1. berita

Hari Pahlawan 2020 : Sejarah, Makna, Tema dan Logo

hari pahlawan
Hari Pahlawan, foto oleh Tirto Id

Setiap tanggal 10 November bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan yang bertepatan dengan hari terjadinya pertempuran Surabaya pada tahun 1945 dimana merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia. Puncak dari pertempuran Surabaya ini sering sekali dikaitkan dengan sejarah Hari Pahlawan. Sementara itu, pertempuran Surabaya merupakan pertempuran pertama yang terjadi setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Sesuai dengan pepatah yang mengatakan bahwa “bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”, kita sebagai generasi muda sepatutnya memahami makna dari hari pahlawan ini. Untuk dapat memahami lebih jelas mengenai makna dan sejarahnya, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Daftar Isi

Sejarah Hari Pahlawan

Pertempuran di Surabaya yang terjadi setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia menjadi cikal bakal sejarah dari Hari pahlawan. Pertempuran ini berawal setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, tepatnya pada tanggal 1 September, dimana pemerintah mengeluarkan maklumat untuk mengibarkan bendera nasional Sang Saka Merah Putih di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Surabaya. 

Sedangkan pada 25 September tentara Inggris yang terdiri dari gabungan AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) dan tentara NICA (Netherlands Indies Civil Administration) mendarat di Surabaya. Tentara Inggris ini memiliki tugas yaitu melucuti tentara Jepang dan memulangkannya ke negara asal mereka, membebaskan tawanan perang yang ditahan oleh jepang, serta mengembalikan Indonesia kepada pemerintah Belanda sebagai negara jajahan.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 10 Mei 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk
    by Amanda R Putri (Sma Studioliterasi) on 8 Mei 2024 at 2:12 pm

    Salah satu aspek yang terdapat pada senam irama, yakni musik. Fungsinya, tidak lain agar lebih semangat saat senam, dan pastinya untuk menambah kesan keindahan. Eits, masih ada fungsi lainnya, lho! Selengkapnya, bisa kamu simak penjelasannya dibawah ini! Fungsi Musik dalam Senam Irama  Fungsi musik dalam senam irama tak hanya sebatas pengiring saja, namun memiliki peran The post 5 Fungsi Musik dalam Senam Irama adalah Untuk appeared first on Sma Studioliterasi.

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 16 April 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 6 April 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

Tidak hanya itu, pihak Belanda juga mengibarkan bendera Belanda di hotel Yamato Surabaya. Hal ini pun semakin memicu kemarahan masyarakat Surabaya. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menaiki hotel Yamato dan merobek bendera belanda pada bagian yang berwarna biru sehingga tersisa warna merah dan putih saja.

Semenjak kejadian inilah terjadi pertempuran antara Indonesia dengan tentara Inggris yang mulai terjadi pada 27 Oktober 1945. Hingga pada tanggal 29 Oktober 1945, pihak Indonesia dan Inggris sepakat untuk menandatangani perjanjian gencatan senjata. 

Namun, tak lama berselang terjadi kesalahpahaman yang mengakibatkan terbunuhnya pimpinan tentara Inggris yaitu Brigadir Jenderal Mallaby. Hal ini membuat tentara Inggris murka dan mengeluarkan ultimatum yang meminta orang Indonesia untuk menyerahkan diri dengan batas ultimatum pada pukul 06.00, 10 November 1945.

Namun rakyat Surabaya menentang ultimatum tersebut hingga terjadilah pertempuran 10 November.

Makna Hari Pahlawan

Seperti pepatah yang mengatakan bahwa “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan menghormati jasa pahlawannya”, yang berarti tidak akan melupakan sejarah suatu bangsa tersebut. Dimana dulu para pahlawan rela mengorbankan hidupnya demi menjaga dan mempertahankan negara Indonesia. 

Meskipun kita tidak dapat ikut serta dalam perjuangan tersebut, namun sebagai generasi muda penerus bangsa, kita sepatutnya memberi makna baru kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sesuai dengan perkembangan zaman.

Kita dapat menanamkan makna tersebut di berbagai aktivitas atau kegiatan sehari-hari. Contohnya di era modern ini, kita dapat memanfaatkan berbagai inovasi melalui perkembangan teknologi dalam upaya memajukan serta mengangkat derajat dan martabat bangsa.

Tema Hari Pahlawan 2020

Pada tanggal 10 November 2020, bangsa Indonesia akan memperingati Hari Pahlawan yang ke-75. Pada tahun ini Kementerian Sosial Republik Indonesia telah menetapkan tema untuk memperingati Hari Pahlawan yaitu “Pahlawan Sepanjang Masa”.

Tema ini dipilih dengan mempertimbangkan arti dari pahlawan pada zaman dulu yang identik dengan perjuangan yang melawan penjajah demi mengantar Indonesia pada kemerdekaan.

Sedangkan pada masa kini, makna ‘pahlawan’ dapat diartikan menjadi sosok panutan yang dapat membawa perubahan serta memberikan kontribusi positif dalam berbagai sisi, mulai dari sisi ekonomi, seni, sosial budaya, politik hingga pariwisata dengan lingkup lokal sampai internasional.

Pada era digital ini, banyak bermunculan sosok yang memiliki ide, karya, dan kontribusi yang bermanfaat dan dan sangat dibutuhkan, tidak hanya untuk dirinya sendiri, namun juga untuk masyarakat sekitarnya, mulai dari lingkup regional, nasional bahkan hingga dunia. Sosok-sosok inilah yang saat ini dipandang sebagai pahlawan oleh sebagian masyarakat, dimana mereka ini merupakan seorang influencer, pebisnis muda, content creator, artis dan berbagai pekerjaan lain yang bermunculan.

Ucapan Selamat Hari Pahlawan

Berikut ini beberapa ucapan selamat untuk memperingati hari Pahlawan.

  1. Kobarkan semangat perjuangan di setiap langkah kita. Selamat Hari Pahlawan 2020.
  2. Bangsa yang besar ialah bangsa yang menghargai jasa-jawa para pahlawannya. Selamat Hari Pahlawan 10 November 2020.
  3. Banyak hal yang dapat menjatuhkanmu. Namun, satu hal yang dapat benar-benar menjatuhkanmu yaitu sikapmu sendiri. Selamat Hari Pahlawan 10 November.
  4. Jangan tanyakan apa yang telah bangsa ini berikan untuk mu. Namun tanyakan apa yang sudah kau berikan untuk bangsa dan negara. Selamat Hari Pahlawan 10 November 2020.
  5. Kibarkanlah sayapmu wahai engkau generasi penerus bangsa. Junjung lah tinggi harkat dan martabat negeri kita tercinta. Selamat Hari Pahlawan 10 November 2020.
  6. Pahlawan sejati itu berkorban bukan untuk dikenal namanya, namun semata-mata demi mebela cita-cita.
  7. Wahai engkau generasi muda, siapkah kalian untuk maju dan bersaing kalahkan rasa takut demi memajukan negara. Selamat Hari Pahlawan 2020.
  8. Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, namun seorang pemuda dapat mengubah dunia. Selamat Hari Pahlawan 2020.
  9. Percayalah pada potensi yang kalian miliki dan tanamkanlah rasa saling peduli demi tanah air tercinta. Selamat Hari Pahlawan 10 November 2020.
  10. Menjadi seorang pahlawan tidak harus mengangkat pedang, lewat pekanya hati, kita siap membangun peradaban. Selamat Hari Pahlawan 10 November 2020.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Hari Pahlawan 2020 : Sejarah, Makna, Tema dan Logo

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam […]
    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali […]

    Trending

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah […]
    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi […]
    Tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis merupakan salah satu konsep utama dalam fisika yang memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama jika berkaitan dengan kedalaman dan air. Melalui artikel ini Sobat Literasi bakal mengetahui beberapa aspek tentang tekanan zat cair, mulai dari definisi, sifat-sifatnya, hingga penerapannya pada  berbagai macam bidang. Definisi Tekanan Zat Cair […]