Selsi Selvia Belajar dan mengajar melalui tulisan

Gejala Sosial

2 min read

Gejala Sosial
Gejala Sosial, Foto Oleh Yuksinau

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Dalam menjalankan hidupnya, mereka selalu membutuhkan sesamanya entah hanya untuk sekedar bersosialisasi ataupun membantu satu sama lain. Singkatnya, manusia harus berdampingan dengan lainnya agar dapat melangsungkan kehidupan. Hal ini tentunya dapat menimbulkan sebuah permasalahan seperti perbedaan individu satu dengan individu dua. Permasalahan yang timbul itu disebut dengan gejala sosial.

Pengertian Gejala Sosial

Pertama-tama kita bahas pengertian gejala sosial di masyarakat dulu, ya. Gejala sosial atau social symptom adalah fenomena sosial yang ditandai oleh timbulnya permasalahan sosial yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh tingkah laku manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

Perubahan sosial merupakan hal yang melatarbelakangi terjadinya fenomena sosial. Sayangnya, perubahan sosial tidak dapat kita hindari. Maka dari itu kita harus bisa mengantisipasi dan mencegah terjadinya hal ini di masyarakat.

Faktor Penyebab Gejala Sosial

Terdapat dua jenis faktor penyebab gejala sosial, yaitu faktor kultural dan faktor struktural.

Faktor Kultural

Faktor Kultural Pada Gejala Sosial
Penyebab Gejala Sosial, Foto Oleh Unsplash

Faktor kultural merupakan nilai yang tumbuh lalu berkembang dalam lingkungan masyarakat maupun komunitas. Contoh gejala sosial untuk faktor kultural adalah kemiskinan, kerja bakti, perilaku menyimpang dan lain-lain.

Faktor Struktural

Faktor Struktural Pada Gejala Sosial
Faktor Struktural, Foto Oleh Unsplash

Faktor struktural adalah suatu keadaan dimana keadaan tersebut mempengaruhi struktur yang disusun dengan pola tertentu. Cara melihat faktor struktural yaitu melalui pola hubungan antar individu dan kelompok yang terjalin dalam lingkungan masyarakat. Contoh gejala sosial dengan faktor struktural antara lain interaksi antar individu, penyuluhan sosial, dan lain sebagainnya.

Jenis-Jenis Gejala Sosial

Sudah disebutkan di atas bahwa social symptom adalah situasi yang ditandai dengan munculnya permasalahan sosial. Sehingga gejala social memiliki jenis yang bervariasi.

Macam-macam gejala sosial yang dimaksud yakni seperti gejala ekonomi, gejala budaya, gejala lingkungan alam, dan gejala psikologis.

Gejala Ekonomi

Ekonomi erat kaitannya dengan social symptom. Adanya perbedaan status sosial dan perbedaan penghasilan setiap individu mengakibatkan gejala sosial dalam masyarakat. Contohnya seperti pengangguran, kemiskinan, dan masalah kependudukan.

Gejala Budaya

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman budayanya. Dari Sabang sampai Merauke memiliki ciri khasnya tersendiri. Apabila setiap individu tidak menghormati perbedaan yang ada, maka dapat menimbulkan social symptom dalam bidang budaya seperti perpecah belahan antar suku.

Selain perbedaan budaya dalam negeri, ternyata perbedaan budaya negeri sendiri dengan negeri luar juga dapat menimbulkan permasalahan pada gejala social. Contohnya seperti budaya asing yang masuk ke Indonesia memiliki beberapa nilai yang kurang pas apabila dipadukan dengan kebiasaan negara ini.

Gejala Lingkungan Alam

Rusaknya lingkungan alam pasti akan berimbas kepada manusia. Kerusakan ini bisa terjadi karena ulah alam itu sendiri maupun manusia.

Contohnya seperti kerusakan alam karena kebiasaan membuang sampah sembarangan. Social symptom yang timbul yaitu pencemaran lingkungan, menjadi sumber penyakit dan bencana seperti banjir.

Gejala Psikologis

Bagaimana seseorang berperilaku dalam kehidupan sehari-hari dipengaruhi oleh aspek psikologi. Apabila individu mengalami kelainan atau gangguan jiwa, maka dapat mengakibatkan gejala social.

Baca Juga : Perubahan Sosial | Pengertian , Teori dan Ciri – cirinya

Dampak Gejala Sosial

Segala sesuatu pasti memiliki dampak positif dan juga dampak negatif. Begitupun dalam materi ini. Masyarakat pasti merasakan beberapa dampak gejala sosial di bawah ini.

Dampak Positif

Dari gejala-gejala social yang dapat ditemukan pada keberlangsungan hidup bermasyarakat, salah satu dampak positif gejala sosial ialah adanya kemajuan teknologi.

Dapat dilihat dari banyaknya gadget berkualitas tinggi dengan harga yang rendah agar masyarakat dari segala kaum dapat menikmatinya.

Dampak Negatif

Social symptom tidak dapat kita hindari. Ada baiknya kita mencegah agar fenomena ini tidak terjadi. Namun apabila sudah terlanjur terjadi, apa yang harus kita lakukan?

Salah satu cara menghadapi social symptom adalah dengan beradaptasi dengan permasalahan sosialnya. Nah proses beradaptasi ini dapat mengakibatkan seseorang mengalami culture shock atau ketidakmampuan seseorang menghadapi situasi baru sehingga membawanya ke perilaku menyimpang.

Contoh Gejala Sosial

Berikut beberapa contoh gejala sosial yang mungkin pernah kalian temui:

Kemiskinan

Kemiskinan Pada Gejala Sosial
Kemiskinan, Foto Oleh Unsplash

Kemiskinan ada 2 jenisnya, yaitu kemiskinan absolut dan kemiskinan relatif. Kemiskinan absolut apabila diartikan maka menjadi individu atau kelompok orang yang tidak mampu memenuhi kebutuhan minimum hidupnya. 

Sedangkan kemiskinan relatif merupakan individu atau kelompok orang yang mampu memenuhi kebutuhan minimum hidupnya tetapi dirinya masih merasa miskin jika dibandingkan dengan orang atau kelompok lain. 

Kemiskinan bisa saja disebabkan karena tidak mampunya seseorang dalam memenuhi kebutuhan primer. Namun dalam sosiologi, salah satu faktor penyebab kemiskinan ini yaitu karena lembaga kemasyarakatan di bidang ekonomi yang tidak berfungsi dengan baik. Permasalahan ini nantinya dapat menyebar ke bidang lain seperti pendidikan, sosial, dan lain-lain.

Kebiasaan Berkorupsi

Korupsi
Korupsi, Foto Oleh Cal Coast News

Membicarakan perilaku koruptif tidak hanya merujuk pada kalangan elit politik tetapi juga di kalangan dasar. Contohnya seperti mengambil sesuatu yang bukan haknya, pulang kerja lebih awal, seringnya bolos sekolah/kerja, dan lain-lain.

Secara sadar atau tidak sadar, banyak kaum yang telah melakukan hal-hal tersebut.

Masalah Kependudukan

Masalah Kependudukan
Masalah Kependudukan, Foto Oleh Unsplash

Kepadatan penduduk, ledakan penduduk, dan pemerataan penduduk yang tidak rata dapat mengganggu kesejahteraan penduduk di suatu negara. Salah satu akibat dari masalah kependudukan ialah jumlah pengangguran yang tinggi.

Sekian materi Gejala Sosial dari Studio Literasi. Semoga bermanfaat untuk sobat-sobat online semuanya. Jika ada pertanyaan, langsung saja tulis di kolom komentar ya. Cheers!

Last Updated on September 24, 2020

Selsi Selvia
Selsi Selvia Belajar dan mengajar melalui tulisan

Perubahan Sosial

Avatar studioliterasi
4 min read

Pengertian Sosiologi

Avatar Ruli Wahyuni
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Top