1. berita

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2022

Tiap tahunnya, pada tanggal 5 November diadakan peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) . HCPSN ini merupakan hari peringatan yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian terhadap keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia.

Kita sebagai orang yang tinggal di negara dengan keanekaragaman hayati yang melimpah, haruslah bangga terhadap Tanah Air kita. Selain itu, kita juga harus dapat melindungi dan melestarikan keanekaragaman hayati tersebut. 

Pemerintah sendiri telah berusaha dengan cara memberikan sosialisasi mengenai pentingnya menjaga kelestarian flora dan fauna di Indonesia. Selain itu juga dengan diadakannya beberapa kegiatan yang bertujuan untuk pelestarian puspa dan satwa pada saat perayaan HCPSN pada 5 November.

Sebagai masyarakat yang baik, kita harus ikut andil dalam upaya pelestarian flora dan fauna dengan cara mematuhi aturan untuk tidak melakukan perburuan liar, jual beli satwa langka, penebangan hutan, dsb. 

Agar dapat lebih memahami mengenai HCPSN dan bagaimana sejarahnya, mari kita simak pembahasan dibawah ini!

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Daftar Isi

Apa itu Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional?

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) merupakan hari peringatan lingkungan hidup yang menjadi agenda tahunan di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 5 November. Peringatan ini bertujuan  untuk menumbuhkan rasa cinta, kepedulian dan kebanggaan terhadap flora dan fauna Indonesia serta untuk meningkatkan perlindunagn dan pelestarian akan flora dan fauna.

Peringatan HCPSN pertama kali dilaksanakan pada tahun 1993 atas dasar Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional yang ditandatangani langsung oleh Presiden ke 2 Indonesia, yaitu Soeharto. Satwa Nasional terbagi menjadi tiga jenis yang mewakili satwa darat, air, dan udara, yaitu terdiri dari Komodo sebagai satwa nasional, Ikan Siluk sebagai satwa pesona, serta Elang Jawa sebagai satwa langka. Sedangkan untuk bunga nasional juga terbagi menjadi tiga jenis yaitu Melati sebagai puspa bunga, Anggrek Bulan sebagai puspa pesona, dan Padma Raksasa.

Sejarah Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

Indonesia merupakan salah satu negara Megabiodiversity, yaitu sebutan bagi negara-negara yang memiliki keanekaragaman hayati terbanyak di dunia. Sebutan tersebut dibuat oleh World Conservation Monitoring Centre, yaitu pusat pengawasan konservasi dunia, dan United Nations Environment Programme yang merupakan sebuah badan dalam program lingkungan hidup perserikatan bangsa-bangsa.  

Hanya ada beberapa negara yang mampu menampung sebagian besar keanekaragaman dunia dan mendapatkan gelar tersebut, dimana kebanyakan berlokasi di kawasan tropis, yaitu Australia, Tiongkok, Malaysia, Indonesia, Papua Nugini, Kolombia, Peru, Filipina, Brazil, Kongo, Ekuador, India, Venezuela, Amerika Serikat, Afrika Selatan, Meksiko, Madagaskar.

Sebagai orang yang tinggal di negara yang memiliki kekayaan flora dan fauna, kita patutlah bangga terhadap tanah Air. Namun, tidak hanya bangga, kita juga memiliki kewajiban untuk melindungi dan melestarikannya. Jangan sampai terdapat kabar lagi mengenai perburuan dan jual beli satwa langka yang ada di Indonesia khususnya wilayah yang masih memiliki banyak hutan seperti Sumatera dan Kalimantan. 

Dengan masih adanya kasus seperti itu, pemerintah setempat maupun lembaga harus lebih giat lagi dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kelestarian puspa dan satwa yang ada di Tanah Air ini. Terlepas dari kasus-kasus yang disebut di atas, Indonesia juga pernah berhasil menangkarkan bunga Raflesia dan memiliki berbagai spesies endemik kakatua yang terancam punah. Hal inilah yang membuat pemerintah akhirnya menetapkan HCPSN dengan tujuan untuk meningkatkan kepedual, rasa cinta, pelestarian, dan upaya perlindungan terhadap puspa dan satwa di Indonesia.

Baca Juga : Peringatan Hari GANEFO

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2022

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]