabnya bisa karena gangguan sejak lahir atau oleh faktor eksternal lainnya. 

Karena darah tidak bisa disaring, maka zat-zat beracun yang seharusnya sudah dikeluarkan dari tubuh melalui proses pemurnian justru menumpuk dan mengendap di dalam tubuh. Hal ini lah yang membuat gagal ginjal termasuk penyakit yang relatif serius karena racun yang menumpuk di dalam tubuh dan meningkatkan tekanan darah.

Untuk pengobatannya, para penderita gagal ginjal memerlukan dialisis atau transplantasi ginjal.

Gejala gagal ginjal

Gejala awal ketika ginjal mulai gagal berfungsi adalah sebagai berikut: 

  • Kram otot
  • Insomnia 
  • Sesak nafas
  • Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki
  • Masalah buang air kecil

2. Cystitis (Sistitis)

Sistitis sering dikenal sebagai radang kandung kemih. Pada sebagian besar kasus, peradangan ini disebabkan oleh bakteri yang bersarang di uretra, vagina atau dalam kasus yang lebih ekstrim di ginjal.

Pengobatan pada fase awal sangat penting karena jika tidak cepat tanggap, infeksi dapat menyebar ke ginjal. Ini adalah kondisi yang sangat mengganggu dan bahkan menyakitkan, khususnya saat buang air kecil. 

Gejala sistitis

Gejala sistitis yang paling umum adalah sebagai berikut: 

  • Ingin buang air kecil terus-menerus
  • Sensasi terbakar saat buang air kecil
  • Ada darah dalam urin
  • Nyeri di daerah panggul
  • Demam ringan

3. Batu ginjal

Batu ginjal merupakan penyakit dimana ada sejenis endapan yang terbuat dari mineral dan garam yang berkembang di dalam ginjal. Penyebabnya sangat bervariasi, salah satunya yaitu penumpukan garam atau kristal kemih didalamnya.

Batu ginjal bisa terbentuk di area manapun di saluran kemih, mulai dari kandung kemih hingga ginjal. Hal ini dapat menyebabkan perdarahan, infeksi sekunder, atau masalah lain yang mengganggu fungsi sistem ini.

Gejala batu ginjal

Keberadaan batu ginjal tidak menyebabkan masalah kesehatan yang serius jika didiagnosis dengan benar dan tepat. 

Mendeteksi batu ginjal relatif mudah karena gejalanya sangat mudah dilihat:

  • Nyeri dari perut dan selangkangan
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Mual
  • Sering buang air kecil 
  • Demam

4. Nefritis

Nefritis adalah peradangan yang terjadi pada satu atau kedua ginjal sekaligus. Sebagian besar kasusnya disebabkan oleh infeksi.

Nefritis mempengaruhi fungsi ginjal, sehingga mengurangi kemampuan ginjal untuk menyaring darah. Walau penyakit ini bisa terjadi pada orang dari segala usia, nefritis umumnya terjadi pada anak-anak dan remaja.

Gejala Nefritis

Gejala-gejala yang dapat mendeteksi nefritis adalah sebagai berikut: 

  • Adanya darah dalam urin
  • Tekanan darah tinggi
  • Tidak enak badan
  • Nyeri punggung yang parah
  • Mudah mengantuk dan kelelahan tanpa sebab yang jelas
  • Edema (pembengkakan)

4 Tips untuk mencegah gangguan sistem ekskresi

mencegah gangguan sistem ekskresi
mencegah gangguan sistem ekskresi, Foto Oleh Unsplash

Menjaga dan merawat sistem ekskresi sangatlah penting karena sistem ini memiliki fungsi penting untuk menghilangkan semua elemen beracun yang tidak diperlukan tubuh.

Jadi, jika kumpulan organ ini tidak dirawat dengan benar, banyak gangguan sistem ekskresi yang bisa terjadi, seperti yang sudah disebutkan di atas. 

Berikut ini beberapa cara untuk merawat dan mencegah gangguan sistem ekskresi:

1. Hidrasi

Minum cukup air setiap hari merupakan hal yang sangat penting. Dengan cukup minum air, ginjal bisa tetap terhidrasi dan menjalankan fungsinya dengan baik. 

Idealnya, setiap hari seseorang minum air sebanyak dua liter. Selain itu, bisa juga ditambah dengan konsumsi buah dan sayur atau makanan dengan kadar air yang tinggi.

2. Makanan dan minuman sehat

Untuk menjaga ginjal, selain minum air yang cukup, disarankan untuk menghindari konsumsi minuman beralkohol dan makanan pedas. Daging olahan dan makanan tinggi garam juga kurang baik untuk tubuh.

3. Kebersihan

Menjaga kebersihan tubuh yang baik tentunya sangat penting. Disarankan untuk melakukan eksfoliasi baik pada tubuh maupun wajah beberapa kali dalam seminggu untuk mengangkat sel-sel mati. Hal ini dapat meningkatkan pernapasan kulit dan pemisahan cairan bisa terjadi tanpa gangguan.

4. Melindungi kulit dari sinar matahari

Kulit merupakan salah satu organ yang juga termasuk dalam sistem ekskresi. Dianjurkan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari agar terhindar dari efek buruk UVA dan UVB.

Nah, kini kalian sudah tahu berbagai gangguan sistem ekskresi yang bisa terjadi pada tubuh manusia. Oleh karena itu, kita harus menjaga sistem ekskresi dengan benar agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut. 

Baca juga: Sistem Ekskresi

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 4 Gangguan Sistem Ekskresi dan Cara Mencegahnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]