1. Kelas 8 Bahasa Inggris

Greeting Card

Pernahkah kamu melihat sebuah greeting card pada kehidupan sehari hari? Atau malah kamu sudah pernah membuatnya?

Kira-kira apa sih yang pertama kali kalian lakukan saat mendengar kabar bahwa kakak berhasil lulus sekolah dengan nilai yang baik? Yup, mengucapkan selamat. Lalu, di hari pernikahan tante, apa yang kalian ucapkan? Selamat juga, bukan? Bagaimana dengan teman yang sedang berulang tahun, apa yang harus kita lakukan pertama kali sebelum memberikan kado? Tidak lain dan tidak bukan ialah ucapan selamat. 

Wah, ternyata banyak sekali ya momen-momen dimana kita mengucapkan selamat. Maka dari itu, yuk kita mulai belajar membuat greeting card agar ucapan selamat yang kita sampaikan menjadi lebih bermakna.

Pengertian Greeting Card

kartu ucapan atau Greeting card adalah teks singkat berupa pesan yang terdiri dari doa dan harapan. Greeting card biasanya dikirimkan kepada seseorang yang sedang merayakan sebuah acara atau sedang mengalami suatu kejadian/peristiwa.

Contohnya, kalian dapat mengirimkan kartu ucapan kepada seseorang yang sedang berulang tahun, menikah, lulus sekolah, memenangkan kompetisi, sakit, maupun berduka.

Tujuan

Greeting card memiliki tujuan untuk memberi selamat, doa, harapan, dan juga menunjukan simpati. Tujuan dari kartu ucapan ini bergantung pada situasi penerima kartu tersebut. Seperti saat mengirimkan kartu ucapan pada teman yang sedang merayakan hari natal, maka tujuannya adalah untuk mengucapkan selamat.

Artikel Terkait

  • Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 4:19 am

    Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah The post Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap! appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 3:19 am

    Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang The post Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 27 Februari 2024 at 2:46 am

    Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat.  Hmm, kira-kira nih The post Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya
    by Mirza Sufi Kusuma (Sma Studioliterasi) on 19 Februari 2024 at 4:59 am

    Mempelajari makhluk hidup memang tidak ada habisnya ya guys. Dengan mempelajarinya kalian jadi tahu apa jenis-jenis hewan yang ada di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang sering kita temui adalah cacing. Hewan yang bikin geli ini dan sering muncul saat musim hujan ini adalah hewan yang akan kita bahas kali ini.  Nah, kalau The post Annelida: Pengertian, Karakteristik, Klasifikasi & Peranannya appeared first on Sma Studioliterasi.

Struktur Greeting Card

Dalam membuat greeting card ada hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah struktur teks/generic structure. Struktur greetings card terdiri dari receiver (penerima), body (isi), dan sender (pengirim).

struktur greeting card
Struktur Teks Greeting Card

Receiver (Penerima)

Receiver atau penerima adalah kepada siapa kartu ucapan ini ditujukan. Receiver ditulis di bagian paling atas kartu. Penulisan nama penerima biasa diikuti oleh kata “to” dan “dear”. Contohnya:

Dear Anne,

To my beloved sister,

Dapat dilihat dari kedua contoh tersebut, penulisan penerima harus berisi tanda koma (,) pada akhirannya.

Body (Isi)

Body atau isi merupakan bagian inti. Di sini pengirim dapat menyisipkan ucapan selamat, doa dan harapan, kutipan kata-kata mutiara (quote), atau pun gambar-gambar menarik berkaitan dengan tema greeting card.

Sender (Pengirim)

Sender merupakan pengirim kartu ucapan. Pada bagian ini pengirim mencantumkan nama atau inisial mereka. Berikut contoh penulisan nama pengirim:

Your bestfriend, Love,

Mita Andy

Unsur Kebahasaaan/Language Features

Kartu ucapan dalam Bahasa Inggris memiliki unsur-unsur kebahasaan/language features yang sering digunakan, yaitu:

Selamat atau Turut Berbahagia(Happy/Consolation)Terjemahan 
Congratulations!Selamat! 
Happy birthday!Selamat ulang tahun!
Happy father’s day!Selamat hari ayah!
Happy anniversary!Selamat hari jadi!
Congratulations for winning the competition!Selamat telah memenangkan kompetisi!
Simpati atau Turut Berduka(Sympathy/Condolence)Terjemahan 
I am sorry for your loss.Turut berduka (atas kematian).
I am sorry to hear that.Turut berduka.
We are deeply sorry for the loss of …..Turut berduka atas kematian…..

Baca Juga: Perbedaan Paragraf Deduktif dan Induktif

Contoh Greeting Card

Kita sudah membahas semua hal tentang greeting card mulai dari pengertian, tujuan, struktur teks atau generic structure, dan unsur-unsur kebahasaan atau language features. Sekarang saatnya kita untuk berlatih membuat contoh greeting card.

Hari Raya Idul Fitri (Eid Mubarak)
Greeting Card Idul FitriTerjemahan
To Anisa,
Happy Eid Mubarak. May Allah bring you joy and harmony in every way of life.
Love,Icha
Untuk Anisa, 
Selamat hari raya Idul Fitri.Semoga Allah memberkahi kebahagiaan dan keselarasan di setiap kehidupan.
Salam sayang, Icha
Pernikahan (Wedding)
Greeting Card WeddingTerjemahan
Dear Monica,
Congratulations on your wedding day. I am sorry I cannot attend your special day, but I promise I will see you as soon as I come home. Once again, congratulations!
Your little sister,Jully
Untuk Monica, Selamat atas pernikahanmu. Saya minta maaf karena tidak bisa hadir di hari spesialmu, tapi saya janji akan menghampirimu secepatnya setelah saya pulang. Sekali lagi, selamat!
Adik bungsumu,Jully

Baca Juga : Wedding Card

Hari Natal (Christmas Day)
Greeting Card ChristmasTerjemahan
To Joan and family,
Merry Christmas.May the magic of Christmas fill every desire and bring warmth and happiness to you and your family.
Love,MIchael and family
Untuk Joan dan keluarga,
Selamat natal.Semoga keajaiban natal dapat memenuhi setiap keinginan dan membawa kehangatan dan kebahagiaan kepadamu dan keluarga.
Salam sayang,Michael dan keluarga
Berduka (Condolence)
Greeting Card CondolenceTerjemahan
Dear Ross,
I am sorry to hear of the loss of your beloved grandfather. My thoughts and prayers are with you and your family.
Love, Joey
Untuk Ross,
Saya turut berduka atas kematian kakekmu. Doaku menyertaimu dan keluarga.
Salam sayang,Joey 

Itulah beberapa contoh kartu ucapan dalam Bahasa Inggris yang dapat kalian jadikan inspirasi. Berikut ada beberapa gambar greeting card yang tidak kalah inspiratif dan juga menarik.

Contoh dari Greeting Card
Greeting Card Example, Foto oleh Proprofs Com
Greeting Card Congratulation, Foto oleh Fragrancecoupon Blogspot Com

Sekian materi Greeting Card dari Studio Literasi, kira-kira selanjutnya kita perlu membahas tentang topik apa ya? Silahkan beri komentar kalian di bawah, ya! Cheers! 

Baca juga artikel materi Bahasa Inggris lainnya :

Reaksi orang terhadap cerita ini.

Komentar untuk: Greeting Card
  • 2 Desember 2020

    keren, terima kasih Kakak 😀

    Balas
    • 2 Desember 2020

      Terima kasih kembali! Bagaimana? Mudah bukan materi Greeting Card? 😀 Studioliterasi juga telah menerangkan beberapa topik lain seperti Simple Present Tense dan Simple Past Tense. Selamat belajar! 🙂

      Balas
  • 30 November 2020

    Terima kasih pelajaran nya sangat memuaskan

    Balas
    • 30 November 2020

      Terima kasih Desta telah membaca materi Greeting Card! 😀 Studioliterasi juga membahas beberapa topik lain seperti Simple Present Tense dan Simple Past Tense. Kalau ada pertanyaan bisa langsung disampaikan, lho 🙂

      Balas
  • 19 November 2020

    Materi pelajaran ini sangat bagus

    Balas
    • 20 November 2020

      Terimakasih telah membaca materi Greeting Card dari studioliterasi! 🙂 Kamu juga boleh memberi saran kira-kira materi apa yang harus kami bahas selanjutnya, lho 😀

      Balas
  • 19 November 2020

    terima kasih

    Balas
    • 20 November 2020

      Sama-sama 🙂 Selain Greeting Card, studioliterasi juga menjelaskan beberapa materi lain yang bisa kamu baca seperti Simple Present Tense dan Simple Past Tense. Semoga bermanfaat! 😀

      Balas

Tulis respon

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Trending

Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk […]
Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan […]
Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, […]